Info Dapodik 2016

PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TENTANG DAPODIK

PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TENTANG DAPODIK Info DAPODIK 2016

Dengan pertimbangan:

-) Bahwa dalam rangka menyelenggarakan dan mengelola sistem pendidikan nasional, Kemdikbud perlu menyebarkan dan melakukan sistem isu pendidikan nasional yang memuat basis data pendidikan yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi;
-) Bahwa untuk mewujudkan basis data pendidikan yang saling bekerjasama sehingga bisa menghasilkan data untuk tiap entitas pendidikan (Entitas Data yaitu objek data pendidikan yang mencakup satuan pendidikan, pendidik dan tenaga kependidikan, penerima asuh dan substansi pendidikan), serta menampung dan menyatukan semua data yang dihasilkan dari acara pengumpulan data, perlu menetapkan data pokok pendidikan;

-) Bahwa menurut pertimbangan sebagaimana dimaksud pada poin di atas, maka perlu menetapkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan wacana DAPODIK.
Yang dimaksud dengan data yaitu aneka macam kumpulan info dan fakta yang bekerjasama dengan pendidikan dan dimanfaatkan untuk kebutuhan administrasi pembangunan pendidikan.


Sedangkan info Dapodik Kemdikbud adalah suatu sistem pendataan yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang memuat data satuan pendidikan, penerima didik, pendidik dan tenaga kependidikan, dan substansi pendidikan yang datanya bersumber dari satuan pendidikan yang terus menerus diperbaharui secara online.

Sedikitnya ada 2 tujuan utama DAPODIK, yaitu;

- Mewujudkan basis data tunggal sehingga sanggup tercipta tata kelola data pendidikan yang terpadu dan menghasilkan data yang representatif untuk memenuhi kebutuhan Kementerian dan pemangku kepentingan lainnya.

- Mendukung peningkatan efisiensi, efektif, dan sinergi acara pengumpulan data pokok yang terintegrasi dalam satu sistem pendataan untuk dipakai oleh Kementerian dan seluruh pemangku kepentingan.

Guna menjamin tersedianya data dan statistik pendidikan yang lengkap, valid, mutakhir, dan akurat, Kementerian melakukan acara pendataan melalui Dapodik ini. Pendataan sebagaimana dimaksud di atas mencakup pengumpulan, pengolahan, dan penyajian data.

Nah, untuk pengumpulan data Info Dapodik terbaru (terkini) 2016 dilaksanakan oleh:

a. Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat; dan

b. Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

* Sumber: Permendikbud-Dapodik

0 Response to "Info Dapodik 2016"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel