Download Modul Siap Plpg Tahun 2017 Bidang Studi Sejarah | Pdf

 Kami kutipkan sebagian isi dari  Modul Siap PLPG Tahun  Download Modul Siap PLPG Tahun 2017 Bidang Studi Sejarah | pdf

Download Modul Siap PLPG Tahun 2017 Bidang Studi Sejarah | pdf

Berikut ialah tautan Download Modul Siap PLPG Tahun 2017 Bidang Studi Ekonomi dalam Format pdf:



Kami kutipkan sebagian isi dari Modul Siap PLPG Tahun 2017 Bidang Studi Sejarah sebagai berikut:




Buku asuh dalam bentuk modul yang relatif singkat tetapi komprehensif ini
diterbitkan untuk membantu para penerima dan pelatih dalam melaksanakan kegiatan
Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Mengingat cakupan dari setiap bidang atau
materi pokok PLPG juga luas, maka sajian dalam buku ini diupayakan sanggup membekali
para penerima PLPG untuk menjadi guru yang profesional. Buku asuh ini disusun oleh para
pakar sesuai dengan bidangnya. Dengan memperhatikan kedalaman, cakupan kajian, dan
keterbatasan yang ada, dari waktu ke waktu buku asuh ini telah dikaji dan dicermati oleh
pakar lain yang relevan. Hasil kajian itu selanjutnya dipakai sebagai materi perbaikan
demi semakin sempurnanya buku asuh ini.
Sesuai dengan kebijakan BPSDMP-PMP, pada tahun 2013 buku asuh yang
dipakai dalam PLPG distandarkan secara nasional. Buku asuh yang dipakai di
Rayon 115 UM diambil dari buku asuh yang telah distandarkan secara nasional tersebut,
dan sebelumnya telah dilakukan proses review. Disamping itu, buku asuh tersebut
diunggah di laman PSG Rayon 115 UM biar sanggup diakses oleh para penerima PLPG
dengan relatif lebih cepat.
Akhirnya, kepada para penerima dan instruktur, kami sampaikan ucapan selamat
melaksanakan kegiatan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru. Semoga kiprah dan
dedikasi ini sanggup mencapai sasaran, yakni meningkatkan kompetensi guru agar
menjadi guru dan pendidik yang profesional.

DAFTAR ISI
COVER
TIM PENULIS …………………………………………………… i
KATA PENGANTAR …………………………………………….. ii
DAFTAR ISI ……………………………………………………….. iii
PERISTILAHAN/GLOSSARY …………………………………… iv
Bab I Pendahuluan
A. Deskripsi ……………………………………………….. 1
B. Prasyarat ……………………………………………….. 2
C. Petunjuk Penggunaan Modul ……………………….. 3
D. Tujuan Akhir …………………………………………… 4
Bab II Kebijakan Pengembangan Profesi Guru
A. Tujuan Antara ………………………………………….
B. Kebijakan ……………………………………………….
C. Uraian Materi ……………………………………………
D. Lembar Kerja ……………………………………………
Bab III Materi Pembelajaran 1: Model dan Perangkat Pembelajaran
A. Model Pembelajaran ……………………………………
B. Media Pembelajaran …………………………………..
C. Assesment ………………………………………………..
D. Pengembangan Silabus dan RPP ……………………
Bab IV Materi Pembelajaran 2: Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
A. Materi PTK ………………………………………………
B. Contoh PTK ………………………………………………
Bab V Materi Pembelajaran 3: Materi Sejarah
A. Uraian Materi ………………………………………………
B. Lembar Kerja ……………………………………………….
Assesmen :
A. Assesment Pembelajaran 1 ………………………………
B. Assesment Pembelajaran 2 ………………………………
C. Assesment Pembelajaran 3 ………………………………
Lembar Kunci Jawaban …………………………………………..
Daftar Pustaka ……………………………………………………..
Lampiran ……………………………………………………………

DAFTAR GAMBAR
Gambar 1 : Model Pembelajaran PAKEM ………………………
Gambar 2 : Langkah Model Pembelajaran PAKEM ………………..
Gambar 3 : Langkah Pembelajaran PAKEM ………………………..
Gambar 4 : Langkah Kegiatan Pakem …………………………..
Gambar 5 : Contoh Model Tempat Duduk …………………….
Gambar 6 : Contoh Pemberian Bantuan dan Umpan Balik …..
Gambar 7 : Hasil kerajinan anak & Hasil lukisan anak ……….
Gambar 8 : Kegiatan Lesson Study di Jepang…………………..
Gambar 9 : Skema kegiatan Lesson study………………………
Gambar 10 : Interaksi Sistem Pembelajaran di Kelas ……………
Gambar 11 : RPP sebagai sistem ………………………………….
Gambar 12 : Model DSP Gerlach dan Ely ………………………..
Gambar 13 : Sistem Perencanaan Pembelajaran ………………..
Gambar 14 : Hierarki Tujuan Pembelajaran …………………….
Gambar 15 : Ranah Kognitif ……………………………………..
Gambar 16 : Ranah Psikomotor ………………………………….
Gambar 17 : Ranah Afektif ………………………………………..
Gambar 18 : Struktur Hierarkial …………………………………
Gambar 19 : Struktur Prosedural …………………………………
Gambar 20 : Struktur Pengelompokkan …………………………
Gambar 21 : Struktur Kombinasi …………………………………
Gambar 22 : Materi Pelajaran …………………………………….
Gambar 23 : Mengorganisasi Pengalaman Belajar ……………..
Gambar 24 : Proses Penilaian Pembelajaran …………………….
Gambar 25 : Urutan Lembar Balik Presiden Republik Indonesia
Gambar 26 : Contoh Format Kisi-kisi ……………………………..
Gambar 27 : PTK Model Kemmis & Taggart ................................
Gambar 28 : PTK Model Kemmis & McTaggart …………………
Gambar 29 : Peta jalur perdagangan Nusantara awal periode masehi
Gambar 30 : Prasasti Kerjaan Kutai …………………………………
Gambar 31 : Peta wilayah kekuasaan Sriwijaya pada periode ke-8
Gambar 32 : Kerajaan-kerajaan Islam Nusantara Abad ke-17…..
Gambar 33 : Suasana Kongres Budi Utomo Tahun 1908 …………
Gambar 34 : Peta wilayah Indonesia menurut Perjanjian Linggarjati
Gambar 35 : Peta wilayah Indonesia menurut Perjanjian Renville
Gambar 36 : Partai Peserta Pemilu 1971 …………………………….
Gambar 37 : Aksi demontrasi mahasiswa menduduki gedung MPR/
dewan perwakilan rakyat RI ………………………………………………….

BAB I
PENDAHULUAN
A. Deskripsi
Kehadiran modul ini sebagai salah satu sumber berguru bagi guru peserta
Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG) yang diselenggarakan oleh
perguruan tinggi yang mempunyai aktivitas pengadaan tenaga kependidikan
yang terakreditasi dan ditetapkan oleh Pemerintah. Sebagaimana amanat
dalam Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 wacana Guru dan Dosen
serta Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 wacana Guru
mengharuskan bahwa guru profesional mempunyai kualifikasi akademik
sekurang-kurangnya S1 atau Diploma IV dan bersertifikat pendidik. PLPG
merupakan salah satu pola yang diselenggarakan untuk memenuhi guru
yang mempunyai kualifikasi dan kompetensi yang dibutuhkan sesuai dengan
regulasi tersebut.
Sebagai salah satu sumber berguru dibutuhkan modul ini memberi
pengayaan secara substansial maupun pedagogik kepada guru-guru
penerima PLPG. Harapannya sehabis selesai mengikuti aktivitas pembinaan ini
kompetensi guru meningkat, sehingga memungkinkan guru dapat
mengubah paradigmanya dalam pembelajaran di kelas dan dalam jangka
waktu tertentu sanggup meingkatkan mutu pendidikan di Indonesia.
Modul ini pada pecahan awal memuat wacana Kebijakan Pengembangan
Profesi Guru dari sudut pandang akademik. Bahan asuh secara lengkap
terkait dengan Kebijakan Pengembangan Profesi Guru pada tahun 2012
telah ditulis dan dikembangkan bersama oleh Tim Pusat Pengembangan
Profesi Pendidik dengan editor Prof. Dr. Sudarwan Danim. Pada bab-bab
berikutnya dibahas wacana Model-model dan Perangkat Pembelajaran
yang ditulis dalam Bab III (Kegiatan Pembelajaran I). Penguasaan dan
pemilihan terhadap model-model pembelajaran akan sangat membantu
guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, sehingga pembelajaran di
kelas tidak membosankan. Sudah saatnya siswa terlibat secara aktif dalam
pembelajaran, sehingga paradigma pembelajaran yang teacher oriented harus
sudah mulai ditinggalkan. Dengan memakai model pembelajaran
yang melibatkan siswa secara aktif maka pembelajaran menjadi
menyenangkan. Salah satu model pembelajaran yang sanggup digunakan
yaitu model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan
Menyenangkan (PAIKEM). Demikian pula dengan atau tanpa
pemberlakuan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), membuat
perangkat pembelajaran (silabus, RPP, pengembangkan materi ajar,
pembuatan media, dan evaluasi) sudah menempel menjadi tanggung jawab
dan kewajiban guru.
2
Bab IV Kegiatan Belajar 2 wacana Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Penelitian yang dilakukan di kelas sebagai “pengobatan” atas masalahmasalah
yang sanggup diamati di kelas terkait dengan proses pembelajaran.
Dengan melaksanakan penelitian di kelas bukan saja pembelajaran dan hasil
berguru siswa sanggup ditingkatkan, tetapi kemampuan guru dalam
menemukan solusi atas permasalahan pembelajaran dan pengembangan
kreativitasnya sanggup terwadahi. Secara administratif guru juga akan
memperoleh nilai tambah untuk pengumpulan angka kreditnya yang dapat
dipakai untuk kenaikan pangkat/jabatan. Hal yang lebih jauh
dibutuhkan tentunya mutu pembelajaran meningkat kearah yang lebih
baik.
Bab V Kegiatan Belajar 3 berisi wacana substansi materi dari masingmasing
bidang studi. Penguasaan guru terhadap bidang studinya tentu
menjadi sesuatu yang mutlak, sebab bagaimana pun baiknya penguasaan
kelas atau dalam interaksi dengan siswa tidak akan memperlihatkan arti apaapa
tanpa penguasaan bidang studi (materi pembelajaran). Dalam pecahan V isi
modul ini dibutuhkan memperlihatkan wawasan dan pengayaan yang lebih
kepada guru-guruserta melengkapi sumber berguru lain yang dipelajarinya.
Prinsip berguru sepanjang hayat mengharuskan guru juga berguru sepanjang
masa biar apa yang telah dikuasai terus berkembang sesuai dengan
perkembangan ilmu dan teknologi.
Modul ini diakhiri dengan assessment, yang terdiri dari assessment untuk
kegiatan 1, 2 dan kegiatan 3. Tujuan pembuatan Assesment ialah selain
untuk memberi latihan dalam menuntaskan soal-soal juga member
masukan atas keberhasilan dalam mempelajari modul.
Secara keseluruhan, substansi modul ini berkaitan dengan kebijakan
pembinaan dan pengembangan profesi guru di lingkungan Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan khususnya wacana peningkatan profesi,
kompetensi pembelajaran, penilaian, kompetensi penelitian tindakan kelas
serta adat profesi guru.
Substansi modul ini dibutuhkan sanggup menginspirasi dan menambah
wawasan penerima PLPG untuk memahami secara lebih mendalam dan
mengaplikasikan secara baik hal-hal yang berkaitan dengan peningkatan
profesi guru.
B. Prasyarat
Dalam mempelajari modul ini tidak memerlukan persyaratan secara
spesifik. Akan tetapi tidak ada salahnya kalau para penerima pelatihan
memahami dengan baik terlebih dahulu dalam kaitannya dengan :
1. regulasi penyelenggaraan PLPG
2. teori-teori pembelajaran
3. metodologi penelitian
4. teknik penilaian.

C. Petunjuk Penggunaan Modul
Untuk memudahkan dalam mempelajari modul ini bacalah bagian-bagian
substansi kajian pada pecahan awal dalam bab-bab yang tersedia sesuai
dengan materi yang diberikan instruktur. Kerjakan latihan-latihan yang
disediakan pada pecahan bagian berikutnya, dengan terlebih dahulu
mempelajari contoh-contoh dan klarifikasi pengerjaannya. Jika mengalami
kesulitan, tanyalah pada pelatih yang memperlihatkan materi sesuai dengan
kajiannya atau mencari dari sumber berguru dan buku-buku lainnya yang
relevan. Pada selesai kegiatan, anda diminta untuk menuntaskan soalsoal
latihan yang telah tersedia.
D. Tujuan Akhir
Setelah mempelajari modul ini dibutuhkan para penerima PLPG dapat
meningkatkan kinerjanya menjadi guru yang professional sesuai dengan
tuntutan Undang-undang Nomor 14 tahun 2005 wacana Guru dan Dosen
serta Peraturan Pemerintah Nomor 74 tahun 2008 wacana kualifikasi guru.

Demikian goresan pena tentang:

Download Modul Siap PLPG Tahun 2017 Bidang Studi Ekonomi dalam Format pdf

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!

0 Response to "Download Modul Siap Plpg Tahun 2017 Bidang Studi Sejarah | Pdf"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel