Buku Penilaian Tata Kelola Kelembagaan Dan Pembelajaran Smk 3 Tahun
Download Buku Pedoman Teknis Evaluasi Tata Kelola Kelembagaan dan Pembelajaran Sekolah Menengah kejuruan 3 Tahun
Kualitas pendidikan ditentukan oleh kualitas pembelajaran. Adapun kualitas pembelajaran sanggup ditentukan oleh input, proses, dan output. Kualitas pembelajaran salah satunya sanggup dilihat kualitas lulusan. Oleh alasannya itu, perlu adanya standar kualitas lulusan sekolah, termasuk sekolah kejuruan (SMK) secara nasional.
Demi mewujudkan tujuan pendidikan nasional tersebut dibutuhkan profil kualifikasi kemampuan lulusan yang dituangkan dalam standar kompetensi lulusan (SKL). Dalam Undang Undang Nomor 20 tahun 2003 ihwal Sistem Pendidikan Nasional pasal 35 disebutkan bahwa standar kompetensi lulusan merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang meliputi sikap, pengetahuna, dan keterampilan akseptor didik yang harus dipenuhinya atau dicapainya dari suatu satuan pendidikan (SMK). Dalam rangka melaksanakan undang-undang tersebut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan Peraturan Menteri ihwal SKL, yakni Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 54 Tahun 2013 dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 20 Tahun 2016.
Berikut yaitu tautan Download Buku Pedoman Teknis Evaluasi Tata Kelola Kelembagaan dan Pembelajaran Sekolah Menengah kejuruan 3 Tahun:
Berikut yaitu kutipan dari buku pedoman teknis tersebut:
DAFTAR ISI
Halaman Judul ........................................................................................................................................... i Tim Penyusun ............................................................................................................................................ ii Kata Pengantar ........................................................................................................................................ iii Daftar Isi ..................................................................................................................................................... v Daftar Tabel ............................................................................................................................................ viii Daftar Gambar ........................................................................................................................................ ix
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
A. Pendahuluan .........................................................................................................................................1
B. Standar dan Peraturan ..................................................................................................................... 1
1. Pengertian ....................................................................................................................................... 1
2. Tujuan SKL ...................................................................................................................................... 1
3. Ruang Lingkup SKL .................................................................................................................... 2
4. Kaitan SKL dan Hasil Belajar ................................................................................................... 2
5. Monitoring dan Evaluasi ........................................................................................................... 5
C. Hasil Kajian dan Pembahasan ...................................................................................................... 6
1. Capaian Standar Kompetensi Lulusan berdasarkan KS dan Guru ................................... 6
2. Pencapaian SKL pada setiap kompetensi keahlian ....................................................... 7
3. Pencapaian SKL pada setiap aspek Kompetensi Lulusan ........................................... 9
4. Manajemen Kemitraan Sekolah Menengah kejuruan dengan Dunia Kerja dalam Prakerin ............................ 9
5. Sertifikasi Kompetensi Lulusan ............................................................................................ 10
D. Kesimpulan ..................................................................................................................................... 12
E. Rekomendasi ..................................................................................................................................... 12
STANDAR ISI
A. Pendahuluan ...................................................................................................................................... 15
B. Standar dan Peraturan ................................................................................................................... 17
C. Hasil Kajian dan Pembahasan .................................................................................................... 25
D. Kesimpulan ..................................................................................................................................... 27
E. Rekomendasi ..................................................................................................................................... 28
STANDAR PROSES
A. Pendahuluan ............................................................................................................................. 31
Buku Pedoman Teknis Evaluasi Mutu Tata Kelola Kelembagaan dan Pembelajaran Sekolah Menengah kejuruan 3 Tahun v
B. Standar dan Peraturan ................................................................................................................. 32
1. Kajian Yuridis .............................................................................................................................. 33
2. Kajian Filosofis ........................................................................................................................... 35
3. Kebijakan Revitalisasi Sekolah Menengah kejuruan ................................................................................................... 36
C. Hasil Kajian dan Pembahasan .................................................................................................... 43
1. Evaluasi Proses Pembelajaran .............................................................................................. 43
2. Evaluasi Praktik Kerja Lapangan ........................................................................................... 45
3. Pembelajaran Melalui Teaching Factory .......................................................................... 47
D. Kesimpulan .....................................................................................................................................49
E. Rekomendasi ...................................................................................................................................... 51
STANDAR PENILAIAN
A. Pendahuluan ............................................................................................................................ 53
B. Standar dan Peraturan .................................................................................................................. 54
1. Penilaian Oleh Pendidik .......................................................................................................... 55
2. Penilaian hasil berguru oleh satuan pendidikan .............................................................. 56
3. Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah ........................................................................... 56
C. Hasil Kajian Dan Pembahasan ..................................................................................................... 61
D. Kesimpulan ..................................................................................................................................... 68
E. Rekomendasi .................................................................................................................................... 69
STANDAR PENDIDIKAN DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
A. Pendahuluan ...................................................................................................................................... 71
B. Standar dan Peraturan .................................................................................................................. 72
C. Hasil Kajian dan Pembahasan .................................................................................................... 79
1. Menurut Kepala Sekolah & Responden Kepala Sekolah .......................................... 83
2. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan Menurut Guru ................................... 86
3. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan Menurut Peserta Didik ................... 87
D. Kesimpulan ..................................................................................................................................... 88
E. Rekomendasi ..................................................................................................................................... 89
STANDAR SARANA DAN PRASARANA
A. Pendahuluan ...................................................................................................................................... 91
B. Standar dan Peraturan .................................................................................................................... 92
1. Pelibatan Dunia Usaha dan Dunia Industri ...................................................................... 93 a. Dunia Usaha dan Industri sebagai Tempat Praktik Peserta Didik .................... 93 b. Dunia Usaha dan Industri sebagai Tempat Magang Kerja ................................. 94 c. Penyelarasan Kurikulum .................................................................................................. 94
C. Hasil Kajian dan Pembahasan .................................................................................................... 96
D. Kesimpulan ..................................................................................................................................... 98
E. Rekomendasi ..................................................................................................................................... 99
STANDAR PEMBIAYAAN
A. Pendahuluan .................................................................................................................................... 101
B. Standar dan Peraturan ................................................................................................................ 102
C. Hasil Kajian dan Pembahasan ................................................................................................... 103
D. Kesimpulan ................................................................................................................................... 105
E. Rekomendasi ................................................................................................................................... 105
Daftar Pustaka ................................................................................................................................... 107
Rangkuman Buku Pedoman Teknis ............................................................................................... 111
B. Standar dan Peraturan
1. Pengertian
Standar Kompetensi Lulusan (SKL) pada pendidikan Sekolah Menengah kejuruan yaitu kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang meliputi dimensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diharapkan sanggup dicapai sesudah akseptor didik menuntaskan mata pelajaran. SKL yaitu profil kompetensi lulusan yang akan dicapai oleh akseptor didik sesudah mempelajari semua mata pelajaran pada jenjang tertentu yang meliputi ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. SKL merupakan pola utama dalam pengembangan Kompetensi Inti (KI), selanjutnya Kompetensi Inti dijabarkan ke dalam Kompetensi Dasar (KD).
2. Tujuan SKL
Standar kompetensi lulusan dipakai sebagai pola utama pengembangan standar isi, standar proses, standar penilaian pendidkan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, dan standar biaya.
3. Ruang Lingkup SKL
Standar kompetensi lulusan Sekolah Menengah kejuruan terdiri atas kriteria kualifikasi kemampuan akseptor didik yang diharapkan sanggup dicapai sesudah menuntaskan masa belajarnya di satuan pendidikan (SMK).
4. Kaitan SKL dan Hasil Belajar
Berdasarkan hasil berguru selama di satuan pendidikan yakni SMK, sanggup diketahui kompetensi akseptor didik yang telah dikuasai. Kriteria kualifikasi kemampuan akseptor didik yang diharapkan sesudah menempuh pembelajaran dinamakan SKL.
a. Hasil berguru dirumuskan dalam tiga kelompok ranah taksonomi meliputi ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Pembagian taksonomi hasil berguru dilakukan untuk mengukur perubahan sikap akseptor didik selama proses berguru hingga pada pencapaian hasil berguru yang dirumuskan dalam aspek sikap (behaviour) tujuan pembelajaran. Umumnya penjabaran sikap hasil berguru yang dipakai berdasarkan taksonomi Bloom yang pada Kurikulum 2013 yang telah disempurnakan oleh Anderson dan Krathwohl dengan pengelompokan menjadi : (1) Sikap (affective) merupakan perilaku, emosi dan perasaan dalam bersikap dan merasa, (2) Pengetahuan (cognitive) merupakan kapabilitas intelektual dalam bentuk pengetahuan atau berpikir, (3) Keterampilan (psychomotor) merupakan keterampilan manual atau motorik dalam bentuk melakukan.
1) Ranah sikap dalam Kurikulum 2013 merupakan urutan pertama dalam perumusan kompetensi lulusan, selanjutnya diikuti dengan rumusan ranah pengetahuan dan keterampilan. Ranah sikap dalam Kurikulum 2013 memakai olahan Krathwohl, dimana pembentukan sikap akseptor didik ditata secara hirarkhis mulai dari mendapatkan (accepting), merespon/menanggapi(responding), menghargai (valuing), menghayati (organizing/internalizing), dan mengamalkan (characterizing/actualizing).
2) Ranah pengetahuan pada Kurikulum 2013 memakai taksonomi Bloom olahan Anderson, dimana perkembangan kemampuan mental intelektual akseptor didik dimulai dari C1 yakni: (1) mengingat (remember), akseptor didik mengingat kembali pengetahuan dari memorinya; (2) C2 yakni memahami (understand), merupakan kemampuan mengonstruksi makna dari pesan pembelajaran baik secara lisan, goresan pena maupun grafik; (3) C3 yakni menerapkan (apply); merupakan penggunaan mekanisme dalam situasi yang diberikan atau situasi baru;(4) C4 yakni menganalisis (analyse); merupakan penguraian materi ke dalam bagian-bagian dan bagaimana bagian-bagian tersebut saling berafiliasi satu sama lainnya dalam keseluruhan struktur;(5) C5 yakni mengevaluasi (evaluate); merupakan kemampuan menciptakan keputusan berdasarkan kriteria dan standar;dan (6) C6 yakni mengkreasi (create); merupakan kemampuan menempatkan elemen-elemen secara bersamaan ke dalam bentuk modifikasi atau mengorganisasikan elemen-elemen ke dalam pola gres (struktur baru).
3) Ranah keterampilan pada Kurikulum 2013 yang mengarah pada pembentukan keterampilan abnormal memakai gradasi dari Dyers yang ditata sebagai berikut: (1) mengamati (observing);(2) menanya (questioning);(3) mencoba (experimenting);(4) menalar (associating); (5) menyaji (communicating); dan (6) mencipta (creating).
4) Pembentukan keterampilan kongkret memakai gradasi olahan Simpson dengan tingkatan: persepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerakan, mahir, menjadi gerakan alami, dan menjadi gerakan orisinal.
4. Manajemen Kemitraan Sekolah Menengah kejuruan dengan Dunia Kerja dalam Prakerin
Untuk meningkatkan kompetensi lulusan tentu perlu jalinan kerjasama dengan kawan yakni dunia industry. Hal ini senada dengan pernyataan Harbiyah Gani, Husein Usman, Soenarto (2015) pengembangan model administrasi kemitraan Sekolah Menengah kejuruan dengan dunia kerja dalam prakerin untuk meningkatkan kompetensi lulusan, melalui aspek: kurikulum dan pembelajaran, kesiswaan, dan korelasi masyarakat. Aktivitas-aktivitas ini perlu biar efektif dan efisien tentu perlu ada tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan monitoring serta evaluasi.
a. Pengembangan model administrasi kemitraan Sekolah Menengah kejuruan dengan dunia kerja dalam prakerin untuk meningkatkan kompetensi lulusan, pada urusan kurikulum dan pembelajaran dengan cara melaksanakan perencanaan, pelaksanaan, monitoring, dan evalusia oleh SMK, masih sebatas melibat dunia kerja dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran mata pelajaran produktif saja. Adapun komponen dan indikator penting kemitraan urusan kurikulum dan pembelajaran, meliputi: (1) pengembangan kurikulum dan pembelajaran; (2) sinkronisasi kurikulum dan pembelajaran prakerin dengan dunia kerja; (3) keterlibatan eksklusif dunia kerja dalam pengembangan prakerin; (4) kurikulum dan pembelajaran khusus prakerin; dan (5) isi kurikulum dan pembelajaran prakerin yang bersifat muatan lokal dunia kerja.
b. Pengembangan model administrasi kemitraan Sekolah Menengah kejuruan dengan dunia kerja dalam prakerin untuk meningkatkan kompetensi lulusan, pada urusan kesiswaan dengan cara melaksanakan perencanaan, pelaksanaan, monitoring, dan evaluasi, masih sangat bersifat umum sekali. Indikator yang meliputi: (1) seleksi siswa prakerin; (2) promosi sekolah ke dunia kerja; (3) penempatan siswa prakerin; (4) analisis kebutuhan siswa prakerin biar terjadi kesesuaian; (5) kunjungan ke dunia kerja sebelum prakerin; (6) koordinasi timbal balik dan terus menerus; (7) supervisi; (8) bimbingan; dan (9) evaluasi.
c. Pengembangan model administrasi kemitraan Sekolah Menengah kejuruan dengan dunia kerja dalam prakerin untuk meningkatkan kompetensi lulusan, pada urusan korelasi masyarakat, dengan cara melaksanakan perencanaan, pelaksanaan, monitoring, dan evaluasi, sudah terealisasi dengan baik, walaupun belum mempunyai model administrasi kemitraan yang jelas. Indikator korelasi masyarakat meliputi: (1) magang siswa, (2) pelaksanaan prakerin siswa, (3) penempatan lulusan, (4) penilaian kesesuaian daerah prakerin, (5) perbandingan jumlah siswa dengan daerah prakerin, (6) kesesuaian waktu, (7) pemanfaatan dana corporate social responsibility (CSR) yang di dunia kerja, (8) uji kompetensi, dan (9) seleksi lulusan untuk bekerja di dunia kerja.
5. Sertifikasi Kompetensi Lulusan
Mutu lulusan pendidikan vokasi secara ideal ditentukan berdasarkan penguasaan atas suatu standar kompetensi kerja y a k n i Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (Tim Revitalisasi Pendidikan Vokasi Kemendikbud,
2016). Berdasarkan standar kompetensi tersebut, dirumuskan suatu sistem pengujian dan sertifikasi. Namun hingga dengan ketika ini belum semua acara keahlian telah tersedia SKKNI-nya dan beberapa SKKNI yang sudah ada belum direfleksikan dalam kurikulum. Saat ini sedang diadakan koordinasi tingkat kementerian/lembaga dalam menciptakan SKKNI bagi tiap acara keahlian kejuruan yang ada.
Beberapa upaya telah dilakukan untuk meminimalisasi kesenjangan kompetensi kerja lulusan pendidikan vokasi dengan kebutuhan dunia usaha/ dunia industri, antara lain melalui penyusunan denah sertifikasi bagi lulusan pendidikan vokasi dengan melibatkan asosiasi profesi dan DUDI maupun dalam pelaksanaan uji kompetensi.
Lulusan yang memperoleh akta yaitu lulusan yang memenuhi persyaratan kecakapan kerja. Persyaratan tersebut dimulai dari (1) pembelajaran yang benar di sekolahnya, yaitu mengakibatkan akseptor didik sebagai subjek pembelajar yang miliki karakter, kompetensi, mandiri, bertanggung jawab, kreatif, inovatif, dan kemampuan kewirausahaan; (2) tersedianya peralatan uji sesuai dengan standar kompetensi di sekolahnya; dan (3) asesor yang mempunyai sertifikat. Sertifikasi Kecakapan Kerja tersebut diberikan oleh BNSP dan Asosiasi Profesi.
Seperti akseptor didik di SMK, sertifikasi kecakapan kerja dilakukan alasannya pada umumnya lulusan Sekolah Menengah kejuruan eksklusif terjun ke dunia kerja sebelum melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya. Oleh alasannya itu, lulusan Sekolah Menengah kejuruan diwajibkan mempunyai minimal satu kecakapan kerja bersertifikat. Sebagai contoh, lulusan Sekolah Menengah kejuruan dengan kompetensi keahlian konstruksi gedung, sanitasi, dan perawatan wajib mempunyai minimal 1 (satu) dari 7 (tujuh) kecakapan kerja bersertifikat, ibarat pada Tabel 6.
Demikian goresan pena ihwal
0 Response to "Buku Penilaian Tata Kelola Kelembagaan Dan Pembelajaran Smk 3 Tahun"
Posting Komentar