Kisi-Kisi Soal Ukg Tahun 2017 Sd: Kelas Rendah Dan Tinggi

 Tulisan kali ini ditujukan kepada para guru yang akan menjalani pretest uji kompetensi gu Kisi-kisi Soal UKG Tahun 2017 SD: Kelas Rendah dan Tinggi

Kisi-kisi Soal Uji Kompetensi Guru (UKG) Tahun 2017 Guru Kelas SD:Kelas Tinggi dan Kelas Rendah. Pretest UKG SIMPKB






Tulisan kali ini ditujukan kepada para guru yang akan menjalani pretest uji kompetensi guru tahun 2017, khususnya ditujukan kepada para kepala sekolah, pengawas, dan guru SD yang pindah mata pelajaran.

Pretest UKG rencananya akan diadakan pada bulan Agustus tahun 2017 ini. Mengingat pentingnya UKG ini bagi setiap guru, maka persiapan semestinya dilakukan secara cermat dan seksama. Persiapan sanggup dilakukan dengan terus menerus membaca materi bacaan yang penting. Salah satu materi persiapan yang penting yaitu dengan membaca kisi-kisi UKG tersebut.

Bagi Anda para guru SD yang akan menjalani pretest UKG tahun 2017 ini, goresan pena ini menyediakan dua tautan download penting, yaitu: kisi-kisi UKG guru SD kelas tinggi dan kisi-kisi UKG guru SD kelas rendah.

Kisi-kisi mengacu pada kisi-kisi UKG tahun 2015 yang tentu saja bahannya sanggup didapatkan pada situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Nah, berikut yaitu tautan downloadnya:





Berikut yaitu cuplikan dariKisi-kisi Soal Uji Kompetensi Guru (UKG) Tahun 2017 Guru Kelas SD:Kelas Tinggi dan Kelas Rendah. Pretest UKG SIMPKB:


NO KOMPETENSI INTI GURUSD KOMPETENSI GURU(KG) INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK) SD KELAS AWAL
a c d e
1 Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual 1.1 Memahami karakteristikpeserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. 1.1.1 Menjelaskan tahapan perkembangan sikap dan eksklusif penerima didik
1 Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual 1.1 Memahami karakteristikpeserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. 1.1.2 Menjelaskan implikasi prinsip-prinsip perkembangan sikap dan eksklusif penerima didik terhadap pendidikan
1 Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual 1.1 Memahami karakteristikpeserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. 1.1.3 Membedakan banyak sekali jenis kecerdasan penerima didik menurut ciri-cirinya
1 Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual 1.1 Memahami karakteristikpeserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. 1.1.4. Membedakan banyak sekali aspek perkembangan penerima didik menurut ciri-cirinya
1 Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual 1.1 Memahami karakteristikpeserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. 1.1.5 Menjelaskan tahapan perkembangan kemampuan intelektual penerima didik
1 Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual 1.1 Memahami karakteristikpeserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. 1.1.6 Mendeskripsikan keragaman penerima didik dalam kemampuan intelektual menurut ciri-cirinya
1 Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual 1.1 Memahami karakteristikpeserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. 1.1.7 Menjelaskan tahapan perkembangan kecerdasan emosi penerima didik
1 Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual 1.1 Memahami karakteristikpeserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. 1.1.8 Mendeskripsikan keragaman penerima didik dalam kecerdasan emosi menurut ciri-cirinya
1 Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual 1.1 Memahami karakteristikpeserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. 1.1.9 Mendeskripsikan tahapan perkembangan kecerdasan spiritual penerima didik
1 Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual 1.1 Memahami karakteristikpeserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. 1.1.10 Mendeskripsikan keragaman penerima didik dalam kecerdasan spiritual menurut ciri-cirinya
1 Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual 1.1 Memahami karakteristikpeserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. 1.1.11. Mendeskripsikan proses perkembangan aspek sosial penerima didik
1 Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual 1.1 Memahami karakteristikpeserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. 1.1.12 Mendeskripsikan keragaman penerima didik dalam keterampilan sosial menurut ciri-cirinya
1 Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual 1.1 Memahami karakteristikpeserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. 1.1.13 Mendeskripsikan tahapan perkembangan aspek etika penerima didik
1 Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual 1.1 Memahami karakteristikpeserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. 1.1.14 Mendeskripsikan keragaman penerima didik dalam perkembangan etika menurut ciri-cirinya
1 Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual 1.1 Memahami karakteristikpeserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. 1.1.15 Mendeskripsikan ciri-ciri perkembangan fisik remaja
1 Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual 1.1 Memahami karakteristikpeserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. 1.1.16 Mendeskripsikan ciri-ciri cukup umur yang sehat secara fisik
1 Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual 1.2 Mengidentifikasi potensipeserta didik usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI 1.2.1 Mengidentifikasi talenta penerima didik
1 Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual 1.2 Mengidentifikasi potensipeserta didik usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI 1.2.2 Mengidentifikasi minat penerima didik
1 Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual 1.2 Mengidentifikasi potensipeserta didik usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI 1.2.3 Mengidentifikasi kecerdasan emosi penerima didik
1 Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual 1.2 Mengidentifikasi potensipeserta didik usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI 1.2.4 Mengidentifikasi kecerdasan spiritual penerima didik
1 Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual 1.2 Mengidentifikasi potensipeserta didik usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI 1.2.5 Mengidentifikasi keterampilan sosial penerima didik
1 Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual 1.2 Mengidentifikasi potensipeserta didik usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI 1.2.6 Mengidentifikasi perkembangan aspek etika penerima didik
1 Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual 1.2 Mengidentifikasi potensipeserta didik usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI 1.2.7 Mengidentifikasi pembelajaran yang memfasilitasi pengembangan kreativitas penerima didik
1 Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual 1.3 Mengidentifikasikemampuan awal penerima didik usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI 1.3.1 Menjelaskan cara mengidentifikasi kemampuan asuh awal
1 Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual 1.4 Mengidentifikasi kesulitanpeserta mencar ilmu usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI 1.4.1 Menjelaskan pengertian kesulitan belajar
1 Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual 1.4 Mengidentifikasi kesulitanpeserta mencar ilmu usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI 1.4.2 Menjelaskan cara memilih kesulitan belajar
1 Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual 1.4 Mengidentifikasi kesulitanpeserta mencar ilmu usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI 1.4.3 Menentukan kesulitan belajar
1 Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual 1.4 Mengidentifikasi kesulitanpeserta mencar ilmu usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI 1.4.4 Menentukan faktor penyebab kesulitan belajar
1 Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual 1.4 Mengidentifikasi kesulitanpeserta mencar ilmu usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI 1.4.5 Menjelaskan cara mengatasi kesulitan mencar ilmu melalui pembelajaran dalam lima mata pelajaran SD/MI
2 Menguasai teori belajar 2.1 Memahami banyak sekali teori 2.1.1 Menganalisis teori mencar ilmu yang sesuai dengan karakteristik siswa SD/MI
2.2.5. Merancang kegiatan pembelajaran sesuai pendekatan pembelajaran yang dipilih
2.3 Menerapkan pendekatan 2.3.1. Menganalisis rasional penerapan pendekatan pembelajaran tematik terpadu di SD/MI
pembelajaran tematis, 2.3.2. Menjelaskan karakteristik pembelajaran tematik terpadu
khususnya di kelas-kelas awal 2.3.3. Mendeskripsikan tahapan pembelajaran tematik terpadu
SD/MI 2.3.4. Mengidentifikasi teladan acara pembelajaran tematik terpadu sesuai prinsip keterpaduan
3 Mengembangkan 3.1 Memahami prinsip-prinsip 3.1.1 Menjelaskan rasional pengembangan Kurikulum
kurikulum yang terkait pengembangan kurikulum. 3.1.2 Mengindentifikasi prinsip pengembangan kurikulum
dengan mata 3.1.3 Menjelaskan fungsi dan peranan kurikulum
pelajaran/bidang 3.2 Menentukan tujuan lima 3.2.1 Menganalisis keterkaitan Standar Kompetensi Lulusan dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
pengembangan yang mata pelajaran SD/MI. 3.2.2 Menganalisis kesesuaian indikator pembelajaran dengan kompetensi dasar
diampu. 3.2.3 Mengidentifikasi teladan tujuan pembelajaran sesuai dengan kompetensi dasar
3.3 Menentukan pengalamanbelajar yang sesuai untuk 3.3.1 Mengindentifikasi pengalaman mencar ilmu yang sesuai dengan karakteristik lima mata pelajaran SD/MI
mencapai tujuan lima matapelajaran SD/MI 3.3.2 Memilih pengalaman mencar ilmu yang sesuai dengan lima mata pelajaran SD/MI
3.4 Memilih materi lima matapelajaran SD/MI yang terkait 3.4.1 Menganalisis materi pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik penerima didik usiaSD/MI
dengan pengalaman mencar ilmu dan 3.4.2 Mengidentifikasi kesesuaian materi pembelajaran dengan kompetensi dasar
tujuan pembelajaran. 3.4.3 Menentukan materi pembelajaran yang esensial sesuai dengan kompetensi dasar yang telah ditentukan
3.4.4 Menganalisis kesesuaian materi asuh dengan pengalaman mencar ilmu yang telah ditentukan
3.4.5 Mengklasifikasikan materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman mencar ilmu dan tujuanpembelajaran yang telah ditentukan
3.5 Menata materipembelajaran secara benar 3.5.1 Menentukan urutan materi pembelajaran menurut hirarkhi sesuai dengan tututan KD penerima didik usia SD/MI.
sesuai dengan pendekatan yang 3.52. Menentukan Materi Pembelajaran sesuai Tema
dipilih dan karakteristik pesertadidik usia SD/MI. 3.5.3 Menyusun materi pembelajaran sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik penerima didik usia SD/MI
3.6 Mengembangkan indikator 3.6.1.Menganalisis Indikator pada pemetaan Kompetensi dasar
dan instrumen penilaian 3.6.2 Merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi sesuai KD dari lima mata pelajaran SD/MI
3.6.3 Menganalisis Bentuk Penilaian menurut KI, KD dan indikator
3.6.4 Menentukan Instrumen Penilaian menurut bentuk penilaan sesuai dengan Indikator
3.6.5. Menyusun Rubrik penilaian sesuai degan Instrumen yang digunakan
4 Menyelenggarakan 4.1 Memahami prinsip-prinsip 4.1.1 Mengindentifikasi prinsip-prinsip perancangan pembelajaran yang mendidik.
4.6.3 Menentukan KD dan indikator dari lima mata pelajaran SD/MI yang sanggup ditematikan sesuai dengan situasi yang
berkembang
4.6.4 Mengevaluasi keputusan transaksional dalam lima mata pelajaran SD/MI sesuai dengan situasi yang berkembang.
5 Memanfaatkan teknologi 5.1 Memanfaatkan teknologi 5.1.1 Mengidentifikasi jenis-jenis media teknologi warta dan komunikasi dalam pembelajaran
informasi dan komunikasiuntuk kepentingan informasi dan komunikasi dalampembelajaran. 5.1.2 Memilih media teknologi warta dan komunikasi yang sesuai untuk membantu proses pembelajaran
pembelajaran. 5.1.3 Memanfaatkan media teknologi warta dan komunikasi yang sesuai untuk membantu proses pembelajaran
6 Memfasilitasi 6.1 Menyediakan berbagai 6.1.1 Mengidentifikasi kemampuan aspek pengetahuan penerima didik
pengembangan potensipeserta didik untuk kegiatan pembelajaran untukmendorong penerima didik 6.1.2 Menentukan kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi perbedaan kemampuan aspek pengetahuan untuk mencapaiprestasi mencar ilmu optimal penerima didik
mengaktualisasikanberbagai potensi yang mencapai prestasi mencar ilmu secaraoptimal. 6.1.3 Melaksanakan pembelajaran yang memfasilitasi perbedaan kemampuan aspek pengetahuan untuk mencapaiprestasi mencar ilmu optimal penerima didik
dimiliki. 6.1.4 Mengidentifikasi kemampuan aspek keterampilan penerima didik
6.1.5 Menentukan kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi perbedaan kemampuan aspek keterampilan untuk mencapaiprestasi mencar ilmu optimal penerima didik
6.1.6 Melaksanakan pembelajaran yang memfasilitasi perbedaan kemampuan aspek keterampilan untuk mencapaiprestasi mencar ilmu optimal penerima didik
6.2 Menyediakan berbagaikegiatan pembelajaran untuk 6.2.1 Menentukan kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi aktualisasi talenta untuk mencapai prestasi mencar ilmu optimalpeserta didik
mengaktualisasikan potensipeserta didik, termasuk 6.2.2 Melaksanakan pembelajaran yang memfasilitasi aktualisasi talenta untuk mencapai prestasi mencar ilmu optimal pesertadidik
kreativitasnya 6.2.3 Menentukan kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi minat untuk mencapai prestasi mencar ilmu optimal penerima didik
6.2.18 Melaksanakan banyak sekali latihan yang mendukung kemampuan pemecahan masalah
7 Berkomunikasi secaraefektif, empatik, dan 7.1 Memahami banyak sekali strategiberkomunikasi yang efektif, 7.1.1 Mengidentifikasi banyak sekali taktik berkomunikasi yang efektif, empatik dan santun, baik secara verbal maupun tulisanbagi penerima didik kelas awal.
santun dengan pesertadidik. empatik dan santun, baik secaralisan maupun tulisan. 7,1.2 Menentukan taktik komunikasi yang efektif, tenggang rasa dan santun, baik secara verbal maupun goresan pena bagi pesertadidik kelas awal.
7.1.3 Memilih taktik komunikasi yang efektif, empati, dan santun, baik secara verbal maupun tulisan, untuk mendukungpembelajaran bagi penerima didik kelas awal.
7.2 Berkomunikasi secaraefektif, empatik, dan santun 7.2.1 Memotivasi penerima didik untuk menyiapkan kondisi psikologis dalam interaksi pembelajaran dengan bahasa yangkhas secara efektif, empati, dan santun.
dengan penerima didik denganbahasa yang khas dalam 7.2.2 Menanggapi pertanyaan dan pendapat penerima didik untuk mendukung penyiapan kondisi psikologis penerima didikkelas awal dengan bahasa yang khas secara efektif, empati, dan santun
interaksi pembelajaran yangterbangun secara siklikal dari (a) 7.2.3 Memberikan pertanyaan atau kiprah sebagai permintaan kepada penerima didik untuk merespons dalam interaksipembelajaran dengan bahasa yang khas secara efektif, empati, dan santun.
penyiapan kondisi psikologispeserta didik, (b) memberikan 7.2.3 Memberikan pertanyaan atau kiprah sebagai permintaan kepada penerima didik untuk merespons dalam interaksipembelajaran dengan bahasa yang khas secara efektif, empati, dan santun
pertanyaan atau kiprah sebagaiundangan kepada penerima didik 7.2.4 Merespon pendapat dan pertanyaan penerima didik kelas awal dalam interaksi pembelajaran dengan bahasa yang khassecara efektif, empati, dan santun
untuk merespons, (c) responspeserta didik, (d) reaksi guru 7.2.5 Memberikan jawaban terhadap respon penerima didik dalam interaksi pembelajaran dengan bahasa yang khassecara efektif, empati, dan santun
8 Menyelenggarakan 8.1 Memahami prinsip-prinsip 8.1.1 Menjelaskan pengertian penilaian, pengukuran, dan penilaian dalam pembelajaran
penilaian dan evaluasi penilaian dan penilaian proses 8.1.2 Menjelaskan jenis dan bentuk penilaian
proses dan hasil belajar. dan hasil mencar ilmu sesuai dengan 8.1.3 Menjelaskan pengertian tes dan nontes
karakteristik lima mata 8.1.4 Membedakan penilaian, pengukuran, evaluasi, dan tes
pelajaran SD/MI. 8.1.5 Menjelaskan tujuan, fungsi, dan prinsip-prinsip penilaian dalam proses pembelajaran
8.1.6 Menerapkan prinsip-prinsip penilaian dalam pembelajaran
8.1.7 Menjelaskan lingkup penilaian dalam pembelajaran
8.1.8 Menjelaskan ketuntasan mencar ilmu dalam pembelajaran
8.1.9 Mengidentifikasi prinsip-prinsip penilaian dan penilaian proses dan hasil mencar ilmu sesuai dengan karakteristik lima matapelajaran SD/MI.
8.1.10 Mengidentifikasi jenis instrumen dan teknik penilaian proses dan hasil mencar ilmu pada kompetensi sikap spiritual dansosial.
8.1.11 Mengidentifikasi jenis instrumen dan teknik penilaian proses dan hasil mencar ilmu pada kompetensi pengetahuan danketerampilan
8.1.12 Mengembangkan penilaian autentik dalam pembelajaran tematik dengan pendekatan saintefik sesuai dengankarakteristik lima mata pelajaran SD/MI.
8.2 Menentukan aspek-aspek 8.2.1 Menjelaskan aspek-aspek penilaian proses dan hasil belajar
proses dan hasil mencar ilmu yangpenting untuk dinilai dan 8.2.2 Mengidentifikasi prinsip-prinsip dasar penilaian proses dan hasil mencar ilmu yang penting untuk dinilai dan dievaluasisesuai dengan karakteristik lima mata pelajaran SD/MI.
dievaluasi sesuai dengan 8.2.3 Mengidentifikasi aspek penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
karakteristik lima matapelajaran SD/MI. 8.2.4 Menentukan aspek-aspek proses dan hasil mencar ilmu yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengankarakteristik lima mata pelajaran SD/MI.
8.3 Menentukan prosedur 8.3.1 Menjelaskan mekanisme penilaian dan penilaian proses dan hasil belajar.
penilaian dan penilaian proses 8.3.2 Menjelaskan mekanisme penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan
dan hasil belajar. 8.3.3 Mengidentifikasi teknik penyusunan butir instrumen penilaian hasil belajar
8.3.4 Menentukan mekanisme penilaian dan penilaian proses dan hasil belajar
8.4 Mengembangkan instrumenpenilaian dan penilaian proses 8.4.1. Menentukan teknik penilaian proses dan hasil belajar8.4.2. Menentukan instrumen penilaian proses dan hasil belajar
dan hasil belajar. 8.4.3. Merancang tahapan proses penilaian dan hasil belajar
8.4.4. Menyusun kisi-kisi penilaian proses dan hasil mencar ilmu sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi
8.4.5. Memvalidasi soal yang akan digunakan
8.4.6. Memvalidasi instrumen yang akan digunakan
8.4.6. Menganalisis butir-butir soal yang digunakan
8.4.7. Menganalisis dan merevisi instrumen yang digunakan
8.5 Mengadministrasikan 8.5.1. Memverifikasi hasil penilaian sesuai dengan jenis-jenis penilaian
penilaian proses dan hasil 8.5.2. Menentukan mekanisme sistem pengadministrasian penilaian proses dan hasil belajar
belajar secara 8.5.3. Menyusun laporan hasil penilaian dan penilaian pembelajaran
8.6 Menganalisis hasil penilaianproses dan hasil mencar ilmu untuk 8.6.1. Mengidentifikasi hasil penilaian proses dan hasil mencar ilmu sesuai dengan prinsip-prinsip penilaian hasil belajar.
berbagai tujuan. 8.6.2. Mengolah hasil penilaian proses dan hasil mencar ilmu untuk banyak sekali tujuan.
8.6.3. Menyimpulkan hasil penilaian proses dan hasil belajar
8.7 Melakukan penilaian proses 8.7.1. Mengumpulkan data hasil proses penilaian dan penilaian belajar.
dan hasil belajar 8.7.2. Menentukan teknik penilaian proses dan hasil belajar
8.7.3. Menentukan langkah-langkah teknik penilaian penilaian proses dan hasil belajar
8.7.4. Menerapkan teknik penilaian proses dan hasil belajar
8.7.5 Menyusun laporan hasil penilaian proses dan hasil belajar.
8.7.6. Menyimpan data dan instrumen penilaian proses dan hasil belajar
9 Memanfaatkan hasilpenilaian dan evaluasi 9.1 Menggunakan informasihasil penilaian dan evaluasi 9.1.1 Menentukan Kreteria Ketuntasan mencar ilmu dengan menggnakan penilaian dan penilaian proses dan hasil belajar
untuk kepentingan untuk memilih ketuntasan 9.1.2. Mengkonstruksikan hasil penilaian dan penilaian dengan KKM yang sudah ditentukan
pembelajaran. 9.2 Menggunakan informasi 9.2.1. Menentukan tujuan dan sasaran acara remedial dan pengayaan
hasil penilaian dan evaluasiuntuk merancang program 9.2.2. Merancang acara remedial dengan memakai hasil penilaian dan penilaian proses dan hasil pembelajaran
remedial dan pengayaan. 9.2.3. Merancang acara pengayaan dengan memakai hasil penilaian dan penilaian proses dan hasil pembelajaran
9.3 Mengkomunikasikan hasil 9.3.1 Membuat laporan penilaian dan penilaian proses dan hasil pembelajaran
penilaian dan penilaian kepadapemangku kepentingan. 9.3.2 Mengkomunikasikan penilaian dan penilaian proses dan hasil pembelajaran kepada siswa, wali murid/orang tua,kepala sekolah, pemangku kepentingan, dan pemerintah
9.4 Memanfaatkan informasihasil penilaian dan evaluasi 9.4.1 Memanfaatkan warta hasil penilaian dan penilaian pembelajaran sebagai materi penyusunan rancanganpembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
pembelajaran untukmeningkatkan kualitas 9.4.2 Memanfaatkan warta hasil penilaian dan penilaian pembelajaran sebagai materi perbaikan proses belajar
pembelajaran. 9.4.3 Memanfaatkan warta hasil penilaian dan penilaian pembelajaran sebagai materi pengayaan proses belajar
9.4.4 Memanfaatkan warta penilaian untuk pengembangan penilaian pembelajaran
10 Melakukan tindakan 10.1 Melakukan refleksi 10.1.1 Menjelaskan konsep dan definisi kegiatan reflektif terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
reflektif untuk terhadap pembelajaran yang 10.1.2 Menjelaskan prinsip reflektif terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
peningkatan kualitas telah dilaksanakan. 10.1.3 Menjelaskan tujuan dan sasaran Reflektif terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
pembelajaran. 10.1.4 Menjelaskan teknik-teknik reflektif
10.1.5 Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
10.2 Memanfaatkan hasilrefleksi untuk perbaikan dan 10.2.1 Menentukan komponen pembelajaran yang perlu diperbaiki dan dikembangkan menurut hasil refleksipembelajaran lima mata pelajaran SD/MI.
pengembangan lima matapelajaran SD/MI 10.2.2 Menentukan permasalahan yang harus diselesaikan menurut hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembanganlima mata pelajaran SD/MI.
10.2.3 Merancang acara remidial dan pengayaan dari hasil refleksi pembelajaran lima mata pelajaran SD/MI.
10.2.4 Menyusun laporan hasil Reflektif (Jurnal Belajar)
10.3 Melakukan penelitian 10.3.1 Menjelaskan pengertian, karakteristik, dan prinsip-prinsip PTK
tindakan kelas untukmeningkatkan kualitas 10.3.2 Identifikasi dasar-dasar penelitian tindakan kelas (PTK) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran lima matapelajaran SD/MI.
pembelajaran lima matapelajaran SD/MI. 10.3.3 Mengidentifikasi permasalahan Pembelajaran di kelas terkait lima mata pelajaran SD/MI yang sanggup dipecahkandengan PTK.
10.3.4 Memilih problem di kelas yang sanggup dipecahkan dengan PTK terkait lima mata pelajaran SD/MI
10.3.5 Merumuskan problem di kelas terkait lima mata pelajaran SD/MI yang sanggup dipecahkan dengan PTK
10.3.6 Melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah di lakukannya selama mengajar
10.3.7 Membuat rancangan tindakan yang akan dilaksanakan
10.3.8 Menyusun kerangka pikir dalam bentuk diagram
10.3.9 Pengembangan anjuran Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terkait pembelajaran lima mata pelajaran SD/MI.
10.3.10 Melaksanakan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran lima mata pelajaran SD/MI.
10.3.11 Melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah di lakukannya selama mengajar
11 Menguasai materi,struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung matapelajaran yang diampu.
Bahasa ndonesia 20.1 Memahami hakikat bahasa 20.1.1 menjelaskan hakikat bahasa
dan pemerolehan bahasa. 20.1.2 membedakan pemerolehan dan pembelajaran bahasa
20.1.3 menjelaskan tahapan pemerolehan bahasa anak
20.1.4 mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa
20.2 Memahami kedudukan,fungsi, dan ragam bahasaIndonesia. 20.2.1 menyebutkan fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia
20.2 Memahami kedudukan,fungsi, dan ragam bahasaIndonesia. 20.2.2 membedakan kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia
20.2 Memahami kedudukan,fungsi, dan ragam bahasaIndonesia. 20.2.3 Mengidentifikasi ragam bahasa Indonesia
20.2 Memahami kedudukan,fungsi, dan ragam bahasaIndonesia. 20.2.4 menerapkan ragam bahasa Indonesia dalam pembelajaran
20.3 Menguasai dasar-dasar dankaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 20.3.1 Mengidentifikasi kaidah bahasa Indonesia (fonologi=ejaan dan lafal sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesiayang baik dan benar)
20.3 Menguasai dasar-dasar dankaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 20.3.2 Mengidentifikasi kaidah bahasa Indonesia (morfologi=tata bentukan dan tata istilah sebagai rujukan penggunaanbahasa Indonesia yang baik dan benar)
20.3 Menguasai dasar-dasar dankaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 20.3.3 Mengidentifikasi kaidah bahasa Indonesia (akronim dan singkatan sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesiayang baik dan benar)
20.3 Menguasai dasar-dasar dankaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 20.3.4 Mengidentifikasi kaidah bahasa Indonesia semantik (makna kata, korelasi makna=polisemi, sinonim, antonim,hiponim, homograf, homofon, denotasi, konotasi, majas sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar)
20.3 Menguasai dasar-dasar dankaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 20.3.5 Mengidentifikasi kaidah bahasa Indonesia sintaksis (tata kalimat sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesiayang baik dan benar)
20.3 Menguasai dasar-dasar dankaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 20.3 6 menerapkan kaidah bahasa Indonesia (fonologi=ejaan dan lafal sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yangbaik dan benar)
20.3 Menguasai dasar-dasar dankaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 20.3 7 Menerapkan kaidah bahasa Indonesia (morfologi=tata bentukan dan tata istilah sebagai rujukan penggunaanbahasa Indonesia yang baik dan benar)
20.3 Menguasai dasar-dasar dankaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 20.3.8 Menerapkan kaidah bahasa Indonesia (akronim dan singkatan sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yangbaik dan benar)
20.3 Menguasai dasar-dasar dankaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 20.3.9 Menerapkan kaidah bahasa Indonesia semantik (makna kata, korelasi makna=polisemi, sinonim, antonim,hiponim, homograf, homofon, denotasi, konotasi, majas sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar)
20.3 Menguasai dasar-dasar dankaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 20.3.10 Menerapkan kaidah bahasa Indonesia sintaksis (tata kalimat sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yangbaik dan benar)
20.3 Menguasai dasar-dasar dankaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 20.3.11 Mengidentifikasi unsur-unsur wacana
20.3 Menguasai dasar-dasar dankaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 20.3.12 Mengidentifikasi isi tentang (konten IPS)
20.3 Menguasai dasar-dasar dankaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 20.3.13 Mengidentifikasi jenis tentang (konten IPS)
20.3 Menguasai dasar-dasar dankaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 20.3.14 Mengidentifikasi fakta yang terdapat dalam wacana
20.3 Menguasai dasar-dasar dankaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 20.3.15 Menyusun tentang yang kohesif dan koheren
20.4 Memiliki keterampilanberbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) 20.4.1 Menerapkan prinsip dan mekanisme berbahasa secara verbal (berbicara dan menyimak) dan tertulis (membaca danmenulis)
20.4 Memiliki keterampilanberbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) 20.4.2 Menerapkan prinsip dan mekanisme berbahasa secara diskrit: menyimak, berbicara, membaca, dan menulis)
20.4 Memiliki keterampilanberbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) 20.4.3 Menerapkan prinsip dan mekanisme berbahasa secara integratif: menyimak, berbicara, membaca, menulis)
20.4 Memiliki keterampilanberbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) 20.4.4 Menerapkan prinsip dan mekanisme berbahasa menurut konteks (akademis, formal, vokasional)
20.4 Memiliki keterampilanberbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) 20.4.5 Menerapkan prinsip dan mekanisme berbahasa secara verbal produktif. Berbicara (monolog, bercerita, pidato,ceramah, khotbah, dialog, wawancara, diskusi, debat, percakapan, drama)
sehari-hari 20.9. 3 Menyelesaikan problem dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan operasi hitung campuran, bilanganberpangkat dan akar, FPB dan KPK
20.9. 4 Menyelesaikan problem dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan bilangan bundar dan bilangan pecahansederhana
20.9.5 Menyelesaikan problem dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan perbandingan
20.9.6 Menyelesaikan problem dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan waktu
20.9.7 Menyelesaikan problem dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan keliling dan luas persegi danpersegipanjang
20.9.8 Menyelesaikan problem dalam kehidupan sehari-hari dengan memakai taktik gambar atau modelmatematika sederhana
20.10 Mampu menggunakan 20.10.1 Menggunakan alat peraga matematika sesuai dengan fungsinya
alat peraga, alat ukur, alat 20.10.2 Menggunakan alat ukur sesuai besaran yang diukur (panjang, waktu, sudut, berat)
hitung, dan piranti lunakkomputer. 20.10.3 Menggunakan piranti pengolah kata untuk mengetik simbol/notasi matematika dan menggambar obyek geometri
20.10.4 Menggunakan piranti pengolah angka untuk pengolahan nilai
20.10.5 Menggunakan piranti presentasi untuk kegiatan pembelajaran di kelas.
13 20. Menguasai materi, 20.13 Memahami struktur IPA 20.13.1 Mendeskripsikan korelasi antara struktur anggota badan insan dengan fungsinya
struktur, konsep, dan pola termasuk korelasi fungsional 20.13.2 Mendeskripsikan korelasi antara struktur panca indera dengan fungsinya.
20.13.3 Menjelaskan perawatan badan dan pemeliharaan kesehatan tubuh.
20.13.4 mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup.
20.13.5 mendeskripsikan komponen-komponen penyusun lingkungan hidup.
20.13.6 menjelaskan banyak sekali jenis ekosistem.
20.13.7 mendeskripsikan pengertian populasi
20.13.8 mendeskripsikan perawatan binatang dan tumbuhan
20.13.9 mendeskripsikan daur hidup hewan
20.13.10 mendeskripsikan perkembangbiakan tanaman
20.13.11 mendeskripsikan sifat benda padat.
20.13.12 mendeskripsikan sifat benda cair
20.13.13 mendeskripsikan sifat benda gas
20.13.14 mengidentifikasi perubahan wujud benda
20.13.15 mendeskripsikan pengertian perubahan fisika
20.13.16 mendeskripsikan pengertian perubahan kimia
20.13.17 menjelaskan teknik memanfaatkan perubahan benda
20.13.18 menjelaskan cara mencegah terjadinya perubahan kimia
20.13.19 membedakan adonan sejenis dari adonan heterogen
20.13.20 mengidentifikasi adonan sejenis dan adonan heterogen
20.13.21 memilih kadar kadar zat dalam campuran
20.13.22 menjelaskan konsep larutan
20.13.23 membedakan larutan dengan campuran
20.13.24 menjelaskan teknik pemisahan adonan secara sederhana
20.13.25 mengubah satuan dalam besaran fisika
20.13.26 Menentukan suatu hasil pengukuran
20.13.27 Mengoperasikan banyak sekali alat ukur besaran pokok
20.13.28 Menjelaskan imbas gaya terhadap gerak benda
20.13.29 Menjelaskan pemanfaatan gaya dalam pesawat sederhana
20.13.30 Menjelaskan sifat-sifat cahaya
20.13.31 Mendeskripsikan pemanfaatan cahaya dalam kehidupan sehari-hari
20.13.32 Membedakan pengertian suhu dan kalor
20.13.33 Menjelaskan imbas kalor pada benda
20.13.34 Mengkonversi penunjukkan skala termometer
20.13.35 Mendeskripsikan pemanfaatan kalor dalam kedidupan sehari-hari
20.13.36 Menentukan suatu hasil pengukuran dalam suatu rangkaian listrik
20.13.37 Membedakan jenis-jenis rangkaian listrik
20.13.38 Menjelaskan korelasi antara tanda-tanda kelistrikan dengan kemagnetan
20.13.39 Mendeskripsikan pemanfaatan tanda-tanda kelistrikan dan kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari
20.13.1.40 Menjelaskan bentuk-bentuk energi
20.13.41 Menjelaskan perubahan energi
20.13.42 Mendeskripsikan pemanfaatan energi dalam kehidupan sehari-hari
20.13.43 Menjelaskan banyak sekali bencana alam
20.13.44 Menyebutkan jenis-jenis sistem penanggalan
pelajaran/bidangpengembangan yang diampu. 21.2 Memahami kompetensidasar lima mata pelajaranSD/MI. 21.2.1 memilih IPK lima mata pelajaran SD/MI kelas IV s.d kelas VI .
21.3 Memahami tujuan 21.3.1 memilih tujuan pembelajaran sesuai IPK lima mata pelajaran SD/MI kelas IV s.d kelas VI
pembelajaran lima mata 21.3.2 menganalisis acara pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran
22 Mengembangkan materipembelajaran yang diampu 22.1 Memilih materi lima matapelajaran SD/MI yang sesuai dengan tingkat perkembangan penerima didik. 22.1.1 Menentukan ruang lingkup materi/bahan asuh sesuai dengan IPK lima mata pelajaran SD/MI kelas IV s.d kelas VI
22.2 Mengolah materi limamata pelajaran SD/MI secara integratif dan kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan penerima didik. 22.2.1 Menyusun materi pembelajaran dari lima mata pelajaran SD/MI kelas IV s.d. Kelas VI secara integratif dan kreatifsesuai dengan tingkat perkembangan penerima didik.
15 Mengembangkan 23.1 Melakukan refleksi 23.1.1. Memilih materi refleksi yang sempurna untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru
keprofesionalan secara terhadap kinerja sendiri secara 23.1.2. Menjelaskan cara refleksi terhadap kinerja sendiri
berkelanjutan dengan terus menerus. 23.1.3. Menentukan pokok permasalahan dalam pembelajaran yang perlu diperbaiki
melakukan tindakanreflektif. 23.2 Memanfaatkan hasilrefleksi dalam rangka peningkatan keprofesionalan. 23.2.1. Menentukan tindakan perbaikan pembelajaran yang sempurna menurut hasil refleksi
23.3 Melakukan penelitian 23.3.1 mengetahui konsep dan mekanisme penelitian tindakan kelas
tindakan kelas untuk 23.3.2. Menjelaskan cara pengumpulan data pada penelitian tindakan kelas
dengan mencar ilmu dari berbagai 23.4.2. Menggunakan TIK untuk mencari warta pembelajaran
sumber. 23.4.3. mengetahui macam dan karakteristik lembaga ilmiah yang sesuai bagi peningkatan keprofesionalisan guru
16 Memanfaatkan teknologi 24.1 Memanfaatkan teknologi 24.1.1 Menggunakan email untuk mengirim dokumen literatur pembelajaran matematika SD.
informasi dan komunikasi informasi dan komunikasi dalam 24.1.2 Menggunakan web-blog sebagai sarana komunikasi antar penerima KKG.
untuk berkomunikasi dan 24.2 Memanfaatkan teknologi 24.2.1 Menggunakan mesin pencari untuk mencari rujukan penelitian tindakan kelas.
mengembangkan diri. informasi dan komunikasi untukpengembangan diri. 24.2.2 Menggunakan situs Learning Management System (LMS) untuk mengikuti training online bagi guru SD kelas IV s.dVI.

0 Response to "Kisi-Kisi Soal Ukg Tahun 2017 Sd: Kelas Rendah Dan Tinggi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel