Download Buku Guru Smp/Mts Kelas 8 (Delapan) Pjok Kurikulum 2013 Revisi 2017

  dirancang  untuk  memperkuat  kompetensi  penerima  didik dari sisi pengetahuan Download Buku Guru SMP/MTs Kelas 8 (Delapan) PJOK Kurikulum 2013 Revisi 2017







Kurikulum 2013 dirancang untuk memperkuat kompetensi penerima didik dari sisi pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh.Keutuhan tersebut menjadi dasar dalam perumusan kompetensi dasar tiap mata pelajaran, sehingga kompetensi dasar tiap mata pelajaran meliputi kompetensi dasar kelompok sikap, kompetensi dasar kelompok pengetahuan, dan kompetensi dasar kelompok keterampilan.Semua mata pelajaran dirancang mengikuti rumusan tersebut.

Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan(PJOK) untuk Kelas VIII SMP/MTs yang disajikan dalam Buku Guru SMP/MTs Kelas 8 (Delapan) Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan/PJOK Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini juga tunduk pada ketentuan tersebut. PJOK bukan mata pelajaran olahraga sebagaimana dipahami selama ini dan juga bukan materi pembelajaran yang dirancang hanya untuk mengasah kompetensi keterampilan olahraga penerima didik.PJOK ialah mata pelajaran yang membekali penerima didik dengan kemampuan untuk mempunyai kebugaran dan keterampilan jasmani yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.Memiliki tujuan supaya penerima didik sanggup memperoleh perubahan sikap gerak, sikap berolahraga dan sikap sehat.Pada hasilnya kegiatan jasmani dibarengi dengan sikap yang sesuai sehingga hasil yang diperoleh ialah optimal.

Pembelajarannya dirancang berbasis kegiatan terkait dengan sejumlah jenis gerak jasmani/olahraga dan usaha-usaha menjaga kesehatan yang sesuai untuk penerima didik Kelas VIII SMP/MTs. Aktivitas-aktivitas tersebut dirancang untuk menciptakan penerima didik terbiasa melaksanakan gerak jasmani dan berolahraga dengan bahagia hati alasannya ialah merasa perlu melakukannya dan sadar akan pentingnya menjaga kesehatan jasmani baik melalui gerak jasmani dan olahraga maupun dengan memperhatikan faktor-faktor kesehatan yang memengaruhinya.

Buku Guru SMP/MTs Kelas 8 (Delapan) Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan/PJOK Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini menjabarkan perjuangan minimal yang harus dilakukan penerima didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang dipakai dalam Kurikulum 2013, penerima didik diajak menjadi berani untuk mencari sumber mencar ilmu lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap penerima didik dengan ketersediaan kegiatan pada Buku Guru SMP/MTs Kelas 8 (Delapan) Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan/PJOK Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini sangat penting. Guru sanggup memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.

Buku Guru SMP/MTs Kelas 8 (Delapan) Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan/PJOK Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini sangat terbuka dan perlu terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan.Untuk itu, kami mengundang para pembaca memperlihatkan kritik, saran dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Atas donasi tersebut, kami ucapkan terima kasih.Mudah-mudahan kita sanggup memperlihatkan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).

Berikut ialah tautan Download Buku Guru SMP/MTs Kelas 8 (Delapan) Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan/PJOK Kurikulum 2013 Revisi 2017 pdf:



Berikut ialah kutipan sebagian dari buku tersebut:

Daftar Isi:

Kata Pengantar ........................................................................................ Daftar Isi ................................................................................................... Pendahuluan .............................................................................................. iii v
1

BAB I. Permainan Bola Besar ................................................................
21
Permainan Bola Besar melalui Aktivitas Permainan Sepak bola ......... 21
A. Kompetensi Inti ................................................................................ 21
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi .............. 22
C. Tujuan Pembelajaran ........................................................................ 23
D. Metode Pembelajaran ....................................................................... 24
E. Media Pembelajaran ......................................................................... 24
F. Materi Pembelajaran ......................................................................... 24
G. Aktivitas Variasi Pembelajaran Sepak bola ...................................... 25
H. Aktivitas Variasi Permainan Sepak bola ......................................... 37
I. Bermainan Sepak bola Sederhana ..................................................... 40
Permainan Bola Besar melalui Aktivitas Permainan Bola voli ............ 42
A. Kompetensi Inti ................................................................................ 42
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi ............ 42
C. Tujuan Pembelajaran ........................................................................ 43
D. Metode Pembelajaran ....................................................................... 43
E. Media Pembelajaran ......................................................................... 44
F. Materi Pembelajaran ......................................................................... 44
G. Aktivitas Variasi Pembelajaran Bola voli ........................................ 45
H. Aktivitas Bermain Bola voli Sederhana ........................................... 55
Permainan Bola Besar melalui Aktivitas Permainan Bola basket ......... . 57
A. Kompetensi Inti ................................................................................ 57
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian .................................. 58
C. Tujuan Pembelajaran ........................................................................ 59
D. Metode Pembelajaran ....................................................................... 59
E. Media Pembelajaran ......................................................................... 60
F. Materi Pembelajaran ........................................................................ 60
G. Aktivitas Variasi Pembelajaran Bola basket .................................... 61
H. Aktivitas Variasi Bermain Bola basket ............................................ 66
I. Bermain Bola basket Sederhana ....................................................... 68
Penilaian Hasil Pembelajaran Permainan Bola Besar ........................... 71

BAB II. Permainan Bola Kecil ................................................................ 77
Permainan Bola Kecil melalui Aktivitas Permainan Softball ............... 77
A. Kompetensi Inti ................................................................................ 77
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi .............. 77
C. Tujuan Pembelajaran ........................................................................ 78
D. Metode Pembelajaran ....................................................................... 79
E. Media Pembelajaran .......................................................................... 79
F. Materi Pembelajaran ........................................................................ 79
G. Aktivitas Variasi Pembelajaran Softball ........................................... 80
H. Variasi Aktivitas Bermain Softball ................................................... 85
I. Aktivitas Permainan Softball Sederhana .......................................... 86
Permainan Bola Kecil Melalui Permainan Bulu tangkis ...................... 88
A. Kompetensi Inti ................................................................................ 88
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi .............. 89
C. Tujuan Pembelajaran ........................................................................ 90
D. Metode Pembelajaran ....................................................................... 90
E. Media Pembelajaran ......................................................................... 91
F. Materi Pembelajaran ......................................................................... 91
G. Aktivitas Variasi Pembelajaran Bulu tangkis ................................... 92
H. Aktivitas Variasi Bermain Bulu tangkis ........................................... 98
I. Bermain Bulu tangkis Sederhana ..................................................... 99
Permainan Bola Kecil Melalui Permainan Tenis meja ......................... 102
A. Kompetensi Inti ................................................................................ 102
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi .............. 102
C. Tujuan Pembelajaran ........................................................................ 103
D. Metode Pembelajaran ....................................................................... 104
E. Media Pembelajaran ......................................................................... 104
F. Materi Pembelajaran ........................................................................ 104
G. Aktivitas Variasi Pembelajaran Tenis meja ...................................... 105
H. Aktivitas Variasi Bermain Tenis meja .............................................. 109
I. Bermain Tenis Meja Sederhana ........................................................ 111
Penilaian Hasil Pembelajaran Permainan Bola Kecil ........................... 113

BAB III. Atletik ........................................................................................
119
Pembelajaran Atletik Dengan Jalan Cepat ............................................ 119
A. Kompetensi Inti ................................................................................ 119
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi .............. 119
C. Tujuan Pembelajaran ........................................................................ 120
D. Metode Pembelajaran ....................................................................... 121
E. Media Pembelajaran ......................................................................... 121
F. Materi Pembelajaran ........................................................................ 121
G. Variasi Gerak Spesifik Jalan Cepat .................................................. 122
Pembelajaran Atletik Dengan Lari Jarak Pendek ................................. 125
A. Kompetensi Inti................................................................................. 125
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi .............. 125
C. Tujuan Pembelajaran ........................................................................ 126
D. Metode Pembelajaran ....................................................................... 126
E. Media Pembelajaran ......................................................................... 126
F. Materi Pembelajaran ........................................................................ 127
G. Variasi dan Kombinasi Gerak Spesifik ............................................ 127
Pembelajaran Atletik dengan Lompat Jauh .......................................... 131
A. Kompetensi Inti ................................................................................ 131
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi .............. 132
C. Tujuan Pembelajaran ........................................................................ 133
D. Metode Pembelajaran ....................................................................... 133
E. Media Pembelajaran ......................................................................... 134
F. Materi Pembelajaran ........................................................................ 134
G. Variasi Gerak Spesifik ...................................................................... 134
Pembelajaran Atletik dengan Tolak Peluru ........................................... 138
A. Kompetensi Inti ................................................................................ 138
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi .............. 139
C. Tujuan Pembelajaran ........................................................................ 140
D. Metode Pembelajaran ....................................................................... 141
E. Media Pembelajaran ......................................................................... 141
F. Materi Pembelajaran ........................................................................ 141
G. Variasi Gerak Spesifik Tolak Peluru ................................................ 142
Penilaian Hasil Pembelajaran Atletik dengan Jalan Cepat ................... 144
Penilaian Hasil Pembelajaran Atletik dengan Lompat Jauh ................. 150
BAB IV. Beladiri Pencak silat ................................................................. 157
A. Kompetensi Inti ................................................................................ 157
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi .............. 157
C. Tujuan Pembelajaran ....................................................................... 158
D. Metode Pembelajaran ....................................................................... 159
E. Media Pembelajaran ......................................................................... 160
F. Materi Pembelajaran ........................................................................ 160
G. Seni Gerak Spesifik Pencak silat ...................................................... 160

Penilaian Hasil Pembelajaran Pencak silat ...........................................
168

BAB V. Kebugaran Jasmani ...................................................................
175
A. Kompetensi Inti ................................................................................ 175
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi .............. 175
C. Tujuan Pembelajaran ........................................................................ 176
D. Metode Pembelajaran ....................................................................... 176
E. Media Pembelajaran ......................................................................... 177
F. Materi Pembelajaran ........................................................................ 177
Penilaian Hasil Belajar Kebugaran Jasmani ......................................... 188
BAB VI Senam Lantai ............................................................................. 195
A. Kompetensi Inti ................................................................................ 195
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi .............. 195
C. Tujuan Pembelajaran ........................................................................ 196
D. Metode Pembelajaran ....................................................................... 197
E. Media Pembelajaran ......................................................................... 197
F. Materi Pembelajaran ........................................................................ 197
G. Variasi Gerak Spesifik Senam Lantai ............................................... 198
Penilaian Hasil Pembelajaran Senam Lantai ........................................ 203

BAB VII. Pembelajaran Aktivitas Gerak Berirama .............................
209
A. Kompetensi Inti ................................................................................ 209
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi .............. 209
C. Tujuan Pembelajaran ........................................................................ 210
D. Metode Pembelajaran ....................................................................... 211
E. Media Pembelajaran ......................................................................... 211
F. Materi Pembelajaran ........................................................................ 211
G. Prosedural Gerak Spesifik Berirama ........................................................ 212
H. Prosedural Variasi Rangkaian Gerak Spesifik Berirama ........................ 214
Penilaian Hasil Belajar Aktivitas Gerak Berirama ............................... 220

BAB VIII. Aktivitas Air ...........................................................................
227
A. Kompetensi Inti ................................................................................ 227
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi .............. 227
C. Tujuan Pembelajaran ........................................................................ 228
D. Metode Pembelajaran ....................................................................... 229
E. Media Pembelajaran ......................................................................... 229
F. Materi Pembelajaran ........................................................................ 230
G. Gerak Spesifik Renang Gaya Dada .................................................. 230
Penilaian Hasil Belajar Renang Gaya Dada ......................................... 234

BAB IX. Pencegahan Pergaulan Bebas ..................................................
241
A. Kompetensi Inti ................................................................................ 241
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi .............. 241
C. Tujuan Pembelajaran ........................................................................ 242
D. Metode Pembelajaran ....................................................................... 243
E. Media Pembelajaran ......................................................................... 243
F. Materi Pembelajaran ........................................................................ 244
Penilaian Hasil Belajar Pencegahan Pergaulan Bebas .......................... 253
E. Media Pembelajaran ......................................................................... 177
F. Materi Pembelajaran ........................................................................ 177
Penilaian Hasil Belajar Kebugaran Jasmani ......................................... 188
BAB VI Senam Lantai ............................................................................. 195
A. Kompetensi Inti ................................................................................ 195
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi .............. 195
C. Tujuan Pembelajaran ........................................................................ 196
D. Metode Pembelajaran ....................................................................... 197
E. Media Pembelajaran ......................................................................... 197
F. Materi Pembelajaran ........................................................................ 197
G. Variasi Gerak Spesifik Senam Lantai ............................................... 198
Penilaian Hasil Pembelajaran Senam Lantai ........................................ 203

BAB VII. Pembelajaran Aktivitas Gerak Berirama .............................
209
A. Kompetensi Inti ................................................................................ 209
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi .............. 209
C. Tujuan Pembelajaran ........................................................................ 210
D. Metode Pembelajaran ....................................................................... 211
E. Media Pembelajaran ......................................................................... 211
F. Materi Pembelajaran ........................................................................ 211
G. Prosedural Gerak Spesifik Berirama ........................................................ 212
H. Prosedural Variasi Rangkaian Gerak Spesifik Berirama ........................ 214
Penilaian Hasil Belajar Aktivitas Gerak Berirama ............................... 220

BAB VIII. Aktivitas Air ...........................................................................
227
A. Kompetensi Inti ................................................................................ 227
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi .............. 227
C. Tujuan Pembelajaran ........................................................................ 228
D. Metode Pembelajaran ....................................................................... 229
E. Media Pembelajaran ......................................................................... 229
F. Materi Pembelajaran ........................................................................ 230
G. Gerak Spesifik Renang Gaya Dada .................................................. 230
Penilaian Hasil Belajar Renang Gaya Dada ......................................... 234

BAB IX. Pencegahan Pergaulan Bebas ..................................................
241
A. Kompetensi Inti ................................................................................ 241
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi .............. 241
C. Tujuan Pembelajaran ........................................................................ 242
D. Metode Pembelajaran ....................................................................... 243
E. Media Pembelajaran ......................................................................... 243
F. Materi Pembelajaran ........................................................................ 244
Penilaian Hasil Belajar Pencegahan Pergaulan Bebas .......................... 253
BAB X. Keselamatan di Jalan Raya ...................................................... 259
A. Kompetensi Inti ................................................................................ 259
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi .............. 259
C. Tujuan Pembelajaran ........................................................................ 260
D. Metode Pembelajaran........................................................................ 261
E. Media Pembelajaran ......................................................................... 261
F. Materi Pembelajaran ........................................................................ 261
Penilaian Hasil Belajar Pola Hidup Sehat ............................................. 283

Glosarium .................................................................................................
289
Daftar Pustaka ......................................................................................... 294

A.Karakteristik
Pembelajaran merupakan proses interaktif antara guru dan penerima didik,
melibatkan multipendekatan dengan memakai teknologi yang akan membantu memecahkan permasalahan faktual di dalam kelas. Terdapat tiga komponen dalam definisi pembelaMara. Pertama pembelaMaran adalaK suatu proses bukan sebuaK produk, sehingga nilai tes dan kiprah ialah ukuran pembelajaran, tetapi bukan proses pembelajaran. Kedua, pembelajaran ialah perubahan dalam pengetahuan, keyakinan, perilaku/sikap. Perubahan ini memerlukan waktu, terutama saat pembentukan keyakinan, perilaku, dan sikap. Guru dilarang menafsirkan kekurangan penerima didik dalam pemahaman sebagai kekurangan dalam pembelajaran alasannya ialah mereka memerlukan waktu untuk mengalami perubahan. Ketiga, pembelajaran bukan sesuatu yang dilakukan kepada penerima didik, tetapi sesuatu yang mereka kerjakan sendiri. Artinya, pembelajaran gerak merupakan kebutuhan dasar bagi setiap anak, tanpa harus dipengaruhi arahan dari orang lain. Ketiga hal ini yang memengaruhi kualitas pembelajaran PJOK, selain peluang untuk belajar, konten yang sesuai, arahan yang tepat, serta evaluasi penerima didik dan pembelajaran.
Pendidikan Jasmani mengandung makna pendidikan yang memakai kegiatan Masmani untuk mengKasilkan peningkatan secara menyeluruK terKadap kualitas fisik mental, dan emosional penerima didik. Kata kegiatan jasmani mengandung makna baKZa pembelaMaran berbasis aktiYitas fisik. Kata olahraga mengandung makna kegiatan jasmani yang dilakukan dengan tujuan untuk memelihara kesehatan dan memperkuat otot-otot tubuh. Kegiatan ini sanggup dilakukan sebagai kegiatan yang menghibur, menyenangkan, atau juga dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi. Sementara kualitas fisik mental dan emosional di sini bermakna pembelajaran PJOK menciptakan penerima didik mempunyai kesehatan yang baik kemampuan fisik mempunyai pemaKaman yang benar mempunyai sikap yang baik perihal aktiYitas fisik seKingga sepanMang Kidupnya mereka akan mempunyai gaya hidup sehat dan aktif.

Berdasarkan uraian tersebut, secara substansi, PJOK mengandung kegiatan jasmani, olahraga, dan kesehatan. Tujuan utama PJOK ialah meningkatkan life- long physical activity dan mendorong perkembangan fisik psikologis dan sosial penerima didik. Jika ditelaah lebih lanjut, tujuan ini mendorong perkembangan motiYasi diri untuk melaksanakan aktiYitas fisik memperkuat konsep diri belaMar bertanggung jawab, dan keterampilan kerja sama. Peserta didik akan mencar ilmu mandiri, mengambil keputusan dalam proses pembelajaran, serta mencar ilmu bertanggung jawab dengan diri dan orang lain.

B. Strategi Mengajar dan Metode Pembelajaran

PembelaMaran PJ2K banyak dipengaruKi oleK kemampuan fisik penerima didik. Oleh alasannya ialah itu, guru perlu mempunyai banyak sekali seni administrasi dalam perencanaan pengajaran dan pembelajaran. Strategi ini memperhatikan beberapa aspek, ibarat kemampuan motorik yang berbeda, tingkat kebugaran jasmani, spatial awareness, perilaku, kepercayaan diri. Karena itu, guru perlu mengenali kesulitan yang akan dihadapi penerima didik, pengaruhnya terhadap pembelajaran, dan menciptakan seni administrasi yang tepat untuk mengatasi problem tersebut.
Pengalaman mencar ilmu yang paling efektif ialah apabila penerima didik/seseorang mengalami/berbuat secara eksklusif dan aktif di lingkungan belajarnya. Pemberian kesempatan yang luas bagi penerima didik untuk melihat, memegang, merasakan, dan mengaktifkan lebih banyak indra yang dimilikinya, serta mengekspresikan diri akan membangun pemahaman pengetahuan, perilaku, dan keterampilannya. Oleh alasannya ialah itu, kiprah utama pendidik/guru ialah mengondisikan situasi pengalaman mencar ilmu yang sanggup menstimulasi atau merangsang indra dan keingintahuan penerima didik. Hal ini perlu didukung dengan pengetahuan guru perihal perkembangan psikologis penerima didik dan kurikulum di mana keduanya harus saling terkait. Saat pembelajaran, guru hendaknya peka akan gaya mencar ilmu penerima didik di kelas. Dengan mengetahui gaya mencar ilmu penerima didik di kelas secara umum, guru sanggup menentukan seni administrasi pembelajaran yang tepat.
Dengan demikian, pendidik/guru hendaknya menyiapkan kegiatan belajar-
mengajar yang melibatkan mental penerima didik secara aktif melalui bermacam-macam kegiatan, seperti: kegiatan mengamati, bertanya/mempertanyakan, menjelaskan, berkomentar, mengajukan hipotesis, mengumpulkan data, dan sejumlah kegiatan mental lainnya. Guru hendaknya tidak memperlihatkan proteksi secara dini dan selalu menghargai perjuangan penerima didik meskipun hasilnya belum sempurna. Selain itu, guru perlu mendorong penerima didik supaya berbuat/berpikir lebih baik, contohnya melalui pertanyaan menantang yang ‘menggelitik’ sikap ingin tahu, dan sikap kreativitas penerima didik. Dengan cara ini, guru selalu mengupayakan biar penerima didik terlatih dan terbiasa menjadi pelajar sepanjang hayat.
Dalam merencanakan seni administrasi yang tepat, guru harus mengetahui kemampuan penerima didik dan menentukan metode pembelajaran yang akan dipakai sebagai seni administrasi pembelajaran. Pembelajaran dalam PJOK memakai gaya mengajar yang dikembangkan oleh Mosston (1986). Mosston memakai STS (spectrum of teaching style), di mana spektrum tersebut berada di antara serangkaian gaya, dari gaya mengajar berpusat pada guru sampai gaya mengajar berpusat pada penerima didik.

Demikian goresan pena perihal

Download Buku Guru SMP/MTs Kelas 8 (Delapan) Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan/PJOK Kurikulum 2013 Revisi 2017 pdf

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!

0 Response to "Download Buku Guru Smp/Mts Kelas 8 (Delapan) Pjok Kurikulum 2013 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel