Download Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah Tahun 2017 Pdf

Download Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah Tahun  Download Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah Tahun 2017 pdf

Download Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah Tahun 2017 pdf





Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikkan Nasional Nomor 13 tahun 2007 wacana Standar Kepala Sekolah/Madrasah, diamanatkan bahwa seorang kepala sekolah harus mempunyai standar kompetensi yang sudah ditetapkan. Kompetensi meliputi: Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Manajerial, Kompetensi Kewirausahaan, Kompetensi Supervisi, dan Kompetensi Sosial.

Pada tahun 2015, dalam rangka pemetaan kompetensi Kepala Sekolah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayakan menyelenggarakan uji kompetensi Kepala Sekolah yang diikuti oleh 166.333 kepala sekolah dari jenis, jenjang, dan masa kerja yang bervariasi. Nilai rerata 3 kompetensi Kepala Sekolah yaitu 56,37, untuk dimensi manajerial yaitu 58,55, untuk dimensi supervisi pembelajaran yaitu 51,81, untuk dimensi kewirausahaan yaitu 58,75. Data tersebut memperlihatkan bahwa Kepala Sekolah membutuhkan perhatian yang lebih serius dalam peningkatan kompetensi untuk setiap dimensi kompetensi.

Terkait dengan hal tersebut, dalam rangka mewujudkan Kepala Sekolah /Madrasah yang berkompeten, maka perlu disusun Panduan Kerja Kepala Sekolah/Madrasah sebagai pedoman dalam melaksanakan kiprah dan fungsinya tersebut. Seiring dengan perubahan kebijakan dan kebutuhan di lapangan, Panduan Kerja Kepala Sekolah/Madrasah berisi klarifikasi wacana pelaksanaan kiprah kepala sekolah/madrasah. Tugas ini sangat bersahabat kaitannya dengan
peningkatan kompetensi.

Panduan kerja ini diharapkan sanggup dijadikan pola bagi Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota, Pengawas Sekolah, dan para pemangku kepentingan pendidikan lainnya dalam melaksanakan pelatihan bagi Kepala Sekolah/Madrasah.

Berikut yaitu tautan download Download Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah Tahun 2017 pdf:



Berikut yaitu kutipan dari daftar isi Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah Tahun 2017:

DAFTAR ISI
DAFTAR ISI ................................................................................................. v
........................................................................................ iii
DAFTAR TABEL ........................................................................................... vii
DAFTAR LAMPIRAN ...................................................................................... vi ii
DAFTAR DIAGRAM ....................................................................................... x
BAB I PENDAHULUAN .................................................................................... 1
A. Latar Belakang .................................................................................. 1
B. Landasan Hukum ............................................................................. 3
C. Tujuan ........................................................................................... 5
D. Manfaat ........................................................................................... 6
E. Ruang Lingkup ................................................................................. 6
BAB II TUGAS POKOK KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN SEKOLAH ...... 7
A. Tugas Pokok ................................................................................... 7
B. Usaha Pengembangan Sekolah .......................................................... 7
1. Menyusun Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah ........................................ 7
2. Pengembangan Struktur Organisasi Sekolah .................................. 12
3. Langkah Strategis Pengembangan Sekolah .................................... 15
4. Menyusun Rencana Kerja Jangka Menengah ................................... 22
5. Menyusun Rencana Kerja Tahunan dan Rencana Kegiatan dan
Anggaran Sekolah ........................................................................ 25
BAB III PENINGKATAN MUTU SEKOLAH ........................................................... 29
A. Mutu Sekolah Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan ...................... 29
B. Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pengawasan Program Peningkatan
Mutu Sekolah .................................................................................... 30
C. Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) .............. 56
D. Penilaian Kinerja Guru dan Sasaran Kerja Pegawai ............................... 60
E. Melaksanakan Pengawasan dan Evaluasi .............................................. 67
1. Program Pengawasan .................................................................. 67
2. Evaluasi ..................................................................................... 68
BAB IV PENERAPAN KEPEMIMPINAN DAN KEWIRAUSAHAAN KEPALA SEKOLAH ... 69
A. Pengantar ......................................................................................... 69
B. Penerapan Kepemimpinan Kepala Sekolah .......................................... 73
C. Penerapan Kewirausahaan ............................................................... 75
D. Penilaian Kinerja Guru dan Sasaran Kerja Pegawai ............................... 60
E. Melaksanakan Pengawasan dan Evaluasi .............................................. 67

BAB V PENGAWASAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DAN PENGEMBANGAN PROFESIONALISME KEPALA SEKOLAH ............................................................. 79 A. Pengawasan Pengelolaan Pembelajaran ............................................. 79 1. Supervisi Akademik .................................................................. 79 2. Teknik supervisi akademik .......................................................... 79 3. Langkah Operasional ................................................................. 81 B. Pengembangan Profesi Kepala Sekolah .............................................. 84 BAB V PENUTUP ............................................................................................. 69

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Pemerintah telah memutuskan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 sebagaimana diubah terakhir dengan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 wacana Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 wacana Standar Nasional Pendidikan (SNP). SNP dijadikan dasar dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu. Ruang lingkup Standar Nasional Pendidikan mencakup standar: isi, proses, kompetensi lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan, dan penilaian. Standar-standar tersebut merupakan pola dan kriteria dalam memutuskan keberhasilan penyelenggaraan pendidikan. Penerapan standar nasional pendidikan merupakan serangkaian proses untuk memenuhi tuntutan mutu pendidikan nasional. Pelaksanaannya diatur secara bertahap, terencana, terarah, dan berkelanjutan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global. Dalam proses pemenuhan standar tersebut dibutuhkan sejumlah indikator pencapaian untuk mempermudah dalam melaksanakan aktivitas pendidikan. Dan aktivitas operasional pendidikan berada di tingkat satuan pendidikan (sekolah) dalam upaya menghasilkan lulusan yang bermutu. Sekolah dipimpin oleh kepala sekolah yang mempunyai kiprah strategis dalam meningkatkan profesionalisme guru dan mutu pendidikan di sekolah. Kepala Sekolah sebagai pemimpin harus mampu: 1) mendorong timbulnya kemauan yang besar lengan berkuasa dengan penuh semangat dan percaya diri kepada para guru, staf dan akseptor didik dalam melaksanakan tugasnya masing-masing; 2) memperlihatkan bimbingan dan mengarahkan para guru, staf dan para akseptor didik, serta memperlihatkan dorongan, memacu dan bangun di depan demi kemajuan dan memperlihatkan wangsit dalam mencapai tujuan.

Untuk sanggup melaksanakan fungsinya tersebut di atas, Kepala Sekolah harus: 1. mempunyai taktik yang sempurna untuk meningkatkan profesionalitas pendidik dan tenaga kependidikan di sekolahnya; 2. mempunyai taktik yang sempurna untuk memberdayakan pendidik dan tenaga kependidikan melalui kolaborasi atau kooperatif, memberi kesempatan kepada para pendidik dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan kemampuan profesinya, dan mendorong keterlibatan seluruh pendidik dan tenaga kependidikan dalam aneka macam aktivitas yang menunjang tujuan sekolah; 3. mempunyai kekerabatan sangat bersahabat dengan aneka macam pihak yang terkait dengan upaya peningkatan mutu sekolah dan mendukung keterlaksanaan seluruh jadwal sekolah dan produktivitas sekolah; 4. melaksanakan pengawasan dan pengendalian untuk meningkatkan kinerja pendidik dan tenaga pendidikan; 5. bisa memperlihatkan petunjuk dan pengarahan, meningkatkan kemampuan pendidik dan tenaga kependidikan, membuka komunikasi dua arah, dan mendelegasikan kiprah secara proporsional; 6. mempunyai taktik yang sempurna untuk menjalin kekerabatan yang serasi dengan lingkungan, mencari gagasan baru, mengintegrasikan setiap kegiatan, memperlihatkan teladan kepada seluruh pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah, dan menyebarkan model-model pembelajaran yang inovatif; 7. mempunyai taktik yang sempurna untuk memperlihatkan motivasi kepada para pendidik dan tenaga kependidikan dalam melaksanakan aneka macam kiprah dan fungsinya; dan 8. menjadi figur teladan yang sanggup dijadikan contoh dan teladan bagi pendidik dan tenaga kependidikan maupun akseptor didik; Pelaksanaan kiprah pokok kepala sekolah harus sanggup diukur melalui evaluasi kinerja kepala sekolah. Penilaian kinerja sebagaimana dimaksud meliputi: 1. perjuangan pengembangan sekolah yang dilakukan selama menjabat kepala sekolah; 2. peningkatan kualitas sekolah menurut 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan selama di bawah kepemimpinan yang bersangkutan;

3. perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut pengawasan pembelajaran yang dilakukan kepala sekolah dalam upaya pelatihan dan bimbingan kepada guru; 4. perjuangan pengembangan profesionalisme sebagai kepala sekolah. Untuk melaksanakan kiprah pokoknya secara efektif dan efisien, kepala sekolah memerlukan panduan kerja. Panduan kerja kepala sekolah ini memperlihatkan rambu-rambu kepada kepala sekolah dalam melaksanakan kiprah pokoknya dan mempermudah kepala sekolah dalam mempersiapkan pelatihan dan evaluasi yang dilakukan oleh pengawas sekolah dan dinas pendidikan. Berdasarkan uraian di atas, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan melalui Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah, memperlihatkan perhatian terhadap peningkatan kinerja kepala sekolah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan melalui penerbitan Panduan Kerja Kepala Sekolah.

Demikian goresan pena tentang Download Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah Tahun 2017 pdf. Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!

0 Response to "Download Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah Tahun 2017 Pdf"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel