5 Trik Jitu Bagi Guru Semoga Efektif Dalam Mengajar

Tugas utama seorang pendidik ialah menransfer ilmu kepada anak didiknya. Seorang guru harus mempunyai taktik dan metode tertentu dalam proses berguru mengajar baik itu di dalam kelas maupun di luar kelas. Penggunaan metode pembelajaran harus menyesuaikan dengan aneka macam hal, seperti: sarana dan prasaran pendidikan, bahan pelajaran, dan penerima didiknya.

Guru sebagai tenaga pendidik profesional dituntut untuk memenuhi standard-standard tertentu sesuai dengan predikat yang disandangnya. Tuntutan terhadap guru profesional berkaitan dengan tuntutan sistem pendidikan yang berlaku terhadap kualitas lulusan forum pendidikan. Guru dinyatakan sebagai ujung tombak peningkatan mutu pendidikan di sekolah.

Walaupun menjadi seorang guru itu sangat menyenangkan, tetapi kenyataannya kini profesi ini sudah tidak segampang kelihatannya dikarenakan faktor tuntutan,hambatan, dan tantangan pada seorang guru yang begitu besar dan harus dihadapi. Dalam menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan dan produk teknologi yang sudah begitu maju, seorang guru harus bisa terbuka terhadap kemajuan itu dan mempunyai jangkauan serta pandangan yang luas ke dunia luar. Kenapa harus sedemikian itu?

Banyak bahan pelajaran yang sampaumur ini telah terpapar di dunia internet dengan begitu mudahnya diakses oleh siapapun termasuk para murid. Adalah bukan hal yang asing dan tidak mungkin apabila seorang penerima didik kadang sudah terlebih dahulu mengetahui bahan yang akan disampaikan oleh gurunya di ruang kelas. Walau demikian, kiprah penting guru tidak akan bisa sepenuhnya tergantikan oleh media berguru yang ada, termasuk internet itu tadi. Hal ini pula yang seharusnya menjadi titik balik guru untuk bisa tampil optimal dan efektif dalam mengajar.

Hal apa saja yang dibutuhkan seorang guru biar bisa tampil mengajar dengan baik dan optimal? Ikuti uraian berikut ini.

1.Saintis

Guru ialah seorang seniman ilmu di bidangnya. Sebagai seorang ilmuan, guru harus menguasai seluk beluk ilmu, didaktik dan metodik berkaitan dengan mata pelajaran yang diajarkannya. Ilmuan yang bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan sosial-budaya yang terus berkembang.

Sebagai seorang saintis, guru dilarang ragu-ragu dalam memberikan bahan pelajaran kepada penerima didik di ruang kelas. Ini menjadi taktik penting untuk dipahami.

Guru yang ragu-ragu mengajar, memberi instruksi kepada siswa kalau gurunya kurang menguasai bahan yang akan diajarkan. Ini akan menggoyahkan keyakinan siswa ihwal kebenaran bahan pelajaran yang diberikan guru. Resikonya ialah berkurangnya kepercayaan murid terhadap guru dan mengurangi efektivitas dalam mengajar.

2.Pragmatis

Pragmatis ialah cara seseorang memberikan sesuatu kepada orang lain. Pragmatis dalam konteks pembahasan ini mengandung makna bijaksana dan teliti.

Menyampaikan bahan pelajaran tidak membuat siswa merasa tersinggung atau terhina. Jika terpaksa disampaikan, guru perlu berbasa-basi sebelum memberikan bahan pelajaran yang mungkin tidak berkenan di hati siswa.

Sebagai contoh, dalam ruangan kelas ada siswa yang mempunyai kekurangan atau cacat fisik. Oleh lantaran itu guru perlu menentukan dan memilah kata untuk memberikan bahan pelajaran biar siswa merasa tidak berkecil hati.

3.Humoris

Guru memang bukanlah seorang komedian. Profesi guru jauh berbeda dengan profesi pelawak. Namun demikian bukan berarti mengajar tidak mempunyai unsur humor atau lelucon.

Selama pembelajaran berlangsung guru sanggup menyajikan pelajaran diselingi humor dan lelucon. Tujuannya ialah sebagai selingan biar suasana berguru siswa tidak terlalu monoton dan kaku.

4.Strategis

Posisi guru ialah posisi strategis dalam pembelajaran di ruang kelas. Oleh lantaran itu kiprah strategis ini memungkinkan guru untuk kreatif menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.

Suasana pembelajaran terkendali dengan baik, hasil berguru sanggup diperoleh secara maksimal.

5.Praktis

Mudah bermakna mudah. Dalam hal ini ialah prinsip fasilitas dalam mengajar sangat diperlukan. Mengajar bagaimana siswa berguru dengan mudah. Menerima bahan pelajaran dan mengolahnya dengan mudah.

Jika ada cara yang lebih praktis kenapa mesti dicari cara yang rumit? Prinsip ini sesuai kalau diterapkan pada siswa dikala mengajar. Siswa akan melaksanakan proses berguru yang lebih praktis untuk memahami bahan pelajaran, mengerjakan kiprah rumah, dan kiprah lainnya.


0 Response to "5 Trik Jitu Bagi Guru Semoga Efektif Dalam Mengajar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel