Jadwal Resmi Un Tahun 2017

/ Resmi, Jadwal UN Tahun 2017
 Kemendikbud berencana untuk memperluas pelaksanaan ujian berbasis komputer  Jadwal Resmi UN Tahun 2017

UN Tahun 2017 Berbasis Komputer (UNBK)



Tepat pada tahun 2017, Kemendikbud berencana untuk memperluas pelaksanaan ujian berbasis komputer (UNBK), baik untuk ujian nasional (UN) ataupun ujian sekolah berstandar nasional (USBN). Pelaksanaan UN tahun 2017 dijadwalkan berlangsung pada bulan April hingga dengan Mei tahun 2017.

Berikut ini jadwal resmi pelaksanaan UN tahun 2017 secara lengkap:
  1. UN untuk jenjang SMK/MAK bakal diselenggarakan terlebih dahulu pada tanggal 3 hingga dengan 6 April 2017. 
  2. UN untuk SMA/MA, bakal dilakukan pada tanggal 10 hingga dengan 13 April 2017. 
  3. UN SMP/MTs akan dibagi menjadi 2 (dua) gelombang sebagai alternatif solusi untuk duduk perkara kekurangan komputer. Gelombang pertama UN SMP/MTs akan berlangsung pada 2, 3, 4, dan 15 Mei 2017, sedangkan gelombang kedua UN SMP/MTs akan dilaksanakan pada 8, 9, 10, dan 16 Mei 2017.
  4. Totok Suprayitno, selaku Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud, memaparkan bahwa sangat diharapkan kolaborasi yang komprehensif, khususnya membuatkan sumber daya atau resource sharing, dalam penggunaan komputer terkait teknis pelaksanaan UN tahun 2017 kelak. Sampai detik ini sudah terdata sebanyak 12.053 sekolah/madrasah dengan kapasitas total 2.188.947 siswa siap menjadi tempat pelaksanaan ujian berbasis komputer (UNBK). Dengan jadwal UN SMK/MAK, SMA/MA, dan SMP/MTs yang berbeda-beda, komputer dapat dipakai secara bergantian.
    “Sekolah atau madrasah dengan jumlah komputer lebih dari 20 buah dan mempunyai server sanggup ditetapkan menjadi tempat pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Nanti Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota memutuskan tempat ujian bagi siswa dari sekolah yang belum mempunyai kemudahan menurut kedekatan jarak antar sekolah,” terperinci Totok kala menggelar Rakor dengan kepala dinas se-Indonesia wacana persiapan UN 2017 di Kantor Kemendikbud, Jakarta, (22/12/2016).
    Pada kesempatan itu pula, Mendikbud Muhadjir Effendy menjelaskan, ujian nasional berbasis komputer (UNBK) dilakukan demi meningkatkan efisiensi, mutu, reliabilitas, integritas, dan kehematan pelaksanaan ujian nasional (UN). Beliau juga turut mengimbau dinas pendidikan untuk mendata jumlah komputer di sekolah-sekolah di wilayahnya, serta mencari solusi terbaik dalam mengadakan kemudahan komputer untuk pelaksanaan UN tahun 2017 ini.

    “Masing-masing dinas laporkan (data jumlah komputer) kepada kami. Untuk solusi, contohnya sanggup meminjam komputer dari forum kursus komputer di daerahnya, atau bekerja sama dengan akademi tinggi setempat,” pinta Muhadjir.

    Selaras dengan Mendikbud dan Kabalitbang Kemendikbud, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Hamid Muhammad mengimbau kepada para kepala Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota untuk sesegera mungkin memutuskan sekolah-sekolah penyelenggara UNBK dan merancang pengindukan sekolah-sekolah yang belum mempunyai kemudahan memadai dalam penyelenggaraan UNBK. “Paling lambat tanggal 15 Januari 2017 sudah harus dipastikan untuk persiapan selanjutnya, ibarat training proctor, uji coba, dan simulasi, sanggup dilakukan dengan baik,” pungkasnya.


0 Response to "Jadwal Resmi Un Tahun 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel