Download Kisi-Kisi Ujian Nasional (Un) Tahun 2017/2018 Mapel Bahasa Indonesia Sma/Ma: Ipa-Ips-Keagamaan
Download Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) Tahun Pelajaran 2017/2018 Mapel Bahasa Indonesia SMA/MA: IPA-IPS-Keagamaan
Kisi-kisi Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2017/2018 telah diterbitkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) .
Kisi-kisi ujian nasional ini dibutuhkan menjadi semacam pedoman mencar ilmu bagi para penerima didik. Pedoman yang dimaksud yakni sebagai alat pemetaan bahan yang seharusnya dipelajari.
Pemetaan semacam ini dibutuhkan sanggup menciptakan proses mencar ilmu dalam mempersiapkan ujian nasional SMA/MA ini menjadi efisien dan efektif.
Efisien dalam pengertian menghemat waktu belajar. Penghematan ini menjadi masuk budi manakala penerima didik sanggup mengalokasikan waktu hanya untuk bahan yang kiranya akan diujikan. Efektif dalam pengertian bahwa penerima didik sanggup meningkatkan skor hasil ujian nasionalnya dikarenakan telah mencar ilmu dengan mempelajari bahan yang tepat.
Berikut adalah Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) Tahun Pelajaran 2017/2018 Mapel Bahasa Indonesia SMA/MA untuk Jurusan IPA-IPS-Keagamaan dalam format pdf:
Berikut yakni kutipan dari Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) Tahun 2017/2018 Mapel Bahasa Indonesia SMA/MA: IPA-IPS-Keagamaan:
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||||
---|---|---|---|---|---|
Membaca Nonsastra | Membaca Sastra | Menulis Terbatas | Menyunting Kata, Kalimat, danParagraf | Menyunting Ejaan dan Tanda Baca | |
Pengetahuan danPemahaman Mengidentifikasi Memaknai | Peserta didik dapat- memaknai istilah/kata- mengidentifikasiinformasi tersurat | Peserta didik dapat- mengidentifikasi dan memaknai kata simbolik/majas/kias dalam karya sastra- memaknai isi tersurat dalam karya sastra | Peserta didik dapat- melengkapi kalimat/ paragraf dengan istilah/kata/ungkapan/ peribahasa | Peserta didik dapat- mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah- mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi- mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat efektif- mengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragraf | Peserta didik dapat- mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, kata tugas)- mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca |
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||||
Membaca Nonsastra | Membaca Sastra | Menulis Terbatas | Menyunting Kata,Kalimat, danParagraf | Menyunting Ejaan dan Tanda Baca | |
Aplikasi Menginterpretasi Menggunakan | Peserta didik dapat- menemukan ilham pokok- menemukan inti kalimat- memilih makna rujukan- menyimpulkan isi tersirat dalam teks- memilih kalimat utama- memilih kalimat penjelas | Peserta didik dapat- menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/novel (konflik, lantaran konflik, jawaban konflik, amanat, nilai- nilai) | Peserta didik dapat- melengkapi unsur teks (eksposisi, deskripsi, argumentasi, narasi, ulasan biografi, prosedur)- melengkapi teks sastra (prosa, puisi, drama)- menggabungkan kalimat- mengurutkan unsur teks | Peserta didik dapat- memakai kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)- mengisi dengan konjungsi yang sesuai | Peserta didik dapat- memakai ejaan- memakai tandabaca |
Penalaran Membandingkan Menunjukkan bukti Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari Merefleksi Mengevaluasi Memvariasikan | Peserta didik dapat- membandingkan isi, teladan penyajian, dan atau bahasa teks- menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi teks- membandingkan penggunaan bahasa dan teladan penyajian beberapa jenis teks (berita, eksposisi,prosedur, editorial,ulasan/resensi)- mengomentari isi teks- menawarkan buktisuatu simpulan | Peserta didik dapat- membandingkan isi, teladan penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)- menganalisis korelasi antarbagian karya sastra- menandakan final dengan data pada karya sastra (bukti watak, setting, nilai)- mengaitkan isi dengan kehidupan ketika ini | Peserta didik dapat- memvariasikan kata yang bermakna sama- memvariasikan kalimat yang bertujuan sama- menggabungkan beberapa kalimat dengan konjungsi yang sesuai- memvariasikan unsur teks- mengubah bentuk teks lain | Peserta didik dapat- memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat- memperbaiki kesalahan paragraf- memilih alasan dari segi pilihan kata/kalimat dalam paragraf | Peserta didik dapat- memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan- memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca- memilih alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca |
Level Kognitif | Membaca Nonsastra | Membaca Sastra | Menulis Terbatas | Menyunting Kata, Kalimat, danParagraf | Menyunting Ejaan dan Tanda Baca |
Pengetahuan danPemahaman Mengidentifikasi Memaknai | Peserta didik dapat- memaknai istilah/kata- mengidentifikasiinformasi tersurat | Peserta didik dapat- mengidentifikasi dan memaknai kata simbolik/majas/kias dalam karya sastra- memaknai isi tersurat dalam karya sastra | Peserta didik dapat- melengkapi kalimat/ paragraf dengan istilah/kata/ungkapan/ peribahasa | Peserta didik dapat- mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah- mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi- mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat efektif- mengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragraf | Peserta didik dapat- mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, kata tugas)- mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca |
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||||
Membaca Nonsastra | Membaca Sastra | Menulis Terbatas | Menyunting Kata,Kalimat, danParagraf | Menyunting Ejaan dan Tanda Baca | |
Aplikasi Menginterpretasi Menggunakan | Peserta didik dapat- menemukan ilham pokok- menemukan inti kalimat- memilih makna rujukan- menyimpulkan isi tersirat dalam teks- memilih kalimat utama- memilih kalimat penjelas | Peserta didik dapat- menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/novel (konflik, lantaran konflik, jawaban konflik, amanat, nilai- nilai) | Peserta didik dapat- melengkapi unsur teks (eksposisi, deskripsi, argumentasi, narasi, ulasan biografi, prosedur)- melengkapi teks sastra (prosa, puisi, drama)- menggabungkan kalimat- mengurutkan unsur teks | Peserta didik dapat- memakai kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)- mengisi dengan konjungsi yang sesuai | Peserta didik dapat- memakai ejaan- memakai tandabaca |
Penalaran Membandingkan Menunjukkan bukti Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari Merefleksi Mengevaluasi Memvariasikan | Peserta didik dapat- membandingkan isi, teladan penyajian, dan atau bahasa teks- menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi teks- membandingkan penggunaan bahasa dan teladan penyajian beberapa jenis teks (berita, eksposisi,prosedur, editorial,ulasan/resensi)- mengomentari isi teks- menawarkan buktisuatu simpulan | Peserta didik dapat- membandingkan isi, teladan penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)- menganalisis korelasi antarbagian karya sastra- menandakan final dengan data pada karya sastra (bukti watak, setting, nilai)- mengaitkan isi dengan kehidupan ketika ini | Peserta didik dapat- memvariasikan kata yang bermakna sama- memvariasikan kalimat yang bertujuan sama- menggabungkan beberapa kalimat dengan konjungsi yang sesuai- memvariasikan unsur teks- mengubah bentuk teks lain | Peserta didik dapat- memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat- memperbaiki kesalahan paragraf- memilih alasan dari segi pilihan kata/kalimat dalam paragraf | Peserta didik dapat- memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan- memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca- memilih alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca |
Demikian goresan pena tentang:
0 Response to "Download Kisi-Kisi Ujian Nasional (Un) Tahun 2017/2018 Mapel Bahasa Indonesia Sma/Ma: Ipa-Ips-Keagamaan"
Posting Komentar