Download Buku Guru Smp/Mts Kelas Vii (7) Pai Dan Kebijaksanaan Pekerti Kurikulum 2013 Revisi 2017

 disusun untuk menyempurnakan kurikulum sebelumnya dengan pendekatan berguru aktif berdasa Download Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) PAI dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 Revisi 2017

Download Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) Mata Pelajaran (Mapel) PAI dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 Revisi 2017






Kurikulum 2013 disusun untuk menyempurnakan kurikulum sebelumnya dengan pendekatan berguru aktif menurut nilai-nilai agama dan budaya bangsa. Berkaitan dengan hal ini, Pemerintah telah melaksanakan pembiasaan beberapa nama mata pelajaran yang antara lain yaitu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menjadi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.

Kurikulum 2013 sudah tidak lagi memakai Standar Kompetensi (SK) sebagai contoh dalam menyebarkan Kompetensi Dasar (KD). Sebagai gantinya, Kurikulum 2013 telah menyusun Kompetensi Inti (KI). Kompetensi inti yaitu tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki seorang akseptor didik pada setiap kelas atau aktivitas (PP No. 32/2013).

Kompetensi Inti memuat kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang dikembangkan ke dalam Kompetensi Dasar. Perubahan sikap dalam pengamalan fatwa agama dan kebijaksanaan pekerti menjadi perhatian utama.

Tujuan penyusunan Buku Pegangan Guru ini yaitu menunjukkan panduan bagi Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam merencanakan, melaksanakan, dan melaksanakan evaluasi terhadap proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Dalam buku ini terdapat lima hal penting yang perlu menerima perhatian khusus, yaitu proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, Remedial, dan interaksi guru dengan orangtua akseptor didik.

Dengan demikian tujuan pembelajaran dibutuhkan sanggup tercapai secara optimal dan selaras dengan tujuan pendidikan nasional yaitu menyebarkan potensi akseptor didik semoga menjadi insan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga yang demokratis serta bertanggung jawab.

Segala puji bagi Allah Swt. Tuhan seru sekalian alam. Salawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita baginda Nabi Besar Muhammad saw. serta para keluarganya, para sahabatnya dan para pengikut setianya hingga dikala ini, amiin.

Dengan kuasa, kehendak dan bimbingan dari Allah Swt. penulis sanggup menyelesaikan buku Panduan Guru Pendidikan Agama Islam untuk SMP (SMP) kelas VII ini sebagai Pedoman bagi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran dan evaluasi hasil berguru Pendidikan Agama Islam.

Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) Mata Pelajaran (Mapel) PAI dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini mengacu pada Kurikulum 2013 yang merupakan kurikulum penataan dalam rangka penyempurnan dari kurikulum sebelumnya. Buku panduan guru ini memuat wacana pelaksanaan proses pembelajaran dan evaluasi yang mengacu pada kompetensi inti yang meliputi; Kompetensi Inti (K1) afeksi spiritual berupa menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya. Kompetensi Inti (K2) afeksi sosial berupa menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya, Kompetensi Inti (K3) yaitu pengembangan kognitif berupa memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan bencana tampak mata, dan Kompetensi Inti (K4) yang merupakan pengembangan implementatif berupa mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Dengan pendekatan kompetensi inti tersebut dibutuhkan tujuan pembelajaran sanggup memenuhi tujuan pendidikan secara utuh, sebagaimana digariskan dalam undang-undang pendidikan di negara ini Sudah barang tentu dalam penyusunan Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) Mata Pelajaran (Mapel) PAI dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini masih banyak kekurangan, oleh alasannya yaitu itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran demi kesempurnaan penyusunan buku ini pada dikala mendatang.

Akhirnya kami hanya berharap mudah-mudahan Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) Mata Pelajaran (Mapel) PAI dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini sanggup bermanfaat khususnya bagi guru kelas VII SMP dan umumnya para pembaca semua. Semoga Allah Swt. senantiasa menunjukkan taufiq dan hidayah-Nya kepada kita sekalian. Amiin.

Berikut yaitu tautan Download Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) Mata Pelajaran (Mapel) PAI dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 Revisi 2017 pdf



Berikut kami petikkan kutipan Petunjuk Penggunaan Buku dan Daftar Isi dari buku tersebut:

Untuk mengoptimalkan penggunaan buku ini, perhatikan penahapan berikut.

1. Pertama, bacalah pecahan pendahuluan untuk memahami konsep utuh Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, serta memahami Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar dalam kerangka Kurikulum 2013.
2. Setiap pecahan berisi: Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran, Proses Pembelajaran, Penilaian, Pengayaan, Remedial, dan Interaksi Guru dengan Orang Tua.
3. Pada subbab tertentu, penomoran Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar tidak berurutan. Hal itu menyesuaikan dengan tahap pencapaian Kompetensi Dasar.
4. Guru perlu mendorong akseptor didik untuk memperhatikan rubrik-rubrik yang terdapat dalam Buku Teks Pelajaran sehingga menjadi fokus perhatian akseptor didik. Rubrik-rubrik tersebut yaitu sebagai berikut.
a. Mari mengamati: untuk menguatkan akseptor didik semoga sanggup mewujudkan pengetahuan dalam perilaku.
b. Ayo berlatih: untuk mengukur penguasaan akseptor didik terhadap materi yang dibahas.
c. Renungkanlah: untuk menyadarkan diri akseptor didik kepada Allah Swt.
d. Cermatilah: untuk menguatkan akseptor didik semoga sanggup mewujudkan pengetahuan dalam perilaku.

5. Guru hendaknya bersikap pandai dan bijaksana dalam menghadapi kemungkinan adanya perbedaan pendapat dan pengamalan (khilafiyah) yang muncul dikalangan akseptor didik. Mari renungkan: untuk menyadarkan diri akseptor didik kepada Allah Swt.

Dalam pelaksanaannya, guru sangat mungkin melaksanakan pengembangan yang diubahsuaikan dengan potensi akseptor didik, sumber belajar, dan lingkungan.

Daftar Isi

Kata Pengantar ................................................................................................................ iii Daftar isi.......................................................................................................................... iv Pendahuluan .................................................................................................................... vii Petunjuk Penggunaan Buku Guru ................................................................................... viii Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar PAI dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII.... ix Pemetaan Kompetensi Dasar .......................................................................................... xii


Bab 1 Lebih Dekat dengan Allah Swt. yang Sangat Indah Nama-Nya ....... 1
A. Kompetensi Inti (KI) ................................................................................. 1
B. Kompetensi Dasar (KD) ............................................................................ 1
C. Tujuan Pembelajaran ................................................................................. 1
D. Proses Pembelajaran.................................................................................. 2
E. Penilaian .................................................................................................... 3
F. Pengayaan.................................................................................................. 11
G. Remedial.................................................................................................... 11
H. Interaksi Guru dengan Orang Tua ............................................................. 11

Bab 2 Hidup Tenang dengan Kejujuran, Amanah, dan Istiqamah............. 12
A. Kompetensi Inti (KI) ................................................................................. 12
B. Kompetensi Dasar (KD) ............................................................................ 12
C. Tujuan Pembelajaran ................................................................................. 12
D. Proses Pembelajaran ................................................................................. 13
E. Penilaian .................................................................................................... 15
F. Pengayaan.................................................................................................. 23
G. Remedial.................................................................................................... 23
H. Interaksi Guru dengan Orang Tua ............................................................. 23

Bab 3 Semua Bersih Hidup Makara Nyaman .......................................................... 24
A. Kompetensi Inti (KI) ................................................................................. 24
B. Kompetensi Dasar (KD) ............................................................................ 24
C. Tujuan Pembelajaran ................................................................................. 24
D. Proses Pembelajaran ................................................................................. 25
E. Penilaian .................................................................................................... 26
F. Pengayaan.................................................................................................. 33
G. Remedial.................................................................................................... 33
H. Interaksi Guru dengan Orang Tua ............................................................. 33


Bab 4 Indahnya Kebersaman dengan Berjamaah ................................................... 34
A. Kompetensi Inti (KI) ................................................................................. 34
B. Kompetensi Dasar (KD) ............................................................................ 34
C. Tujuan Pembelajaran ................................................................................. 34
D. Proses Pembelajaran ................................................................................. 35
E. Penilaian .................................................................................................... 37
F. Pengayaan.................................................................................................. 45
G. Remedial.................................................................................................... 45
H. Interaksi Guru dengan Orang Tua ............................................................. 45
Bab 5 Selamat Datang Nabi Muhammad saw. Kekasihku ...................................... 46
A. Kompetensi Inti (KI) ................................................................................. 46
B. Kompetensi Dasar (KD) ............................................................................ 46
C. Tujuan Pembelajaran ................................................................................. 46
D. Proses Pembelajaran ................................................................................. 47
E. Penilaian .................................................................................................... 48
F. Pengayaan.................................................................................................. 55
G. Remedial.................................................................................................... 55
H. Interaksi Guru dengan Orang Tua ............................................................. 55

Bab 6 Dengan Ilmu Pengetahuan Semua Menjadi Lebih Mudah.......................... 56
A. Kompetensi Inti (KI) ................................................................................. 56
B. Kompetensi Dasar (KD) ............................................................................ 56
C. Tujuan Pembelajaran ................................................................................. 57
D. Proses Pembelajaran ................................................................................. 57
E. Penilaian .................................................................................................... 60
F. Pengayaan.................................................................................................. 68
G. Remedial.................................................................................................... 68
H. Interaksi Guru dengan Orang Tua ............................................................. 68
Bab 7 Ingin Meneladani Ketaatan Malaikat-malaikat Allah Swt .......................... 69
A. Kompetensi Inti (KI) ................................................................................. 69
B. Kompetensi Dasar (KD) ............................................................................ 69
C. Tujuan Pembelajaran ................................................................................. 69
D. Proses Pembelajaran ................................................................................. 70
E. Penilaian .................................................................................................... 71
F. Pengayaan.................................................................................................. 80
G. Remedial.................................................................................................... 80
H. Interaksi Guru dengan Orang Tua ............................................................. 80

Bab 8 Berempati Itu Mudah, Menghormati Itu Indah. .......................................... 81
A. Kompetensi Inti (KI) ................................................................................. 81
B. Kompetensi Dasar (KD) ............................................................................ 81
C. Tujuan Pembelajaran ................................................................................. 81
D. Proses Pembelajaran ................................................................................. 82
E. Penilaian .................................................................................................... 84
F. Pengayaan.................................................................................................. 91
G. Remedial.................................................................................................... 91
H. Interaksi Guru dengan Orang Tua ............................................................. 91
Bab 9 Memupuk Rasa Persatuan pada Hari yang Kita Tunggu ............................ 92
A. Kompetensi Inti (KI) ................................................................................. 92
B. Kompetensi Dasar (KD) ............................................................................ 92
C. Tujuan Pembelajaran ................................................................................. 92
D. Proses Pembelajaran ................................................................................. 93
E. Penilaian .................................................................................................... 95
F. Pengayaan.................................................................................................. 102
G. Remedial.................................................................................................... 102
H. Interaksi Guru dengan Orang Tua ............................................................. 103

Bab 10 Islam Memberikan Kemudahan melalui ¢alat Jamak dan Qa¡ar............. . 104
A. Kompetensi Inti (KI) ................................................................................. 104
B. Kompetensi Dasar (KD) ............................................................................ 104
C. Tujuan Pembelajaran ................................................................................. 104
D. Proses Pembelajaran ................................................................................. 105
E. Penilaian .................................................................................................... 107
F. Pengayaan.................................................................................................. 115
G. Remedial.................................................................................................... 115
H. Interaksi Guru dengan Orang Tua ............................................................. 116

Bab 11 Hijrah ke Madinah Sebuah Kisah yang Membanggakan ........................... 117
A. Kompetensi Inti (KI) ................................................................................. 117
B. Kompetensi Dasar (KD) ............................................................................ 117
C. Tujuan Pembelajaran ................................................................................. 117
D. Proses Pembelajaran ................................................................................. 118
E. Penilaian .................................................................................................... 119
F. Pengayaan.................................................................................................. 126
G. Remedial.................................................................................................... 126
H. Interaksi Guru dengan Orang Tua ............................................................. 126

Bab 12 Al-Khulaf±u Ar-R±syidμn Penerus Perjuangan Nabi Muhammad saw. ...... 127
A. Kompetensi Inti (KI) ................................................................................. 127
B. Kompetensi Dasar (KD) ............................................................................ 127
C. Tujuan Pembelajaran ................................................................................. 127
D. Proses Pembelajaran ................................................................................. 128
E. Penilaian .................................................................................................... 129
F. Pengayaan.................................................................................................. 135
G. Remedial.................................................................................................... 136
H. Interaksi Guru dengan Orang Tua ............................................................. 136

Bab 13 Hidup Makara Lebih Damai dengan Ikhlas, Sabar, dan Pemaaf..................... 137
A. Kompetensi Inti (KI) ................................................................................. 137
B. Kompetensi Dasar (KD) ............................................................................ 137
C. Tujuan Pembelajaran ................................................................................. 138
D. Proses Pembelajaran ................................................................................. 138
E. Penilaian .................................................................................................... 141
F. Pengayaan.................................................................................................. 149
G. Remedial.................................................................................................... 149
H. Interaksi Guru dengan Orang Tua ............................................................. 149

Daftar Pustaka............................................................................................................... 150
Glosarium ...................................................................................................................... 152
Ihtisar ............................................................................................................................. 156
Profil Penulis ................................................................................................................. 157
Profil Penelaah .............................................................................................................. 158
Profil Editor................................................................................................................... 162

Demikian goresan pena wacana

Download Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) PAI dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 Revisi 2017

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!

0 Response to "Download Buku Guru Smp/Mts Kelas Vii (7) Pai Dan Kebijaksanaan Pekerti Kurikulum 2013 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel