Model Pembelajaran Back To Back





Jika diterjemahkan, model pembelajaran ini berarti punggung ke punggung. Disebut demikian alasannya ia mensyaratkan siswa untuk mengambil posisi saling memunggungi. Metode ini mendorong siswa untuk kerja bersama dan membuatkan kejelasan dalam komunikasi dan pengamatan.

Keterampilan
  • Bekerjasama dengan siswa lain
  • Berpikir, penyelesaian masalah
Cara kerja
  1. Siswa duduk saling memunggungi. Usahakan masing-masing dingklik saling bersentuhan sehingga mereka sanggup saling mendengar. Usahakan pula semoga masing-masing siswa tidak menoleh ke belakang. 
  2. Siswa A mendapatkan stimulus visual, siswa B mendapatkan alat tulis (pensil, ballpoint, dsb) dan selembar kertas. 
  3. Siswa A menjelaskan apa yang gres saja dilihat melalui stimulus visual kepada Siswa B. Siswa B kemudian menterjemahkan apa yang dijelaskan oleh siswa A setepat mungkin dengan cara menggambar pada alat tulis dan kertas yang telah disediakan.
  4. Siswa B diperbolehkan untuk bertanya kepada siswa A terkait klarifikasi yang disampaikan. 
  5. Setelah selesai, siswa A dan siswa B melaksanakan pencocokan terkait dengan apa yang dijelaskan dengan apa yang digambarkan. 
  6. Tanya jawab kemudian dilakukan oleh guru dan siswa, terutama pemfokusan terhadap hakikat berkomunikasi antar pasangan dan mengapa hasil final sanggup menjadi atau tidak menyerupai yang diharapkan. 
Bapak/Ibu pernah mempraktikkan model pembelajaran tersebut? Silahkan berkomentar. 

0 Response to "Model Pembelajaran Back To Back"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel