Soal Siap Uts Kelas 6 Sd Semester 1 Lengkap

Download Contoh Soal Siap Ulangan Tengah Semester Soal Siap UTS Kelas 6 SD Semester 1 Lengkap

Download Contoh Soal Ulangan Tengah Semester/ UTS Kelas 6 Semester 1 Terbaru


Salam pendidikan bagi para Sobat Informasi Guru di manapun berada! Kali ini kami lagi-lagi masih menyajikan goresan pena dan bahan terkait Ulangan Tengah Semester/ UTS/ Mid Semester Ganjil (1) jenjang kelas 6/ VI SD banyak sekali mapel. Tulisan kali ini yang berjudul Soal Siap UTS Kelas 6 SD Semester 1 Lengkap telah kami persiapkan dengan baik semoga sanggup semaksimal mungkin Anda ambil manfaatnya.

Berbagai teladan soal UTS semester 1 kelas 6 SD ini sanggup Anda jadikan sebagai komplemen dalam menyusun soal UTS untuk anak didik Anda sekalian. Jika Anda tergolong seorang guru yang mempunyai jadual kegiatan yang sangat padat dan menyita waktu, maka teladan soal UTS dari kami ini sanggup dijadikan sebagai alternatif dalam menyusun soal UTS ganjil untuk siswa-siswi Anda yang tentunya diadaptasi dengan hukum dan kebutuhan di lingkungan sekolah Anda.

Untuk mengunduhnya secara gampang dipersilahkan untuk mendownload file yang kami sediakan di bawah ini:



:

Berikutnya kami petikkan sebagian kecil teladan soal UTS ganjil kelas 6 SD di bawah ini: 




ULANGAN MID SEMESTER 1
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : VI ( enam)
WAKTU : 60 Menit

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal No. 1 s.d. 5!

Setiap hari Jumat, sekolah kami mengadakan kegiatan “Jumat Bersih”. Untuk memperlancar kegiatan tersebut, para siswa diwajibkan membawa alat-alat kebersihan ibarat sapu dan kemoceng. Kegiatan “Jumat Bersih” pada ahad ini tidak hanya sekedar membersihkan lingkungan sekolah tetapi juga mengadakan gerakan mengharumkan sekolah.

Kegiatan mengharumkan sekolah dilakukan semoga para guru dan siswa lebih kerasan serta kegiatan mencar ilmu di kelas berlangsung lancar. Oleh sebab itu, baik para guru maupun siswa harus bertanggung jawab atas kebersihan dan keharuman sekolah.

Gerakan mengharumkan sekolah dimulai dengan mengharumkan kelas. Ini menjadi tanggung jawab para penghuni kelas. Setelah kelas disapu dan dipel, meja dan dingklik ditata. Selanjutnya, kelas dan ruang diberi pengharum ruangan. Selain itu, kamar kecil juga diharumkan.

I. Berilah tanda silang(x) pada karakter a,b,c, atau d sebagai balasan benar!

1. Judul yang sempurna untuk bacaan di atas yakni . . . .

a. Jumat Bersih c. Mengharumkan Sekolah

b. Membersihkan Sekolah d. Tanggung Jawab Warga Sekolah

2. Ide pokok paragraf ke-2 bacaan tersebut yakni . . . .

a. kegiatan Jumat higienis c. tujuan kegiatan mengharumkan sekolah

b. kegiatan mencar ilmu di sekolah d. memulai gerakan mengharumkan sekolah

3. Yang bertanggung jawab mengharumkan ruangan kelas ialah . . . .

a. seluruh warga sekolah c. siswa kelas VI

b. para penghuni kelas d. bapak dan ibu guru

4. Kalimat berikut yang sesuai dengan paragraf ke-3 yakni . . . .

a. Setiap hari Jumat, siswa-siswa diwajibkan membawa alat kebersihan

b. Guru dan siswa harus bertanggung jawab terhadap kebersihan sekolah

c. Gerakan mengharumkan sekolah dimulai dari ruang kelas

d. Gerakan mengharumkan kelas menjadi tanggung jawab seluruh warga sekolah

5. Kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf ke-1 yakni . . . .

a. Apa yang diadakan sekolah setiap hari Jumat?

b. Di mana pertama kali penghuni kelas melaksanakan kegiatan mengharumkan

sekolah?

c. Apa tujuan dilaksanakan kegiatan mengharumkan sekolah?

d. Siapa yang bertanggung jawab atas kebersihan dan keharuman sekolah?

6. Contoh kalimat kritikan secara halus yakni . . . .

a. Mengapa sikapmu sangat kasar? c. Sebaiknya kau bersikap lembut!

b. Jelek benar hasil ulanganmu! d. Sungguh bergairah sikapmu padaku!

7. Para penduduk sepanjang sungai memanfaatkan air sungai untuk keperluan

sehari-hari, ibarat air minum, memasak, mencuci, dan mandi.

Pikiran pokok dari paragraf di atas yakni . . . .

a. keperluan penduduk c. manfaat penduduk

b. manfaat sungai d. kegiatan di sungai

8. Berikut ini bukan cara menciptakan ringkasan yang baik yakni . . . .

a. membaca bacaan dengan cermat c. mencatat hal-hal penting dari bacaan

b. menentukan objek pengamatan d. menulis menurut hal-hal penting

Penggalan hasil laporan pengamatan untuk soal nomor 9 s.d. 11

Kebiasaan membaca merupakan serpihan yang tak terpisahkan dari kegiatan siswa.
Kebiasaan tersebut sanggup berjalan lancar, jikalau ditunjang dengan sarana yang memadai.
Manfaat dari perpustakaan yakni sebagai sarana dan sumber kegiatan mencar ilmu siswa.
Namun hingga sejauh ini perpustakaan belum dimanfaatkan secara maksimal. Sehingga keberadaannyapun masih dipinggirkan baik di sekolah maupun di daerah lain.

9. Berikut ini bukan isi dari laporan hasil pengamatan tersebut yakni . . . .

a. kebiasan membaca serpihan dari kegiatan siswa

b. kebiasaan membaca akan berjalan lancar jikalau ditunjang dengan sarana yang baik

c. salah satu sarana kegiatan membaca siswa yakni perpustakaan

d. dengan sering berada di perpustakaan akan menciptakan siswa pandai

10. Kalimat yang sempurna untuk menanyakan manfaat dari perpustakaan menurut hasil pengamatan tersebut yakni . . . .

a. Bagaimana manfaat perpustakaan?

b. Di mana manfaat perpustakaan?

c. Apa manfaat perpustakaan?

d. Siapa yang memanfaatkan perpustakaan?

11. Ide pokok dari paragraf tersebut yakni . . . .

a. kebiasaan membaca merupakan serpihan dari kegiatan siswa

b. keberadaan perpustakaan masih terpinggirkan

c. perpustakaan belum sanggup dimanfaatkan secara maksimal

d. kebiasaan membaca sanggup berjalan lancar,jika sarananya lengkap

Teks untuk soal nomor 12 s.d. 15

Zaman semakin maju. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) semakin berkembang pesat. Pabrik membuang limbah ke sungai, kendaraan bermotor semakin banyak dan tidak tertib. Muncullah pencemaran sungai, udara dan kemacetan. Ditambah dengan kesadaran dari masyarakat yang rendah, maka sifat ramah dan peduli terhadap lingkungan yang merupakan ciri Bangsa Indonesia semenjak dulu pun sudah mulai pudar. Tak ada kata terlambat untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat yang harus dimulai semenjak dini dan dimulai dari diri sendiri.

12. Informasi tersebut berisi perihal . . .

a. kemajuan zaman c. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

b. tak ada kata terlambat d. keadaan lingkungan yang memprihatinkan

13. Tanggapan yang sesuai dengan informasi tersebut yakni . . . .

a. sudah sewajarnya Bangsa Indonesia dikenal dengan keramahannya

b. zaman semakin maju, kita mustahil menghindari terjadinya kerusakan

c. kita sebagai pelajar harus sanggup menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan

d. IPTEK semakin maju akan merubah kesadaran masyarakat

14. Kapankah kepedulian masyarakat terhadap lingkungan harus ditumbuhkan?

a. semenjak sekolah c. semenjak dini

b. ketika remaja d. sudah dewasa

15. Pesan yang ingin disampaikan pada informasi tersebut yakni . . . .

a. anak muda harus terus maju dan berkembang

b. kita harus selalu mengawasi orang-orang yang merusak lingkungan

c. menumbuhkan kepedulian lingkungan semoga tetap terjaga kelestariannya

d. zaman yang semakin maju

16. Hamid berpikir, banjir niscaya datang. Saat itu hujan deras. Sungai bersahabat rumahnya meluap. Jembatan yang melintasi sungai itu putus dilanda banjir. Hamid ingat sebentar lagi kereta lewat. Ia keluar rumah mencegat kereta api yang lewat dengan isyarat lampu senter. Kereta api berhenti, penumpang selamat.

Kalimat kebanggaan yang disampaikan kepada Hamid atas insiden tersebut yakni . . . .

a. Hamid anak yang peka situasi

b. Hamid anak yang hebat

c. Jadilah anak yang hebat

d. Hebat kau Hamid!

17. Di kota-kota besar telah dikembangkan sistem bercocok tanam dengan hidroponik. Sistem ini tidak memerlukan lahan, cukup dengan pot. Bahkan flora hidroponik sanggup dilakukan di dalam ruangan.

Kalimat di bawah ini yang merupakan kesimpulan dari paragraf di atas yakni . . . .

a. Tanaman hidroponik tidak memerlukan lahan

b. Bercocok hidroponik tidak sukar

c. Tanaman hidroponik gampang dan cepat

d. Di kamar memerlukan flora hidroponik

18. Memberikan tanggapan berupa kecaman disebut . . . .

a. mengkritik c. memuji

b. memarahi d. mencemooh

19. Berikut ini yang bukan media cetak yakni . . . .

a. koran c. televisi

b. majalah d. tabloid

20. Anak-anak mengikuti rangkaian insiden dalam dongeng “Bombom yang Setia” dari awal hingga akhir. Kata rangkaian insiden sanggup diganti dengan istilah . . . .

a. tema c. judul

b. alur d. amanat

II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan balasan yang benar!

21. Cipluk bermain sangat menyenangkan.

. . . yang bermain sangat menyenangkan?

Kata tanya yang sempurna untuk melengkapi kalimat di atas yakni ....

22. Kita sanggup memperoleh informasi dari radio. Radio termasuk media . . . .

23. Menyatakan penghargaan yang lapang dada atas kebaikan atau keunggulan sesuatu disebut ....

24. Dalam satu paragraf terdapat satu . . . .

25. Kabar mengenai suatu insiden disebut . . . .

26. Wah, manis sekali lukisanmu! Kalimat tersebut menyatakan . . . .

27. Menyampaikan informasi kepada orang lain harus dengan bahasa yang . . . .

28. Telah terjadi kebakaran di Kampung Rambutan. Sebelas rumah hangus terbakar dilalap si jago merah. Beruntung sekali dalam insiden tersebut tidak menelan korban jiwa.

Pokok dari isu tersebut yakni . . . .

29. Arti dari si jago merah pada soal no. 8 yakni . . . .

30. Tempat terjadinya insiden dalam suatu dongeng disebut . . . .

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!

Teks untuk soal no. 36 dan 37

Penduduk di sekitar lereng Merapi sangat ketakutan. Ini sebab kondisi Gunung Merapi yang semakin hari semakin menampakkan aktivitasnya. Saat malam hari penduduk terjaga dari tidurnya sebab was-was. Pada siang hari pun penduduk tidak sanggup beraktivitas ibarat biasanya. Warga takut bila tiba-tiba gunung itu meletus. Sebenarnya pemerintah telah menghimbau semoga penduduk di bawah lereng Merapi mengungsi. Akan tetapi, beberapa warga menentukan untuk tetap tinggal di rumahnya sebab tidak mau meninggalkan ternaknya.

31. Buatlah ringkasan dari paragraf di atas!

32. Apakah pesan yang terkandung dalam paragraf di atas?

33. Hal apa sajakah yang harus ada di dalam laporan hasil kunjungan?

34. Buatlah kritikan terhadap temanmu yang curang ketika bermain!

35. Informasi sanggup diperoleh dari media cetak dan elektronik. Sebutkan masing-masing tiga yang termasuk media cetak maupun media elektronik!

Dipersilahkan untuk mendonwload file tersebut pada tautan yang telah kami sediakan semoga mendapat file yang lengkap dan utuh.

Kami cukupkan hingga di sini goresan pena kami yang berjudul:

Soal Siap UTS Kelas 6 SD Semester 1 Lengkap

Semoga sebaran informasi ini bermanfaat dan salam sukses selalu untuk Anda!

0 Response to "Soal Siap Uts Kelas 6 Sd Semester 1 Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel