Prinsip-Prinsip Pembelajaran Terbaru | Sd, Smp, Sma
Sebagai seorang guru, baik di SD, SMP, maupun Sekolah Menengan Atas dan yang sederajat, ada beberapa elemen konsep penting yang wajib dipahami. Prinsip pembelajaran yakni salah satunya. Prinsip pembelajaran merupakan suatu hal yang terus berubah diadaptasi dengan perkembangan jaman.
Pemerintah menerbitkan peraturan terbaru perihal standar proses yang salah satunya memuat perihal prinsip pembelajaran. Peraturan yang dimaksud yakni Permendikbud No.22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Silahkan bagi yang hendak mengunduh, berikut yakni tautan download-nya:
Download Permendikbud No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah
Apa sajakah prinsip-prinsip pembelajaran yang dimaksud? Berikut yakni jawabannya:
1. dari penerima didik diberi tahu menuju penerima didik mencari tahu;
2. dari guru sebagai satu-satunya sumber berguru menjadi berguru berbasis aneka sumber belajar;
3. dari pendekatan tekstual menuju proses sebagai penguatan penggunaan pendekatan ilmiah;
4. dari pembelajaran berbasis konten menuju pembelajaran berbasis kompetensi;
5. dari pembelajaran parsial menuju pembelajaran terpadu;
6. dari pembelajaran yang menekankan balasan tunggal menuju pembelajaran dengan balasan yang kebenarannya multi dimensi;
7. dari pembelajaran verbalisme menuju keterampilan aplikatif;
8. peningkatan dan keseimbangan antara keterampilan fisikal (hardskills) dan keterampilan mental (softskills);
9. pembelajaran yang mengutamakan pembudayaan dan pemberdayaan penerima didik sebagai pembelajar sepanjang hayat;
10. pembelajaran yang menerapkan nilai-nilai dengan memberi keteladanan (ing ngarso sung tulodo), membangun kemauan (ing madyo mangun karso), dan menyebarkan kreativitas penerima didik dalam proses pembelajaran (tut wuri handayani);
11. pembelajaran yang berlangsung di rumah di sekolah, dan di masyarakat;
12. pembelajaran yang menerapkan prinsip bahwa siapa saja yakni guru, siapa saja yakni penerima didik, dan di mana saja yakni kelas;
13. Pemanfaatan teknologi isu dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran; dan
14. Pengakuan atas perbedaan individual dan latar belakang budaya penerima didik.
Terkait dengan prinsip di atas, dikembangkan standar proses yang meliputi perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, evaluasi hasil pembelajaran, dan pengawasan proses pembelajaran yang akan kita bahas pada kesempatan selanjutnya.
Demikian goresan pena kami mengenai prinsip-prinsip pembelajaran. Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu untuk Anda.
Pemerintah menerbitkan peraturan terbaru perihal standar proses yang salah satunya memuat perihal prinsip pembelajaran. Peraturan yang dimaksud yakni Permendikbud No.22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Silahkan bagi yang hendak mengunduh, berikut yakni tautan download-nya:
Download Permendikbud No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah
Apa sajakah prinsip-prinsip pembelajaran yang dimaksud? Berikut yakni jawabannya:
1. dari penerima didik diberi tahu menuju penerima didik mencari tahu;
2. dari guru sebagai satu-satunya sumber berguru menjadi berguru berbasis aneka sumber belajar;
3. dari pendekatan tekstual menuju proses sebagai penguatan penggunaan pendekatan ilmiah;
4. dari pembelajaran berbasis konten menuju pembelajaran berbasis kompetensi;
5. dari pembelajaran parsial menuju pembelajaran terpadu;
6. dari pembelajaran yang menekankan balasan tunggal menuju pembelajaran dengan balasan yang kebenarannya multi dimensi;
7. dari pembelajaran verbalisme menuju keterampilan aplikatif;
8. peningkatan dan keseimbangan antara keterampilan fisikal (hardskills) dan keterampilan mental (softskills);
9. pembelajaran yang mengutamakan pembudayaan dan pemberdayaan penerima didik sebagai pembelajar sepanjang hayat;
10. pembelajaran yang menerapkan nilai-nilai dengan memberi keteladanan (ing ngarso sung tulodo), membangun kemauan (ing madyo mangun karso), dan menyebarkan kreativitas penerima didik dalam proses pembelajaran (tut wuri handayani);
11. pembelajaran yang berlangsung di rumah di sekolah, dan di masyarakat;
12. pembelajaran yang menerapkan prinsip bahwa siapa saja yakni guru, siapa saja yakni penerima didik, dan di mana saja yakni kelas;
13. Pemanfaatan teknologi isu dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran; dan
14. Pengakuan atas perbedaan individual dan latar belakang budaya penerima didik.
Terkait dengan prinsip di atas, dikembangkan standar proses yang meliputi perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, evaluasi hasil pembelajaran, dan pengawasan proses pembelajaran yang akan kita bahas pada kesempatan selanjutnya.
Demikian goresan pena kami mengenai prinsip-prinsip pembelajaran. Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu untuk Anda.
Ikatlah ilmu dengan menuliskannya dan sebarkanlah untuk menambah kemanfaatannya
0 Response to "Prinsip-Prinsip Pembelajaran Terbaru | Sd, Smp, Sma"
Posting Komentar