Download Kkm Prota Dan Prosem Bahasa Indonesia Sma-Ma Kelas X Kurikulum 2013
Contoh KKM Bahasa Indonesia Kurikulum 2013
Tulisan kami kali ini berjudul yang KKM Prota dan Prosem Bahasa Indonesia SMA-MA Kelas X Kurikulum 2013 telah kami persiapkan dengan sebaik mungkin biar bisa Anda ambil manfaat yang ada di dalamnya.
Seperti yang telah kita pahami bersama bahwa salah satu pedoman penilaian pada kurikulum berbasis kompetensi yaitu memakai contoh kriteria, yakni memakai kriteria tertentu dalam memilih kelulusan siswa. Kriteria paling bawah untuk menyatakan penerima didik mencapai ketuntasan dinamakan Kriteria Ketuntasan Minimal [KKM]. KKM ditetapkan oleh satuan pendidikan menurut hasil musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) di satuan pendidikan atau beberapa satuan pendidikan yang mempunyai karakteristik yang hampir sama dan KKM harus ditetapkan sebelum awal tahun anutan dimulai.
Kami rasa cukup flashback ihwal KKM-nya. Kini waktunya kami bagikan untuk Anda link download contoh KKM Prota dan Prosem Bahasa Indonesia jenjang SMA-MA Kelas 10 K-13 berikut ini:
KKM Prota dan Prosem Bahasa Indonesia SMA-MA Kelas X Kurikulum 2013
Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Per Kompetensi Dasar dan Indikator
Menghayati dan mengamalkan anutan agama yang dianutnya
Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Per Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
:
Selanjutnya kami petikkan sebagian isi dari file yang hendak atau telah Anda unduh tersebut di bawah ini:
Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Per Kompetensi Dasar dan Indikator
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/1
Satuan Pendidikan : SMA/MA/SMK/MAK
Kompetensi Inti:
Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bab dari solusi atas aneka macam permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural menurut rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah aneh terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metode sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar dan Indikator
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
- Memahami dan mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis isu verbal dan tulis melalui laporan hasil observasi
- Memahami dan mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis isu verbal dan tulis melalui laporan hasil observasi
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan isu verbal dan tulis melalui laporan hasil observasi
- Memahami dan mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan isu verbal dan tulis melalui laporan hasil observasi
Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam memakai bahasa Indonesia untuk melaporkan hasil observasi
- Berperilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam memakai bahasa Indonesia untuk melaporkan hasil observasi
Menunjukkan sikap jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam memakai bahasa Indonesia untuk menunjukkan tahapan dan langkah yang telah ditentukan
- Berperilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam memakai bahasa Indonesia untuk menunjukkan tahapan dan langkah yang telah ditentukan
Menunjukkan sikap jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa Indonesia untuk memaparkan pendapat mengenai konflik sosial, politik, ekonomi, dan kebijakan publik
- Berperilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa Indonesia untuk memaparkan pendapat mengenai konflik sosial, politik, ekonomi, dan kebijakan publik
1. Panorama alam Nusantara
Memahami struktur dan kaidah laporan hasil observasi baik melalui verbal maupun tulisan
- Menjelaskan dan menuliskan struktur dan kaidah laporan hasil observasi
Membandingkan laporan hasil observasi baik melalui verbal maupun tulisan
- Membandingkan isi teks laporan hasil observasi
Menganalisis laporan hasil observasi baik melalui verbal maupun tulisan
- Menganalisis laporan hasil observasi secara verbal dan tulisan
Mengevaluasi laporan hasil observasi menurut kaidah-kaidah teks baik melalui verbal maupun tulisan
- Melakukan penilaian terhadap penyampaian laporan hasil observasi menurut kaidah-kaidah teks secara lisan
Menginterpretasi makna laporan hasil observasi baik secara verbal maupun tulisan
- Memberikan kesan, pendapat, atau pandangan mengenai makna atau isi laporan hasil observasi yang didengarkan
Memproduksi laporan hasil observasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibentuk baik secara verbal maupun tulisan
- Menulis laporan hasil observasi yang koheren se-suai karakteristik laporan
Menyunting laporan hasil observasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara verbal maupun tulisan
- Menyunting laporan hasil observasi sesuai struktur dan sistematika laporan yang benar
Mengabstraksi laporan hasil observasi baik secara verbal maupun tulisan
- Menyusun ringkasan isi laporan hasil observasi
Mengonversi laporan hasil observasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara verbal maupun tulisan
- Mempublikasikan teks laporan hasil observasi dalam puisi dan pantun
2. Kemasyarakatan
Memahami struktur dan kaidah mekanisme kompleks baik melalui verbal maupun tulisan
- Memahami bagian-bagian teks mekanisme kompleks
Membandingkan mekanisme kompleks baik melalui verbal maupun tulisan
- Membedakan isi teks mekanisme kompleks
Menganalisis pro-sedur kompleks baik melalui verbal maupun tulisan
- Menganalisis teks mekanisme kompleks secara verbal dan tulisan
Mengevaluasi mekanisme kompleks menurut kaidah-kaidah teks baik melalui verbal maupun tulisan
- Menilai pembacaan puisi sesuai mekanisme kompleks pembacaan puisi secara lisan
Menginterpretasi makna mekanisme kompleks baik secara verbal maupun tulisan
- Memahami petunjuk dalam teks mekanisme kompleks
Memproduksi mekanisme kompleks yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibentuk baik secara verbal maupun tulisan
- Menyusun teks mekanisme kompleks dengan urutan yang sempurna serta memakai bahasa yang efektif dan spesifik
Menyunting mekanisme kompleks sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara verbal maupun tulisan
- Menyunting teks mekanisme kompleks yang sudah ditulis atau dibaca sesuai struktur dan ejaan yang benar
Mengabstraksi mekanisme kompleks baik secara verbal maupun tulisan
- Mengurutkan kalimat acak dari teks mekanisme kompleks yang akan disampaikan kepada orang lain
Mengonversi mekanisme kompleks ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara verbal maupun tulisan
- Menemukan teks mekanisme dalam dongeng pendek
3. Pola hidup sehat
Memahami struktur dan kaidah eksposisi baik melalui verbal maupun tulisan
- Memahami struktur dan kaidah teks eksposisi
Membandingkan eksposisi baik melalui verbal maupun tulisan
- Membedakan jenis-jenis teks eksposisi
Menganalisis eksposisi baik melalui verbal maupun tulisan
- Menganalisis teks eksposisi secara verbal dan tulisan
Mengevaluasi eksposisi menurut kaidah-kaidah teks baik melalui verbal maupun tulisan
- Menilai penyampaian atau pembacaan teks eksposisi dalam bentuk pidato menurut kaidah-kaidah teks eksposisi secara lisan
Menginterpretasi makna eksposisi baik secara verbal maupun tulisan
- Menafsirkan makna teks eksposisi yang didengarkan
Memproduksi eksposisi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibentuk baik secara verbal maupun tulisan
- Menyusun teks eksposisi sesuai karakteristik teks eksposisi yang benar
Menyunting eksposisi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara verbal maupun tulisan
- Menyunting teks eksposisi yang sudah ditulis atau yang dibaca sesuai sistematika dan ejaan yang benar
Mengabstraksi eksposisi baik secara verbal maupun tulisan
- Membuat selesai isi teks eksposisi
Mengonversi eksposisi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara verbal maupun tulisan
- Mengaktualisasikan teks eksposisi ke dalam bentuk puisi
Catatan: Poin kriteria penetapan ketuntasan diisi guru masing-masing sesuai KKM yang akan dicapai di tingkat sekolahnya
Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Per Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/1
Satuan Pendidikan : SMA/MA/SMK/MAK
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
1. Menghayati dan mengamalkan anutan agama yang dianutnya
- Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
- Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis isu verbal dan tulis melalui eksposisi, laporan hasil observasi, mekanisme kompleks
- Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sabagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan isu verbal dan tulis melalui eksposisi, laporan hasil observasi, mekanisme kompleks
2. Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bab dari solusi atas aneka macam permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
- Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam memakai bahasa Indonesia untuk melaporkan hasil observasi
- Menunjukkan sikap jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam memakai bahasa Indonesia untuk menunjukkan tahapan dan langkah yang telah ditentukan
- Menunjukkan sikap jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa Indonesia untuk memaparkan pendapat mengenai konflik sosial, politik, ekonomi, dan kebijakan publik
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural menurut rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah
- Memahami struktur dan kaidah eksposisi, laporan hasil observasi, mekanisme kompleks baik melalui verbal maupun tulisan
- Membandingkan laporan hasil observasi, mekanisme kompleks baik melalui verbal maupun tulisan
- Menganalisis laporan hasil observasi, mekanisme kompleks baik melalui verbal maupun tulisan
- Mengevaluasi eksposisi, laporan hasil observasi, mekanisme kompleks menurut kaidah-kaidah teks baik melalui verbal maupun tulisan
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah aneh terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metode sesuai kaidah keilmuan
- Menginterpretasi makna eksposisi, laporan hasil observasi, mekanisme kompleks baik secara verbal maupun tulisan
- Memproduksi eksposisi, laporan hasil observasi, mekanisme kompleks yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibentuk baik secara verbal maupun tulisan
- Menyunting eksposisi, laporan hasil observasi, mekanisme kompleks sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara verbal maupun tulisan
- Mengabstraksi eksposisi, laporan hasil observasi, mekanisme kompleks baik secara verbal maupun tulisan
- Mengonversi eksposisi, laporan hasil observasi, mekanisme kompleks ke dalam bentuk lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara verbal maupun tulisan
Catatan: Poin kriteria penetapan ketuntasan diisi guru masing-masing sesuai KKM yang akan dicapai di tingkat sekolahnya
Dipersilahkan untuk mendonwload file tersebut pada tautan yang telah kami sediakan untuk mendapat file yang lengkap dan utuh.
Kami cukupkan hingga di sini goresan pena kami yang berjudul:
KKM Bahasa Indonesia SMA-MA Kelas X Kurikulum 2013
Semoga sebaran bahan terkait manajemen guru ini bermanfaat dan salam sukses selalu untuk Anda!
0 Response to "Download Kkm Prota Dan Prosem Bahasa Indonesia Sma-Ma Kelas X Kurikulum 2013"
Posting Komentar