Download Kisi-Kisi Usbn Smp/Mts Tahun Pelajaran 2017/2018 Semua Mapel Lengkap
Download Kisi-kisi USBN SMP/MTs Tahun Pelajaran 2017/2018 Semua Mapel Lengkap: IPS dan PKn Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013
BSNP atau Badan Standar Nasional Pendidikan secara resmi telah merilis kisi-kisi Ujian Nasional (UN) Tahun Pelajaran 2017/2018 untuk tingkat SMK-MAK menurut Surat Edaran Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor 0080/SDAR/BSNP/VIII/2017 perihal Kisi-Kisi USBN dan UN Tahun Pelajaran 2017/2018. Kisi-kisi ini hendaknya menjadi panduan atau pedoman pemetaan mencar ilmu bagi penerima didik dalam rangka menghadapi ujian nasional dan ujian sekolah berstandar nasional.
Tulisan kali ini memuat kisi-kisi ujian sekolah berstandar nasional (USBN) untuk tingkat sekolah menengah pertama (SMP) dan madrasah tsanawiyah (MTs) yang terdiri atas mata pelajaran/mapel sebagai berikut:
1. Ilmu pengetahuan sosial (IPS) Kurikulum 2006
2. Ilmu pengetahuan sosial (IPS) Kurikulum 2013
3. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kurikulum 2006
4. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kurikulum 2013
Berikut yaitu tautan Download Kisi-kisi USBN SMP/MTs Tahun Pelajaran 2017/2018 Semua Mapel Lengkap. Berkas dipadatkan dalam bentuk zip untuk mempermudah download.
BACA SOAL SIAP USBN 2017-2018 SEMUA MAPEL LENGKAP
- Soal Siap USBN Sekolah Menengah Pertama Mapel IPS 2017/2018 K13
- Soal Siap USBN Sekolah Menengah Pertama Mapel Seni Budaya 2017/2018 K13
- Soal Siap USBN Sekolah Menengah Pertama Mapel Prakarya 2017/2018 K13
- Soal Siap USBN Sekolah Menengah Pertama Mapel Bahasa Jawa 2017/2018 K13
- Soal-Kunci Jawab Siap USBN Sekolah Menengah Pertama Mapel PPKn 2017/2018 K13
- Soal-Kunci Jawab Siap USBN Sekolah Menengah Pertama Mapel Bahasa Inggris 2017/2018 K13
- Soal Siap USBN Sekolah Menengah Pertama Mapel PAI dan Budi Pekerti 2017/2018 K13
- Soal Siap USBN Sekolah Menengah Pertama Mapel PJOK 2017/2018 K13
- Soal-Kunci Jawab Siap USBN Sekolah Menengah Pertama Mapel Bahasa Indonesia 2017/2018 K13
- Soal-Kunci Jawab Siap USBN Sekolah Menengah Pertama Mapel IPA 2017/2018 K13
- Soal-Kunci Jawab Siap USBN Sekolah Menengah Pertama Mapel Matematika 2017/2018 K13
Kisi-kisi USBN SMP/MTs Tahun Pelajaran 2017/2018: Mata Pelajaran IPS Kurikulum 2006
Level Kognitif | Keanekaragaman Bentuk Muka Bumi, Gejala Geosfer Dan Kependudukan | Sosialisasi DanPerubahan Sosial |
---|---|---|
Peserta didik mampumemahami dan menguasai:- keragaman bentuk muka bumi dengan kegiatan penduduk- proses pembentukan muka bumi- tanda-tanda atmosfer- tanda-tanda hidrosfer- kondisi geografik dengan penduduk- peta, atlas dan globe- Asia Tenggara- negara berkembang, negara maju- benua dan samudera | Peserta didik mampumemahami dan menguasai:- penduduk- proses sosial- bentuk-bentukinteraksi sosial- perubahan sosial- penyimpangansosial- lingkungan hidup pembangunan berkelanjutan | |
Pengetahuan danPemahaman Memahami Mengidentifikasi Menjelaskan Menyebutkan Mendeskripsikan Memberi contoh Menentukan Menunjukkan | Peserta didik mampumenentukan:- keragaman bentuk muka bumi dengan kegiatan penduduk- proses pembentukan muka bumi- kondisi geografik denganpenduduk- sketsa, pengetahuan peta, atlas dan globe- Asia Tenggara- negara berkembang, negara maju- benua dan samudera | Peserta didik mampumenentukan penyelesaian permasalahan:- penduduk- proses sosial- bentuk-bentukinteraksi sosial- perubahan sosial- penyimpangansosial- lingkungan hidup pembangunan berkelanjutan |
Aplikasi Mengklasifikasi Menghitung Menggunakan Menyelesaikan Menerapkan Menentukan Membedakan Memprediksi Menginterpretasikan Memberi contoh Menemukan Menghubungkan | Peserta didik mampumenganalisis tentang:- keragaman bentuk muka bumi dengan kegiatan penduduk- proses pembentukan muka | Peserta didik mampumenganalisis tentang:- penduduk- proses sosial- bentuk-bentukinteraksi sosial |
Penalaran Menganalisis Memprediksi Membuktikan Mengkombinasi | bumi- kondisi geografik dengan penduduk | - perubahan sosial- penyimpangansosial- lingkungan hidup pembangunan berkelanjutan |
Membandingkan Menyimpulkan Mengevaluasi Mensintesis | ||
Level Kognitif | PerkembanganMasyarakat Kebudayaan Dan Pemerintahan Sejak Pra-Aksara Sampai DenganMempertahankan NKRI | Kegiatan Perekonomian Indonesia, Kerja Sama Dan Lembaga Ekonomi Internasional |
Peserta didik mampumemahami:- kehidupan sosial, ekonomi, budaya masyarakat dan peninggalan- peninggalan pra-aksara, masa Hindu-Budha, masa Islam- masa kolonialisme, masa pergerakan nasional, persiapan proklamasi- kehidupan sosial, ekonomi, politik, budaya sehabis proklamasi kemerdekaan | Peserta didik bisa memahami danmenguasai tentang:- pelaku ekonomi tubuh usaha, koperasi dan pasar- gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi- insan sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral- badan-badan kerjasama internasional/regional- tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi- ajakan dan penawaran serta terbentuknya harga- uang dan forum keuangan | |
Pengetahuan danPemahaman Memahami Mengidentifikasi Menjelaskan Menyebutkan Mendeskripsikan Memberi contoh Menentukan Menunjukkan | Peserta didik mampumengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:- kehidupan sosial, ekonomi, budaya, politik masa pra-aksara, Hindu- Budha, Islam, kolonialisme, liberalisme, masa pergerakan nasional, persiapan proklamasi hingga proklamasi- kehidupan sosial, ekonomi, politik, budaya pasca proklamasi kemerdekaan hingga reformasi | Peserta didik bisa mengaplikasikanpengetahuan:- pelaku ekonomi tubuh usaha, koperasi dan pasar- gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi- kelangkaan sumberdaya dan kebutuhan manusia- insan sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral- sistem ekonomi dan pajak- penerapan pajak dalam kehidupan sehari-hari-hari menurut data- pemeranan pemerintah dalam upaya menanggulangi ketenaga kerjaan- tindakan ekonomi dan kegiatanekonomi- ajakan dan penawaran serta terbentuknya harga- uang dan forum keuangan |
Aplikasi Mengklasifikasi Menghitung Menggunakan Menyelesaikan Menerapkan Menentukan Membedakan Memprediksi Menginterpretasikan Memberi contoh Menemukan Menghubungkan | Peserta didik mampumenggunakan logika dalam mengkaji:- kehidupan sosial, ekonomi, budaya, dan politik masa pra-aksara, | Peserta didik bisa memakai nalardalam memecahkan duduk kasus tentang:- tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi- uang dan forum keuangan |
Penalaran Menganalisis Memprediksi Membuktikan Mengkombinasi | masa Hindu-Budha,Islam, kolonialisme, dan liberalisme, proklamasi, hingga pasca reformasi | |
Membandingkan Menyimpulkan Mengevaluasi Mensintesis |
Kisi-kisi USBN SMP/MTs Tahun Pelajaran 2017/2018: Mata Pelajaran IPS Kurikulum 2013
Level Kognitif | Lingkup Materi | |
---|---|---|
Aspek Keruangan Dan Konektivitas Antar Ruang dan Waktu | Kelembagaan Sosial dan Dinamika Interaksi Manusia | |
Pengetahuan danPemahaman Memahami Mengidentifikasi Menjelaskan Menyebutkan Mendeskripsikan Memberi contoh Menentukan Menunjukkan | Peserta didik mampumemahami dan menguasai aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam aspek regional: letak Indonesia, geologis, pengelolaan sumberdaya alam, kondisi geografis dengan kegiatan manusia, bentuk muka bumi, sumberdaya alam, peta, iklim, asia tenggara, negara maju/berkembang. | Peserta didik mampumemahami dan menguasai:- penduduk- proses sosial- bentuk-bentukinteraksi sosial- perubahan sosial- penyimpangansosial- keragaman sosial dan budaya- lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan- fungsi dan tugas forum sosial |
Aplikasi Mengklasifikasi Menghitung Menggunakan Menyelesaikan Menerapkan Menentukan Membedakan | Peserta didik mampumenentukan aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam aspek nasional: letak Indonesia, pengelolaan sumberdaya alam, kondisi geografis dengan aktivitas | Peserta didik mampumenentukan penyelesaian permasalahan:- penduduk- proses sosial- bentuk-bentukinteraksi sosial- perubahan sosial |
Memprediksi Menginterpretasikan Memberi contoh Menemukan Menghubungkan | manusia,bentuk mukabumi, sumberdaya alam, peta, iklim, asia tenggara, negara maju/berkembang. | - penyimpangan sosial- lingkungan hidup pembangunan berkelanjutan |
Penalaran Menganalisis Memprediksi Membuktikan Mengkombinasi Membandingkan Menyimpulkan Mengevaluasi Mensintesis | Peserta didik mampumenganalisis aspek keruangan dengan konektivitas antar ruang dan waktu dalam aspek Nusantara: letak Indonesia, pengelolaansumberdaya alam, kondisi geografis dengan kegiatan manusia, bentuk muka bumi, sumberdaya alam, peta, iklim, asia tenggara,negara maju/berkembang. | Peserta didik mampumenganalisis tentang:- penduduk- proses sosial- bentuk-bentukinteraksi sosial- perubahan sosial- penyimpangansosial- lingkungan hidup pembangunan berkelanjutan |
Level Kognitif | Lingkup Materi | |
Perkembangan MasyarakatKebudayaan dan Pemerintahan Sejak Pra- Aksara Sampai dengan Mempertahankan NKRI | Kegiatan Perekonomian Indonesia, Kerja Sama dan Lembaga Ekonomi Internasional | |
Pengetahuan danPemahaman Memahami Mengidentifikasi Menjelaskan Menyebutkan Mendeskripsikan Memberi contoh Menentukan Menunjukkan | Perkembangan MasyarakatKebudayaan dan Pemerintahan Sejak Pra- Aksara Sampai dengan Mempertahankan NKRI | Kegiatan Perekonomian Indonesia, Kerja Sama dan Lembaga Ekonomi Internasional |
Aplikasi Mengklasifikasi Menghitung Menggunakan Menyelesaikan Menerapkan Menentukan Membedakan | Peserta didik mampumemahami kehidupan:- sosial, ekonomi, budaya dan peninggalan-peninggalan masyarakat pra-aksara, masa Hindu-Budha, masa Islam- masa kolonialisme, masa pergerakan dan pembangunan nasional, persiapan proklamasi- kehidupan sosial, ekonomi, politik, budaya sehabis proklamasi kemerdekaan | Peserta didik bisa memahamidan menguasai tentang:- pelaku ekonomi tubuh usaha, koperasi dan pasar- insan sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral- badan-badan kerjasama internasional/regional- kegiatan ekspor dan impor- tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi- ajakan dan penawaran serta terbentuknya harga- uang dan forum keuangan |
Memprediksi Menginterpretasikan Memberi contoh Menemukan Menghubungkan | Peserta didik bisa mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:- kehidupan sosial, ekonomi, budaya, politik masa pra- aksara, Hindu-Budha, Islam- masa kolonialisme liberalisme, masa pergerakan, persiapan proklamasi,- kehidupan sosial, ekonomi, | Peserta didik mampumengaplikasikan pengetahuan:- pelaku ekonomi tubuh usaha, koperasi dan pasar- gagasan kreatif dalam tindakanekonomi dan kegiatan ekonomi- kelangkaan sumberdaya dan kebutuhan manusia- insan sebagai makhluk |
Penalaran Menganalisis Memprediksi Membuktikan Mengkombinasi Membandingkan Menyimpulkan Mengevaluasi Mensintesis | politik, budaya sehabis proklamasi kemerdekaan | sosial dan ekonomi yangbermoral- sistem ekonomi dan pajak- badan-badan kerjasama internasional/regional- penerapan pajak dalam kehidupan sehari-hari-hari menurut data- pemeranan pemerintah dalam upaya menanggulangi ketenaga kerjaan- tindakan ekonomi dan kegiatanekonomi- ajakan dan penawaran serta terbentuknya harga- uang dan forum keuangan |
Peserta didik mampumenggunakan logika dalam mengkaji konsep-konsep kehidupan sosial, ekonomi, budaya, dan politik masa pra- aksara, masa Hindu-Budha, Islam,- masa kolonialisme, danliberalisme masa pergerakan- persiapan proklamasi, kehidupan sosial, ekonomi, politik, budaya sehabis proklamasi kemerdekaan | Peserta didik bisa menggunakannalar dalam memecahkan duduk kasus tentang:- tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi- uang dan forum keuangan |
Kisi-kisi USBN SMP/MTs Tahun Pelajaran 2017/2018: Mata Pelajaran Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kurikulum 2006
Level Kognitif | Lingkup Materi | |
---|---|---|
Aturan dan Ideologi | Hak dan KewajibanWarga Negara | |
Pengetahuan danPemahaman Mengidentifikasi Menunjukkan Menjelaskan Mendeskripsikan | Peserta didik sanggup memahamidan menguasai:- norma- konstitusi dan Proklamasi- ancaman korupsi- Pancasila | Peserta didik dapatmemahami dan menguasai:- hak asasi manusia- perjuangan bela negara |
Aplikasi Memberi contoh Menentukan Menerapkan Menginterpretasi Mengurutkan | Peserta didik dapatmenerapkan pengetahuan dan pemahaman tentang:- norma- konstitusi dan Proklamasi- ancaman korupsi- Pancasila | Peserta didik dapatmenerapkan pengetahuan dan pemahaman tentang:- hak asasi manusia- perjuangan bela negara |
Penalaran Menganalisis Mengevaluasi Mengaitkan Menyimpulkan | Peserta didik dapatmenganalisis:- norma- konstitusi dan Proklamasi- ancaman korupsi- Pancasila | Peserta didik dapatmenganalisis:- hak asasi manusia- perjuangan bela negara |
Level Kognitif | Kedaulatan Rakyat | Globalisasi danPrestasi Diri |
Peserta didik sanggup memahamidan menguasai:- demokrasi dan kedaulatan- kemerdekaan mengemukakan pendapat- otonomi daerah | Peserta didik dapatmemahami dan menguasai:- globalisasi- prestasi diri | |
Pengetahuan danPemahaman Mengidentifikasi Menunjukkan Menjelaskan Mendeskripsikan | Peserta didik dapatmenerapkan pengetahuan dan pemahaman tentang:- demokrasi dan kedaulatan- kemerdekaan mengemukakan pendapat- otonomi daerah | Peserta didik dapatmenerapkan pengetahuan dan pemahaman tentang:- globalisasi- prestasi diri |
Aplikasi Memberi contoh Menentukan Menerapkan Menginterpretasi Mengurutkan | Peserta didik dapatmenganalisis:- demokrasi dan kedaulatan- kemerdekaan mengemukakan pendapat- otonomi daerah | Peserta didik dapatmenganalisis:- globalisasi- prestasi diri |
Penalaran Menganalisis Mengevaluasi Mengaitkan Menyimpulkan |
Kisi-kisi USBN SMP/MTs Tahun Pelajaran 2017/2018: Mata Pelajaran Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kurikulum 2013
Level Kognitif | Lingkup Materi | |
---|---|---|
Pancasila Sebagai Ideologi Negara | ||
Pengetahuan danPemahaman Mengidentifikasi Menunjukkan Menjelaskan Mendeskripsikan | Peserta didik sanggup memahami danmenguasai :- Proses perumusan Pancasila- Nilai-nilai dan adab dalamPancasila | |
Aplikasi Memberi contoh Menentukan Menerapkan Menginterpretasi Mengurutkan | Peserta didik sanggup menerapkanpengetahuan dan pemahaman perihal :- Proses perumusan Pancasila- Nilai-nilai dan adab dalamPancasila | |
Penalaran Menganalisis Mengevaluasi Mengaitkan Menyimpulkan | Peserta didik sanggup menganalisis :- Proses perumusan Pancasila- Nilai-nilai dan adab dalamPancasila | |
Level Kognitif | Lingkup Materi | |
Pancasila Sebagai Ideologi Negara | Norma dan Konstitusi | |
Pengetahuan danPemahaman Mengidentifikasi Menunjukkan Menjelaskan Mendeskripsikan | Norma dan Konstitusi | Komitmen TerhadapKeutuhan NKRI |
Aplikasi Memberi contoh Menentukan Menerapkan Menginterpretasi Mengurutkan | Peserta didik sanggup memahamidan menguasai :- Proses perumusan Undang-Undang Dasar NRI Tahun 1945- Penerapan Norma- Lembaga negaraberdasarkan Undang-Undang Dasar NRI 1945- Hak Asasi Manusia | Peserta didik sanggup memahamidan menguasai :- Aspek-aspek pengokohanNKRI- Keberagaman dalam masyarakat- Semangat persatuan dan kesatuan |
Penalaran Menganalisis Mengevaluasi Mengaitkan Menyimpulkan | Peserta didik dapatmenerapkan pengetahuan dan pemahaman perihal :- Proses perumusan Undang-Undang Dasar NRI Tahun 1945- Penerapan Norma- Lembaga negaraberdasarkan Undang-Undang Dasar NRI 1945- Hak Asasi Manusia | Peserta didik sanggup menerapkanpengetahuan dan pemahaman perihal :- Aspek-aspek pengokohanNKRI- Keberagaman dalam masyarakat- Semangat persatuan dan kesatuan |
Peserta didik dapatmenganalisis :- Proses perumusan Undang-Undang Dasar NRI Tahun 1945- Penerapan Norma- Lembaga negaraberdasarkan Undang-Undang Dasar NRI 1945- Hak Asasi Manusia | Peserta didik sanggup menganalisis:- Aspek-aspek pengokohanNKRI- Keberagaman dalam masyarakat- Semangat persatuan dan kesatuan |
Demikian goresan pena tentang:
0 Response to "Download Kisi-Kisi Usbn Smp/Mts Tahun Pelajaran 2017/2018 Semua Mapel Lengkap"
Posting Komentar