Dapodikmas: Pembukaan Entry Data Semester Ganjil 2017/18 Dan Perbaikan Data Akseptor Un Gelombang 2 Tahun 2017

 dan Perbaikan Data Peserta UN Gelombang  Dapodikmas: Pembukaan Entry Data Semester Ganjil 2017/18 dan Perbaikan Data Peserta UN Gelombang 2 Tahun 2017

Dapodikmas: Pembukaan Entry Data Semester Ganjil 2017/18 dan Perbaikan Data Peserta UN Gelombang 2 Tahun 2017





Yth, Bapak/Ibu Operator Dapodikmas,

Mulai tanggal 28 Agustus 2017 entry data semester ganjil 2017/18 dibuka. Silahkan melaksanakan pengisian data lembaga/satuan pendidikan, sarpras, akseptor didik, PTK, dan rombongan berguru semester ganjil 2017/18 pada Aplikasi Dapodikmas.

Karena data Dapodikmas dipakai untuk banyak kepentingan terkait dengan pembinaan, perencanaan dan penganggaran kegiatan Pendidikan Masyarakat dan LKP, serta juga secara berkesinambungan dipakai sebagai data akseptor didik Ujian Nasional, mohon untuk melaksanakan pengisian data secara lengkap, sempurna dan akurat. Pengisian data semester Genap 2017/18 dilakukan hingga Desember 2017.

Selain itu pada tanggal 19 Agustus 2017, data pada Dapodikmas telah disinkronkan dengan Aplikasi PDUN. Data yang ditampilkan dan sanggup diunduh pada Aplikasi PDUN yakni akseptor didik tingkat tamat paket B dan C yang tercatat pada Dapodikmas pada semester 1 atau 2 tahun pemikiran 2016/2017. Peserta didik yang telah mengikuti Ujian Nasional Gelombang 1 dikecualikan dengan ketentuan berikut.

Peserta didik Paket B dan C yang telah mengikuti UN gelombang 1 secara lengkap dikecualikan (tidak muncul namanya) pada Aplikasi PDUN.
Peserta didik Paket B yang telah mengikuti UN gelombang 1 tetapi tidak mengikuti satu atau lebih ujian mata pelajaran, sanggup tetap mengikuti UN gelombang 2 sehingga tidak dikecualikan (tetap muncul namanya) pada Aplikasi PDUN.
Peserta didik Paket C yang telah mengikuti UN gelombang 1 tetapi tidak mengikuti satu atau lebih ujian mata pelajaran tidak mengikuti UN gelombang 2 tetapi mengikuti UN Perbaikan. Sehingga dikecualikan (namanya tidak muncul) pada Aplikasi PDUN.
Atas hal tersebut diatas, mohon untuk segera melaksanakan pengecekan data PDUN, kalau terdapat perbedaan/kesalahan data pada isian Aplikasi Dapodikmas seperti:

Data sudah dientri, tapi blm muncul di Aplikasi PDUN alasannya yakni salah menentukan tingkat pendidikan pada rombongan berguru segera diperbaiki tingkat pendidikannya.
Data akseptor didik sudah dientry tapi belum dimasukkan ke rombongan berguru segera dimasukkan ke rombongan berguru yang sesuai
Data ganda atau double dikeluarkan dari Dapodikmas.
Perbaikan Dapodikmas ibarat diatas sanggup dilakukan pada tanggal 28 Agustus 2017 s.d 4 September 2017.

Untuk melaksanakan perbaikan data silahkan menentukan semester “2016/2017 Genap” pada pilihan dibawah form username dan password sebelum melaksanakan login ke Aplikasi Dapodikmas ibarat gambar disamping.

Setelah login pada semester 2016/17 Genap, silahkan melaksanakan perbaikan data rombongan belajar/peserta didik.

Bagi akseptor didik kelas tamat yg belum mengikuti ujian pada tahap pertama sanggup mengikuti ujian nasional tahap kedua dengan ketentuan; telah menuntaskan seluruh mata pelajaran dibuktikan dengan nilai raport semester terakhir; usia ijasah sebelumnya minimal 3 tahun; atau yang sudah mengikuti ujian pendidikan kesetaraan (ujian satuan pendidikan)

Terima Kasih

Bagi Anda yang terhitung gres dalam pengoperasian dapodikmas, berikut yakni tautan buku panduannya:



Berikut yakni kutipan buku panduan tersebut:


| 2
DAFTAR ISI
DAFTAR ISI ..................................................................................................................................................... 2
PENGGUNAAN APLIKASI ................................................................................................................................. 4
1. STRUKTUR MENU ................................................................................................................................................ 4
2. OBJEK-OBJEK INPUT ............................................................................................................................................ 4
3. MEKANISME PENGAKSESAN APLIKASI ................................................................................................................ 6
A. Alur Proses Registrasi dan Login ........................................................................................................................... 6
B. Pola Umum Pengaksesan ...................................................................................................................................... 7
4. CARA PENGGUNAAN ........................................................................................................................................... 8
A. Membuka Aplikasi ................................................................................................................................................. 8
B. Pengisian Modul .................................................................................................................................................. 10
B.1 MENU LEMBAGA ................................................................................................................................................ 12
B.1.1 Identitas Lembaga ...................................................................................................................................... 12
B.1.2 Sub Menu Program/Layanan ..................................................................................................................... 13
B.1.3 Sub Menu Bantuan ..................................................................................................................................... 17
B.1.4 Sub Menu Akreditasi Program/Layanan .................................................................................................... 18
B.2 MENU PRASARANA & PRASARANA .................................................................................................................... 19
B.2.1 Detail Prasarana ......................................................................................................................................... 19
B.2.2 Kondisi Prasarana ....................................................................................................................................... 20
B.2.3 Sarana ........................................................................................................................................................ 22
B.2.3.1 Kondisi Sarana ......................................................................................................................................... 23
B.2.4 Buku dan Alat ............................................................................................................................................. 24
B.2.3.1 Kondisi Buku dan Alat ............................................................................................................................. 25
B.3 MENU PENDIDIK ................................................................................................................................................ 26
B.3.1 Detail Pendidik ........................................................................................................................................... 26
B.3.2 Sub Menu Pendidik Terdaftar .................................................................................................................... 29
B.3.3 Sub Menu Anak .......................................................................................................................................... 30
B.3.4 Sub Menu Beasiswa ................................................................................................................................... 31
B.3.5 Sub Menu Buku .......................................................................................................................................... 32
B.3.6 Sub Menu Diklat ......................................................................................................................................... 33
B.3.7 Sub Menu Karya Tulis ................................................................................................................................. 34
B.3.8 Sub Menu Kesejahteraan ........................................................................................................................... 35
B.3.9 Sub Menu Tunjangan ................................................................................................................................. 36
B.3.10 Sub Menu Tugas Tambahan .................................................................................................................... 37
B.3.11 Sub Menu Penghargaan ........................................................................................................................... 38
B.3.12 Sub Menu Test ......................................................................................................................................... 39
B.3.13 Sub Menu Gaji .......................................................................................................................................... 40
B.3.14 Sub Menu Struktural ................................................................................................................................ 41
B.3.15 Sub Menu Kepangkatan ........................................................................................................................... 42
B.3.16 Sub Menu Pendidikan Formal .................................................................................................................. 43
B.3.17 Sub Menu Sertifikasi ................................................................................................................................ 44
B.3.18 Sub Menu Fungsional ............................................................................................................................... 45
B.4 MENU PESERTA DIDIK ........................................................................................................................................ 46
| 3
B.4.1 Detail Peserta Didik .................................................................................................................................... 46
B.4.2 Sub Menu Data Periodik ............................................................................................................................ 49
B.4.3 Sub Menu Prestasi...................................................................................................................................... 50
B.4.4 Sub Menu Beasiswa ................................................................................................................................... 51
B.5 MENU ROMBONGAN BELAJAR .......................................................................................................................... 52
B.5.1 Detail Rombongan Belajar.......................................................................................................................... 52
B.5.2 Sub Menu Peserta Didik (Anggota Rombel) ............................................................................................... 53
B.5.3 Sub Menu Pembelajaran ............................................................................................................................ 54
B.5 MENU ALUMNI .................................................................................................................................................. 55
PENUTUP ..................................................................................................................................................... 57
| 4
PENGGUNAAN APLIKASI
1. STRUKTUR MENU
Adapun struktur hidangan yang terdapat pada Aplikasi Data Pokok Pendidikan Masyarakat (Dapodikmas)
yakni sebagai berikut:
1. Dashboard
berisi profil forum yang terdiri dari alamat, bentuk pendidikan, status, nomor dan
tanggal izin operasional, nomor dan tanggal sertifikat pendirian lembaga, luas tanah milik
dan luas tanah bukan milik.
2. Modul
berisi modul forum yang terdiri dari lembaga, prasarana dan sarana, pendidik, akseptor didik,
rombongan berguru dan alumni.
3. Pengaturan user
Berisi pilihan link untuk kembali ke beranda, perbarui profil dan keluar dari aplikasi.
2. OBJEK-OBJEK INPUT
1. Textbox
Objek ini dipakai untuk menginputkan data
2. Combo Box/Drop Down
Objek ini menyediakan pilihan-pilihan nilai sebuah data. Pilihan nilai data yang sanggup dipilih hanya
satu pilihan saja
Contoh :
| 5
3. Hyperlink
Hyperlink sanggup berupa text ataupun gambar. Objek ini dipakai untuk menampilkan detail dari
data, sekaligus menampilkan sub menu-sub hidangan terkait data tersebut
Contoh :
Text
Gambar
Tombol ini dipakai untuk mengubah/mengedit data
4. Tombol
Objek ini dipakai untuk melaksanakan proses terhadap data-data yang telah diinputkan/dipilih ke
dalam objek-objek input. Penamaan tombol diadaptasi dengan proses yang akan dilakukan oleh
aplikasi.
Contoh :
Tombol ini dipakai untuk menampilkan form penambahan
atau peng-etry-an data
Tombol ini dipakai untuk menyimpan data
Tombol ini dipakai untuk menyimpan data perubahan
Tombol ini dipakai pada ketika melaksanakan login
Tombol ini dipakai untuk menghapus data
Tombol ini dipakai untuk membatalkan sekaligus menutup
form penambahan dan/atau perubahan data
| 6
3. MEKANISME PENGAKSESAN APLIKASI
Alur Proses Registrasi dan Login
START
User ID
Form
Registrasi
Form Login
N
Y
END
KOREG ? Y
Generate
KOREG by
System
N
• Kode Registrasi digenerate oleh sistem dan selanjutnya dipakai sebagai syarat
melaksanakan pendaftaran untuk mendapatkan user id DAPODIKMAS
• Ketentuan :
• Kode Registrasi bersifat unique dan tidak bisa dipakai lebih dari satu kali.
Jika suatu forum melaksanakan pendaftaran lebih dari satu kali maka kode
pendaftaran yang usang tidak berlaku lagi sehingga perlu mengajukan kode
pendaftaran yang gres secara online.
• Satu forum hanya sanggup mendaftarkan satu email yang akan digunakan
untuk login ke dalam DAPODIKMAS
• Login sanggup dilakukan di beberapa komputer dalam waktu bersamaan
| 7
Pola Umum Pengaksesan
Menu
Utama
List Data
Menu
Utama
Search
List Data
Menu
Utama
Hasil Search
Tambah
Data
Form Entry
Data Menu
Utama
Simpan Data
Baru
Batal
Edit
Form Edit
Data Menu
Utama
Simpan Hasil
Perubahan
Data
Batal
View
Form View
Data Menu
Utama
Hapus
Tutup/
Kembali
Tab Sub
Menu
Konfirmasi
Penghapusan
Data Menu
Utama
OK
Batal
List Data
Sub Menu
Search
List Data
Sub Menu
Hasil Search
Tambah
Data
Form Entry
Data Sub
Menu
Simpan Data
Baru
Batal
Edit
Form Edit
Data Sub
Menu
Simpan Hasil
Perubahan
Data
Batal
View
Form View
Data Sub
Menu
Hapus
Tutup/
Kembali
Konfirmasi
Penghapusan
Data Sub
Menu
OK
Batal
khusus profil lembaga
khusus profil lembaga
| 8
4. CARA PENGGUNAAN
Pada bab ini akan dijelaskan mengenai tata cara dalam penggunaan Aplikasi Data Pokok
Pendidikan Masyarakat (Dapodikmas) melalui alamat situs yang telah disediakan. Berikut ini adalah
langkah-langkah dalam penggunaan aplikasi:
A. Membuka Aplikasi
1. Bukalah aplikasi melalui internet browser (IE, Mozila Firefox, Google Chrome atau
lainnya) dengan alamat URL (Uniform Resource Located) berikut ini :
http://app.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/dapodikmas/
2. Kemudian tekan tombol Enter pada keyboard atau klik Go pada browser
3. Akan muncul tampilan halaman pada layar, hidangan login ibarat di bawah ini:
Lakukan login dengan memakai username dan password yang telah dibentuk saat
registrasi.
4. Registrasi sanggup dilakukan dengan meng-klik kata ”disini”, ibarat gambar berikut:
Selanjutnya akan muncul form registrasi, ibarat gambar berikut:
| 9
*Kode pendaftaran terlebih dahulu sudah diberikan
Lakukan entry data sesuai dengan kebutuhan sistem, selanjutnya klik tombol ”Registrasi”.
Apabila pendaftaran berhasil dilakukan, maka akan muncul halaman ibarat gambar berikut :
| 10
B. Pengisian Modul
Tampilan halaman dashboard sesudah melaksanakan login:
| 11
Atribut-atribut data profil forum seperti
yang ditampilkan pada gambar di samping
merupakan data yang telah tersimpan
melalui vervalsp.data.kemdikbud.go.id
Dapodikmas tidak menyediakan fitur untuk
melaksanakan perubahan terhadap atributatribut
data tersebut. Perubahan hanya
sanggup dilakukan melalui
vervalsp.data.kemdikbud.go.id sesuai aturan
yang diberlakukan oleh pengelola
vervalsp.data.kemdikbud.go.id untuk
pengaksesannya.
Penjelasan atribut :
Atribut Penjelasan
Nama Lembaga Merupakan nama
dari lembaga
NPSN Nomor Pokok
Sekolah Nasional
yang diterbitkan
oleh PDSPK
Alamat Jalan Alamat jalan di
mana lembaga
berlokasi
Atribut Penjelasan
Kecamatan Nama Kecamatan di mana forum berlokasi
Provinsi Nama Provinsi di mana forum berlokasi
Bentuk Pendidikan Bentuk forum pendidikan, dalam hal Pendidikan
Masyarakat yakni PKBM, LKP atau SKB
Status Status dari lembaga
No. Izin Operasional Nomor Izin Operasional lembaga
Tgl Izin Operasional Tanggal izin operasional lembaga
No. Akta Pendirian Lembaga Nomor sertifikat atas pendirian lembaga
Tgl Akta Pendirian Lembaga Tanggal sertifikat atas pendirian lembaga
Luas Tanah Milik Luas tanah yang dimiliki oleh forum dan digunakan
dalam melaksakan kegiatan lembaga
Luas Tanah Bukan Milik Luas tanah yang bukan milik forum dan dipakai dalam
melaksakan kegiatan lembaga
| 12
B.1 MENU LEMBAGA
B.1.1 Identitas Lembaga
Klik “Lembaga” pada hidangan bar, akan muncul form isian untuk Identitas Lembaga, Legal Formal
dan Administratif. Lakukan entry data, selanjutnya klik tombol “Simpan Perubahan” seperti
gambar berikut:
Atribut Penjelasan Keterangan
Identitas Lembaga
Rukun Tetangga Terisi dengan RT di mana
forum berlokasi
vervalsp.data.kemdikbud.go.id
Rukun Warga Terisi dengan RW di mana
forum berlokasi
vervalsp.data.kemdikbud.go.id
Kode Pos Tersisi dengan instruksi pos di
mana forum berlokasi
vervalsp.data.kemdikbud.go.id
Nomor Telepon Terisi dengan nomor telepon
lembaga
vervalsp.data.kemdikbud.go.id
Nomor Fax Terisi dengan nomor fax
lembaga
vervalsp.data.kemdikbud.go.id
Alamat Email Diisi dengan alamat Email
lembaga
Dapat diubah melalui
Dapodikmas
Alamat Website Diisi dengan alamat website
lembaga
Dapat diubah melalui
Dapodikmas
Legal Formal
Nomor Pokok Wajib
Pajak
Terisi dengan NPWP forum vervalsp.data.kemdikbud.go.id
Nomor Rekening Terisi dengan nomor rekening
lembaga
vervalsp.data.kemdikbud.go.id
Nama Bank Diisi dengan nama bank
penerbit nomor rekening
lembaga
Dapat diubah melalui
Dapodikmas
| 13
Cabang/KCP Unit Diisi dengan nama cabang/KCP
dari bank penerbit nomor
rekening lembaga
Dapat diubah melalui
Dapodikmas
Rekening Atas Nama Diisi dengan nama yang
tercantum dalam rekening
lembaga
Dapat diubah melalui
Dapodikmas
Status Kepemilikan Diisi dengan status kepemilikan
forum Pilihan :
 Pemerintah Pusat
 Pemerintah Daerah
 Yayasan
 Lainnya
Dapat diubah melalui
Dapodikmas
Administratif
Tanggal Berakhir Izin
Operasional
Terisi dengan tanggal izin
operasional lembaga
vervalsp.data.kemdikbud.go.id
Pemberi Izin Diisi dengan pilihan instansi
atau phak yang memberikan
izin operasional.
Pilihan :
 Pemerintah Pusat
 Pemerintah Provinsi
 Pemerintah Kab/Kota
 Ketua Yayasan
 Kepala Sekolah
 Komite Sekolah
Dapat diubah melalui
Dapodikmas
Nomor Sertifikat/Surat
Tanah
Diisi dengan nomor
sertifikat/surat tanah yang
dimiliki forum untuk
melaksanakan kegiatannya
Dapat diubah melalui
Dapodikmas
Fasilitas Layanan
kepada Lembaga Lain
Diisi dengan bentuk layanan
yang diberikan oleh lembaga
kepada forum lainnya.
Pilihan :
 Studi Banding
 Magang
 Pelatihan
 Tidak ada
Dapat diubah melalui
Dapodikmas
Di dalam hidangan forum terdapat sub hidangan yang terdiri dari Program/Layanan, Bantuan,
Akreditasi Program/Layanan.
B.1.2 Sub Menu Program/Layanan
Data yang dientrikan pada sub hidangan ini akan dipakai sebagai tumpuan Program/Layanan di
beberapa hidangan terkait, misal : Rombongan Belajar
| 14
Klik tab “Program/Layanan” >> “Tambah Program/Layanan” untuk menambahkan data
program/layanan yang ada pada lembaga, ibarat gambar di bawah ini:
Atribut Penjelasan Keterangan
Bentuk Layanan Diisi dengan bentuk-bentuk
layanan yang diberikan oleh
Satuan Pendidikan Non Formal.
Pilihan :
 TK
 KB
 TPA
 SPS
 TBM
 Life Skill
 Keaksaraan
 Kursus
 Paket A
 Paket B
 Paket C
Cukup jelas
| 15
Nama Program/Layanan Diisi dengan nama program
layanan (dapat diisi sesuai
bentuk layanan)
Cukup jelas
Kebutuhan Khusus Diisi dengan jenis kebutuhan
khusus yang turut terlayani
dalam program/layanan yang
dimaksud.
Pilihan :
Tidak Ada
 A – Tuna Netra
 B – Tuna Rungu
 C – Tuna Grahita Ringan
 C1 – Tuna Grahita Sedang
 D – Tuna Daksa Ringan
 D1 – Tuna Daksa Sedang
 E – Tuna Laras
 F – Tuna Wicara
 H – Hiperaktif
 I – Cerdas Istimewa
 J – Bakat Istimewa
 K – Kesulitan Belajar
 N – Narkoba
 – Indigo
 P – Down Syndrome
 Q – Autis
Cukup jelas
Lakukan entry data, selanjutnya klik tombol “Simpan Data” yang secara otomatis akan muncul
tampilan hasil inputan data pada index row, ibarat gambar berikut:
Klik tombol pada index row data yang akan diubah, Klik “Simpan Perubahan” bila telah
selesai melaksanakan perubahan data ibarat gambar berikut:
| 16
Untuk melihat detail Program/Layanan, klik pada index row data yang dibutuhkan, ibarat gambar
di bawah ini:
Klik tombol “Hapus” bila data ingin dihapus.
Cara pengaksesan, penambahan, perubahan dan pembatalan terhadap data pada menu
dan/atau sub hidangan selanjutnya dalam manual ini dilakukan sama ibarat yang telah dijelaskan
pada sub hidangan “Program/Layanan”. Pada pembahasan hidangan dan/atau sub hidangan selanjutnya
hanya akan dibahas mengenai atribut-atribut pada form entri saja.
| 17
B.1.3 Sub Menu Bantuan
Atribut Penjelasan Keterangan
Nama Bantuan Diisi dengan nama santunan yang
diterima oleh lembaga
Cukup jelas
Tahun Diisi dengan tahun ketika bantuan
diterima oleh lembaga
Cukup jelas
Jenis Bantuan Diisi dengan jenis bentuan yang
diterima oleh lembaga.
Pilihan :
 Peningkatan Kapasitas
 Peningkatan Fungsi
 Peningkatan Mutu
 Keterjangkauan
 Operasional
 Rehabilitasi
 Lainnya
Cukup jelas
Sumber Dana Diisi dengan forum atau
institusi yang memberikan
santunan kepada lembaga.
Pilihan :
 Balitbang
 Bantuan Asing
 Bantuan Swasta
 Biro PKLN
 CSR Suatu
Perusahaan/Institusi
 Dikti
 Dinas Kabupaten
 Dinas Provinsi
Cukup jelas
| 18
 Direktorat Kursus dan
Pelatihan
 Direktorat PAUD
 Direktorat Pendidikan
Keaksaraan dan Kesetaraan
 Direktorat Pendidikan
Keluarga
 Lainnya
 Puskurbuk
 Puspendik
 Pustekkom
 Sekretariat PAUD DIKMAS
 Swadaya/Mandiri
Nilai Bantuan Diisi dengan nilai santunan yang
diterima oleh lembaga.
Dalam Rupiah
Dana Pendamping Diisi dengan nilai dana
pendamping yang dimiliki oleh
lembaga.
Dalam Rupiah
Peruntukan Dana Diisi dengan penjelasan
peruntukan dana santunan yang
diterima oleh lembaga.
Cukup jelas
B.1.4 Sub Menu Akreditasi Program/Layanan
Atribut Penjelasan Keterangan
SK Akreditasi Diisi dengan nomor SK pengakuan Cukup jelas
Tahun Perolehan Diisi dengan tahun saat
pengakuan diperoleh
Cukup jelas
Tahun Berakhir Diisi dengan tahun ketika akrediasi
berakhir
Cukup jelas
| 19
Akreditasi Diisi dengan nilai pengakuan yang
diterima oleh lembaga.
Pilihan :
 A
 B
 C
 Tidak Terakreditasi
 Belum Terakreditasi
Cukup jelas
Lembaga Akreditasi Diisi dengan forum atau
institusi yang menerbitkan
akreditas :
Pilihan :
 BAN
Cukup jelas
B.2 MENU PRASARANA & PRASARANA
B.2.1 Detail Prasarana
Atribut Penjelasan Keterangan
Jenis Prasarana Diisi dengan jenis prasarana
yang dimiliki oleh lembaga.
Pilihan :
 Dapur
 Gudang
 Kamar Mandi/WC Guru Lakilaki
 Kamar Mandi/WC Guru
Perempuan
 Kamar Madi/WC Siswa Lakilaki
Cukup jelas
| 20
 Kamar Mandi/WC Siswa
Perempuan
 Lainnya
 Ruang Anak Berkebutuhan
Khusus
 Ruang Guru
 Ruang Ibadah
 Ruang Kepala Sekolah
 Ruang Perpustakaan
 Ruang Serba Guna/Aula
 Ruang Teori/Kelas
 Ruang Tidur Anak
 UKS
Nama Prasarana Diisi dengan nama prasarana
yang dimiliki oleh lembaga
(dapat diisi sesuai dengan jenis
prasarana)
Cukup jelas
Kepemilikan Diisi dengan kepemilikan atas
prasarana yang dimaksud
Cukup jelas
Panjang M Diisi dengan ukuran panjang dari
prasarana dalam meter
Cukup jelas
Lebar M Diisi dengan ukuran lebar dari
prasarana dalam meter
Cukup jelas
B.2.2 Kondisi Prasarana
Atribut Penjelasan Keterangan
Rusak Penutup Atap Diisi dengan nilai kerusakan
epilog atap
Diisi dengan nilai 0 – 100
dalam persen (%)
| 21
0 yakni nilai di mana kondisi
dalam keadaan baik
Rusak Lisplang/Talang Diisi dengan nilai kerusakan
lisplang/talang
Diisi dengan nilai 0 – 100
dalam persen (%)
Rusak Penutup List Plapon Diisi dengan nilai kerusakan list
plafon
0 (nol) yakni nilai di mana
kondisi dalam keadaan baik
Rusak Kolom Ring Balok Diisi dengan nilai kerusakan
kolom ring balok
0 (nol) yakni nilai di mana
kondisi dalam keadaan baik
Rusak Cat Dinding Diisi dengan nilai kerusakan cat
dinding
0 (nol) yakni nilai di mana
kondisi dalam keadaan baik
Rusak Daun Pintu Diisi dengan nilai kerusakan daun
pintu
0 (nol) yakni nilai di mana
kondisi dalam keadaan baik
Rusak Struktur Bawah Diisi dengan nilai kerusakan
struktur bawah
0 (nol) yakni nilai di mana
kondisi dalam keadaan baik
Rusak Pondasi Diisi dengan nilai kerusakan
pondasi
0 (nol) yakni nilai di mana
kondisi dalam keadaan baik
Rusak Listrik Diisi dengan nilai kerusakan
listrik
0 (nol) yakni nilai di mana
kondisi dalam keadaan baik
Rusak Rangka Atap Diisi dengan nilai kerusakan
rangka atap
0 (nol) yakni nilai di mana
kondisi dalam keadaan baik
Rusak Rangka Plafon Diisi dengan nilai kerusakan
rangka plafon
0 (nol) yakni nilai di mana
kondisi dalam keadaan baik
Rusak Cat Plafon Diisi dengan nilai kerusakan cat
plafon
0 (nol) yakni nilai di mana
kondisi dalam keadaan baik
Rusak Bata/Dinding
pengisi
Diisi dengan nilai kerusakan
bata/dinding pengisi
0 (nol) yakni nilai di mana
kondisi dalam keadaan baik
Rusak Kusen Diisi dengan nilai kerusakan
kusen
0 (nol) yakni nilai di mana
kondisi dalam keadaan baik
Rusak Daun Jendela Diisi dengan nilai kerusakan daun
jendela
0 (nol) yakni nilai di mana
kondisi dalam keadaan baik
Rusak Penutup Lantai Diisi dengan nilai kerusakan
epilog lantai
0 (nol) yakni nilai di mana
kondisi dalam keadaan baik
Rusak Sloof Diisi dengan nilai kerusakan sloof 0 (nol) yakni nilai di mana
kondisi dalam keadaan baik
Rusak Air Hujan Rabatan Diisi dengan nilai kerusakan air
hujan rabatan
0 (nol) yakni nilai di mana
kondisi dalam keadaan baik
| 22
B.2.3 Sarana
Atribut Penjelasan Keterangan
Jenis Sarana Diisi dengan jenis sarana yang
dimiliki oleh lembaga.
Pilihan :
 APE Luar
 Bahan Alam
 Balok
 Brankas
 Filling Cabinet
 Foto Copy
 Imtaq
 Jam Dinding
 Komputer
 Komputer TU
 Kotak Kontak
 Kursi Baca
 Kursi dan Meja Tamu
 Kursi Guru
 Kursi Kerja
 Kursi Pimpinan
 Kursi Siswa
 Kursi TU
 Lainnya
 Lemari
 Lemari Katalog
 Main Peran
 Meja Baca
 Meja Guru
 Meja Kerja/Sirkulasi
 Meja Multimedia
 Meja Pimpinan
 Meja Siswa
 Meja TU
 Memasak
Cukup jelas
| 23
 Mesin Ketik
 Musik
 Papan Panjang
 Papan Pengumuman
 Papan Plastik
 Papan Tulis
 Penanda Waktu (Bell
Sekolah)
 Perlengkapan Ibadah
 Persiapan
 Printer
 Printer TU
 Rak Buku
 Rak Hasil Karya Peserta Didik
 Rak Majalah
 Rak Surat Kabar
 Seni/Kreatifitas
 Simbol Kenegaraan
 Temnpat Cuci Tangan
 Tempat Sampah
Nama Sarana Diisi dengan nama saraba (dapat
diisi sesuai dengan jenis sarana)
Cukup jelas
Kepemilikan Sarana Diisi dengan status kepemilikan
sarana.
Pilihan :
 Bukan Milik
 Milik
 Pinjam
 Sewa
Cukup jelas
B.2.3.1 Kondisi Sarana
Atribut Penjelasan Keterangan
Jumlah Diisi dengan jumlah sarana yang
dimiliki oleh lembaga
Cukup jelas
Kondisi Diisi dengan kondisi sarana yang
dimiliki oleh lembaga.
Pilihan :
Cukup jelas
| 24
 Layak
 Tidak Layak
B.2.4 Buku dan Alat
Atribut Penjelasan Keterangan
Nama Buku Alat Diisi dengan nama buku dan alat
yang dimiliki oleh lembaga
Cukup jelas
Jenis Buku Alat Diisi dengan jenis buku dan alat
yang dimiliki oleh lembaga.
Pilihan :
 Alat Peraga
 Aat Praktik
 Buku Bacaan
 Buka Pegangan
 Buku Peganga Braille
 Buku Pengayaan
 Buku Penunjang
 Buku Penunjang Braille
 Buku Referensi
 Buku Teks
 Lainnya
 Petunjuk Percobaan
Cukup jelas
Tingkat Pendidikan Diisi dengan tingkat pendidikan
yang diselenggarakan oleh
lembaga.
Pilihan :
 Kelompok A
 Kelompok B
 KB
 TPA
Cukup jelas
| 25
 SPS
 TBM
 Life Skill
 Keaksaraan
 Kursus
 Paket A
 Paket B
 Paket C
Mata Pelajaran Diisi dengan mata pelajaran
sesuai tingkat pendidikan.
Pilihan :
 Keaksaraan Dasar
 Keaksaraan Lanjutan
 Keaksaraan Usaha Mandiri
Cukup jelas
Program/Layanan Diisi dengan menentukan daftar yang
terisi dengan data
Program/Layanan yang telah
didaftarkan pada sub menu
Program/Layanan
Cukup jelas
B.2.3.1 Kondisi Buku dan Alat
Atribut Penjelasan Keterangan
Jumlah Diisi dengan jumlah buku dan
alat yang dimiliki oleh lembaga
Cukup jelas
Kondisi Diisi dengan kondisi buku dan
alat yang dimiliki oleh lembaga.
Pilihan :
 Layak
 Tidak Layak
Cukup jelas
| 26
B.3 MENU PENDIDIK
B.3.1 Detail Pendidik
| 27
Atribut Penjelasan Keterangan
Nama Lengkap Diisi dengan nama lengkap
pendidik
Tanpa gelar depan maupun
gelar belakang
NUPTK Diisi dengan NUPTK pendidik Cukup jelas
Jenis Kelamin Diisi dengan jenis kelamin
pendidik
Cukup jelas
Tempat Lahir Diisi dengan daerah lahir
pendidik
Cukup jelas
Tanggal Lahir Diisi dengan tanggal lahirf
pendidik
Tanggal lahir harus diisi dengan
sebenarnya, system akan
menolak kalau hasil kalkulasi usia
mencapai nilai lebih dari 65
tahun dan kurang dari 14
tahun. Tanggal lahir juga tidak
diijinkan diisi sesudah tanggal
pengangkatannya sebagai
pendidik.
NIK Diisi dengan NIK dari pendidik Cukup jelas
Agama Diisi dengan agama dari
pendidik.
Pilihan :
 Islam
 Kristen
 Katholik
 Hindu
 Budha
 Konghucu
Cukup jelas
Status Pernikahan Diisi dengan status pernikahan
pendidik.
Pilihan :
 Sudah
 Belum
Cukup jelas
Kewarganegaraan Diisi dengan kewarganegaraan
pendidik
Cukup jelas
Nama Ibu Kandung Diisi dengan nama ibu kandung
dari pendidik
Cukup jelas
Provinsi Diisi dengan provinsi di mana
pendidik berdomisili
Cukup jelas
Kabupaten/Kota Diisi dengan kab/kota di mana
pendidik berdomisili
Cukup jelas
Kecamatan Diisi dengan kecamatan di mana
pendidik berdomisili
Cukup jelas
Desa/Kelurahan Diisi dengan desa/kelurahan di
mana pendidik berdomisili
Cukup jelas
| 28
Alamat Rumah Diisi dengan alamat di mana
pendidik berdomisili
Cukup jelas
RT Diisi dengan RT di mana pendidik
berdomisili
Cukup jelas
RW Diisi dengan RW di mana
pendidik berdomisili
Cukup jelas
Kode Pos Diisi dengan instruksi pos di mana
pendidik berdomisili
Cukup jelas
No. Telepon Rumah Diisi dengan nomor telepon
rumah pendidik
Cukup jelas
HP Diisi dengan nomor HP pendidik Cukup jelas
Email Diisi dengan email valid pendidik Cukup jelas
NPWP Diisi dengan NPWP pendidik Cukup jelas
No. Rekening Bank Diisi dengan nomor rekening
atas nama pendidik
Cukup jelas
Bank Penerbit Diisi dengan nama bank penerbit
rekening atas nama pendidik
Cukup jelas
Status Kepegawaian Diisi dengan status kepegawaian
dari pendidik.
Pilihan :
 PNS
 PNS Diperbantukan
 PNS Kemenag
 GTY/PTY
 GTT/PTT Provinsi
 GTT/PTT Kab/Kota
 Guru Bantu Pusat
 Guru Honor Sekolah
 Tenaga Honor Sekolah
 CPNS
 Lainnya
Cukup jelas
Jenis Pendidik Diisi dengan jenis pendidik.
Pilihan :
 Guru Kelas
 Guru Inklusi
 Tenaga Administrasi Sekolah
 Guru Pendamping
 Guru Magang
 Instruktur
 Penguji
 Master Penguji
 Tutor
 Pamong Belajar
 Lainnya
Cukup jelas
NIP Diisi dengan NIP pendidik jika
pendidik yakni PNS
Cukup jelas
| 29
TMT PNS Diisi dengan TMT PNS pendidik
kalau pendidik yakni PNS
Cukup jelas
Pangkat/Golongan Diisi dengan pangkat/golongan
pendidik kalau pendidik adalah
PNS
Cukup jelas
Nama Pasangan Diisi dengan nama lengkap
pasangan dari pendidik
Cukup jelas
Pekerjaan Pasangan Diisi dengan pekerjaan pasangan
dari pendidik.
Pilihan :
 Tidak Bekerja
 Nelayan
 Petani
 Peternak
 PNS/TNI/POLRI
 Karyawan Swasta
 Pedagang Kecil
 Pedagang Besar
 Wiraswasta
 Wirausaha
 Buruh
 Pensiunan
 Sudah Meninggal
 Lainnya
Cukup jelas
NIP Pasangan (Jika PNS) Diisi dengan NIP pasangan dari
pendidik kalau PNS
Cukup jelas
B.3.2 Sub Menu Pendidik Terdaftar
Atribut Penjelasan Keterangan
Nomor Surat Tugas Diisi dengan nomor surat
penugasan pendidik di lembaga
Cukup jelas
| 30
Tanggal Surat Tugas Diisi dengan tanggal surat
penugasan pendidik di lembaga
Cukup jelas
TMT Tugas Diisi dengan TMT penugasan
pendidik di lembaga
Cukup jelas
Opsi Sebagai PTK Induk Diisi kalau forum merupakan
forum induk dari pendidik
Cukup jelas
Opsi Aktif di bulan #1 -
#12
Diisi kalau pendidik aktif di bulan
yang bersangkutan
Cukup jelas
B.3.3 Sub Menu Anak
Atribut Penjelasan Keterangan
Status Anak Disi dengan status anak dari
pendidik.
Pilihan :
 Anak Kandung
 Anak Tiri
 Anak Angkat
Cukup jelas
Jenjang Pendidikan Diisi dengan jenjang pendidikan
anak dari pendidik.
Pilihan :
 Tidak Sekolah
 Putus SD
Cukup jelas
| 31
 SD/Sederajat
 SMP/Sederajat
 SMA/Sederajat
 D1
 D2
 D3
 D4
 S1
 S2
 S3
NISN Diisi dengan NISN anak dari
pendidik
Cukup jelas
Nama Anak Diisi dengan nama lengkap anak
dari pendidik
Cukup jelas
Jenis Kelamin Diisi dengan jenis kelamin anak
dari pendidik
Pilihan :
 Laki-laki
 Perempuan
Cukup jelas
Tempat Lahir Disi dengan daerah lahir anak
dari pendidik
Cukup jelas
Tanggal Lahir Diisi dengan tanggal lahir anak
dari pendidik
Cukup jelas
Tahun Masuk Diisi dengan tahun masuk anak
dari pendidik sesuai jenjang
pendidikannya
Cukup jelas
B.3.4 Sub Menu Beasiswa
Atribut Penjelasan Keterangan
| 32
Jenis Beasiswa Disi dengan jenis beasiswa yang
diterima pendidik.
Pilihan :
 Prestasi
 Kemiskinan
 Pendidikan
 Unggulan
 Ikatan Dinas
 Lainnya
Cukup jelas
Keterangan Diisi dengan keterang mengenai
beasiswa yang diterima oleh
pendidik
Cukup jelas
Tahun Mulai Diisi dengan tahun berlakunya
beasiswa yang diterima pendidik
Cukup jelas
Tahun Akhir Disi dengan tahun berakhirnya
beasiswa yang diterima pendidik
Cukup jelas
Masih Menerima Diisi dengan status apakah
pendidik masih menerima
beasiswa yang bersangkutan
Cukup jelas
B.3.5 Sub Menu Buku
Atribut Penjelasan Keterangan
Judul Buku Diisi dengan judul buku yang
pernah ditulis oleh pendidik
Cukup jelas
Tahun Diisi dengan tahun
diterbitkannya buku yang pernah
ditulis oleh pendidik
Cukup jelas
Penerbit Diisi dengan nama penerbit yang
menerbitkan buku yang ditulis
oleh penerbit
Cukup jelas
| 33
B.3.6 Sub Menu Diklat
Atribut Penjelasan Keterangan
Jenis Diklat Diisi dengan jenis diklat yang
telah diikuti oleh pendidik.
Pilhan :
 Bimtek PTK SD satu atap
 Bimtek PTK Sekolah Menengah Pertama satu atap
 Bimtek PTK Sekolah Menengan Atas satu atap
 Diklat Fungsional
Kependidikan
 Diklat Fungsional Non
Kependidikan
 Diklat Manajemen
 Diklat Penjenjangan
 Diklat Prajabatan
 Diklat Pratugas
 Diklat Teknis Profesi
Kepedidikan
 Diklat Teknis Program
Kependidikan
 Diklat Teknis Umum/Adm
dan Manajemen
 Kursus Mahir Dasar
Kepramukaan
Cukup jelas
| 34
 Kursus Mahir Lanjutan
Kepramukaan
 Lainnya
Nama Diisi dengan nama diklat yang
telah diikuti pendidik
Cukup jelas
Penyelenggara Diisi dengan nama forum atau
institusi penyelenggara diklat
yang diikuti oleh pendidik
Cukup jelas
Tahun Diisi dengan tahun mengikuti
diklat
Cukup jelas
Peran Diisi dengan kiprah pendidik
dalam diklat
Cukup jelas
Tingkat Diisi dengan tingkatan diklat
yang diikuti oleh pendidik
Cukup jelas
Durasi Diisi dengan durasi atau lamanya
waktu diklat yang diikuti oleh
pendidik
Cukup jelas
B.3.7 Sub Menu Karya Tulis
Atribut Penjelasan Keterangan
Judul Diisi dengan judul karya tulis
yang dibentuk oleh pendidik
Cukup jelas
Tahun Pembuatan Diisi dengan tahun pembuatan
karya tulis
Cukup jelas
Publikasi Diisi dengan jenis publikasi dari
karya tulis yang dibentuk oleh
pendidik
Cukup jelas
Keterangan Diisi dengan keterangan terkait
karya tulis yang dibentuk oleh
pendidik
Cukup jelas
| 35
B.3.8 Sub Menu Kesejahteraan
Atribut Penjelasan Keterangan
Jenis Kesejahteraan Diisi dengan jenis kesejahteraan
yang diperoleh pendidik,
Pilihan :
 Asuransi Kesejahteraan
 Dana Pensiun
 Jamkesmas
 Jamsostek
 Lainnya
Cukup jelas
Nama Diisi dengan nama kesejahteraan
yang diperoleh pendidik
Cukup jelas
Penyelenggara Diisi dengan nama forum atau
institusi yang menyelenggarakan
kegiatan kesejahteraan yang
diperoleh pendidik
Cukup jelas
Dari Tahun Diisi dengan tahun awal
keikutsertaan pendidik dalam
kegiatan kesejahteraan
Cukup jelas
Sampai Tahun Diisi dengan tahun berakhirnya
keikutsertaan pendidik dalam
kegiatan kesejahteraan
Cukup jelas
Status Diisi dengan status keikutsertaan
dalam kegiatan kesejahteraan
Cukup jelas
| 36
B.3.9 Sub Menu Tunjangan
Atribut Penjelasan Keterangan
Jenis Tunjangan Diisi dengan jenis tunjangan yang
diperoleh pendidik.
Pilihan :
 Bantuan peningkatan
kualifikasi akademis
 Lainnya
 Tunjangan Pendidikan
Khusus dan Layanan Khusus
 Tunjangan Anak
 Tunjangan Beras
 Tunjangan Gungsional non
PNS
 Tunjangan Guru Daerah
Khusus
 Tunjangan Hari Tua
 Tunjangan Istri/Suami
 Tunjang Khusus Guru/Dosen
 Tunjangan Medis
 Tunjangan Pegawai Non PNS
 Tunjangan Profesi Guru
 Tunjangan Umum PNS
Cukup jelas
| 37
Nama Tunjangan Diisi dengan nama tunjangan
yang diperoleh pendidik
Cukup jelas
Instansi Diisi dengan nama instansi yang
memberikantunjanan kepada
pendidik
Cukup jelas
Sumber Dana Diisi dengan sumber dana
tunjangan yang diterima oleh
pendidik
Cukup jelas
Dari Tahun Diisi dengan tahun awal
perolehan tunjangan
Cukup jelas
Sampai Tahun Diisi dengan tahun berakhirnya
tunjangan yang diperoleh
pendidik
Cukup jelas
Nominal (Rp) Diisi dengan nilai nominal
tunjangan yang diperoleh
pendidik
Cukup jelas
Status Diisi dengan status tunjangan
yang diperoleh pendidik
Cukup jelas
B.3.10 Sub Menu Tugas Tambahan
Atribut Penjelasan Keterangan
Jabatan PTK Diisi dengan jabatan pendidik di
sekolah daerah pendidik
ditugaskan
Pilihan :
 Kepala Sekolah
 PLT Kepala Sekolah
 Wakil Kepala Sekolah
Cukup jelas
| 38
Durasi (Jam/Minggu) Diisi dengan durasi penugasan
pendidik di sekolah penugasan
dalam jam
Cukup jelas
Nomor SK Diisi dengan nomor SK
penugasan pendidik
Cukup jelas
TMT Diisi dengan TMT SK penugasan Cukup jelas
TST Diisi dengan TST SK penugasan Cukup jelas
B.3.11 Sub Menu Penghargaan
Atribut Penjelasan Keterangan
Tingkat Penghargaan Diisi dengan tingkat
penghargaan yang diperoleh
pendidik
Pilihan :
 Sekolah
 Kecamatan
 Kab/Kota
 Provinsi
 Nasional
 Internasional
 Lainnya
Cukup jelas
Jenis Penghargaan Diisi dengan jenis penghargaan
yang diperoleh pendidik
Pilihan :
 Satyalencana
 Lainnya
Cukup jelas
Nama Diisi dengan nama penghargaan
yang diperoleh pendidik
Cukup jelas
Tahun Diisi dengan tahun ketika Cukup jelas
| 39
penghargaan diperoleh pendidik
Instansi Diisi dengan nama forum atau
institusi yang memberikan
penghargaan
Cukup jelas
B.3.12 Sub Menu Test
Atribut Penjelasan Keterangan
Jenis Test Diisi dengan jenis tes yang diikuti
pendidik
Pilihan :
 TOEFL
 TOEIC
 TPA
 UKBI
 Lainnya
 Test of English as a
Foreign Language
disingkat TOEFL adalah
ujian kemampuan
berbahasa Inggris (logat
Amerika) yang diperlukan
untuk mendaftar masuk ke
universitas di Amerika
Serikat atau negara-negara
lain di dunia
 TOEIC yakni singkatan
dari Test of English for
International
Communication. TOEIC
dipakai untuk
mengukur kemampuan
bahasa Inggris penutur
non-bahasa Inggris dalam
penggunaan bahasa Inggris
sehari-hari di lingkungan
kerja internasional.
 Tes Potensi Akademik
atau TPA merupakan tes
psikologi yang dapat
| 40
mengungkap apa yang
telah dicapai seseorang
secara intelektual.
 Uji Kemahiran Berbahasa
Indonesia (UKBI) adalah
uji kemahiran (proficiency
test) untuk mengukur
kemahiran berbahasa
seseorang dalam
berkomunikasi dengan
memakai bahasa
Indonesia, baik penutur
Indonesia maupun penutur
asing.
Nama Diisi dengan nama tes yang
diikuti pendiidk
Cukup jelas
Penyelenggara Diisi dengan forum atau
institusi penyelenggara tes yang
diikuti pendidik
Cukup jelas
Tahun Diisi dengan tahun ketika pendidik
mengikuti tes
Cukup jelas
Skor Diisi dengan skor yang diperoleh
pendidik atas tes yang diikutinya
Cukup jelas
B.3.13 Sub Menu Gaji
| 41
Atribut Penjelasan Keterangan
Pangkat/Golongan Diisi dengan pangkat/golongan
pendidik
Cukup jelas
Nomor SK Diisi dengan nomor SK
pangkat/golongan
Cukup jelas
Tanggal SK Diisi dengan tanggal SK
pangkat/golongan
Cukup jelas
TMT KGB Diisi dengan TMT Kenaikan Gaji
Berkala
Cukup jelas
Masa Kerja Tahun Diisi dengan masa kerja dalam
tahun hingga kenaikan pangkat
yang bersangkutan diperoleh
Cukup jelas
Masa kerja Bulan Diisi dengan masa kerja dalam
bulan hingga kenaikan pangkat
yang bersangkutan diperoleh
Cukup jelas
Gaji Pokok Diisi dengan nominal honor pokok
pendidik
Cukup jelas
B.3.14 Sub Menu Struktural
Atribut Penjelasan Keterangan
Jabatan Pendidik Diisi dengan jabatan pendidik
Pilihan :
 Kepala Sekolah
 PLT Kepala Sekolah
 Wakil Kepala Sekolah
Cukup jelas
SK Struktural Diisi dengan SK jabatan pendidik Cukup jelas
TMT Jabatan Diisi dengan TMT jabatan
pendidik
Cukup jelas
| 42
B.3.15 Sub Menu Kepangkatan
Atribut Penjelasan Keterangan
Pangkat/Golongan Diisi dengan pangkat/golongan
pendidik
Cukup jelas
Nomor SK Diisi dengan nomor SK
pangkat/golongan pendidik
Cukup jelas
Tanggal SK Diisi dengan tanggal SK
pangkat/golongan pendidikan
Cukup jelas
TMT Pangkat Diisi dengan TMT pangkat
pendidik
Cukup jelas
Masa Kerja (Tahun) Diisi dengan masa kerja pendidik
dalam tahun
Cukup jelas
Masa Kerja (Bulan) Diisi dengan masa kerja pendidik
dalam bulan
Cukup jelas
| 43
B.3.16 Sub Menu Pendidikan Formal
Atribut Penjelasan Keterangan
Bidang Studi Diisi dengan bidang studi yang
diikuti oleh pendidik.
Pilihan :
 Adat Istiadat
 Administrasi
 Agraria
 Dll
Yang ditampilkan pada daftar
bidang studi merupakan
bidang studi yang diajarkan di
Indonesia
Jenjang Pendidikan Diisi dengan jenjang pendidikan
yang diikuti pendidik. Dipilih dari
daftar pilihan.
Yang ditampilkan pada daftar
jenjang pendidikan adalah
jenjang pendidikan yang saat
ini ada di Indonesia
| 44
Gelar Akademik Diisi dengan gelar akademik yang
dimiliki pendidik. Dipilih dari
daftar pilihan.
Yan ditampilkan pada daftar
gelar akademik yakni gelar
akademik yang ketika ini dikenal
di Indonesia
Satuan Pendidikan Formal Diisi dengan SPF Cukup jelas
Fakultas Diisi dengan fakultas Cukup jelas
Kependidikan Dipilih dari pilihan ya jika
pendidikan yang diikuti
merupakan kelompok
kependidikan
Cukup jelas
Tahun Masuk Diisi dengan tahun masuk Cukup jelas
Tahun Lulus Diisi dengan tahun lulus Cukup jelas
NIM Diisi dengan Nomor Induk
Mahasiswa
Cukup jelas
Masih Kuliah Diisi dengan status masih kuliah.
Pilihan :
 Ya
 Tidak
Cukup jelas
Semester Diisi dengan semester yang
diikuti pendidik
Cukup jelas
IPK Diisi dengan nilai IPK terakhir
yang diperoleh pendidik pada
jenjang pendidik terkait
Cukup jelas
B.3.17 Sub Menu Sertifikasi
| 45
Atribut Penjelasan Keterangan
Jenis Sertifikasi Diisi dengan jenis sertifikasi yang
dimiliki pendidik
Cukup jelas
Nomor Sertifikat Diisi dengan nomor sertifikat
yang dimiliki pendidik
Cukup jelas
Tahun Sertifikasi Diisi dengan tahun perolehan
sertifikasi pendidik
Cukup jelas
Bidang Studi Diisi dengan bidang studi yang
tersertifikasi
Cukup jelas
NRG Diisi dengan NRG pendidik Cukup jelas
Nomor Peserta Diisi dengan nomor akseptor saat
mengikuti sertifikasi
Cukup jelas
B.3.18 Sub Menu Fungsional
Atribut Penjelasan Keterangan
Jabatan Fungsional Diisi dengan jabatan fungsional
pendidik.
Pilihan :
Guru Madya IV/a
Guru Madya IV/b
Guru Madya IV/c
Guru Muda III/c
Guru Muda III/d
Guru Pertama III/a
Guru Pertama III/b
Guru Utama IV/d
Guru Utama IV/e
Cukup jelas
SK Jabatan Fungsional Diisi dengan SK terkait jabatan
fungsional pendidik
Cukup jelas
TMT Jabatan Diisi dengan TMT terkait SK
jabatan fungsional pendidik
Cukup jelas
| 46
B.4 MENU PESERTA DIDIK
B.4.1 Detail Peserta Didik
Atribut Penjelasan Keterangan
Nama Lengkap Diisi dengan nama lengkap
akseptor didik.
Cukup jelas
Jenis Kelamin Diisi dengan jenis kelamin
akseptor didik
Cukup jelas
NISN Diisi dengan Nomor Induk Siswa
Nasional akseptor didik
Cukup jelas
NIK Diisi dengan NIK akseptor didik Cukup jelas
Tempat Lahir Diisi dengan nama daerah lahir
akseptor didik
Cukup jelas
Tanggal Lahir Diisi dengan tanggal lahir peserta
didik
Cukup jelas
Agama Diisi dengan agama yang dianut
akseptor didik
Cukup jelas
Alamat Diisi dengan alamat di mana
akseptor didik berdomisili
Cukup jelas
Kewarganegaraan Diisi dengan kewarganegaraan
akseptor didik
Cukup jelas
Nama Ibu Diisi dengan nama ibu kandung
akseptor didik
Cukup jelas
| 47
Pekerjaan Ibu Diisi dengan pekerjaan ibu dari
akseptor didik.
Pilihan :
 Tidak Bekerja
 Nelayan
 Petani
 Peternak
 PNS/TNI/POLRI
 Karyawan Swasta
 Pedagang Kecil
 Pedagang Besar
 Wiraswasta
 Wirausaha
 Buruh
 Pensiunan
 Sudah Meninggal
 Lainnya
Cukup jelas
Penghasilan Ibu Diisi dengan penghasilan ibu dari
akseptor didik.
Pilihan :
 Kurang dari Rp.500.000
 Rp. 500.000 – Rp. 999.999
 Rp. 1.000.000 – Rp.
1.999.999
 Rp. 2.000.000 – Rp.
4.999.999
 Rp. 5.000.000 – Rp.
20.000.000
 Lebih dari Rp. 20.000.000
Cukup jelas
Tahun Lahir Ibu Diisi dengan tahun lahir ibu dari
akseptor didik
Cukup jelas
Nama Ayah Diisi dengan nama lengkap ayah
dari akseptor didik
Cukup jelas
Pekerjaan Ayah Diisi dengan pekerjaan ayah dari
akseptor didik.
Pilihan :
 Tidak Bekerja
 Nelayan
 Petani
 Peternak
 PNS/TNI/POLRI
 Karyawan Swasta
 Pedagang Kecil
 Pedagang Besar
 Wiraswasta
 Wirausaha
 Buruh
 Pensiunan
Cukup jelas
| 48
 Sudah Meninggal
 Lainnya
Penghasilan Ayah Diisi dengan penghasilan ayah
dari akseptor didik.
Pilihan :
 Kurang dari Rp.500.000
 Rp. 500.000 – Rp. 999.999
 Rp. 1.000.000 – Rp.
1.999.999
 Rp. 2.000.000 – Rp.
4.999.999
 Rp. 5.000.000 – Rp.
20.000.000
 Lebih dari Rp. 20.000.000
Cukup jelas
Tahun Lahir Ayah Diisi dengan tahun lahir ayah
dari akseptor didik
Cukup jelas
Nama Wali Diisi dengan nama lengkap wali
dari akseptor didik
Cukup jelas
Pekerjaan Wali Diisi dengan pekerjaan wali dari
akseptor didik.
Pilihan :
 Tidak Bekerja
 Nelayan
 Petani
 Peternak
 PNS/TNI/POLRI
 Karyawan Swasta
 Pedagang Kecil
 Pedagang Besar
 Wiraswasta
 Wirausaha
 Buruh
 Pensiunan
 Sudah Meninggal
 Lainnya
Cukup jelas
Penghasilan Wali Diisi dengan penghasilan wali
dari akseptor didik.
Pilihan :
 Kurang dari Rp.500.000
 Rp. 500.000 – Rp. 999.999
 Rp. 1.000.000 – Rp.
1.999.999
 Rp. 2.000.000 – Rp.
4.999.999
 Rp. 5.000.000 – Rp.
20.000.000
 Lebih dari Rp. 20.000.000
Cukup jelas
| 49
Tahun Lahir Wali Diisi dengan tahun lahir wali dari
akseptor didik
Cukup jelas
B.4.2 Sub Menu Data Periodik
Atribut Penjelasan Keterangan
Tinggi Badan Diisi dengan tinggi tubuh peserta
didik dalam cm (sentimeter)
Cukup jelas
Berat Badan Diisi dengan berat tubuh peserta
didik dalam kg (kilo gram)
Cukup jelas
Jarak rumah ke sekolah Diisi dengan jarak tempuh
akseptor didik dari rumah ke
sekolah dalam km (kilo meter)
Cukup jelas
Waktu Tempuh ke sekolah Diisi dengan waktu tempuh dari
rumah ke sekolah/lembaga
dalam menit
Cukup jelas
Jumlah Saudara Kandung Diisi dengan jumlah saudara
kandung yang dimiliki peserta
didik
Cukup jelas
| 50
B.4.3 Sub Menu Prestasi
Atribut Penjelasan Keterangan
Jenis Prestasi Diisi dengan jenis prestasi yang
diraih akseptor didik.
Pilihan :
 Sains
 Seni
 Olah Raga
 Lain-lain
Cukup jelas
Tingkat Prestasi Diisi dengan tingkatan prestasi
yang diraih akseptor didik.
Pilihan :
 Sekolah
 Kecamatan
 Kab/Kota
 Provinsi
 Nasional
 Internasional
 Lainnya
Cukup jelas
Nama Prestasi Diisi dengan nama prestasi yang
diraih akseptor didik
Cukup jelas
Tahun Perolehan Prestasi Diisi dengan tahun ketika prestasi
diperoleh
Cukup jelas
Penyelenggara Diisi dengan nama forum atau
institusi yang menyelenggarakan
lomba atau kompetisi yang
diikuti oleh akseptor didik
Cukup jelas
| 51
Peringkat Diisi dengan perinkat prestasi
yang diperoleh akseptor didik
Cukup jelas
B.4.4 Sub Menu Beasiswa
Atribut Penjelasan Keterangan
Jenis Beasiswa Diisi dengan jenis beasiswa yang
diterima oleh akseptor didik.
Pilihan :
 Prestasi
 Kemiskinan
 Pendidikan
 Unggulan
 Ikatan Dinas
 Lainnya
Cukup jelas
Keterangan Diisi dengan keterangan yang
menjelaskan perihal beasiswa
yang diterima akseptor didik
Cukup jelas
Tahun Mulai Diisi dengan tahun mulai
berlakukanya beasiswa
Cukup jelas
Tahun Akhir Diisi dengan tahun berakhirnya
beasiswa
Cukup jelas
| 52
B.5 MENU ROMBONGAN BELAJAR
B.5.1 Detail Rombongan Belajar
Atribut Penjelasan Keterangan
Bentuk Program/Layanan Diisi dengan bentuk
layanan/program.
Daftar pilihan terisi oleh
progran/layanan yang telah
dientrikan pada sub menu
progran/layanan
Tingkat Diisi dengan tingkat pendidikan
yang diselenggarakan oleh
lembaga.
Pilihan :
 Kelompok A
 Kelompok B
 KB
 TPA
 SPS
 TBM
 Life Skill
 Keaksaraan
 Kursus
 Paket A
 Paket B
 Paket C
| 53
Kurikulum Diisi dengan kurikulum yang
berlaku.
Pilihan
 PAUD 2013
 PAUD KTSP
Nama Rombel Diisi dengan nama rombongan
belajar
Wali Guru/Kelas Diisi dengan nama wali
guru/kelas yang bertanggung
jawab atas rombongan belajar.
Dipilih dari daftar.
Daftar pilihan terisi oleh nama
pendidik yang telah dientrikan
sebelumnya pada menu
Pendidik dan sub menu
Pendidik Terdaftar
Prasarana Diisi dengan prasarana yang
dimiliki lembaga
Cukup jelas
Kebutuhan Khusus Diisi dengan jenis kebutuhan
khusus yang didukung pada
rombel terkait.
Pilihan :
 Tidak Ada
 A – Tuna Netra
 B – Tuna Rungu
 C – Tuna Grahita Ringan
 C1 – Tuna Grahita Sedang
 D – Tuna Daksa Ringan
 D1 – Tuna Daksa Sedang
 E – Tuna Laras
 F – Tuna Wicara
 H – Hiperaktif
 I – Cerdas Istimewa
 J – Bakat Istimewa
 K – Kesulitan Belajar
 N – Narkoba
 – Indigo
 P – Down Syndrome
 Q – Autis
Cukup jelas
B.5.2 Sub Menu Peserta Didik (Anggota Rombel)
| 54
Atribut Penjelasan Keterangan
Nama Peserta Didik Diisi dengan nama akseptor didik
yang menjadi anggota rombel.
Daftar pilihan terisi dengan
nama akseptor didik yang telah
dientrikan pada hidangan Peserta
Didik.
Asal Peserta Didik Diisi dengan status asal peserta
didik.
Pilihan :
 Siswa Baru
 Pindahan
 Naik Kelas
 Akselerasi
 Mengulang
 Lanjutan Semester
 Kembali Bersekola
Cukup jelas
B.5.3 Sub Menu Pembelajaran
Atribut Penjelasan Keterangan
Alokasi Mata Pelajaran Disi dengan status alokasi mata
pelajaran.
Pilihan :
 Wajib
 Tambahan
Cukup jelas
| 55
 Di Luar Kurikulum
Mata Pelajaran Diisi dengan mata pelajaran yang
diajarkan dalam rombel
Pilihan :
 Keaksaraan Dasar
 Keaksaraan Lanjutan
 Keaksaraan Usaha Mandiri
Cukup jelas
Pendidik Diisi dengan pendidik yang
bertanggung jawab aas matap
pelajaran
Cukup jelas
Nama Mata Pelajaran
Lokal
Diisi dengan nama mata
pelajaran lokal
Cukup jelas
Jam Mengajar Diisi dengan durasi atau lamanya
jam mengajar
Cukup jelas
SK Mengajar Diisi dengan SK pendidik
mengajar
Cukup jelas
Tangga SK Diisi dengan tanggal SK pendidik
men
Cukup jelas
B.5 MENU ALUMNI
Menu alumni disediakan sebagai fitur guna menampung data akseptor didik lulus.
Atribut Penjelasan Keterangan
Nama Lengkap Diisi/terisi dengan nama lengkap
alumni
Cukup jelas
Jenis Kelamin Diisi/terisi dengan jenis kelamin
alumni
Cukup jelas
NISN Diisi/terisi dengan NISN alumni Cukup jelas
NIK Diisi/terisi dengan NIK alumni Cukup jelas
Tempat Lahir Diisi/terisi dengan daerah lahir
alumni
Cukup jelas
Tanggal Lahir Diisi/terisi dengan tanggal lahir
alumni
Cukup jelas
Agama Diisi/terisi dengan agama yang
dianut oleh alumni
Cukup jelas
Alamat Diisi/terisi dengan alamat
daerah alumni berdomisili
Cukup jelas
Kode Pos Diisi/terisi dengan instruksi pos
daerah alumni berdomisili
Cukup jelas
Kecamatan Diisi/terisi dengan kecamatan
daerah alumni berdomisili
Cukup jelas
| 56
Kabupaten/Kota Diisi/terisi dengan
kabupaten/kota daerah alumni
berdomisili
Cukup jelas
Provinsi Diisi/terisi dengan provinsi
daerah alumni berdomisili
Cukup jelas
Email Diisi/terisi dengan email alumni Cukup jelas
Kewarganegaraan Diisi/terisi dengan
kewarganegaraan alumni
Cukup jelas
Pendidikan Terakhir yang
Ditamatkan
Diisi/terisi dengan pendidikan
terakhir yang ditamatkan oleh
alumni
Cukup jelas
Status Saat ini Diisi/terisi dengan status alumsi
ketika ini.
Pilihan :
Tidak bekerja
Bekerja
Membuka Usaha
Cukup jelas
Nama Perusahaan/Jenis
Usaha
Diisi/terisi dengan nama
perusahaan daerah alumni
bekerja atau jenis perjuangan yang
digeluti alumni
Cukup jelas
Alamat Perusahaan/Lokasi
Usaha
Diisi/terisi dengan alamat
perusahaan daerah alumni
bekerja atau lokasi tempat
alumni membuka usahanya
Cukup jelas
Nomor Telepon
Diisi/terisi dengan nomor
telepon
Cukup jelas
Penghasilan per Bulan Diisi dengan kisaran penghasilan
alumni per bulan
Cukup jelas
| 57
PENUTUP
Slogan satu nusa, satu bangsa dan satu data sanggup menjadi pendorong semangat gres untuk
mewujudkan kebijakan yang saling bersinergi, terpadu antar unit yang satu dengan unit yang lain,
sehingga terbentuk efisiensi pelaksanaan kegiatan kerja Ditjen PAUD dan Dikmas, khususnya di bidang
pendataan Data Pokok Pendidikan Masyarakat.
Dengan adanya panduan penggunaan Aplikasi Data Pokok Pendidikan Masyarakat, diharapkan setiap
pengguna/user sanggup mengoperasikan dengan baik dan benar sesuai dengan mekanisme yang telah
dijelaskan.

Demikian goresan pena tentang:

Dapodikmas: Pembukaan Entry Data Semester Ganjil 2017/18 dan Perbaikan Data Peserta UN Gelombang 2 Tahun 2017 .

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!!

SUMBER: PAUD DIKMAS KEMDIKBUD

0 Response to "Dapodikmas: Pembukaan Entry Data Semester Ganjil 2017/18 Dan Perbaikan Data Akseptor Un Gelombang 2 Tahun 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel