Download Silabus Doktrin Watak Mts Kelas 7 Kurikulum 2013
Download Silabus Akidah Akhlak MTs Kelas Tujuh (VII/7) Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 pdf
SILABUS PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK MTs KELAS TUJUH (VII/7) KURIKULUM 2013 SEMESTER I
Satuan Pendidikan : Madrasah Tsanawiyah
Mata Pelajaran : Akidah Ahlak Kelas : VII (Tujuh) Semester : Ganjil
Kompetensi Inti :
KI-1 : Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya
KI-2 : Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3 : Memahami pengetahuan (faktual,konseptual, danprosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan,teknologi,seni, budaya terkait fenomenadan kejadian tampak mata
KI-4 : Mencoba,mengolah,dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) d an ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang samad alam
sudut pandang/teori
SILABUS PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK MTs KELAS TUJUH (VII/7) KURIKULUM 2013 SEMESTER II
Satuan Pendidikan : Madrasah Tsanawiyah
Mata Pelajaran : Akidah Akhlak
Kelas : VII (Tujuh) Semester : Genap
Kompetensi Inti :
KI-1 : Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya.
KI-2 : Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan,teknologi,seni,
budaya terkait fenomenadan kejadian tampak mata
KI-4 : Mencoba,mengolah,dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Berikut ialah tautan Download Silabus Akidah Akhlak MTs Kelas Tujuh (VII/7) Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 pdf:
Berikut ialah kutipan dari isi Silabus Akidah Akhlak MTs Kelas 7 Kurikulum 2013 tersebut:
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI POKOK | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
---|---|---|---|---|---|---|
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
1.1. Menghayati nilai-nilai doktrin Islam | 1.1.1. Membiasakan dirimenghayati nilai-nilai doktrin Islam | Penghayatan nilai-nilai doktrin Islam | Penanaman nilai-nilai akidahIslam | 1. Penilaian diri2. Penilaian Sejawat | ||
2.1 Menampilkanperilaku orang yang mengimani doktrin Islam dalam kehidupan sehari-hari | 2.1.1. Menunjukkan perilakumengimani doktrin Islam dalam kehidupan sehari-hari | Pembiasaanberperilaku positif yang sesuai dengan doktrin Islam dalam kehidupan sehari-hari | Pembimbingan dalampembiasaan berperilaku positif yang sesuai dengan doktrin Islam dalam kehidupan sehari-hari | 1. Observasi2. Catatan Jurnal | ||
3.1. Memahami dalil, dasar, dan tujuanakidah Islam | 3.1.1. Menjelaskan pengertian doktrin Islam3.1.2. Mengidentifikasi dalil perihal doktrin Islam3.1.3. Menguraikan dasar- | Dalil, Dasar, DanTujuan Akidah Islam | Mengamati:- Menyaksikan gambar,tayangan video perihal fenomena kebenaran doktrin Islam | Tugas- Mengumpulkangambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar | - Al-Quran dan Tafsir- Buku pegangansiswa mata | |
4.1.Menyajikan fakta dan fenomena kebenaran Akidah Islam | dasar doktrin Islam3.1.4. Menyimpulkan tujuan doktrin Islam3.1.5. Membandingkan kekerabatan unsur-unsurakidah Islam (iman, islam, dan ihsan)4.1.1.Menyajikan fakta dan fenomena kebenaran doktrin Islam. | Fakta dan fenomena kebenaran doktrin Islam | - Membaca dan menyimakayat perihal doktrin IslamMenanya:- Secara berpasanganmelakukan tanya jawab perihal doktrin Islam- Menuliskan pertanyaan perihal doktrin IslamMengeksplorasi:- Membaca buku siswa dan buku sumber materitentang doktrin Islam- Mengakses internetuntuk mendapat informasi dan materi bacaan yang sesuai materi pembelajaran- Mendiskusikan dalil, pengertian,dasar, dan tujuan doktrin Islam, unsur-unsur yang ada di dalamnya (iman, islam, dan ihsan), serta kebenaran doktrin IslamMengasosiasi:- Menelaah dan menghubungkan apayang didapatkan dengan pengalaman yang dimiliki- Merumuskan kesimpulan | Observasi- Mengamatipelaksanaan diskusi dengan memakai lembar observasi yang memuat:- Kejelasan dankedalaman informasi yang diperoleh- Keaktifan dalamdiskusi- Kejelasan dankerapian presentasi/resumePortofolio- Membuatpaparan tentangmateri asuh beserta contoh- contohdilapanganTes- Tes tulis- Tes Lisan | pelajaranAkidah Akhlak kelas VII- Bukupedoman guru mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII- Buku Ensiklopedi Islam- Lingkunganalam yang mendukung- Akses internet yang mendukung | |
makna dalil,pengertian,dasar, dan tujuan doktrin Islam, unsur-unsur yang ada didalamnya (iman,islam, dan ihsan) perihal doktrin Islam, iman, islam, dan ihsan- Membuat kesimpulanfenomena-fenomena perihal kebenaran doktrin IslamMengkomunikasikan:- Presentasi hasil diskusidan analisis dalil perihal doktrin islam, iman, islam, dan ihsan, dalil dan kekerabatan antarasatu dan lainnya, serta fenomena-fenomena kebenaran doktrin Islam | ||||||
1.2. Meyakini sifat-sifatwajib Allah SWT yangnafsiyah, salbiyah, ma‘ani, dan ma‘nawiyah, sifat-sifat mustahil, serta sifat jaiz Allah SWT | 1.2.1. Membiasakan diriberperilaku yangmeneladani sifat -sifat wajib Allah SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma‘ani, dan ma‘nawiyah, sifat-sifat mustahil, serta sifat jaiz Allah SWT | Penghayatanterhadap sifat-sifatwajib Allah SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma‘ani, dan ma‘nawiyah, sifat-sifat mustahil, serta sifat jaiz Allah SWT. | Penanaman keyakinanterhadap sifat-sifat wajibAllah SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma‘ani, dan ma‘nawiyah, sifat-sifat mustahil, serta sifat jaiz Allah SWT | 1. Penilaian diri2. Penilaian Sejawat | ||
2.2. Menampilkan perilakumengimani sifat-sifat | 2.2.1. Menunjukkan perilakuyang meneladani sifat- | Pentingnyaberperilaku | Pembimbingan perilakumeneladani sifat-sifat wajib | 1. Observasi2. Catatan Jurnal | ||
wajib Allah SWT yangnafsiyah, salbiyah, ma‘ani, dan ma‘nawiyah, sifat-sifat mustahil, serta sifat jaiz Allah SWT | sifat wajib Allah SWTyang nafsiyah, salbiyah, ma‘ani, dan ma‘nawiyah, sifat-sifat mustahil, serta sifat jaiz Allah SWT | meneladani sifat-sifatwajib Allah SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma‘ani, dan ma‘nawiyah, sifat- sifat mustahil, serta sifat jaiz Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari | Allah SWT yang nafsiyah,salbiyah, ma‘ani, dan ma‘nawiyah, sifat-sifat mustahil, serta sifat jaizAllah SWT dalam kehidupansehari-hari | |||
3.2. Mengidentifikasisifat-sifat wajib Allah SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma‘ani, dan ma‘nawiyah beserta bukti/dalil naqli dan aqlinya, sifat-sifat tidak mungkin dan jaiz bagi Allah SWT. | 3.2.1. Menjelaskanpengertian sifat wajib Allah SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani, dan maknawiyah3.2.2. Mengidentifikasi daliltentang sifat wajib Allah SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan maknawiyah3.2.3. Menguraikanpengertian sifat tidak mungkin bagi Allah SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani , dan maknawiyah3.2.4. Membandingkan sifatwajib,sifat jais sifat tidak mungkin Allah SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan maknawiyah3.2.5. Menyimpulkan sifat- | Sifat-sifat wajibAllah SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma‘ani, dan ma‘nawiyah beserta bukti/dalil naqli dan aqlinya, sifat-sifat tidak mungkin dan jaiz bagi Allah SWT. | Mengamati :- Mengamati gambar- gambar dan video yangberhubungan dengan fenomena-fenomena alamyang berafiliasi denga sifat-sifat Allah SWT.- Menyimak klarifikasi guru perihal pengertian sifat wajib Allah SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani, dan maknawiyah, sifat mustahil, dan jaiz Allah SWT.Menanya:- Melakukan tanya jawabtentang maksud dan makna yang terkandung dalam gambar-gambar dan video yang berafiliasi dengan fenomena- fenomena alam yang berafiliasi denga sifat- sifat Allah SWT. | Tugas- Mengumpulkan gambar/ berita/artikel yang sesuai materi ajarObservasi- Mengamati pelaksanaandiskusi dengan menggunakanlembar observasi yang memuat:- Kejelasan dan kedalamaninformasi yg diperoleh- Keaktifan dalam diskusi- Kejelasan dan kerapianpresentasi/resumePortofolio- Membuat | - Al-Qurandan Tafsir- Bukupegangan siswa mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII- Buku pedoman guru mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII- BukuEnsiklopediIslam- Lingkungan alam yang mendukung- Aksesinternet yang | |
4.2.Menyajikan pola fenomena-fenomena kehidupan yang muncul sebagai bukti dari sifat wajib, mustahil, dan jaiz Allah SWT. | sifat Allah SWT yangharus dimengerti orang beriman4.2.1. Menunjukkan pola fenomena-fenomena kehidupan yang muncul sebagai bukti dari sifat wajib,mustahil,dan jaiz Allah SWT . | Contoh fenomena- fenomena kehidupan yang muncul sebagai bukti dari sifat wajib, tidak mungkin dan jaiz | - Menanyakan ulangtentang pengertian sifat wajib Allah SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani, dan maknawiyah, sifat mustahil, dan jaiz Allah SWT.Mengeksplorasi :- Membaca dari banyak sekali sumber materi perihal sifat-sifat Allah SWT beserta dalil-dalilnya- Mendiskusikan pengertian,contoh orang yang mengimani pengertian sifat wajib Allah SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani, dan maknawiyah, sifat mustahil, dan jaiz Allah SWT.- Menggali dari berbagaisumber/media perihal fenomena-fenomena kehidupan yang muncul sebagai bukti dari sifat- sifat Allah SWT.Mengasosiasi:- Saling mencocokkanrumusan perihal pengertian sifat wajib Allah SWT yang | paparan tentangmateri asuh beserta contoh- contohdilapanganTes- Tes tulis- Tes Lisan | mendukung | |
nafsiyah, salbiyah,ma’ani dan maknawiyah- Membuat peta konseptentangpembagian sifat wajib Allah SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani, dan maknawiyah- Menyimpulkan contoh-contoh sikap orang yang mengimani sifat- sifat Allah SWT.- Menyimpulkanfenomena-fenomena kehidupan yang muncul sebagai bukti dari sifat- sifat Allah SWT.Mengkomunikasikan:- Mempresentasikan/menyajikan contohtentang fenomena- fenomena kehidupan yang muncul sebagai bukti dari sifat wajib, tidak mungkin dan jaiz | ||||||
1.3. Menghayati sifatikhlas, taat, khauf, dan tobat dalam kehidupan sehari-hari | 1.3.1. Menyadari kewajibanmemiliki sifat ikhlas, taat, khauf, dan tobat dalam kehidupan sehari- hari | Penghayatan sifatikhlas, taat, khauf, dan tobat dalam kehidupan sehari- hari | Penanaman sifat ikhlas, taat,khauf, dan tobat dalam kehidupan sehari-hari | 1. Penilaian diri2. Penilaian Sejawat | ||
2.3. Membiasakan perilakuikhlas, taat, khauf, dan tobat dalam kehidupan | 2.3.1. Menunjukkan perilakusifat ikhlas, taat, khauf, dan tobat dalam | Penyadarankewajiban mempunyai sifat ikhlas, taat, | Pembiasaan sikap sifatikhlas, taat, khauf, dan tobat dalam kehidupan sehari-hari | 1. Observasi2. Catatan Jurnal | ||
sehari-hari | kehidupan sehari-hari | khauf, dan tobatdalam kehidupan sehari-hari | ||||
3.3. Memahamipengertian, contoh, dan dampak positif sifat ikhlas, taat, khauf, dan tobat4.3. Menceritakan kisah- kisah yang berkaitan dengan dampak positif dari sikap ikhlas, taat, khauf, dan tobat dalam fenomena kehidupan | 3.3.1.Menjelaskan pengertianikhlas beribadah3.3.2. Mengidentifikasi daliltentang taat beribadah3.3.3. Menganalisis contohkhauf,3.3.4. Mendiskripsikandampak positif tobat3.3.5.Mengevaluasi perilakuikhlas4.3.1. Menceritakan kisah/fenomena yang muncul berkaitan dengan perilakuikhlas, taat, khauf, dantobat dalam kehidupan sehari-hari | Pengertian,contohdan dampak positif sifat ikhlas, taat, khauf, dan tobat.Kisah-kisah yang berkaitan dengan dampak positif dari sikap ikhlas, taat, khauf dan tobat dalam fenomena kehidupan | Mengamati :- Mendengar klarifikasi guru perihal pengertianikhlas, taat, khauf, dan tobat- Mengamati pola gambar/video tentangAkhlak TerpujiMenanya- Melakukan tanya jawabpengertian ikhlas, taat, khauf, dan tobat- Melakukan tanya jawab maksud dari gambar/video perihal sopan santun terpujiMengeksplorasi:- Menggali informasti perihal pengertianikhlas,taat, khauf, dan tobat- Berdiskusi tentangpengertian ikhlas, taat, khauf, dan tobatMengasosiasi:- Tukar informasi tentangcara melaksanakan ikhlas, taat, khauf, dan tobat- Membuat peta konsep | Tugas- Mengumpulkan gambar/ berita/artikel yang sesuai materi ajarObservasi- Mengamati pelaksanaandiskusi dengan menggunakanlembar observasi yang memuat:- Kejelasan dan kedalaman informasi yangg diperoleh- Keaktifan dalam diskusi- Kejelasan dan kerapianpresentasi/resumePortofolio- Membuatpaparan perihal materi asuh beserta contoh- pola di lapangan | - Al-Qurandan Tafsir- Bukupegangan siswa mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII- Buku pedoman guru mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII- BukuEnsiklopediIslam- Lingkungan alam yang mendukung- Aksesinternet yang mendukung | |
tentang pengertian sifatikhlas, taat, khauf, dan tobatMengkomunikasikan- mempresentasikan/menyajikan hasil diskusitentang pengertian ikhlas, taat, khauf, dan tobat | Tes- Tes tulis- Tes Lisan | |||||
1.4. Menghayati etika salatdan zikir | 1.4.1. Menyadari pentingnyamenjalankan adab-adab salat dan zikir sesuai dengan ketentuan agama | Penghayatanterhadap pentingnya menjalankan adab- etika salat dan zikir sesuai dengan ketentuan agama | Penanaman keyakinanterhadap pentingnyamenjalankan adab-adab salat dan zikir sesuai dengan ketentuan agama | 1. Penilaian diri2. Penilaian Sejawat | ||
2.4. Terbiasa menerapkanadab salat dan zikir | 2.4.1.Menunjukkan perilakuterbiasa menerapkan adab-adab salat dan zikir sesuai dengan ketentuan agama | Pembiasaanmenerapkan adab- etika salat dan zikir sesuai dengan ketentuan agama | Pembimbingan dalampembiasaanmenerapkan adab-adab salat dan zikir sesuai dengan ketentuan agama | 1. Observasi2. Catatan Jurnal | ||
3.4. Memahami etika salatdan zikir | 3.4.1.Menjelaskan pengertianadab salat3.4.2 Mengidentifikasi dalil perihal etika salat3.4.3 Menganalisis adab- etika salat3.4.4 Mendiskripsikan ada- etika berdzikir3.4.5.Mengevaluasi sikap orang yang mengamalkan etika salat/dzikir | Adab salat dan zikir | Mengamati:- Menyimak penjelasanguru perihal etika salat dan zikir mengamati etika salat dan zikir dengan video visualMenanya:- Menanyakan ulang perihal etika salat danzikir- Melakukan tanya jawab | Tugas- Mengumpulkangambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajarObservasi- Mengamatipelaksanaan diskusi dengan memakai lembar observasi | - Al-Qurandan Tafsir- Buku pegangan siswa mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII- Bukupedoman guru mata | |
4.4. Mensimulasikan etika salat dan zikir | 4.4.1 Mempraktikkan etika salat/zikir | terkait dengan materiadab salat dan zikirMengeksplorasi:- Menggali informasitentang etika salat- Berdiskusi perihal adabsalat dan zikirMengasosiasi:- Mengaitkan apa yangdiperoleh dan klarifikasi guru.- Menyimpulkan hasil diskusi perihal etika dandzikirMengkomunikasikan:- Mempresentasikan/menyajikan konsep hasil diskusi- Mempraktikkan etika salat dan zikir | yang memuat:- Kejelasan dan kedalaman informasi yang diperoleh- Keaktifan dalam diskusi- Kejelasan dan kerapian presentasi/resumePortofolio- Membuatpaparan perihal materi asuh beserta contoh- contohdilapanganTes- Tes tulis- Tes Lisan | pelajaranAkidah Akhlak kelas VII- BukuEnsiklopediIslam- Lingkungan alam yang mendukung- Aksesinternet yang mendukung | ||
1.5. Menghayati kisahketeladanan Nabi Sulaiman AS. dan umatnya | 1.5.1. Menghayati kisahketeladanan Nabi Sulaeman AS dan umatnya | Penghayatanterhadap kisah keteladanan Sulaeman AS dan umatnya | Penyadaran terhadappentingnya meneladani sopan santun Nabi Sulaeman AS dan umatnya | 1. Penilaian diri2. Penilaian Sejawat | ||
2.5. Mencontoh kisahketeladanan NabiSulaeman AS dan umatnya | 2.5.1. Menunjukkan perilakuyang mencontohketeladanan NabiSulaeman dan umatnya | Pembiasaan perilakuyang mencontohketeladanan Nabi Sulaeman AS dan umatnya | Pembimbingan pembiasaanperilaku yang mencontohketeladanan Nabi SulaemanAS dan umatnya | 1. Observasi2. Catatan Jurnal | ||
3.5. Menganalisis kisah | 3.5.1. Menjelaskan kisah | Kisah Keteladanan | Mengamati: | Tugas | - Al-Quran | |
keteladanan NabiSulaeman AS dan umatnya4.5 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Sulaiman AS dan umatnya | keteladanan NabiSulaeman AS3.5.2. Mengidentifikasihikmah kisah keteladanan Nabi Sulaeman AS3.5.3. Menganalisis isi kisahketeladanan NabiSulaeman AS3.5.4. Mengevaluasi pola orang/tokoh yang meneladani sifat Nabi Sulaiaman AS3.5.5. Menyimpulkan isi kisah Nabi Sulaeman AS4.5.1. Menyajikan cuplikan kisah-kisah keteladanan Nabi Sulaeman AS | Nabi Sulaiman ASdan umatnya | - Memperhatikantayangan kisah Nabi Sulaeman AS dan umatnyaMenanya:- Memberi umpan balik perihal kisah NabiSulaiman AS dan umatnya tersebutEksplorasi:- Menggali informasi perihal kisah NabiSulaeman AS melalui buku sumber, majalah,internet, lingkungan- Mendiskusikanketeladanan NabiSulaiman AS- Mengidentifikasi keteladanan kisah Nabi Sulaiman ASMengasosiasikan:- Menyimpulkan contoh- pola keteladananNabiSulaeman as dari kisah- kisah yang dibacaMengkomunikasikan:- Menceritakan pola keteladanan NabiSulaeman AS | - Mengumpulkangambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajarObservasi- Mengamati pelaksanaandiskusi dengan memakai lembar observasi yang memuat:- Kejelasan dan kedalaman informasi yang diperoleh- Keaktifan dalam diskusi- Kejelasan dan kerapian presentasi/resumePortofolio- Membuat paparantentang materi asuh beserta contoh-contoh dilapanganTes- Tes tulis- Lisan | dan Tafsir- Buku pegangan siswa mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII- Bukupedoman guru mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII- Buku Ensiklopedi Islam- Lingkunganalam yang mendukung- Akses internet yang mendukung |
Demikian goresan pena perihal
0 Response to "Download Silabus Doktrin Watak Mts Kelas 7 Kurikulum 2013"
Posting Komentar