Download Kisi-Kisi Soal Siap Pretest Ukg Tahun 2017-Simpkb: Mapel Kimia Sma/Ma Pdf
Download Kisi-kisi Soal Siap Pretest UKG Tahun 2017-SIMPKB: Mapel KIMIA SMA/MApdf
Tulisan kali ini ditujukan kepada para guru yang akan menjalani pretest uji kompetensi guru tahun 2017, khususnya ditujukan kepada para kepala sekolah, pengawas, dan guru yang pindah mata pelajaran.
Pretest UKG rencananya akan diadakan pada bulan Agustus tahun 2017 ini. Mengingat pentingnya UKG ini bagi setiap guru Mapel Mapel PJOK SMP/MTS, maka persiapan semestinya dilakukan secara cermat dan seksama. Persiapan sanggup dilakukan dengan terus menerus membaca materi bacaan yang penting. Salah satu materi persiapan yang penting yaitu dengan membaca Kisi-kisi Soal UKG tersebut.
Bagi Anda para guru Mapel KIMIA SMA/MA yang akan menjalani pretest UKG tahun 2017 ini, goresan pena ini menyediakan dua tautan download penting, yaitu: Kisi-kisi Soal Siap Pretest UKG Tahun 2017-SIMPKB: Mapel PJOK SMP/MTS.
Berikut yaitu tautan Download Kisi-kisi Soal Siap Pretest UKG Tahun 2017-SIMPKB: Mapel PJOK SMP/MTS:
Berikut yaitu kutipan dari Kisi-kisi Soal Soal Siap Pretest UKG Tahun 2017-SIMPKB: Mapel KIMIA SMA/MApdf tersebut:
MATA PELAJARAN KIMIA SMA | ||||
---|---|---|---|---|
No | KompetensiUtama | Standar Kompetensi Guru | Indikator Esensial/ | |
Kompetensi Inti | Kompetensi Guru Mapel | Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) | ||
a | b | c | d | e |
1 | KompetensiPedagogik | 1. Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.1. Memahami karakteristik penerima didikyang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial- budaya | 1.1.1. Menjelaskan tahapan perkembangan sikap dan langsung penerima didik |
1 | KompetensiPedagogik | 1. Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.1. Memahami karakteristik penerima didikyang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial- budaya | 1.1.2. Menjelaskan implikasi prinsip-prinsip perkembangan sikap dan langsung penerima didik terhadap pendidikan |
1 | KompetensiPedagogik | 1. Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.1. Memahami karakteristik penerima didikyang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial- budaya | 1.1.3. Membedakan banyak sekali jenis kecerdasan penerima didik menurut ciri-cirinya |
1 | KompetensiPedagogik | 1. Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.1. Memahami karakteristik penerima didikyang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial- budaya | 1.1.4. Membedakan banyak sekali aspek perkembangan penerima didik menurut ciri-cirnya (EH) |
1 | KompetensiPedagogik | 1. Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.1. Memahami karakteristik penerima didikyang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial- budaya | 1.1.5. Menjelaskan tahapan perkembangan kemampuan intelektual penerima didik |
1 | KompetensiPedagogik | 1. Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.1. Memahami karakteristik penerima didikyang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial- budaya | 1.1.6. Mendeskripsikan keragaman penerima didik dalam kemampuan intelektual menurut ciri-cirinya |
1 | KompetensiPedagogik | 1. Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.1. Memahami karakteristik penerima didikyang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial- budaya | 1.1.7. Menjelaskan tahapan perkembangan kecerdasan emosi penerima didik |
1 | KompetensiPedagogik | 1. Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.1. Memahami karakteristik penerima didikyang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial- budaya | 1.1.8. Mendeskripsikan keragaman penerima didik dalam kecerdasan emosi menurut ciri-cirinya |
1 | KompetensiPedagogik | 1. Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.1. Memahami karakteristik penerima didikyang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial- budaya | 1.1.9. Mendeskripsikan tahapan perkembangan kecerdasan spiritual penerima didik. |
1 | KompetensiPedagogik | 1. Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.1. Memahami karakteristik penerima didikyang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial- budaya | 1.1.10. Mendeskripsikan keragaman penerima didik dalam kecerdasan spiritual menurut ciri-cirinya. |
1 | KompetensiPedagogik | 1. Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.1. Memahami karakteristik penerima didikyang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial- budaya | 1.1.11. Mendeskripsikan proses perkembangan aspek sosial penerima didik.... |
1 | KompetensiPedagogik | 1. Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.1. Memahami karakteristik penerima didikyang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial- budaya | 1.1.12. Mendeskripsikan keragaman penerima didik dalam keterampilan sosial menurut ciri-cirinya |
1 | KompetensiPedagogik | 1. Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.1. Memahami karakteristik penerima didikyang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial- budaya | 1.1.13. Mendeskripsikan tahapan perkembangan aspek moral penerima didik |
1 | KompetensiPedagogik | 1. Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.1. Memahami karakteristik penerima didikyang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial- budaya | 1.1.14. Mendeskripsikan keragaman penerima didik dalam perkembangan moral menurut ciri-cirinya |
1 | KompetensiPedagogik | 1. Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.1. Memahami karakteristik penerima didikyang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial- budaya | 1.1.15. Mendeskripsikan ciri-ciri perkembangan fisik remaja |
1 | KompetensiPedagogik | 1. Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.1. Memahami karakteristik penerima didikyang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial- budaya | 1.1.16. Mendeskripsikan ciri-ciri pintar balig cukup akal yang sehat secara fisik |
1.2. Mengidentifikasi potensi penerima didik dalam mata pelajaran yang diampu | 1.2.1 Mendeskripsikan konsep kecerdasan majemuk | |||
1.2.2 Menjelaskan konsep kecerdasan intelektual penerima didik | ||||
1.2.3 Menjelaskan konsep kreativitas | ||||
4.5.5 Menjelaskan pengertian, fungsi, jenis, kelemahan dan kelebihan media pembelajaran visual | ||||
4.5.6 Menjelaskan taktik penggunaan media pembelajaran visual | ||||
4.5.7 Menerapkan media pembelajaran berbasis visual dalam pembelajaran IPA | ||||
4.5.8 Menjelaskan pengertian, fungsi, jenis, kelemahan dan kelebihan media pembelajaran realita | ||||
4.5.9 Menjelaskan taktik penggunaan media pembelajaran realita | ||||
4.5.10 Menerapkan media pembelajaran realita dalam proses pembelajaran IPA | ||||
4.5.11 Menjelaskan pengertian, fungsi, jenis, kelemahan dan kelebihan media pembelajaran audio-visual | ||||
4.5.12 Menjelaskan taktik penggunaan media pembelajaran audio-visual | ||||
4.5.13 Menerapkan media pembelajaran audio-visual dalam pembelajaran IPA | ||||
4.5.14 Menjelaskan pengertian, fungsi, jenis, kelemahan dan kelebihan media pembelajaran berbasis computer | ||||
4.5.15 Menjelaskan taktik penggunaan media pembelajaran berbasis komputer | ||||
4.5.16 Menerapkan media pembelajaran berbasis komputer dalam proses pembelajaran IPA | ||||
4.5.17 Menjelaskan pengertian, fungsi, jenis, kelemahan dan kelebihan pembuatan dan pengembangan alat peraga | ||||
4. 5.18 Menjelaskan prinsip pembuatan dan pengembangan alat peraga IPA | ||||
4.5.19 Mendeskripsikan cara melaksanakan penilaian keberhasilan pembuatan dan pengembangan alat peraga IPA | ||||
4.5.20 Merancang alat peraga IPA untuk pembelajaran | ||||
4.5.20 Membuat alat peraga IPA untuk pembelajaran | ||||
4.5.21 Melakukan penilaian keberhasilan dalam pembuatan dan pengembangan alat peraga IPA | ||||
4.6. | ||||
Mengambil keputusan transaksional dalam pembelajaran yang diampu sesuai dengan situasi yang berkembang. | ||||
5. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran. | 5.1 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu. | 5.1.1 Menentukan bentuk TIK yang sesuai topik kimia/fisika/biologi dan sarana prasarana di sekolah. | ||
5. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran. | 5.1 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu. | (ZA) | ||
Utama | 6. Memfasilitasi pengembangan potensi penerima didik untuk mengaktualisasikan banyak sekali potensi yang dimiliki | 6.1 Menyediakan banyak sekali kegiatan pembelajaran untuk mendorong penerima didik mencapai prestasi secara optimal. | 6.1.1 Mengidentifikasi kemampuan aspek pengetahuan penerima didik | |
Utama | 6. Memfasilitasi pengembangan potensi penerima didik untuk mengaktualisasikan banyak sekali potensi yang dimiliki | 6.1.2 Menentukan kegiatan pembelajaran yang memfasilitasiperbedaan kemampuan aspek keterampilan untuk mencapai prestasi secara optimal. (EH) | ||
Utama | 6. Memfasilitasi pengembangan potensi penerima didik untuk mengaktualisasikan banyak sekali potensi yang dimiliki | 6.1.3 Melaksanakan pembelajaran yang memfasilitasi perbedaankemampuan aspek pengetahuan untuk mencapai prestasi berguru optimal penerima didik | ||
Utama | Kompetensi Inti | Kompetensi Guru Mapel | ||
Profesional | 20 Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1 Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.1. Mendeskripsikan perkembangan model atom. | |
Profesional | 20 Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1 Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.2. Menjelaskan struktur atom menurut teori atom Bohr danteori mekanika kuantum. | |
Profesional | 20 Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1 Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.3. Menggambarkan konfigurasi elektron dan diagram orbital satuunsur | |
Profesional | 20 Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1 Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.4. Menentukan konfigurasi elektron atom atau ion suatu unsurpada ion kompleks | |
Profesional | 20.1.5. Menjelaskan kecendenderungan sifat periodik melalui gambaratau grafik | |||
Profesional | 20.1.6. Menentukan grafik yang menawarkan kecenderungan sifatperiodik unsur | |||
Profesional | 20.1.7. Menentukan letak unsur dalam tabel periodik berdasarkankonfigurasi elektron dan diagram orbital. | |||
Profesional | 20,Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1 Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.8. Menjelaskan proses pembentukan ikatan ion dan ikatankovalen. | |
Profesional | 20,Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1 Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.9. Mengidentifikasi ikatan ion, kovalen, kovalen koordinasi padasuatu struktur lewis | |
Profesional | 20,Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1 Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.10. Mengidentifikasi korelasi ikatan kimia dengan sifat fisiksenyawa. | |
Profesional | 20,Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1 Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.11. Menjelaskan ikatan logam serta interaksi antar partikel | |
Profesional | 20,Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1 Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | ||
Profesional | 20.1.12. Menentukan bentuk molekul menurut teori VSPER. | |||
Profesional | 20.1.13. Menentukan besar sudut ikatan pada suatu molekul | |||
Profesional | 20.1.14. Menentukan kepolaran senyawa menurut hargakeelektronegatifan unsur pembentuknya dan bentuk molekulnya | |||
Profesional | 20.1.15. Mengidentifikasi molekul yang mempunyai ikatan hidrogen | |||
Profesional | 20.1.16. Menentukan gaya dipol-dipol atau gaya dispersi dari gambarmolekul dan gaya antar molekulnya | |||
Profesional | ||||
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.17. Menjelaskan konsep massa atom relatif dan massa molekulrelatif | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.18. Menentukan persamaan reaksi dari suatu proses kimia | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.19. Mengidentifikasi aturan dasar yang berlaku pada suatuperhitungan kimia | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.20. Menggunakan aturan Gay Lussac untuk memilih persentasegas dalam campuran. | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.21. Menentukan perbandingan massa unsur dalam suatu senyawaberdasarkan data percobaan | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | ||
20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.22. Menentukan massa zat atau volum gas memakai konsepmassa molar dan volume molar gas | ||
20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.23. Menentukanrumus molekul dan rumus empiris suatusenyawa | ||
20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.24. Menghitung kadar air hidrat pada senyawa | ||
20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.25. Hidrat | ||
20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.26. Menentukan rumus senyawa anhidrat yang dihasilkan suatuproses pemanasan | ||
20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.27. Menghitung Kadar zat (persentase massa, persentase volume,bagian per Juta atau part per million, molaritas, molalitas, fraksi mol). | ||
20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.28. Menghubungkan konsep mol, aturan dasar kimia danpersamaan reaksi untuk menuntaskan perhitungan kimia | ||
20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.29. Menghitung harga pupuk menurut data stoikiometri yangtersedia | ||
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur, | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.30. Menjelaskan konsep reaksi redoks | |
Profesional | konsep, dan contoh pikir | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.31. Menyetarakan persamaan reaksi redoks. | |
Profesional | keilmuan yang mendukung | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.32. Menentukan proses yang terjadi dalam suatu reaksi redoks | |
Profesional | mata pelajaran kimia | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | ||
20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.33. Menjelaskan konsep sel volta | |||
20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.34. Mendeskripsikan diagram sel volta | |||
20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.35. Menjelaskan reaksi redoks pada sel volta | |||
20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.36. Mengurutkan unsur-unsur pada deret volta | |||
20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.37. Menentukan potensial sel volta menurut data potensialreduksi standar | |||
20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.38. Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab korosi | |||
20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.39. Menuliskan reaksi redoks dalam proses korosi. | |||
20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | ||||
20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.40. Menjelaskan konsep sel elektrolisis | ||
20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.41. Mengidentifikasi karaksteristik jenis-jenis sel elektrolisis | ||
20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.42. Menjelaskan reaksi redoks pada sel elektrolisis | ||
20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.43. Menerapkan konsep sel elektrolisis dalam kehidupan. | ||
20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.44. Menentukan tanda-tanda yang terjadi pada elektrolisis suatu larutangaram | ||
20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.45. Menjelaskan hukun Faraday I dan II | |||
20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.46. Menghitung waktu atau massa zat pada suatu raksi elektrolisismenggunakan aturan Faraday | |||
20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | ||||
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur, | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.47. Menjelaskan konsep energi dalam. | |
Profesional | konsep, dan contoh pikir | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.48. Menjelaskan konsep perubahan entalpi. | |
Profesional | keilmuan yang mendukung | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.49. Menjelaskan sistem dan lingkungan. | |
mata pelajaran kimia | 20.1.50. Membedakan reaksi eksoterm dan endoterm menurut gejalayang timbul pada ketika percobaan. | |||
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur, | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.51. Menentukan perubahan entalpi standar menurut dataperubahan entalpi standar lainnya. | |
Profesional | konsep, dan contoh pikir | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.52. Menentukan perubahan entalpi menurut Kalorimeter. | |
Profesional | keilmuan yang mendukung | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.53. Menjelaskan macam-macam perubahan entalpi | |
Profesional | mata pelajaran kimia | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.54. Menjelaskan cara memilih perubahan entalpi reaksi. | |
Profesional | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.55. Menghitung perubahan entalpi menurut Hukum Hess. | ||
Profesional | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.56. . Menentukan perubahan entalpi reaksi menurut diagramenergi. | ||
Profesional | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.57. Menghitung perubahan entalpi menurut data energi ikatan. | ||
Profesional | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.58. Membedakan reaksi eksoterm dan reaksi endotermberdasarkan hasil percobaan dan diagram tingkat energi | ||
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur, | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | ||
Profesional | konsep, dan contoh pikir | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.59. Menjelaskan konsep kalor pembakaran dan dampakpembakaran materi bakar | |
Profesional | keilmuan yang mendukung | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | ||
Profesional | mata pelajaran kimia | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | ||
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur, | 20.1.Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.60. Menjelaskan konsep laju reaksi melalui interpretasi datapercobaan | |
Profesional | konsep, dan contoh pikir | 20.1.Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.61. Menentukan harga laju reaksi menurut data percoban | |
Profesional | keilmuan yang mendukung | 20.1.Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.62. Menjelaskan korelasi teori tumbukan dengan terjadinyareaksi kimia | |
Profesional | mata pelajaran kimia | 20.1.Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.63. Menentukan tumbukan yang menjadikan reaksi | |
Profesional | 20.1.Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | |||
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur, | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.64. Menentukan faktor –faktor yang mempengaruhi laju reaksiberdasarkan data percobaan | |
Profesional | konsep, dan contoh pikir | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.65. Menentukan grafik yang menawarkan faktor imbas luaspermukaan pada laju reaksi | |
Profesional | keilmuan yang mendukung | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.66. Mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi reaksiberdasarkan data percobaan dalam grafik | |
Profesional | mata pelajaran kimia | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.67. Merancang percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi lajureaksi | |
Profesional | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | |||
20.1.68. Menentukan persamaan laju reaksi menurut datapercobaan | ||||
20.1.69. Menentukan orde reaksi menurut data percobaan laju reaksi | ||||
20.1.70. Menjelaskan aspek-aspek laju reaksi menurut datastoikiometrinya | ||||
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur, | 20.1.Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | ||
Profesional | konsep, dan contoh pikir | 20.1.Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.71. Menjelaskan Konsep kesetimbangan dinamis | |
Profesional | keilmuan yang mendukung | 20.1.Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.72. Menerapkan konsep kesetimbangan kimia dalam sistem gasmaupun dalam sistem larutan | |
Profesional | mata pelajaran kimia | 20.1.Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | ||
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur, | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.73. Menentukan Kc dalam re agresi kesetimbangan berdasarkandata konsentasi pereaksi dan hasil reaksi | |
Profesional | konsep, dan contoh pikir | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.74. Menentukan Kp dalam re agresi kesetim-bangan berda-sarkandata konsentasi pereaksi dan hasil serta harga tekanan | |
Profesional | keilmuan yang mendukung | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | ||
Profesional | mata pelajaran kimia | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | ||
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur, | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.75. Menentukan hasil percobaan faktor-faktor yang mempengaruhipergeseran arah kesetimbangan ( mencakup faktor suhu, tekanan, konsentrasi dan volume) | |
Profesional | konsep, dan contoh pikir | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.76. Merancang percobaan faktor-faktor yang mempengaruhipergeseran arah kesetimbangan. | |
Profesional | keilmuan yang mendukung | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | ||
Profesional | mata pelajaran kimia | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | ||
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur, | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | ||
Profesional | konsep, dan contoh pikir | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.77. Mengidentifikasi sifat larutan menurut daya hantarlistriknya | |
Profesional | keilmuan yang mendukung | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.78. Menjelaskan sifat fisik dan sifat kimia senyawa pembentuklarutan elektrolit | |
Profesional | mata pelajaran kimia | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.79. Menjelaskan teori asam basa Arhenius, bronsted lowry danLewis | |
Profesional | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.80. Menerapkan harga Kw,Ka dan Kb pada perhitungan konsentrasilarutan asam basa | ||
Profesional | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.81. Menentukan jenis larutan sesuai dengan data harga pHbeberapa larutan | ||
Profesional | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.82. Menghtung pH larutan asam dan basa | ||
Profesional | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.83. Menentukan konstanta asam/basa suatu zat yang diketahuikonsentrasi dan harga pHnya | ||
Profesional | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | |||
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur, | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.84. Membedakan trayek pH indikator asam basa | |
Profesional | konsep, dan contoh pikir | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.85. Menentukan pH larutan menurut trayek pH indikator. | |
Profesional | keilmuan yang mendukung | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | ||
Profesional | mata pelajaran kimia | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.86. Menentukan jenis titrasi asam basa menurut grafik titrasi | |
Profesional | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.87. Menentukan indikator yang sempurna untuk titrasi asam/basa | ||
Profesional | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.88. Menghitung kadar zat dalam suatu produk menurut datapenelitian melalui titrasi asam basa | ||
20.1.89. Menentukan garam yang terhidrolisis dari adonan larutanasam dan basa yang disajikan dalam gambar | ||||
20.1.90. Menghitung pH larutan garam yang mengalami hidrolisis | ||||
20.1.91. Menentukan sifat atau manfaat penyangga yang terdapat padatubuh manusia | ||||
20.1.92. Menentukan jumlah zat atau volume larutan untuk membuatlarutan penyangga deng an pH tertentu | ||||
20.1.93. Menentukan urutan kelarutan senyawa menurut harga ksp | ||||
20.1.94. Menjelaskan imbas ion senama pada kelarutan suatu zat | ||||
20.1.95. Memprediksi terbentuknya endapan dari suatu reaksiberdasarkan prinsip kelarutan dan data hasil kali kelarutan (Ksp). | ||||
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur, | 20.1.Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.96. Mendeskripsikan penyebab adanya fenomena sifat koligatiflarutan pada penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku dan tekanan osmosis. | |
Profesional | konsep, dan contoh pikir | 20.1.Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.97. Menghitung penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih,penurunan titik beku dan tekanan osmosis menurut data percobaan | |
Profesional | keilmuan yang mendukung | 20.1.Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.98. Membedakan sifat koligatif larutan elektrolit dan larutannonelektrolit. | |
Profesional | mata pelajaran kimia | 20.1.Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.99. Menentukan rumus kimia dan konsentrasi larutan berdasarkandata sifat koligatif larutan larutan lain | |
Profesional | 20.1.Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | |||
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur, | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.100. Menganalisis tugas koloid dalam kehidupan menurut sifatsifatnya | |
Profesional | konsep, dan contoh pikir | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.101. Menentukan jenis-jenis koloid menurut fasa pendispersidan terdisersinya | |
Profesional | keilmuan yang mendukung | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.102. Mengidentifikasi sifat koloid menurut gejalanya yangdisajikan dalam gambar | |
Profesional | mata pelajaran kimia | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika,energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel | 20.1.103. Menjelaskan teknikpembuatan koloid . | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.104. Mendeskripsikan Kelimpahan unsur-unsur golongan gas muliadan halogen | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.105. Menentukan Sifat fisis dan sifat kimia unsur-unsur golongangas mulia dan halogen | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.106. Menjelaskan pembuatan unsur-unsur golongan gas muliadan halogen | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.107. Menjelaskan kegunaan senyawa golongan gas mulia danhalogen bagi insan dan lingkungan | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | ||
20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.108. Mendeskripsikan Kelimpahan unsur-unsur golongan alkalidan alkali tanah | ||
20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.109. Menentukan Sifat fisis dan sifat kimia unsur-unsur golonganalkali dan alkali tanah | ||
20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.110. Menjelaskan pembuatan unsur-unsur golongan alkali danalkali tanah | ||
20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.111. Menjelaskan kegunaan senyawa golongan alkali dan alkalitanah bagi insan dan lingkungan | ||
20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | |||
20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.112. Menentukan Sifat Fisik Unsur-unsur periode ke 3 dan TransisiPeriode Keempat | ||
20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.113. Menentukan Sifat Kimia Unsur-unsur periode ke 3 danTransisi Periode Keempat | ||
20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.114. Menjelaskan keberadaan Unsur periode ke 3 dan senyawatransisi periode keempat dalam kehidupan sehari-hari | ||
20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.115. Menjelaskan kegunaan atau dampak penggunaan unsurperiode ke 3 dan senyawa transisi periode keempat | ||
20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | |||
20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1.Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.116. Menjelaskan Inti dan Kestabilannya | ||
20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1.Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.117. Menjelaskan sifat Radioaktivitas Alami | ||
20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1.Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.118. Menentukan Kinetika Peluruhan Radioaktif | ||
20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1.Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.119. Menjelaskan Transmutasi Inti | ||
20.1.120. Menentukan reaksi Fisi Inti | ||||
20.1.121. Menentukan reaksi Fusi Inti | ||||
20.1.122. Menjelaskan penggunaan radioisotop | ||||
20.1.123. Menjelaskan Dampak Biologis dari Radiasi | ||||
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.124. Mengidentifikasi unsur-unsur pada senyawa karbon | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.125. Menjelaskan struktur dan sifat senyawa hidrokarbonberdasarkan kekhasan atom karbon | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.126. Membedakan senyawa hidrokarbon jenuh dan tak jenuh | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.127. Menjelaskan isomer pada senyawa hidrokarbon | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.128. Menjelaskan tatanama senyawa hidrokarbon | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.129. Menentukan fraksi utama yang terdapat dalam minyakmentah yang dipisahkan menurut perbedaan titik didih. | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.130. Menganalisis produk hasil minyak bumi secara oksidasi,hidrogenasi, dan halogenasi etena. | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.131. Dampak pembakaran produk minyak bumi | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.132. Menjelaskan struktur, tatanama dan isomer senyawasenyawa halo alkana | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.133. Menganalisis sifat senyawa halo alkana | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.134. Menjelaskan kegunaan senyawa halo alkana | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | ||
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.135. Menjelaskan struktur, tatanama dan isomer senyawa alkoholdan eter | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.136. Menganalisis sifat senyawa alkohol dan eter | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.137. Menjelaskan kegunaan senyawa alkohol dan eter | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | ||
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | ||
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.138. Menjelaskan struktur, tatanama dan isomer senyawa senyawaaldehid dan keton | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.139. Menganalisis sifat senyawa aldehid dan keton | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.140. Menjelaskan kegunaan senyawa aldehid dan keton | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.141. Menjelaskan struktur , tatanama dan isomer senyawasenyawa asam karboksilat dan ester | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.142. Menganalisis sifat senyawa asam karboksilat dan ester | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.143. Menjelaskan kegunaan senyawa asam karboksilat dan ester | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.144. Menuliskan struktur dan tatanama senyawa benzen danturunannya | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.145. Menentukan isomer pada senyawa turunan benzene | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.146. Menjelaskan reaksi –reaksi pada senyawa benzene danturunannya | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.147. Menjelaskan kegunaan senyawa benzene dan turunannya | |
20.1.148. Menjelaskan struktur, tatanama dan penggolongan polimer | ||||
20.1.149. Menjelaskan sifat –sifat polimer | ||||
20.1.150. Membedakan polimerisasi adisi dan kondensasi. | ||||
20.1.151. Menjelaskan kegunaan polimer dalam kehidupan | ||||
20.1.152. Menjelaskan struktur, tatanama dan penggolongankarbohidrat | ||||
20.1.153. Mengidentifikasi jenis dan sifat karbohidrat menggunakanberbagai pereaksi | ||||
20.1.154. Menjelaskan struktur dan tatanama protein | ||||
20.1.155. Mengidentifikasi gugus fungsi pada protein menggunakanberbagai pereaksi | ||||
20.1.156. Membedakan struktur lemak jenuh dan tak jenuh. | ||||
20.1.157. Mengidentifikasi lemak menurut sifatnya. | ||||
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | Pencemaran Udara : | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.158. Mengidentifikasi sumber pencemaran udara. | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.159. Mengidentifikasi dampak pencemaran udara. | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.160. Menjelaskan solusi pencemaran udara. | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.161. Pencemaran Air: | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.162. Mengidentifikasi sumber pencemaran air. | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.163. Mengidentifikasi dampak pencemaran air. | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.164. Menjelaskan solusi pencemaran air | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.165. Pencemaran tanah: | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.166. Mengidentifikasi sumber pencemaran tanah. | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.167. Mengidentifikasi dampak pencemaran tanah. | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,dan teori-teori kimia mencakup struktur, dinamika, energetika dan kinetika serta penerapannya secara fleksibel. | 20.1.168. Menjelaskan solusi pencemaran tanah. | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.9 Menjelaskan penerapan hukum- aturan kimia dalam teknologi yang terkait dengan kimia terutama yang sanggup ditemukan dalam kehidupan sehari-hari | 20.1.169. Menerapkan konsep dan hukum-hukum kimia dalam bidangindustri (Polimer, Pupuk, Keramik, Kertas, dan Kaca) | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.9 Menjelaskan penerapan hukum- aturan kimia dalam teknologi yang terkait dengan kimia terutama yang sanggup ditemukan dalam kehidupan sehari-hari | 20.1.169. Menerapkan konsep dan hukum-hukum kimia dalam bidangindustri (Polimer, Pupuk, Keramik, Kertas, dan Kaca) | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.9 Menjelaskan penerapan hukum- aturan kimia dalam teknologi yang terkait dengan kimia terutama yang sanggup ditemukan dalam kehidupan sehari-hari | 20.1.170. Menerapkan konsep dan hukum-hukum kimia dalam bidang Kesehatan (kedokteran dan kosmetika) | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.9 Menjelaskan penerapan hukum- aturan kimia dalam teknologi yang terkait dengan kimia terutama yang sanggup ditemukan dalam kehidupan sehari-hari | 20.1.170. Menerapkan konsep dan hukum-hukum kimia dalam bidang Kesehatan (kedokteran dan kosmetika) | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.9 Menjelaskan penerapan hukum- aturan kimia dalam teknologi yang terkait dengan kimia terutama yang sanggup ditemukan dalam kehidupan sehari-hari | 20.1.171. Menerapkan konsep dan hukum-hukum kimia dalambidang dalam bidang Nano-technology | |
20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.2. Memahami proses berpikir kimia dalammempelajari proses dan gejala | 20.1.172. Menjelaskan macam-macam proses berpikir yangsesuai dengan pembelajaran Kimia | ||
20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | alam | 20.1.173. Mengidentifikasi proses berpikir yang digunakandalam kegiatan pembelajaran suatu topik kimia | ||
20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | ||||
20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.3. Menggunakan bahas | |||
20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | a simbolik dalam m | |||
20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | endeskripsikan proses dan gejala | |||
20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | alam/kimia | |||
20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | ||||
20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.4. Memahami struktur (termasuk hubunganfungsional antar konsep) ilmu kimia dan ilmu- ilmu lain yang terkait | |||
20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.4. Memahami struktur (termasuk hubunganfungsional antar konsep) ilmu kimia dan ilmu- ilmu lain yang terkait | |||
20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.5. Bernalar secara kualitatif maupunkuantitatif wacana proses dan aturan kimia. | |||
20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.6. Menerapkan konsep, aturan dan teori fisikadan matematika untuk menjelaskan/mendeskripsikan fenomena kimia. | 20.1.174. Menghitung besar lengan berkuasa arus yang dipakai dalam penyepuhansuatu logam | ||
20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.6. Menerapkan konsep, aturan dan teori fisikadan matematika untuk menjelaskan/mendeskripsikan fenomena kimia. | 20.1.174. Menghitung besar lengan berkuasa arus yang dipakai dalam penyepuhansuatu logam | ||
20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.7. Menjelaskan penerapan hukum-hukumkimia dalam teknologiyang terkait dengan kimia terutama yang sanggup ditemukan dalam kehidupan sehari-hari | Menjelaskan | ||
20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.8. Memahami lingkup dan kedalaman kimiasekolah | Membedakan lingkup materi kimia kelas X, XII atau kelas XII | ||
20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.8. Memahami lingkup dan kedalaman kimiasekolah | |||
20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.8. Memahami lingkup dan kedalaman kimiasekolah | Menentukan materi kimia esensial untuk pencapaian suatu KD | ||
20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.9. Kreatif dan inovatif dalam penerapan danpengembangan bidang ilmu yang terkait dengan mata pelajaran kimia | Merancang alat uji elektrolit | ||
20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.9. Kreatif dan inovatif dalam penerapan danpengembangan bidang ilmu yang terkait dengan mata pelajaran kimia | Merancang kegiatan dan alat elektolisis | ||
20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.9. Kreatif dan inovatif dalam penerapan danpengembangan bidang ilmu yang terkait dengan mata pelajaran kimia | |||
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia | 20.10. Menguasai prinsip-prinsip dan teori-teoripengelolaan dan keselamatan kerja/belajar di laboratorium kimia sekolah | 20.10.1. Menjelaskan pengertian laboratorium kimia berdasarkanPermendiknas no 24 Tahun 2007, | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia | 20.10. Menguasai prinsip-prinsip dan teori-teoripengelolaan dan keselamatan kerja/belajar di laboratorium kimia sekolah | 20.10.2. Menjelaskan fungsi-fungsi laboratorium kimia dalam mencapaikompetensi siswa dalam bidang ilmu sains. | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia | 20.10. Menguasai prinsip-prinsip dan teori-teoripengelolaan dan keselamatan kerja/belajar di laboratorium kimia sekolah | ||
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia | 20.10. Menguasai prinsip-prinsip dan teori-teoripengelolaan dan keselamatan kerja/belajar di laboratorium kimia sekolah | 20.10.3. Menjelaskan tujuan Perawatan dan Perbaikan Alat dan materi dilaboratorium kimia | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia | 20.10. Menguasai prinsip-prinsip dan teori-teoripengelolaan dan keselamatan kerja/belajar di laboratorium kimia sekolah | 20.10.4. Menjelaskan manfaat Perawatan dan Perbaikan Alat dan bahandi laboratorium kimia | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia | 20.10. Menguasai prinsip-prinsip dan teori-teoripengelolaan dan keselamatan kerja/belajar di laboratorium kimia sekolah | 20.10.5. Menjelaskan cara perawatan Alat dan materi di laboratoriumkimia menurut sifatnya | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia | 20.10. Menguasai prinsip-prinsip dan teori-teoripengelolaan dan keselamatan kerja/belajar di laboratorium kimia sekolah | 20.10.6. Menjelaskan cara perbaikan Alat dan materi di laboratoriumkimia menurut sifatnya | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia | 20.10. Menguasai prinsip-prinsip dan teori-teoripengelolaan dan keselamatan kerja/belajar di laboratorium kimia sekolah | 20.10.7. Melaksanakan perawatan alat dan materi di laboratorium kimia | |
20.10.8. Menjelaskan jenis dan alasannya yaitu terjadinya kecelakaan dilaboratorium kimia | ||||
20.10.9. Menjelaskan langkah-langkah pencegahannya dalampenanganan materi dan alat beresiko di laboratorium kimia | ||||
20.10.10. Mengidentiikasi upaya memelihara kesehatan dankeselamatan kerja di laboratorium kimia | ||||
20.10.11. Melaksanakan kesehatan dan keselamatan kerja dilaboratorium Biologi, fisika dan kimia | ||||
20.10.12. Menyebutkan alat-alat dan bahan-bahan yangdigunakan dalam kegiatan praktek di laboratorium kimia | ||||
20.10.13. Mengklasifikasikan alat-alat dan bahan-bahanpraktek di laboratorium kimia sesuai kategorinya | ||||
20.10.14. Menjelaskan fungsi suatu alat-alat dan bahan-bahanpraktek di laboratorium kimia | ||||
20.10.15. Menentukan simbol pada botol yang berisi suatu zat | ||||
20.10.16. Menjelaskan konsep dasar Penataan Alat dan Bahandi laboratorium kimia | ||||
20.10.17. Menjelaskan cara pengadministrasian Bahan dilaboratorium bio kimia | ||||
20.10.18. Membedakan format adimistrasi laboratorium kimiasesuai fungsinya | ||||
20.10.19. Menjelaskan pengertian SOP Praktikum di kimia | ||||
20.10.20. Mengidentifikasi bagian-bagian SOP di laboratoriumkimia | ||||
20.10.21. Merancang pembuatan SOP | ||||
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.11Menggunakan alat-alat ukur, alat peraga,alat hitung, dan piranti lunak komputer untuk meningkatkan pembelajaran kimia di kelas, laboratorium dan lapangan. | 20.11.1. Menjelaskan cara penggunaan alat laboratorium pada suatupercobaan kimia | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.11Menggunakan alat-alat ukur, alat peraga,alat hitung, dan piranti lunak komputer untuk meningkatkan pembelajaran kimia di kelas, laboratorium dan lapangan. | 20.11.2. Menggunakan alat laboratorium kimia dengan tepat | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.11Menggunakan alat-alat ukur, alat peraga,alat hitung, dan piranti lunak komputer untuk meningkatkan pembelajaran kimia di kelas, laboratorium dan lapangan. | 20.11.3. Menjelaskan cara penggunaan alat peraga pada pembelajarankimia | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.11Menggunakan alat-alat ukur, alat peraga,alat hitung, dan piranti lunak komputer untuk meningkatkan pembelajaran kimia di kelas, laboratorium dan lapangan. | 20.11.4. Menggunakan alat peraga kimia dengan sempurna sesuai konsepkimia yang disajikan | |
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.11Menggunakan alat-alat ukur, alat peraga,alat hitung, dan piranti lunak komputer untuk meningkatkan pembelajaran kimia di kelas, laboratorium dan lapangan. | ||
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.11Menggunakan alat-alat ukur, alat peraga,alat hitung, dan piranti lunak komputer untuk meningkatkan pembelajaran kimia di kelas, laboratorium dan lapangan. | ||
Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia. | 20.11Menggunakan alat-alat ukur, alat peraga,alat hitung, dan piranti lunak komputer untuk meningkatkan pembelajaran kimia di kelas, laboratorium dan lapangan. | ||
20.12. Merancang eksperimen kimia untukkeperluan pembelajaran atau penelitian. | 20.12.1. Mengidentifikasi topik kimia yang disajikan menggunakanmetode eksperimen | |||
20.12. Merancang eksperimen kimia untukkeperluan pembelajaran atau penelitian. | 20.12.2. Menentukan variabel-variabel pada keterampilan prosessebagai dasar pengembangan eksperimen | |||
20.12. Merancang eksperimen kimia untukkeperluan pembelajaran atau penelitian. | 20.12.3. Membuat lembar kerja siswa untuk eksperimen sesuai dengankriteria | |||
20.12. Merancang eksperimen kimia untukkeperluan pembelajaran atau penelitian. | 20.12.4. Mengidentifikasi topik kimia untuk kegiatan penelitian | |||
20.12. Merancang eksperimen kimia untukkeperluan pembelajaran atau penelitian. | 20.12.5. Merancang eksperimen untuk suatu penelitian kimia | |||
20.13. Melaksanakan eksperimen kimia dengancara yang benar. | 20.13.1. Menentukan mekanisme kerja secara sistematis suatu eksperimenkimia | |||
20.13. Melaksanakan eksperimen kimia dengancara yang benar. | 20.13.2. Melakukan eksperimen sesuai dengan mekanisme kerja | |||
20.13. Melaksanakan eksperimen kimia dengancara yang benar. | 20.13.3. Mencatat data dengan teliti dan akurat | |||
20.13. Melaksanakan eksperimen kimia dengancara yang benar. | 20.13.4. Menyajikan hasil pengolahan data eksperimen dalam bentuktabel, grafik atau deskripsi | |||
20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia | 20.14. Memahami sejarah perkembangan IPApada umumnya khususnya kimia dan pikiran- pikiran yang mendasari perkembangan tersebut.. | 20.14.1 Menjelaskan perkembangan model atom | ||
20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia | 20.14. Memahami sejarah perkembangan IPApada umumnya khususnya kimia dan pikiran- pikiran yang mendasari perkembangan tersebut.. | 20.14.2 Menjelaskan perkembangan konsep reaksi redoks | ||
20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran kimia | 20.14. Memahami sejarah perkembangan IPApada umumnya khususnya kimia dan pikiran- pikiran yang mendasari perkembangan tersebut.. | |||
Profesional | 21 Menguasai standarkompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu | 21.1 Memahami standar kompetensi matapelajaran yang diampu. | 21.1.1Menjelaskan istilah fakta, konsep, prinsip dan metakognitif padapembelajaran Kimia sesuai kompetensi pengetahuan. | |
Profesional | 21 Menguasai standarkompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu | 21.1 Memahami standar kompetensi matapelajaran yang diampu. | ||
Profesional | 21 Menguasai standarkompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu | 21.1 Memahami standar kompetensi matapelajaran yang diampu. | 21.1.2 Memadankan kompetensi dasar yang sesuai dengan suatukompetensi inti | |
Profesional | 21.2 Memahami kompetensi dasar mata pelajaranyang diampu | 21.2.1 Memadankan kompetensi dasar aspek pengetahuan denganaspek keterampilan yang sesuai untuk satu topik kimia | ||
Profesional | 22. Mengembangkan materipembelajaran yang diampu secara kreatif. | 22.1 Memilih materi pembelajaran yang diampusesuai dengan tingkat perkembangan penerima didik. | 22.1.1 Mengidentifikasi materi/topik kimia dari suatu kompetensi dasar | |
Profesional | 22. Mengembangkan materipembelajaran yang diampu secara kreatif. | 22.1 Memilih materi pembelajaran yang diampusesuai dengan tingkat perkembangan penerima didik. | 22.1.2 Membuat peta konsep kimia sesuai dengan sistemtika keilmuan | |
22.2 Mengolah materi pelajaran yang diampusecara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan penerima didik. | 22.2.1 Mengkreasikan kegiatan berguru suatu materi kimia sesuai denganperkembangan penerima didik | |||
22.2 Mengolah materi pelajaran yang diampusecara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan penerima didik. | 22.2.2 Mengidentifikasi pengalaman berguru siswa yang sesuai dengankegiatan pembelajaran kimia | |||
23.1 Melakukan refleksi terhadap kinerja sendirisecara terus menerus | ||||
23.2 Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangkapeningkatan keprofesionalan | Menetapkan permasalahan yang harus diselesaikan menurut hasilevaluasi proses dan hasil belajar | |||
23.3 Melakukan penelitian tindakan kelas untukpeningkatan keprofesionalan | ||||
23.4 Mengikuti kemajuan zaman dengan belajardari banyak sekali sumber | ||||
24.1 Memanfaatkan teknologi informasi dankomunikasi dalam berkomunikasi | ||||
24.2 Memanfaatkan teknologi informasi dankomunikasi untuk pengembangan diri |
Demikian goresan pena wacana
0 Response to "Download Kisi-Kisi Soal Siap Pretest Ukg Tahun 2017-Simpkb: Mapel Kimia Sma/Ma Pdf"
Posting Komentar