Model Pembelajaran Komidi Putar/Carousel





Model pembelajaran ini merupakan acara pengumpulan pemikiran dan warta secara terstruktur yang sanggup menghasilkan daftar ringkas pemikiran dan respons siswa secara masuk nalar terhadap topik tertentu. Siswa membentuk kelompok kecil dan memberikan pandangan gres atau memberi saran terhadap permasalahan yang mengemuka. Para siswa juga mempunyai kesempatan untuk menilai pandangan gres kelompok lain dan menggunakannya sebagai dasar untuk membentuk respons atau tanggapan mereka sendiri terhadap tanggapan atas permasalahan.

Keterampilan
  • Bekerjasama dengan siswa lain
  • Berfikir, pengambilan keputusan
Cara Kerja
  1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil.
  2. Kelompok tersebut lalu diberi kertas kosong dimana di bab atas kertas tersebut terdapat sebuah pertanyaan yang berkaitan dengan topik tertentu. Setiap lembar kertas yang dibagikan sanggup berisi sebuah pertanyaan yang berbeda. 
  3. Para siswa lalu mengerjakan kiprah dengan menuliskan tanggapan atas pertanyaan yang berada di bab atas kertas tersebut. Pada tahap ini, guru hendaknya memperlihatkan batasan waktu bagi tiap siswa dalam kelompok untuk  pengerjaan kiprah tersebut. 
  4. Setiap kelompok diberi ballpoint atau sejenisnya dengan warna yang berbeda-beda untuk memudahkan proses identifikasi. 
  5. Setelah waktu pengerjaan usai, kertas diberikan kepada murid selanjutnya sehingga membentuk sebuah gerak lingkar ibarat komidi putar. Dengan demikian, tiap siswa akan memperoleh kertas dari siswa lain dalam satu kelompok yang tentu saja berisi pertanyaan yang berlainan juga. 
  6. Siswa membaca tanggapan dari siswa lain dan mendiskusikan tanggapan tersebut. Jika setuju, mereka memberi sebuah tanda centang atau tanda lain yang menyatakan bahwa mereka setuju. Sebaliknya bila tidak setuju, mereka akan menuliskan alasan atas ketidaksetujuan tersebut. 
  7. Siswa lalu diberi waktu untuk memperlihatkan tanggapan mereka sendiri sekali lagi. Hal ini memungkinkan siswa untuk menggabungkan atau mensintesiskan pendapat siswa lain dengan pendapat siswa sendiri. 
  8. Komidi putar dapat terus dilanjutkan bila alokasi waktu memungkinkan. 
  9. Guru lalu melanjutkan dengan tanya jawab. 
Catatan
Model Komidi Putar ini juga sanggup dipakai sebagai alat evaluasi. Pertanyaan evaluatif sanggup diajukan, sebagai contoh: apa yang sudah kau pelajari hari ini? Hal apa yang paling mengejutkan/menarik/ berkhasiat bagi kau pada hari ini? Tindakan apakah yang akan kau ambil?

Demikian kami sajikan artikel mengenai Model Pembelajaran Komidi Putar atau Carousel. Bagaimana tanggapan Bapak/Ibu? Terima kasih sebelumnya untuk komentarnya.

0 Response to "Model Pembelajaran Komidi Putar/Carousel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel