Penelitian Tindakan Kelas: Definisi Dan Klarifikasi Ringkas
Membahas penelitian tindakan kelas (lebih lanjut disingkat PTK) tidak sanggup dilepaskan dari membahas mengenai penelitian itu sendiri. Ya, alasannya ialah PTK merupakan salah satu jenis dari beberapa metode penelitian.
Penelitian ialah sesuatu yang lumrah kita dengar atau ketahui dalam kehidupan sehari-hari. Secara ringkas, penelitian berarti ikhtiar atau perjuangan untuk memecahkan persoalan atau mencari balasan atas permasalahan yang dihadapi. Berbeda dengan penyelesaian persoalan dalam konteks nonakademik, penelitian dalam konteks akademik harus bersifat ilmiah atau mendasarkan pada kecerdikan sehat. Lebih lanjut, penelitian dalam konteks akademik juga harus dilakukan dengan terorganisasi, sistematis, kritis, objektif, dan berbasis pada data.
Berdasarkan jenisnya, PTK merupakan jenis penelitian terapan. Ini berarti bahwa PTK berusaha untuk menemukan solusi mudah atas permasalahan dalam proses pendidikan. Dengan demikian, PTK sanggup didefinisikan sebagai penelitian yang dilakukan oleh guru, kepala sekolah, atau pemangku hajat (stakeholders) yang lain dalam lingkungan belajar/mengajar untuk memecahkan permasalahan-permasalahan terkait belajar/mengajar. Ia sanggup berupa permasalahan dalam mengoperasikan sekolah, permasalahan dalam metode mengajar, dan permasalahan mengenai penilaian mencar ilmu penerima didik.
PTK memiliki dua tujuan utama, yaitu untuk memperbaiki (to improve) dan untuk terlibat (to involve). PTK memiliki tiga tujuan perbaikan, yaitu:
Penelitian ialah sesuatu yang lumrah kita dengar atau ketahui dalam kehidupan sehari-hari. Secara ringkas, penelitian berarti ikhtiar atau perjuangan untuk memecahkan persoalan atau mencari balasan atas permasalahan yang dihadapi. Berbeda dengan penyelesaian persoalan dalam konteks nonakademik, penelitian dalam konteks akademik harus bersifat ilmiah atau mendasarkan pada kecerdikan sehat. Lebih lanjut, penelitian dalam konteks akademik juga harus dilakukan dengan terorganisasi, sistematis, kritis, objektif, dan berbasis pada data.
Berdasarkan jenisnya, PTK merupakan jenis penelitian terapan. Ini berarti bahwa PTK berusaha untuk menemukan solusi mudah atas permasalahan dalam proses pendidikan. Dengan demikian, PTK sanggup didefinisikan sebagai penelitian yang dilakukan oleh guru, kepala sekolah, atau pemangku hajat (stakeholders) yang lain dalam lingkungan belajar/mengajar untuk memecahkan permasalahan-permasalahan terkait belajar/mengajar. Ia sanggup berupa permasalahan dalam mengoperasikan sekolah, permasalahan dalam metode mengajar, dan permasalahan mengenai penilaian mencar ilmu penerima didik.
PTK memiliki dua tujuan utama, yaitu untuk memperbaiki (to improve) dan untuk terlibat (to involve). PTK memiliki tiga tujuan perbaikan, yaitu:
- Perbaikan praktik
- Perbaikan pemahaman praktik
- Perbaikan situasi dimana praktik dilaksanakan
0 Response to "Penelitian Tindakan Kelas: Definisi Dan Klarifikasi Ringkas"
Posting Komentar