Download Kisi-Kisi Ujian Nasional (Un) Tahun 2017-2018 Sma/Ma Semua Mapel Pdf
Download Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) Tahun 2017-2018 SMA/MA Semua Mapel pdf
BSNP atau Badan Standar Nasional Pendidikan secara resmi telah merilis kisi-kisi Ujian Nasional (UN) Tahun Pelajaran 2017/2018 untuk tingkat SMA-MA menurut Surat Edaran Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor 0080/SDAR/BSNP/VIII/2017 perihal Kisi-Kisi USBN dan UN Tahun Pelajaran 2017/2018. Kisi-kisi ini hendaknya menjadi panduan atau pedoman pemetaan mencar ilmu bagi penerima didik dalam rangka menghadapi ujian nasional atau UN.
Tulisan kali ini memuat kisi-kisi ujian nasional (UN) untuk tingkat sekolah menengah atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA). Mata Pelajaran (mapel) yang diujikan yaitu sebagai berikut: Bahasa Indonesia: IPA, IPS, Keagamaan, Bahasa Indonesia: Bahasa SMA/MA, Sastra Indonesia – Bahasa SMA/MA, Bahasa Inggris - IPA/IPS/Bahasa/Keagamaan, Bahasa Arab - Bahasa SMA/MA, Bahasa Jepang – Bahasa SMA/MA, Bahasa Jerman – Bahasa SMA/MA, Bahasa Prancis-Bahasa SMA/MA, Bahasa Mandarin - Bahasa SMA/MA, Matematika - IPA SMA/MA, Matematika - IPS/Keagamaan SMA/MA, Matematika – Bahasa SMA/MA, Fisika – IPA SMA/MA, Kimia – IPA SMA/MA, Biologi – IPA SMA/MA, Ekonomi - IPS SMA/MA, Sosiologi - IPS SMA/MA,Geografi – IPS SMA/MA, Antropologi – Bahasa SMA/MA, Tafsir – Keagamaan MA, Hadis – Keagamaan MA, Fiqih – Keagamaan MA, Kitab Suci – Kristen SMAK, Liturgi – Kristen SMAK, Liturgi – Kristen SMAK, Sejarah Gereja – Protestan SMTK, Etika Kristen – Protestan SMTK, Ilmu Pengetahuan Bibel – Protestan SMTK, Bahasa dan Sastra Indonesia – Bahasa dan Budaya SMA/MA.
Berikut yaitu tautan Download Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) Tahun 2017-2018 SMA/MA Semua Mapel pdf:
Berikut yaitu kutipan dari Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) Tahun 2017-2018 SMA/MA Semua Mapel tersebut:
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||||
---|---|---|---|---|---|
Level Kognitif | Membaca Nonsastra | Membaca Sastra | Level Kognitif | ||
Level Kognitif | Membaca Nonsastra | Membaca Sastra | Menulis Terbatas | Menyunting Kata, Kalimat, danParagraf | Menyunting Ejaan dan Tanda Baca |
Pengetahuan danPemahaman Mengidentifikasi Memaknai | Peserta didik dapat- memaknai istilah/kata- mengidentifikasiinformasi tersurat | Peserta didik dapat- mengidentifikasi dan memaknai kata simbolik/majas/kias dalam karya sastra- memaknai isi tersurat dalam karya sastra | Peserta didik dapat- melengkapi kalimat/ paragraf dengan istilah/kata/ungkapan/ peribahasa | Peserta didik dapat- mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah- mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi- mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat efektif- mengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragraf | Peserta didik dapat- mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, kata tugas)- mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca |
Aplikasi Menginterpretasi Menggunakan | Peserta didik dapat- menemukan wangsit pokok- menemukan inti kalimat- memilih makna rujukan- menyimpulkan isi tersirat dalam teks- memilih kalimat utama- memilih kalimat penjelas | Peserta didik dapat- menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/novel (konflik, alasannya konflik, tanggapan konflik, amanat, nilai- nilai) | Peserta didik dapat- melengkapi unsur teks (eksposisi, deskripsi, argumentasi, narasi, ulasan biografi, prosedur)- melengkapi teks sastra (prosa, puisi, drama)- menggabungkan kalimat- mengurutkan unsur teks | Peserta didik dapat- memakai kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)- mengisi dengan konjungsi yang sesuai | Peserta didik dapat- memakai ejaan- memakai tandabaca |
Penalaran Membandingkan Menunjukkan bukti Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari Merefleksi Mengevaluasi Memvariasikan | Peserta didik dapat- membandingkan isi, pola penyajian, dan atau bahasa teks- menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi teks- membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks (berita, eksposisi,prosedur, editorial,ulasan/resensi)- mengomentari isi teks- mengatakan buktisuatu simpulan | Peserta didik dapat- membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)- menganalisis relasi antarbagian karya sastra- menandakan tamat dengan data pada karya sastra (bukti watak, setting, nilai)- mengaitkan isi dengan kehidupan ketika ini | Peserta didik dapat- memvariasikan kata yang bermakna sama- memvariasikan kalimat yang bertujuan sama- menggabungkan beberapa kalimat dengan konjungsi yang sesuai- memvariasikan unsur teks- mengubah bentuk teks lain | Peserta didik dapat- memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat- memperbaiki kesalahan paragraf- memilih alasan dari segi pilihan kata/kalimat dalam paragraf | Peserta didik dapat- memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan- memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca- memilih alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca |
- menilai keunggulan/ kelemahan karya sastra- meringkas isi karya sastra | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | Menulis Terbatas | ||||
Pengetahuan dan Pemahaman Mengidentifikasi Memaknai | Peserta didik dapat- Melengkapi kata/istilah sesuai konteks kalimat | ||||
Aplikasi Menginterpretasi Menangkap informasi implisit Menggunakan konsep/prinsip | Peserta didik dapat- Melengkapi paragraf- Melengkapi unsur teks(melengkapi argumen, tesis)- Menafsirkan unsur teks | ||||
Penalaran Membandingkan Menunjukkan bukti Menganalisis Menanggapi/mengomentari Merefleksi Mengevaluasi Mengkreasi | Peserta didik dapat- Memvariasikan bab teks- Memvariasikan kalimatkritikan/pujian | ||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Pengetahuan danPemahaman Mengidentifikasi Memaknai Menentukan | |||||
Aplikasi Menginterpretasi Menggunakan konsep/prinsip | |||||
Penalaran Membandingkan Menunjukkan bukti Menganalisis Menanggapi/mengomentari Merefleksi Mengevaluasi Mengkreasi | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Pengetahuan danPemahaman Mengidentifikasi | |||||
Aplikasi Membandingkan Mengklasifikasi Menjelaskan | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Penalaran Menyimpulkan Merinci perbedaan/persamaan Menganalisis | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Pengetahuan danPemahaman Mengenal Mengeja Mengidentifikasi Menentukan topik | |||||
Aplikasi Mengartikan Menggunakan Menerapkan Menginterpretasi Menyusun | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Penalaran Menganalisis Mengevaluasi Menyimpulkan Menerjemahkan | |||||
Level Kognitif | |||||
Pengetahuan danPemahaman Mengenal Mengidentifikasi Menentukan | |||||
Aplikasi Mengartikan Menggunakan Menerapkan | |||||
Level Kognitif | |||||
Penalaran Menganalisis Menginterpretasi Menyimpulkan Menyusun | |||||
Level Kognitif | |||||
Pengetahuan dan pemahaman Menentukan Mengidentifikasi Mengenal | |||||
Aplikasi Mengartikan Menggunakan Menerapkan | |||||
Level Kognitif | |||||
Penalaran Menganalisis Menginterpretasi Menyimpulkan Menyusun | |||||
Level Kognitif | |||||
Pengetahuan danPemahaman Mengenal Mengidentifikasi Menentukan | |||||
Aplikasi Menjawab Menggunakan Menerapkan Menginterpretasi Mengkonjugasikan | |||||
Level Kognitif | |||||
Penalaran Menganalisis Menyusun Menyimpulkan Menginterpretasikan | |||||
Level Kognitif | |||||
Pengetahuan dan pemahaman Mengenal Mengidentifikasi Menentukan | |||||
Aplikasi Menggunakan Menerapkan Menjawab | |||||
Level Kognitif | |||||
Penalaran Menganalisis Menyusun Menginterpretasi Menyimpulkan | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Pengetahuan danPemahaman Mengidentifikasi Membandingkan Menentukan Menghitung Mengklasifikasi Menjelaskan | |||||
Aplikasi Menentukan Menghitung Memodelkan Menyelesaikan masalah | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Penalaran Menganalisis Menyimpulkan Menginterprestasi Memprediksi Mensintesis | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Pengetahuan danPemahaman Mengidentifikasi Membandingkan Menentukan Menghitung Mengklasifikasi Menjelaskan | |||||
Aplikasi Menentukan Menghitung Memodelkan Menyelesaikan masalah | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Penalaran Menganalisis Menyimpulkan Menginterprestasi Memprediksi Mensintesis | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Pengetahuan dan Pemahaman Mengidentifikasi Membandingkan Menentukan Menghitung Mengklasifikasi Menjelaskan | |||||
Aplikasi Menentukan Menghitung Memodelkan Menyelesaikan masalah | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Penalaran Menganalisis Menyimpulkan MenginterprestasiMemprediksi Mensintesis | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Pengetahuan danPemahaman Mengidentifikasi Menyebutkan Menunjukkan Membedakan Mengelompokkan Menjelaskan | |||||
Aplikasi Mengklasifikasi Menginterpretasi Menghitung Mendeskripsikan Mengurutkan Membandingkan Menerapkan Memodifikasi | |||||
Penalaran Menemukan Menyimpulkan Menggabungkan Menganalisis | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Menyelesaikan masalah Merumuskan Memprediksi | |||||
Pengetahuan danPemahaman Membuat daftar/list Mendeskripsikan/describe Membuat tabulasi Memakai Merangkum Menginterpretasi Memprediksi/menentukan Mengeksekusi | |||||
Aplikasi Mengklasifikasi Bereksperimen(data-based) Menghitung | |||||
Penalaran Mengurutkan/Order Menjelaskan Membedakan Mendapatkan Mengurutkan/Rank Menilai/menguji Menyimpulkan Bertindak Menggabungkan Merencanakan Menyusun Mengaktualisasi | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Pengetahuan danPemahaman Menyebutkan Menunjukkan Menjelaskan | |||||
Aplikasi Mengklasifikasikan Menentukan Mengurutkan Meramalkan Menghitung Mengemukakan | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Penalaran Menyimpulkan Menganalisis Merumuskan Menemukan Mengintepretasikan | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Pengetahuan danPemahaman Mendeskripsikan Menjelaskan Menentukan Mengidentifikasi Menyebutkan Menunjukkan Membandingkan Membedakan Memberi contoh | |||||
Aplikasi Menerapkan Menginterpretasikan Memprediksi Menghitung | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Penalaran Menganalisis Mensintesis Mengevaluasi Menyelesaikan masalah Menyimpulkan Menjelaskan relasi konseptual dan informasi faktual | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||||
Level Kognitif | Konsep dan Objek KajianSosiologi | ||||
Pengetahuan danPemahaman Menjelaskan Menentukan Mengategorikan Membedakan Memberi contoh | Peserta didik dapatmemahami dan menguasai tentang:- teori dan pengetahuan sosiologi- objek sosiologi- fungsi dan manfaat sosiologi | ||||
Aplikasi Menghubungkan Menerapkan Menginterpretasi Mengidentifikasi Menentukan | Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:- interaksi sosial antar individu, kelompok, dan antar kelompok dengan konsep dasar sosiologi | ||||
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||||
Level Kognitif | Konsep dan Objek KajianSosiologi | ||||
Penalaran Membandingkan Menyimpulkan Merumuskan Menganalisis Mensintesis Mengevaluasi Memprediksi Menyelesaikan masalah | Peserta didik dapatmenggunakan kecerdikan dalam mengkaji:- gejala-gejala sosial yang terjadi dalam masyarakat dengan memakai konsep sosiologi | ||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Pengetahuan danPemahaman Menyebutkan Mengidentifikasi Menjelaskan Memahami | |||||
Aplikasi Mengklasifikasi Menentukan Menggunakan Memecahkan Menerapkan Menghitung | |||||
Penalaran Membandingkan Memprediksi Membuktikan Mengkombinasi Menganalisis | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Pengetahuan danPemahaman Mengidentifikasi Menyebutkan Menunjukkan Menjelaskan | |||||
Aplikasi Memberi contoh Menentukan Menerapkan Menginterpretasi Memprediksi Menghubungkan | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Penalaran Membandingkan Menganalisis Mensintesis Mengevaluasi Merumuskan Menyimpulkan Menjelaskan relasi konseptual dan informasi faktual Menyelesaikan masalah | |||||
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||||
Level Kognitif | Maknadan Teknik Tafsir | ||||
Pengetahuan danPemahaman Mengidentifikasi Menyebutkan Menunjukkan Menjelaskan Mengkategorikan | Peserta didik dapatmemahami dan menguasai tentang:- Pengertian tafsir, pengertian dan ciri tafsir bil ma’tsur dan tafsir bir ra’yi.- Metode penafsiran Al-Qur’an: tahlili, maudhu’i, ijmali.- Kaidah-kaidah dalam menafsirkan Al- Qur’an. | ||||
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||||
Level Kognitif | Maknadan Teknik Tafsir | ||||
Aplikasi Memberi contoh Menentukan Menerapkan Menghubungkan Membedakan | Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:- Contoh tafsir.- Contoh tafsir bilma’tsur dan tafsir birra’yi.- Kaidah-kaidah tafsir Al-Qur’an; jama’, mufrad, mudzakkar, muannats, nakirah, ma’rifat, dhamir, sual wal jawab.- Metode penafsiran Al-Qur’an; tahlili, ijmali, maudhu’i. | ||||
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||||
Level Kognitif | Maknadan Teknik Tafsir | ||||
Penalaran Menganalisis Menyimpulkan Menjelaskan relasi konseptual dengan informasi faktual Menyelesaikan masalah Mengartikan/menerjemahkan | Peserta didik dapatmenggunakan kecerdikan tentang:- Tafsir bil ma’tsur dan tafsir bir ra’yi.- Kaidah-kaidah tafsir Al-Qur’an; jama’, mufrad, mudzakkar, muannats, nakirah, ma’rifat, dhamir, sual wal jawab.- Metode penafsiran Al-Qur’an; tahlili, ijmali, maudhu’i. | ||||
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||||
Level Kognitif | Maknadan Teknik Tafsir | ||||
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||||
Level Kognitif | Definisi Hadis dan Kategorinya | ||||
Pengetahuan danPemahaman Mengidentifikasi Menyebutkan Menunjukkan Menjelaskan Mengkategorikan Membedakan Menerjemahkan | Peserta didik dapatmemahami dan menguasai tentang:- Pengertian hadis, sunnah, khabar dan atsar.- Pengertian hadis dan ilmu hadis serta perbedaan- perbedaannya.- Bentuk-bentuk hadis (perkataan, perbuatan, persetujuan kondisional).- Pembagian hadis menurut jumlah perawi.- Pembagian hadis menurut kawasan penyandarannya.- Pembagian hadis menurut kualitas sanad. | ||||
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||||
Level Kognitif | Definisi Hadis dan Kategorinya | ||||
Aplikasi Memberi contoh Menentukan Menerapkan Menginterpretasi Menghubungkan Memprediksi | Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman perihal hadis dan pembagiannya dengan memilih pola dari macam- macam pembagian hadis tersebut. | ||||
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||||
Level Kognitif | Definisi Hadis dan Kategorinya | ||||
Penalaran Menganalisis Mengevaluasi Merumuskan Menyimpulkan Menjelaskan relasi konseptual dengan informasi faktual | Peserta didik dapatmenggunakan kecerdikan dalam mengkaji kategori hadis menurut jumlah perawi, kualitas sanad dan kawasan penyandarannya dengan menganalisis, menyimpulkan atau merumuskan ciri- cirinya. | ||||
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||||
Level Kognitif | Definisi Hadis dan Kategorinya | ||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Pengetahuan danPemahaman Mengenal Mengidentifikasi Membandingkan Menjelaskan Mengkategorikan | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Aplikasi Memberi contoh Menerapkan Menentukan Menghubungkan | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Penalaran Menganalisis Mengevaluasi Menyimpulkan | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Pengetahuan danPemahaman Menyebutkan Mengidentifikasi Menunjukkan Menjelaskan Menentukan Mengkategorikan Membedakan Mengelompokkan Mengartikan | |||||
Aplikasi Menginterpretasi Memberi contoh Menghubungkan Menerapkan Membandingkan Mewujudnyatakan Meneladani | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Penalaran Menyimpulkan Merumuskan Menganalisis Mensistesis Mengevaluasi Memprediksi Menyelesaikan masalah | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Pengetahuan danPemahaman Menyebutkan Menjelaskan Mengidentifikasi Mengkategorikan Membedakan | |||||
Aplikasi Menginterpretasi Memberi contoh Membandingkan Menghubungkan Menerapkan | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Penalaran Menyimpulkan Merumuskan Mengevaluasi Memprediksi Menyelesaikan masalah | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Pengetahuan danPemahaman Menyebutkan Mengidentifikasi Menunjukkan Menjelaskan Menentukan Mengkategorikan Membedakan | |||||
Aplikasi Memberi contoh Membandingkan Menghubungkan Menerapkan Menginterpretasi | |||||
Penalaran Menyimpulkan Merumuskan Menganalisis | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Mensistesis Mengevaluasi Memprediksi Menyelesaikan masalah | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Pengetahuan danPemahaman Menyebutkan Mengidentifikasi Menjelaskan Menentukan Mengkategorikan Mengelompokkan | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Aplikasi Membedakan Menerapkan Memberi contoh Menghubungkan Menginterpretasi Membandingkan | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Penalaran Menganalisis Mengevaluasi Menyimpulkan Menyelesaikan masalah Memprediksi Mensintesis | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Pengetahuan danPemahaman Menyebutkan Mengidentifikasi Menjelaskan Menentukan Mengkategorikan Mengelompokkan | |||||
Aplikasi Membedakan Menerapkan Memberi contoh Menghubungkan Menginterpretasi Membandingkan | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Penalaran Menganalisis Mengevaluasi Menyimpulkan Menyelesaikan masalah Memprediksi Mensintesis | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Pengetahuan danPemahaman Menyebutkan Mengidentifikasi Menjelaskan Menentukan Mengkategorikan Mengelompokkan Menguraikan | |||||
Aplikasi Membedakan Menerapkan Memberi contoh Menghubungkan Menginterpretasi Membandingkan | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Penalaran Menganalisis Mengevaluasi Menyimpulkan Menyelesaikan masalah Memprediksi Mensintesis | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Pengetahuan danPemahaman Mengidentifikasi Memaknai | |||||
Aplikasi Menginterpretasi Menggunakan Menyusun | |||||
Penalaran Membandingkan Menunjukkan bukti Menganalisis Menanggapi/mengomentari Merefleksi Mengevaluasi | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Mengkreasikan | |||||
Menulis Terbatas | |||||
Pengetahuan danPemahaman Mengidentifikasi Memaknai | Peserta didik dapat- memaknai istilah/kata- mengidentifikasiinformasi tersurat | Peserta didik dapat- mengidentifikasi dan memaknai kata simbolik/majas/kias dalam karya sastra- memaknai isi tersurat dalam karya sastra | Peserta didik dapat- melengkapi kalimat/ paragraf dengan istilah/kata/ungkapan/ peribahasa | Peserta didik dapat- mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah- mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi- mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat efektif- mengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragraf | Peserta didik dapat- mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, kata tugas)- mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca |
Aplikasi Menginterpretasi Menggunakan | Peserta didik dapat- menemukan wangsit pokok- menemukan inti kalimat- memilih makna rujukan- menyimpulkan isi tersirat dalam teks- memilih kalimat utama- memilih kalimat penjelas | Peserta didik dapat- menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/novel (konflik, alasannya konflik, tanggapan konflik, amanat, nilai- nilai) | Peserta didik dapat- melengkapi unsur teks (eksposisi, deskripsi, argumentasi, narasi, ulasan biografi, prosedur)- melengkapi teks sastra (prosa, puisi, drama)- menggabungkan kalimat- mengurutkan unsur teks | Peserta didik dapat- memakai kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)- mengisi dengan konjungsi yang sesuai | Peserta didik dapat- memakai ejaan- memakai tandabaca |
Penalaran Membandingkan Menunjukkan bukti Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari Merefleksi Mengevaluasi Memvariasikan | Peserta didik dapat- membandingkan isi, pola penyajian, dan atau bahasa teks- menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi teks- membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks (berita, eksposisi,prosedur, editorial,ulasan/resensi)- mengomentari isi teks- mengatakan buktisuatu simpulan | Peserta didik dapat- membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)- menganalisis relasi antarbagian karya sastra- menandakan tamat dengan data pada karya sastra (bukti watak, setting, nilai)- mengaitkan isi dengan kehidupan ketika ini | Peserta didik dapat- memvariasikan kata yang bermakna sama- memvariasikan kalimat yang bertujuan sama- menggabungkan beberapa kalimat dengan konjungsi yang sesuai- memvariasikan unsur teks- mengubah bentuk teks lain | Peserta didik dapat- memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat- memperbaiki kesalahan paragraf- memilih alasan dari segi pilihan kata/kalimat dalam paragraf | Peserta didik dapat- memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan- memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca- memilih alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca |
- menilai keunggulan/ kelemahan karya sastra- meringkas isi karya sastra | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | Menulis Terbatas | ||||
Pengetahuan dan Pemahaman Mengidentifikasi Memaknai | Peserta didik dapat- Melengkapi kata/istilah sesuai konteks kalimat | ||||
Aplikasi Menginterpretasi Menangkap informasi implisit Menggunakan konsep/prinsip | Peserta didik dapat- Melengkapi paragraf- Melengkapi unsur teks(melengkapi argumen, tesis)- Menafsirkan unsur teks | ||||
Penalaran Membandingkan Menunjukkan bukti Menganalisis Menanggapi/mengomentari Merefleksi Mengevaluasi Mengkreasi | Peserta didik dapat- Memvariasikan bab teks- Memvariasikan kalimatkritikan/pujian | ||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Pengetahuan danPemahaman Mengidentifikasi Memaknai Menentukan | |||||
Aplikasi Menginterpretasi Menggunakan konsep/prinsip | |||||
Penalaran Membandingkan Menunjukkan bukti Menganalisis Menanggapi/mengomentari Merefleksi Mengevaluasi Mengkreasi | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Pengetahuan danPemahaman Mengidentifikasi | |||||
Aplikasi Membandingkan Mengklasifikasi Menjelaskan | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Penalaran Menyimpulkan Merinci perbedaan/persamaan Menganalisis | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Pengetahuan danPemahaman Mengenal Mengeja Mengidentifikasi Menentukan topik | |||||
Aplikasi Mengartikan Menggunakan Menerapkan Menginterpretasi Menyusun | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Penalaran Menganalisis Mengevaluasi Menyimpulkan Menerjemahkan | |||||
Level Kognitif | |||||
Pengetahuan danPemahaman Mengenal Mengidentifikasi Menentukan | |||||
Aplikasi Mengartikan Menggunakan Menerapkan | |||||
Level Kognitif | |||||
Penalaran Menganalisis Menginterpretasi Menyimpulkan Menyusun | |||||
Level Kognitif | |||||
Pengetahuan dan pemahaman Menentukan Mengidentifikasi Mengenal | |||||
Aplikasi Mengartikan Menggunakan Menerapkan | |||||
Level Kognitif | |||||
Penalaran Menganalisis Menginterpretasi Menyimpulkan Menyusun | |||||
Level Kognitif | |||||
Pengetahuan danPemahaman Mengenal Mengidentifikasi Menentukan | |||||
Aplikasi Menjawab Menggunakan Menerapkan Menginterpretasi Mengkonjugasikan | |||||
Level Kognitif | |||||
Penalaran Menganalisis Menyusun Menyimpulkan Menginterpretasikan | |||||
Level Kognitif | |||||
Pengetahuan dan pemahaman Mengenal Mengidentifikasi Menentukan | |||||
Aplikasi Menggunakan Menerapkan Menjawab | |||||
Level Kognitif | |||||
Penalaran Menganalisis Menyusun Menginterpretasi Menyimpulkan | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Pengetahuan danPemahaman Mengidentifikasi Membandingkan Menentukan Menghitung Mengklasifikasi Menjelaskan | |||||
Aplikasi Menentukan Menghitung Memodelkan Menyelesaikan masalah | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Penalaran Menganalisis Menyimpulkan Menginterprestasi Memprediksi Mensintesis | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Pengetahuan danPemahaman Mengidentifikasi Membandingkan Menentukan Menghitung Mengklasifikasi Menjelaskan | |||||
Aplikasi Menentukan Menghitung Memodelkan Menyelesaikan masalah | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Penalaran Menganalisis Menyimpulkan Menginterprestasi Memprediksi Mensintesis | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Pengetahuan dan Pemahaman Mengidentifikasi Membandingkan Menentukan Menghitung Mengklasifikasi Menjelaskan | |||||
Aplikasi Menentukan Menghitung Memodelkan Menyelesaikan masalah | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Penalaran Menganalisis Menyimpulkan MenginterprestasiMemprediksi Mensintesis | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Pengetahuan danPemahaman Mengidentifikasi Menyebutkan Menunjukkan Membedakan Mengelompokkan Menjelaskan | |||||
Aplikasi Mengklasifikasi Menginterpretasi Menghitung Mendeskripsikan Mengurutkan Membandingkan Menerapkan Memodifikasi | |||||
Penalaran Menemukan Menyimpulkan Menggabungkan Menganalisis | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Menyelesaikan masalah Merumuskan Memprediksi | |||||
Pengetahuan danPemahaman Membuat daftar/list Mendeskripsikan/describe Membuat tabulasi Memakai Merangkum Menginterpretasi Memprediksi/menentukan Mengeksekusi | |||||
Aplikasi Mengklasifikasi Bereksperimen(data-based) Menghitung | |||||
Penalaran Mengurutkan/Order Menjelaskan Membedakan Mendapatkan Mengurutkan/Rank Menilai/menguji Menyimpulkan Bertindak Menggabungkan Merencanakan Menyusun Mengaktualisasi | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Pengetahuan danPemahaman Menyebutkan Menunjukkan Menjelaskan | |||||
Aplikasi Mengklasifikasikan Menentukan Mengurutkan Meramalkan Menghitung Mengemukakan | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Penalaran Menyimpulkan Menganalisis Merumuskan Menemukan Mengintepretasikan | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Pengetahuan danPemahaman Mendeskripsikan Menjelaskan Menentukan Mengidentifikasi Menyebutkan Menunjukkan Membandingkan Membedakan Memberi contoh | |||||
Aplikasi Menerapkan Menginterpretasikan Memprediksi Menghitung | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Penalaran Menganalisis Mensintesis Mengevaluasi Menyelesaikan masalah Menyimpulkan Menjelaskan relasi konseptual dan informasi faktual | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||||
Level Kognitif | Konsep dan Objek KajianSosiologi | ||||
Pengetahuan danPemahaman Menjelaskan Menentukan Mengategorikan Membedakan Memberi contoh | Peserta didik dapatmemahami dan menguasai tentang:- teori dan pengetahuan sosiologi- objek sosiologi- fungsi dan manfaat sosiologi | ||||
Aplikasi Menghubungkan Menerapkan Menginterpretasi Mengidentifikasi Menentukan | Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:- interaksi sosial antar individu, kelompok, dan antar kelompok dengan konsep dasar sosiologi | ||||
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||||
Level Kognitif | Konsep dan Objek KajianSosiologi | ||||
Penalaran Membandingkan Menyimpulkan Merumuskan Menganalisis Mensintesis Mengevaluasi Memprediksi Menyelesaikan masalah | Peserta didik dapatmenggunakan kecerdikan dalam mengkaji:- gejala-gejala sosial yang terjadi dalam masyarakat dengan memakai konsep sosiologi | ||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Pengetahuan danPemahaman Menyebutkan Mengidentifikasi Menjelaskan Memahami | |||||
Aplikasi Mengklasifikasi Menentukan Menggunakan Memecahkan Menerapkan Menghitung | |||||
Penalaran Membandingkan Memprediksi Membuktikan Mengkombinasi Menganalisis | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Pengetahuan danPemahaman Mengidentifikasi Menyebutkan Menunjukkan Menjelaskan | |||||
Aplikasi Memberi contoh Menentukan Menerapkan Menginterpretasi Memprediksi Menghubungkan | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Penalaran Membandingkan Menganalisis Mensintesis Mengevaluasi Merumuskan Menyimpulkan Menjelaskan relasi konseptual dan informasi faktual Menyelesaikan masalah | |||||
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||||
Level Kognitif | Maknadan Teknik Tafsir | ||||
Pengetahuan danPemahaman Mengidentifikasi Menyebutkan Menunjukkan Menjelaskan Mengkategorikan | Peserta didik dapatmemahami dan menguasai tentang:- Pengertian tafsir, pengertian dan ciri tafsir bil ma’tsur dan tafsir bir ra’yi.- Metode penafsiran Al-Qur’an: tahlili, maudhu’i, ijmali.- Kaidah-kaidah dalam menafsirkan Al- Qur’an. | ||||
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||||
Level Kognitif | Maknadan Teknik Tafsir | ||||
Aplikasi Memberi contoh Menentukan Menerapkan Menghubungkan Membedakan | Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:- Contoh tafsir.- Contoh tafsir bilma’tsur dan tafsir birra’yi.- Kaidah-kaidah tafsir Al-Qur’an; jama’, mufrad, mudzakkar, muannats, nakirah, ma’rifat, dhamir, sual wal jawab.- Metode penafsiran Al-Qur’an; tahlili, ijmali, maudhu’i. | ||||
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||||
Level Kognitif | Maknadan Teknik Tafsir | ||||
Penalaran Menganalisis Menyimpulkan Menjelaskan relasi konseptual dengan informasi faktual Menyelesaikan masalah Mengartikan/menerjemahkan | Peserta didik dapatmenggunakan kecerdikan tentang:- Tafsir bil ma’tsur dan tafsir bir ra’yi.- Kaidah-kaidah tafsir Al-Qur’an; jama’, mufrad, mudzakkar, muannats, nakirah, ma’rifat, dhamir, sual wal jawab.- Metode penafsiran Al-Qur’an; tahlili, ijmali, maudhu’i. | ||||
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||||
Level Kognitif | Maknadan Teknik Tafsir | ||||
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||||
Level Kognitif | Definisi Hadis dan Kategorinya | ||||
Pengetahuan danPemahaman Mengidentifikasi Menyebutkan Menunjukkan Menjelaskan Mengkategorikan Membedakan Menerjemahkan | Peserta didik dapatmemahami dan menguasai tentang:- Pengertian hadis, sunnah, khabar dan atsar.- Pengertian hadis dan ilmu hadis serta perbedaan- perbedaannya.- Bentuk-bentuk hadis (perkataan, perbuatan, persetujuan kondisional).- Pembagian hadis menurut jumlah perawi.- Pembagian hadis menurut kawasan penyandarannya.- Pembagian hadis menurut kualitas sanad. | ||||
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||||
Level Kognitif | Definisi Hadis dan Kategorinya | ||||
Aplikasi Memberi contoh Menentukan Menerapkan Menginterpretasi Menghubungkan Memprediksi | Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman perihal hadis dan pembagiannya dengan memilih pola dari macam- macam pembagian hadis tersebut. | ||||
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||||
Level Kognitif | Definisi Hadis dan Kategorinya | ||||
Penalaran Menganalisis Mengevaluasi Merumuskan Menyimpulkan Menjelaskan relasi konseptual dengan informasi faktual | Peserta didik dapatmenggunakan kecerdikan dalam mengkaji kategori hadis menurut jumlah perawi, kualitas sanad dan kawasan penyandarannya dengan menganalisis, menyimpulkan atau merumuskan ciri- cirinya. | ||||
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||||
Level Kognitif | Definisi Hadis dan Kategorinya | ||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Pengetahuan danPemahaman Mengenal Mengidentifikasi Membandingkan Menjelaskan Mengkategorikan | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Aplikasi Memberi contoh Menerapkan Menentukan Menghubungkan | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Penalaran Menganalisis Mengevaluasi Menyimpulkan | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Pengetahuan danPemahaman Menyebutkan Mengidentifikasi Menunjukkan Menjelaskan Menentukan Mengkategorikan Membedakan Mengelompokkan Mengartikan | |||||
Aplikasi Menginterpretasi Memberi contoh Menghubungkan Menerapkan Membandingkan Mewujudnyatakan Meneladani | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Penalaran Menyimpulkan Merumuskan Menganalisis Mensistesis Mengevaluasi Memprediksi Menyelesaikan masalah | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Pengetahuan danPemahaman Menyebutkan Menjelaskan Mengidentifikasi Mengkategorikan Membedakan | |||||
Aplikasi Menginterpretasi Memberi contoh Membandingkan Menghubungkan Menerapkan | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Penalaran Menyimpulkan Merumuskan Mengevaluasi Memprediksi Menyelesaikan masalah | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Pengetahuan danPemahaman Menyebutkan Mengidentifikasi Menunjukkan Menjelaskan Menentukan Mengkategorikan Membedakan | |||||
Aplikasi Memberi contoh Membandingkan Menghubungkan Menerapkan Menginterpretasi | |||||
Penalaran Menyimpulkan Merumuskan Menganalisis | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Mensistesis Mengevaluasi Memprediksi Menyelesaikan masalah | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Pengetahuan danPemahaman Menyebutkan Mengidentifikasi Menjelaskan Menentukan Mengkategorikan Mengelompokkan | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Aplikasi Membedakan Menerapkan Memberi contoh Menghubungkan Menginterpretasi Membandingkan | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Penalaran Menganalisis Mengevaluasi Menyimpulkan Menyelesaikan masalah Memprediksi Mensintesis | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Pengetahuan danPemahaman Menyebutkan Mengidentifikasi Menjelaskan Menentukan Mengkategorikan Mengelompokkan | |||||
Aplikasi Membedakan Menerapkan Memberi contoh Menghubungkan Menginterpretasi Membandingkan | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Penalaran Menganalisis Mengevaluasi Menyimpulkan Menyelesaikan masalah Memprediksi Mensintesis | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Pengetahuan danPemahaman Menyebutkan Mengidentifikasi Menjelaskan Menentukan Mengkategorikan Mengelompokkan Menguraikan | |||||
Aplikasi Membedakan Menerapkan Memberi contoh Menghubungkan Menginterpretasi Membandingkan | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Penalaran Menganalisis Mengevaluasi Menyimpulkan Menyelesaikan masalah Memprediksi Mensintesis | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Pengetahuan danPemahaman Mengidentifikasi Memaknai | |||||
Aplikasi Menginterpretasi Menggunakan Menyusun | |||||
Penalaran Membandingkan Menunjukkan bukti Menganalisis Menanggapi/mengomentari Merefleksi Mengevaluasi | |||||
Level Kognitif | |||||
Level Kognitif | |||||
Mengkreasikan |
Demikian goresan pena tentang:
Download Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) Tahun 2017-2018 SMA/MA Semua Mapel pdf
Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!
0 Response to "Download Kisi-Kisi Ujian Nasional (Un) Tahun 2017-2018 Sma/Ma Semua Mapel Pdf"
Posting Komentar