Kiat Sukses Plpg: Persiapan Dan Tips

Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru (Sergur) 2017 Jalur PLPG: Tips dan Kiat Sukses

langkah apa saja yang harus dipersiapkan untuk PLPG  Kiat Sukses PLPG: Persiapan dan Tips


Bagi Anda yang telah terdaftar sebagai penerima pedoman sertifikasi guru ibarat yang telah kami tulis sebelumnya. 



Nah, eksklusif saja, beginilah bentuk persiapan mengikuti PLPG yang mungkin Anda perlu ketahui.

Persiapkanlah segala sesuatunya ibarat pada ketika Anda mengikuti workshop, pelatihan, atau sejenisnya. Bawalah peralatan dan materi sebagai berikut: notebook atau laptop ( ingat, jangan bawa desktop ya alasannya yakni terang akan sangat ribet...hehehe). Jangan lupa persiapkan soft file penting ibarat materi modul PLPG sesuai dengan bidang studi Anda dan berkas-berkas elektronik lainnya.

Jangan lupa pula untuk membawa alat tulis ibarat buku, pensil, penghapus, kertas kosong ukuran kwarto atau folio, kertas kosong bergaris, dan peralatan tulis menulis lain yang difikir perlu.

Hal lain yang perlu Anda persiapkan yakni hal-hal yang menempel pada diri kita sebagai seorang guru ibarat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), silabus. dan hal lain yang dirasa perlu.

Nah ini juga penting, siapkanlah contoh penelitian tindakan kelas (PTK), alasannya yakni dari pengalaman yang lalu, akan ada materi tentangnya dan ada kiprah menulisnya juga lho.

Kami kira kalau persiapan saja mungkin tidak cukup, berikut ini kami tambah tips lulusnya juga. Simak yang berikut ya!


Hal pertama yakni persiapan fisik maupun psikis. Jagalah kesehatan selalu. Berolahraga secara teratur, atur asupan biar badan tetap bugar. Secara psikis, tenangkanlah pikiran Anda, mintalah doa restu pada orang renta kalau masih ada, minta restu juga pada pasangan Anda. Bangkitkanlah energi nyata biar pasangan Anda selalu memberi support. Beri pengertian kepada putra-putri Anda kalau Anda akan menjalani proses yang mengharuskan keterpisahan fisik selama beberapa minggu.





Hal selanjutnya yakni mengenai ketertiban dan keteraturan pada ketika Anda menjalani PLPG. Ikutilah semua acara sesuai acara dan jangan hingga terlewat dalam mengerjakan kiprah ya. Selesaikanlah kiprah sesuai dengan kemampuan Anda semaksimal mungkin (jangan paksa terlalu dalam ya, ingat selalu kesehatan, istirahatlah yang cukup).

Nantinya, PLPG ada session praktiknya. Usahakan untuk mengikuti praktik dengan sebaik mungkin.
Jadilah aktif di dalam kelas! Mungkin hal ini akan sedikit menjadi hambatan bagi Anda yang berkarakter pendiam dan cenderung pasif. Paksa diri Anda untuk menjadi lebih "agresif" namun sesuai koridor. Aktif bertanya dan menjawab tentu saja akan menambah nilai plus dan kesan yang nyata pada diri Anda.

Hal selanjutnya yakni problem berafiliasi dengan rekan Anda sesama penerima PLPG. Menyatulah dengan mereka. Temukan chemistry dan sebisa mungkin hindarilah konflik personal dengan mereka. Buat diri Anda senyaman mungkin. Bahkan dari beberapa pengalaman, ada dari penerima yang bahkan menganggap rekan mereka dari luar kota sebagai "saudara baru." Dan wajib diingat juga, ada juga nanti penilaian dari rekan Anda juga lho!

Jauhkanlah perilaku dan sifat inferior. Janganlah berendah diri. Asumsikan saja bahwa potensi mereka sama saja dengan Anda. Ini kami kira penting untuk menumbuhkan self-confidence atau rasa percaya diri Anda.

Berilah impresi atau kesan yang baik dan nyata kepada instruktur. Jangan menjadi terlalu frontal dan jangan pula "mengkultuskan" instruktur. Ingat, mereka masih tetap manusia. Masih makan nasi juga....hehehe. Perlu diingat juga bahwa mereka yakni pembimbing kita bukan penghakim.

Demikian goresan pena mengenai langkah-langkah persiapan PLPG dan kiat suksesnya. Jika ingin menambahkan, silahkan isi di bab komentar. Terima kasih dan salam sukses selalu untuk Anda.

0 Response to "Kiat Sukses Plpg: Persiapan Dan Tips"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel