Download Buku Guru Smp/Mts Kelas Vii (7) Matematika Kurikulum 2013 Revisi 2017
Download Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) Mata Pelajaran (Mapel) Matematika Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 pdf
Syukur alhamdulillah penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT., alasannya ialah hidayah dan inayah-Nya penulisan Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) Mata Pelajaran (Mapel) Matematika Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini sanggup terselesaikan dengan waktu yang telah ditetapkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) Mata Pelajaran (Mapel) Matematika Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini merupakan petunjuk acara pembelajaran yang terdapat pada buku siswa untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah menurut Kurikulum 2013 dengan tujuan untuk membantu Guru dalam proses membelajarkan Matematika.
Matematika ialah bahasa universal dan hasilnya kemampuan matematika siswa suatu negara sangat gampang dibandingkan dengan negara lain. Selain dari itu, matematika juga digunakan sebagai alat ukur untuk memilih kemajuan pendidikan di suatu negara. Kita mengenal PISA (Program for International Student Assessment) dan TIMSS (The International Mathematics and Science Survey) yang secara terencana mengukur dan membandingkan antara lain kemajuan pendidikan matematika di beberapa negara.
Standar internasional semacam ini memperlihatkan instruksi dalam merumuskan pembelajaran matematika di SMP/MTs. Hasil pembandingan antara yang kita ajarkan selama ini dengan yang dinilai secara internasional memperlihatkan adanya perbedaan, baik terkait materi maupun kompetensi. Perbedaan ini menjadi dasar dalam merumuskan pembelajaran Matematika dalam Kurikulum 2013.
Buku Guru Matematika Kelas VII SMP/MTs Kurikulum 2013 ini ditulis dengan menurut pada materi dan kompetensi yang diubahsuaikan dengan standar internasonal tersebut. Terkait materi misalnya, sebagai tambahan, semenjak kelas VII telah diajarkan antara lain wacana bilangan, himpunan, aljabar dan penerapannya, perbandingan, geometri dan penyajian data. Keseimbangan antara matematika angka dan matematika contoh dan berdiri selalu dijaga. Kompetensi pengetahuan bukan hanya hingga memahami secara konseptual tetapi hingga ke penerapan melalui pengetahuan prosedural dalam pemecahan duduk perkara matematika. Kompetensi keterampilan berpikir juga diasah untuk sanggup memecahkan duduk perkara yang membutuhkan pemikiran order tinggi menyerupai menalar pemecahan duduk perkara melalui permodelan, pembuktian dan perkiraan/pendekatan.
Setiap awal cuilan pada buku ini disajikan kover bab. Bagian ini berisi ilustrasi dan deskripsi singkat yang menarik berkaitan dengan materi cuilan yang bersangkutan. Selain itu, di awal cuilan juga disajikan Kompetensi dasar, indikator dan Pengalaman Belajar yang akan kalian capai dalam setiap bab. Kata-kata kunci merupakan inti dari materi. Bacalah terlebih dahulu kata-kata kuncinya sebelum Anda mempelajari isi materi.
Pada Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) Mata Pelajaran (Mapel) Matematika Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini terdapat dua macam bentuk petunjuk membelajarkan, yaitu Petunjuk Umum dan Petunjuk Khusus. Pada Petunjuk Umum disajikan wacana konsep kurikulum 2013, keterkaitan antara KI-KD, karakteristik pembelajaran matematik, petunjuk membelajarkan acara saintifik, dan pedoman penilai. Pada Petunjuk Khusus disajikan wacana petunjuk acara membelajarkan dalam pendekatan ilmiah, yaitu mengamati, menanya, menggali informasi, menalar, dan mengomunikasikan yang disajikan dengan ikon-ikon tertentu, yaitu Ayo Kita Amati, Ayo Kita Menanya, Ayo Kita Menggali Informasi/Sedikit Informasi/Ayo Kita Mencoba, dan Ayo Kita Berbagi. Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) Mata Pelajaran (Mapel) Matematika Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 pada petunjuk umum ini disertakan juga kunci tanggapan pada setiap acara Ayo Kita Berlatih, Uji Kompetensi setiap babnya dan Uji Kompetensi Semester. Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) Mata Pelajaran (Mapel) Matematika Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini menjabarkan perjuangan minimal yang harus dilakukan Guru untuk mencapai kompetensi dan indikator yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang dipergunakan dalam Kurikulum 2013, Guru menjadi fasilitator siswa untuk mencari sumber berguru lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran Guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersedian acara pada buku Guru ini. Guru sanggup memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.
Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) Mata Pelajaran (Mapel) Matematika Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini merupakan edisi ketiga sebagai penyempurnaan dari edisi pertama dan kedua. Buku Guru ini masih sangat terbuka dan perlu terus dilakukan perbaikan untuk penyempurnaan. Oleh alasannya ialah itu, kami mengundang para pembaca memperlihatkan kritik, saran, dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Atas donasi tersebut, kami mengucapkan terima kasih. Mudah- mudahan kita sanggup memperlihatkan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).
Setelah mempelajari materi pada buku ini, siswa diperlukan memahami materi yang disajikan. Oleh alasannya ialah itu, konsep yang disajikan pada buku ini disampaikan secara logis, sistematis, dan memakai bahasa yang sederhana. Selain itu, buku ini juga mempunyai tampilan yang menarik sehingga siswa tidak akan merasa bosan. Akhir kata penulis ucapkan, biar buku ini bermanfaat dan sanggup digunakan untuk pendamping berguru sebaik-baiknya. Saran dan kritik membangun sangat penulis harapkan untuk perbaikan penulisan buku lebih lanjut.
Berikut ialah tautan Download Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) Mata Pelajaran (Mapel) Matematika Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 pdf:
:
Berikut ialah kutipan daftar isi buku tersebut:
Daftar Isi
Kata Pengantar ............................................................................................... iii
Daftar Isi .......................................................................................................... v
Bagian Pertama: Petunjuk Umum
A. Kurikulum 2013 ....................................................................................... 3
1. Karakteristik Kurikulum 2013 ............................................................ 3
2. Kompetensi Inti (KI) .......................................................................... 4
3. Kompetensi Dasar (KD) ..................................................................... 5
4. Kaitan antara KI, KD, dan Pembelajaran ........................................... 10
5. Struktur KI dan KD Matematika Kelas VII ....................................... 11
B. Karakteristik Mata Pelajaran Matematika .......................................... 12
1. Hakikat Mata Pelajaran Matematika .................................................. 12
2. Fungsi dan Tujuan Mata Pelajaran Matematika ................................. 15
3. Ruang Lingkup Mata Pelajaran Matematika pada Jenjang SMP/MTs 18
C. Pembelajaran Matematika Kelas VII .................................................... 20
1. Petunjuk Penggunaan Buku Matematika Kelas VII ........................... 20
2. Model-model Pembelajaran ................................................................ 25
3. Pelaksanaan Pembelajaran .................................................................. 42
D. Penilaian ................................................................................................... 44
1. Konsep Penilaian dalam Pembelajaran Matematika .......................... 44
2. Penilaian Sikap ................................................................................... 45
3. Penilaian Pengetahuan ........................................................................ 48
4. Penilaian Ketrampilan ........................................................................ 56
5. Remedial dan Pengayaan .................................................................... 65
Bab 1 Bilangan
A. Narasi Awal Bab 1 ..................................................................................... 69
B. Kata Kunci ................................................................................................. 69
C. Kompetensi Inti ......................................................................................... 70
D. Kompetensi Dasar ...................................................................................... 70
E. Indikator Pencapaian Kompetensi ............................................................. 70
F. Peta Konsep ............................................................................................... 71
G. Narasi Tokoh Matematika .......................................................................... 72
H. Proses Pembelajaran .................................................................................. 73
I. Evaluasi Pembelajaran................................................................................ 105
J. Remedial 1 ................................................................................................. 106
K. Pengayaan 1 ............................................................................................... 106
L. Kegiatan Projek 1 ...................................................................................... 107
M. Kegiatan Merangkum 1 ............................................................................. 107
N. Kunci Jawaban Uji Kompetensi 1 ............................................................. 109
Bab 2 Himpunan
A. Narasi Awal Bab 2 ..................................................................................... 111
B. Kata Kunci ................................................................................................. 112
C. Kompetensi Inti ......................................................................................... 112
D. Kompetensi Dasar ...................................................................................... 112
E. Indikator Pencapaian Kompetensi ............................................................. 113
F. Peta Konsep ............................................................................................... 114
G. Narasi Tokoh Matematika .......................................................................... 115
H. Proses Pembelajaran .................................................................................. 116
I. Evaluasi Pembelajaran................................................................................ 180
J. Remedial 2 ................................................................................................. 181
K. Pengayaan 2 ............................................................................................... 182
L. Kegiatan Projek 2 ...................................................................................... 182
M. Kegiatan Merangkum 2 ............................................................................. 183
N. Kunci Jawaban Uji Kompetensi 2 ............................................................. 185
Bab 3 Bentuk Aljabar
A. Narasi Awal Bab 3 ..................................................................................... 189
B. Kata Kunci ................................................................................................. 189
C. Kompetensi Inti ......................................................................................... 190
D. Kompetensi Dasar ...................................................................................... 190
E. Indikator Pencapaian Kompetensi ............................................................. 190
F. Peta Konsep ............................................................................................... 191
G. Narasi Tokoh Matematika .......................................................................... 192
H. Proses Pembelajaran .................................................................................. 193
I. Evaluasi Pembelajaran................................................................................ 221
J. Remedial 3 ................................................................................................. 222
K. Pengayaan 3 ............................................................................................... 222
L. Kegiatan Projek 3 ...................................................................................... 230
M. Kegiatan Merangkum 3 ............................................................................. 231
N. Kunci Jawaban Uji Kompetensi 3 ............................................................. 232
Bab 4 Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel
A. Narasi Awal Bab 4 ..................................................................................... 235
B. Kata Kunci ................................................................................................. 236
C. Kompetensi Inti ......................................................................................... 236
D. Kompetensi Dasar ...................................................................................... 236
E. Indikator Pencapaian Kompetensi ............................................................. 237
F. Peta Konsep ............................................................................................... 238
G. Narasi Tokoh Matematika .......................................................................... 239
H. Proses Pembelajaran .................................................................................. 240
I. Evaluasi Pembelajaran................................................................................ 269
J. Remedial 4 ................................................................................................. 270
K. Pengayaan 4 ............................................................................................... 270
L. Kegiatan Projek 4 ...................................................................................... 271
M. Kegiatan Merangkum 4 ............................................................................. 271
N. Kunci Jawaban Uji Kompetensi 4 ............................................................. 273
Kunci Jawaban Uji Kompetensi Semester I ................................................. 274
Bab 5 Perbandingan
A. Narasi Awal Bab 5 ..................................................................................... 275
B. Kata Kunci ................................................................................................. 276
C. Kompetensi Inti ......................................................................................... 276
D. Kompetensi Dasar ...................................................................................... 277
E. Indikator Pencapaian Kompetensi ............................................................. 277
F. Peta Konsep ............................................................................................... 278
G. Narasi Tokoh Matematika .......................................................................... 279
H. Proses Pembelajaran .................................................................................. 280
I. Evaluasi Pembelajaran................................................................................ 314
J. Remedial 5 ................................................................................................. 317
K. Pengayaan 5 ............................................................................................... 317
L. Kegiatan Projek 5 ...................................................................................... 318
M. Kegiatan Merangkum 5 ............................................................................. 318
N. Kunci Jawaban Uji Kompetensi 5 ............................................................. 320
Bab 6 Aritmetika Sosial
A. Narasi Awal Bab 6 ..................................................................................... 329
B. Kata Kunci ................................................................................................. 329
C. Kompetensi Inti ......................................................................................... 330
D. Kompetensi Dasar ...................................................................................... 330
E. Indikator Pencapaian Kompetensi ............................................................. 330
F. Peta Konsep ............................................................................................... 331
G. Narasi Tokoh Matematika .......................................................................... 332
H. Proses Pembelajaran .................................................................................. 333
I. Evaluasi Pembelajaran................................................................................ 344
J. Remedial 6 ................................................................................................. 345
K. Pengayaan 6 ............................................................................................... 345
L. Kegiatan Projek 6 ...................................................................................... 346
M. Kegiatan Merangkum 6 ............................................................................. 346
N. Kunci Jawaban Uji Kompetensi 6 ............................................................. 347
Bab 7 Garis dan Sudut
A. Narasi Awal Bab 7 ..................................................................................... 349
B. Kata Kunci ................................................................................................. 350
C. Kompetensi Inti ......................................................................................... 350
D. Kompetensi Dasar ...................................................................................... 350
E. Indikator Pencapaian Kompetensi ............................................................. 351
F. Peta Konsep ............................................................................................... 352
G. Narasi Tokoh Matematika .......................................................................... 353
H. Proses Pembelajaran .................................................................................. 354
I. Evaluasi Pembelajaran................................................................................ 397
J. Remedial 7 ................................................................................................. 398
K. Pengayaan 7 ............................................................................................... 398
L. Kegiatan Projek 7 ...................................................................................... 399
M. Kegiatan Merangkum 7 ............................................................................. 400
N. Kunci Jawaban Uji Kompetensi 7 ............................................................. 401
Bab 8 Segiempat dan Segitiga
A. Narasi Awal Bab 8 ..................................................................................... 403
B. Kata Kunci ................................................................................................. 403
C. Kompetensi Inti ......................................................................................... 404
D. Kompetensi Dasar ...................................................................................... 404
E. Indikator Pencapaian Kompetensi ............................................................. 405
F. Peta Konsep ............................................................................................... 406
G. Narasi Tokoh Matematika .......................................................................... 407
H. Proses Pembelajaran .................................................................................. 408
I. Evaluasi Pembelajaran................................................................................ 458
J. Remedial 8 ................................................................................................. 460
K. Pengayaan 8 ............................................................................................... 460
L. Kegiatan Projek 8 ...................................................................................... 464
M. Kegiatan Merangkum 8 ............................................................................. 464
N. Kunci Jawaban Uji Kompetensi 8 ............................................................. 466
Bab 9 Penyajian Data
A. Narasi Awal Bab 9 ..................................................................................... 471
B. Kata Kunci ................................................................................................. 471
C. Kompetensi Inti ......................................................................................... 472
D. Kompetensi Dasar ...................................................................................... 472
E. Indikator Pencapaian Kompetensi ............................................................. 472
F. Peta Konsep ............................................................................................... 473
G. Narasi Tokoh Matematika .......................................................................... 474
H. Proses Pembelajaran .................................................................................. 475
I. Evaluasi Pembelajaran................................................................................ 493
J. Remedial 9 ................................................................................................. 495
K. Pengayaan 9 ............................................................................................... 495
L. Kegiatan Projek 9 ...................................................................................... 496
M. Kegiatan Merangkum 9 ............................................................................. 497
N. Kunci Jawaban Uji Kompetensi 9 ............................................................. 498
Kunci Jawaban Uji Kompetensi Semester II ............................................... 506
Daftar Pustaka ................................................................................................ 507
Glosarium ........................................................................................................ 509
Indeks .......................................................................................................... 516
Profil Penulis .................................................................................................... 520
Profil Penelaah ................................................................................................ 525
Profil Editor ..................................................................................................... 533
Profil Ilustrator ............................................................................................... 534
Demikian goresan pena wacana
0 Response to "Download Buku Guru Smp/Mts Kelas Vii (7) Matematika Kurikulum 2013 Revisi 2017"
Posting Komentar