Pendidikan Abjad Di Sekolah

Pendidikan aksara di sekolah merupakan hal yang pada dikala ini semakin mendesak untuk seg Pendidikan Karakter di Sekolah

Pendidikan aksara di sekolah merupakan hal yang pada dikala ini semakin mendesak untuk segera diimplementasikan demi menghadapi tantangan jaman yang semakin berkembang pesat.

Pengertian atau Definisi Karakter adalah ciri khas seseorang atau sekelompok orang yang mengacu pada serangkaian sikap (attitudes), sikap (behaviors), motivasi (motivations), dan keterampilan (skills) sebagai manifestasi dari nilai, kemampuan, kapasitas moral, dan ketegaran dalam menghadapi kesulitan dan tantangan. Karakter mengandung nilai-nilai yang khasbaik (tahu nilai kebaikan, mau berbuat baik, konkret berkehidupan baik, dan berdampak baik terhadap lingkungan) yang terpateri dalam diri dan terejawantahkan dalam perilaku. Karakter merupakan kemampuan individu untuk mengatasi keterbatasan fisiknya dan kemampuannya untuk membaktikan hidupnya pada nilai-nilai kebaikan yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Dengan demikian, aksara yang berpengaruh membentuk individu menjadi pelaku perubahan bagi diri sendiri dan masyarakat sekitarnya (Albertus, 2015). Karakter secara koheren memancar dari hasil olah pikir, olah hati, olah raga, serta olah rasa dan karsa seseorang atau sekelompok orang.

Penguatan Pendidikan Karakter merupakan gerakan pendidikan di sekolah untuk memperkuat aksara melalui proses pembentukan, transformasi, transmisi, dan pengembangan potensi penerima didik dengan cara harmonisasi olah hati (etik dan spiritual), olah rasa (estetik), olah pikir (literasi dan numerasi), dan olah raga (kinestetik) sesuai falsafah hidup Pancasila. Untuk itu dibutuhkan derma pelibatan publik dan kolaborasi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat yang merupakan bab dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).

Penguatan pendidikan aksara merujuk pada lima nilai utama yang meliputi; (1) religius; (2) nasionalis; (3) mandiri; (4) gotong royong; (5) integritas.

Strategi implementasi PPK di satuan pendidikan sanggup dilakukan melalui kegiatan berikut ini.

1. Kegiatan intrakurikuler ialah kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh sekolah secara teratur dan terjadwal, yang wajib diikuti oleh setiap penerima didik. Program intrakurikuler berisi aneka macam kegiatan untuk meningkatkan Standar Kompetensi Lulusan melalui Kompetensi Dasar yang harus dimiliki penerima didik yang dilaksanakan sekolah secara terus-menerus setiap hari sesuai dengan kalender akademik.

2. Kegiatan kokurikuler ialah kegiatan pembelajaran yang terkait dan menunjang kegiatan intrakurikuler, yang dilaksanakan di luar aktivitas intrakurikuler dengan maksud biar penerima didik lebih memahami dan memperdalam materi intrakurikuler. Kegiatan kokurikuler sanggup berupa penugasan, proyek, ataupun kegiatan pembelajaran lainnya yang bekerjasama dengan materi intrakurikuler yang harus diselesaikan oleh penerima didik.

3. Kegiatan ekstrakurikuler ialah kegiatan pengembangan aksara yang dilaksanakan di luar jam pembelajaran (intrakurikuler). Aktivitas ekstrakurikuler berfungsi menyalurkan dan berbagi minat dan talenta penerima didik dengan memperhatikan karakteristik penerima didik, kearifan lokal, dan daya dukung yang tersedia. G.

Tujuan PPK Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter mempunyai tujuan sebagai berikut:

1. Mengembangkan platform pendidikan nasional yang meletakkan makna dan nilai aksara sebagai jiwa atau generator utama penyelenggaraan pendidikan.

2. Membangun dan membekali Generasi Emas Indonesia 2045 menghadapi dinamika perubahan di masa depan dengan keterampilan kala 21.

3. Mengembalikan pendidikan aksara sebagai ruh dan fondasi pendidikan melalui harmonisasi olah hati (etik dan spiritual), olah rasa (estetik), olah pikir (literasi dan numerasi), dan olah raga (kinestetik).

4. Merevitalisasi dan memperkuat kapasitas ekosistem pendidikan (kepala sekolah, guru, siswa, pengawas, dan komite sekolah) untuk mendukung ekspansi implementasi pendidikan karakter. 5. Membangun jejaring pelibatan masyarakat (publik) sebagai sumbersumber mencar ilmu di dalam dan di luar sekolah. 6. Melestarikan kebudayaan dan jati diri bangsa Indonesia dalam mendukung Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).

Demikian goresan pena perihal Pendidikan Karakter di Sekolah. Untuk lebih lengkapnya, silahkan download Buku Konsep dan Pedoman PPK pada tautan di bawah.


0 Response to "Pendidikan Abjad Di Sekolah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel