1 Tahun Terapkan Ppk, Siswa Jadi Betah Belajar

  Penguatan Pendidikan Karakter Para Siswa Makara Lebih Betah 1 Tahun Terapkan PPK, Siswa Makara Betah Belajar

Siswa SD Inpres Fattolo Kabupaten Seram Lebih Giat Sekolah 



Terdapat fakta yang menarik terkait penerapan kegiatan PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) yang telah berjalan selama 1 (satu) tahun di SD (SD) Inpres Fattolo Kabupaten Seram Bagian Timur Provinsi Maluku. Fakta tersebut yakni bahwa para siswa SD di sana menjadi lebih semangat dan betah mencar ilmu di sekolah.

“Anak-anak kami bahagia mencar ilmu di sekolah, betah berada di kelas yang tertata rapi, betah di lingkungan sekolah, berkat kegiatan-kegiatan yang kami buat menyenangkan,” ujar Kasek SD Inpres Fattolo, Jena Alhamid, pada kegiatan Bimbingan Teknis Program PPK di Hotel Amaris Ambon, Kamis (3/8/2017).

Beliau turut memaparkan bahwa proses mencar ilmu mengajar di sekolahnya disetting semaksimal mungkin  agar menjadi menyenangkan dan interaktif serta menarik dengan salah satu cara yang dilakukan yakni dengan banyak menggunakan sumber mencar ilmu yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah semoga para siswa tidak bosan. “Belajar tidak harus di kelas, sanggup di kebun, di sawah, atau mana saja yang penting guru mengarahkan apa yang akan dipelajari,” papar guru kelahiran Waru Sidoarjo Jawa Timur tersebut.

Adapun banyak sekali kegiatan yang telah diterapkan di SD Inpres Fattolo tersebut antara lain:
  • Menggalakkan membaca 15 menit sebelum pelajaran dimulai
  • Shalat berjamaah
  • Kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah
  • dan banyak sekali ekstra kurikuler untuk mendukung tumbuhnya lima huruf dalam PPK.
“Kebetulan siswa kami 100 persen muslim, jadi kami rancang banyak sekali kegiatan untuk belum dewasa muslim menyerupai mengaji, berdoa bersama, salat berjamaah yang dipimpin siswa secara bergiliran,” tutur Jena.
Ditambahkan Jena, bahwa ia selalu mencar ilmu mempraktekkan hal-hal/ praktek baik yang mana sudah diterapkan di sekolah yang lain untuk ia terapkan tentunya disertai sedikit modifikasi semoga sesuai dengan sekolah yang ia ampu.

“Kami masih terus belajar, dan tidak aib mencontoh sekolah-sekolah lain. Kalau ada kegiatan elok ya kami ingin juga menirunya,” pungkas perempuan berjilbab kelahiran tahun 1973 itu.

0 Response to "1 Tahun Terapkan Ppk, Siswa Jadi Betah Belajar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel