Standar Kompetensi Lulusan Kurikulum 2013 Terbaru
"Standar Kompetensi Lulusan yaitu kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan."
Standar kompetensi lulusan pada goresan pena ini menurut pada Peraturan Menteri Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 perihal Standar Kompetensi Lulusan. Dengan demikian, maka Permendikbud Nomor 53 Tahun 2013 dinyatakan sudah tidak berlaku lagi.
Jika Anda ingin mengunduh Permendikbud terbaru ini, berikut yaitu tautan downloadnya:
:
Tujuan Standar Kompetensi Lulusan dipakai sebagai contoh utama pengembangan standar isi, standar proses, standar penilaian pendidikan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, dan standar pembiayaan.
Standar Kompetensi Lulusan terdiri atas kriteria kualifikasi kemampuan penerima didik yang diperlukan sanggup dicapai sesudah menuntaskan masa belajarnya di satuan pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.
Untuk mengetahui ketercapaian dan kesesuaian antara Standar Kompetensi Lulusan dan lulusan dari masing-masing satuan pendidikan dan kurikulum yang dipakai pada satuan pendidikan tertentu perlu dilakukan monitoring dan penilaian secara bersiklus dan berkelanjutan dalam setiap periode. Hasil yang diperoleh dari monitoring dan penilaian dipakai sebagai materi masukan bagi penyempurnaan Standar Kompetensi Lulusan di masa yang akan datang.
Setiap lulusan satuan pendidikan dasar dan menengah mempunyai kompetensi pada tiga dimensi yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Lulusan SD/MI/SDLB/Paket A; SMP/MTs/SMPLB/Paket B; dan SMA/MA/ SMALB/Paket C mempunyai kompetensi pada dimensi sikap sebagai berikut.
SD/MI/SDLB/Paket A | SMP/MTs/SMPLB/Paket B | SMA/MA/SMALB/Paket C |
---|---|---|
RUMUSAN | ||
Memiliki sikap yang mencerminkan sikap: 1. beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, 2. berkarakter, jujur, dan peduli,3. bertanggungjawab, 4. pembelajar sejati sepanjang hayat, dan 5. sehat jasmani dan rohanisesuai dengan perkembangan anak di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, dan negara. | Memiliki sikap yang mencerminkan sikap: 1. beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, 2. berkarakter, jujur, dan peduli, 3. bertanggungjawab, 4. pembelajar sejati sepanjang hayat, dan 5. sehat jasmani dan rohanisesuai dengan perkembangan anak di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan daerah regional. | Memiliki sikap yang mencerminkan sikap: 1. beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, 2. berkarakter, jujur, dan peduli, 3. bertanggungjawab, 4. pembelajar sejati sepanjang hayat, dan 5. sehat jasmani dan rohanisesuai dengan perkembangan anak di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, daerah regional, dan internasional. |
Lulusan SD/MI/SDLB/Paket A; SMP/MTs/ SMPLB/Paket B; dan SMA/MA/ SMALB/Paket C mempunyai kompetensi pada dimensi pengetahuan sebagai berikut.
SD/MI/SDLB/Paket A | SMP/MTs/SMPLB/Paket B | SMA/MA/SMALB/Paket C |
---|---|---|
RUMUSAN | ||
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar berkenaan dengan:1. ilmu pengetahuan,2. teknologi,3. seni, dan4. budaya.Mampu mengaitkan pengetahuan di atas dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, dan negara. | Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berkenaan dengan:1. ilmu pengetahuan,2. teknologi,3. seni, dan4. budaya.Mampu mengaitkan pengetahuan di atas dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan daerah regional. | Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks berkenaan dengan:1. ilmu pengetahuan,2. teknologi,3. seni,4. budaya, dan5. humaniora.Mampu mengaitkan pengetahuan di atas dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, serta daerah regionaldan internasional. |
Istilah pengetahuan Faktual, Konseptual, Prosedural, dan Metakognitif pada masing-masing satuan pendidikan dijelaskan pada matriks berikut.
PENJELASAN | SD/MI/SDLB/Paket A | SMP/MTs/SMPLB/Paket B | SMA/MA/SMALB/Paket C |
---|---|---|---|
Faktual | Pengetahuan dasar berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait dengan diri sendiri, keluarga, sekolah,masyarakat dan lingkunganalam sekitar, bangsa, dan negara. | Pengetahuan teknis dan spesifik tingkat sederhanaberkenaan dengan ilmupengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait dengan masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dankawasan regional. | Pengetahuan teknis danspesifik, detail dan kompleks berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni,dan budaya terkait dengan masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, daerah regional, dan internasional. |
Konseptual | Terminologi/ istilah yang digunakan, klasifikasi, kategori, prinsip, dan generalisasi berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya terkait dengan diri sendiri, keluarga, sekolah,masyarakat dan lingkungan | Terminologi/ istilah dan klasifikasi, kategori, prinsip, generalisasi dan teori, yang dipakai terkait dengan pengetahuan teknis danspesifik tingkat sederhana berkenaan dengan ilmupengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait dengan | Terminologi/ istilah dan klasifikasi, kategori, prinsip, generalisasi, teori,model, dan struktur yang dipakai terkait dengan pengetahuan teknis danspesifik, detail dan kompleks berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni,dan budaya terkait dengan |
Prosedural | Pengetahuantentang cara melaksanakan sesuatu atau acara yang berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait dengan diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkunganalam sekitar, bangsa dan negara. | Pengetahuantentang cara melaksanakan sesuatu atau acara yang terkait dengan pengetahuan teknis, spesifik, algoritma, metode tingkatsederhana berkenaan dengan ilmupengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait dengan masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dankawasan regional. | Pengetahuantentang cara melaksanakan sesuatu atau acara yang terkait dengan pengetahuan teknis, spesifik, algoritma, metode, dan kriteria untuk memilih mekanisme yang sesuai berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni,dan budaya, terkait dengan masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, daerah regional, dan internasional. |
Metakognitif | Pengetahuantentang kekuatan dan kelemahan diri sendiri dan menggunakanny a dalam mempelajariilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya terkait dengan diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa dan negara. | Pengetahuantentang kekuatan dan kelemahan diri sendiri dan menggunakannya dalam mempelajari pengetahuan teknis danspesifik tingkat sederhana berkenaan dengan ilmupengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait dengan masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dankawasan regional. | Pengetahuantentang kekuatan dan kelemahan diri sendiri dan menggunakannya dalam mempelajari pengetahuan teknis, detail, spesifik, kompleks, kontekstual dan kondisionalberkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni,dan budaya terkait dengan masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, daerah regional, dan internasional. |
Lulusan SD/MI/SDLB/Paket A; SMP/MTs/SMPLB/Paket B; dan SMA/MA/ SMALB/Paket C mempunyai kompetensi pada dimensi keterampilan sebagai berikut.
SD/MI/SDLB/Paket A | SMP/MTs/SMPLB/Paket B | SMA/MA/SMALB/Paket C |
---|---|---|
RUMUSAN | ||
Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak:1. kreatif,2. produktif,3. kritis,4. mandiri,5. kolaboratif, dan6. komunikatifmelalui pendekatan ilmiah sesuai dengan tahap perkembangan anak yang relevan dengan kiprah yang diberikan | Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak:1. kreatif,2. produktif,3. kritis,4. mandiri,5. kolaboratif, dan6. komunikatifmelalui pendekatan ilmiah sesuai dengan yang dipelajari di satuan pendidikan dan sumber lain secara mandiri | Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak:1. kreatif,2. produktif,3. kritis,4. mandiri,5. kolaboratif, dan6. komunikatifmelalui pendekatan ilmiah sebagai pengembangan dari yang dipelajari di satuan pendidikan dan sumber lain secara mandiri |
Gradasi untuk dimensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan antar jenjang pendidikan memperhatikan:
a. perkembangan psikologis anak;
b. lingkup dan kedalaman;
c. kesinambungan;
d. fungsi satuan pendidikan; dan
e. lingkungan.
0 Response to "Standar Kompetensi Lulusan Kurikulum 2013 Terbaru"
Posting Komentar