Download Buku Guru Smp/Mts Kelas Vii (7) Ppkn Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Pdf

 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  Download Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) PPKn Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 pdf

Download Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) Mata Pelajaran (Mapel) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 pdf






Mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran penyempurnaan dari mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang semula dikenal dalam Kurikulum 2006. Penyempurnaan tersebut dilakukan atas dasar pertimbangan : (1) Pancasila sebagai Dasar Negara dan pandangan hidup bangsa diperankan dan dimaknai sebagai entitas inti yang menjadi sumber rujukan dan kriteria keberhasilan pencapaian tingkat kompetensi dan pengorganisasian dari keseluruhan ruang lingkup mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan; (2) substansi dan jiwa Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, nilai dan semangat Bhinneka Tunggal Ika, dan kesepakatan Negara Kesatuan Republik Indonesia ditempatkan sebagai penggalan integral dari Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, yang menjadi wahana psikologis-pedagogis pembangunan warganegara Indonesia yang berkarakter Pancasila.

Perubahan tersebut didasarkan pada sejumlah masukan penyempurnaan pembelajaran PKn menjadi PPKn yang mengemuka dalam lima tahun terakhir, antara lain : (1) secara substansial, PKn terkesan lebih mayoritas bermuatan ketatanegaraan sehingga muatan nilai dan moral Pancasila kurang menerima penekanan yang proporsional; (2) secara metodologis, ada kecenderungan pembelajaran yang mengutamakan pengembangan ranah sikap (afektif), ranah pengetahuan (kognitif), dan pengembangan ranah keterampilan (psikomotorik) belum dikembangkan secara optimal dan utuh (koheren).

Selain itu, melalui penyempurnaan PKn menjadi PPKn tersebut terkandung gagasan dan impian untuk menimbulkan PPKn sebagai salah satu mata pelajaran yang bisa memperlihatkan bantuan dalam solusi atas banyak sekali krisis yang melanda Indonesia, terutama krisis multidimensional. PPKn sebagai mata pelajaran mempunyai misi membuatkan keadaban Pancasila, dibutuhkan bisa membudayakan dan memberdayakan akseptor didik biar menjadi warganegara yang cerdas dan baik serta menjadi pemimpin bangsa dan negara Indonesia di masa depan yang amanah, jujur, cerdas, dan bertanggungjawab.

Dalam konteks kehidupan global, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan selain harus meneguhkan keadaban Pancasila juga harus membekali akseptor didik untuk hidup dalam kancah global sebagai warga dunia (global citizenship). Oleh alasannya yaitu itu, substansi dan pembelajaran PPKn perlu diorientasikan untuk membekali warga negara Indonesia biar bisa hidup dan berkontribusi secara optimal pada dinamika kehidupan kurun 21. Untuk itu, pembelajaran PPKn selain membuatkan nilai dan moral Pancasila, juga membuatkan semua visi dan keterampilan kurun ke-21 sebagaimana telah menjadi kesepakatan global.

Bertolak dari banyak sekali kajian secara filosofis, sosiologis, yuridis, dan pedagogis, mata pelajaran PPKn dalam Kurikulum 2013, secara utuh mempunyai karakteristik sebagai berikut.
a. Nama mata pelajaran yang semula Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) telah diubah menjadi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn);
b. Mata pelajaran PPKn berfungsi sebagai mata pelajaran yang mempunyai misi pengokohan kebangsaan dan penggagas pendidikan abjad Pancasila;
c. Kompetensi Dasar (KD) PPKn dalam bingkai kompetensi inti (KI) yang secara psikologis-pedagogis menjadi pengintegrasi kompetensi akseptor didik secara linier dan koheren dengan penanaman, pengembangan, dan/atau penguatan nilai dan moral Pancasila; nilai dan norma Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; nilai dan semangat Bhinneka Tunggal Ika; serta wawasan dan kesepakatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
d. Pendekatan pembelajaran berbasis proses keilmuan (scientific approach) yang dipersyaratkan dalam kurilukum 2013 memusatkan perhatian pada proses pem- bangunan pengetahuan (KI-3), keterampilan (KI-4), sikap spiritual (KI-1) dan sikap sosial (KI-2) melalui transformasi pengalaman empirik dan pemaknaan konseptual. Pendekatan tersebut mempunyai langkah generik sebagai berikut.

1) mengamati (observing).
2) menanya (questioning).
3) mengeksplorasi/mencoba (exploring).
4) mengasosiasi/menalar (assosiating).
5) mengomunikasikan (communicating).

Kurikulum 2013 dirancang untuk memperkuat kompetensi siswa dari sisi sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara utuh. Proses pencapaiannya melalui pembelajaran sejumlah mata pelajaran yang dirangkai sebagai suatu kesatuan yang saling mendukung pencapaian kompetensi tersebut. Apabila pada jenjang SD/MI semua mata pelajaran digabung menjadi satu dan disajikan dalam bentuk tema-tema, maka pada jenjang SMP/MTs pembelajaran sudah mulai dipisah-pisah menjadi mata pelajaran.

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) merupakan salah satu mata pelajaran wajib untuk jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA. PKKn dirancang untuk menghasilkan siswa yang mempunyai keimanan dan sopan santun mulia sebagaimana diarahkan oleh falsafah hidup bangsa Indonesia, yaitu Pancasila sehingga sanggup berperan sebagai warga negara yang efektif dan bertanggung jawab. Pembahasannya secara utuh meliputi Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dirancang berbasis acara terkait dengan sejumlah tema kewarganegaraan yang dibutuhkan sanggup mendorong siswa menjadi warga negara yang baik melalui kepedulian terhadap permasalahan dan tantangan yang dihadapi masyarakat sekitarnya. Kepedulian tersebut ditunjukkan dalam bentuk partisipasi aktif dalam pengembangan komunitas yang terkait dengan diri siswa. Kompetensi yang dihasilkan tidak lagi terbatas pada kajian pengetahuan dan keterampilan penyajian hasil dalam bentuk karya tulis, tetapi lebih ditekankan kepada pembentukan sikap dan tindakan nyata yang bisa dilakukan oleh tiap siswa. Dengan demikian akan terbentuk sikap cinta dan besar hati sebagai bangsa Indonesia.

Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) Mata Pelajaran (Mapel) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini menjabarkan perjuangan yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang dipakai dalam Kurikulum 2013, siswa diajak untuk berani dalam mencari sumber berguru lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) Mata Pelajaran (Mapel) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini sangat penting, guru sanggup memperkaya dengan kreasi dalam banyak sekali bentuk kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.

Implementasi kurikulum 2013 pada tahun 2013 s/d 2015 telah menerima jawaban yang sangat positif dan masukan yang sangat berharga. Pengalaman tersebut dipergunakan seoptimal mungkin dalam menyiapkan buku untuk implementasi menyeluruh pada tahun pedoman 2016/2017 dan seterusnya. Buku ini merupakan edisi ketiga sebagai penyempurnaan dari edisi pertama dan edisi kedua. Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) Mata Pelajaran (Mapel) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini sangat terbuka dan perlu terus dilakukan perbaikan demi penyempurnaan. Oleh alasannya yaitu itu, kami mengundang para pembaca memperlihatkan kritik, saran dan masukan untuk perbaikan, serta penyempurnaan pada edisi berikutnya. Atas bantuan tersebut, kami mengucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita sanggup memperlihatkan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi emas seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).

Berikut yaitu tautan Download Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) Mata Pelajaran (Mapel) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 pdf:



Berikut kami kutipkan daftar isi dan petunjuk umum penggunaan buku tersebut:

Kata Pengantar ............................................................................................ iii Daftar Isi ..................................................................................................... v Daftar Gambar ............................................................................................ viii Daftar Tabel ................................................................................................ viii



Bagian 1 Petunjuk Umum Buku Guru Kelas VII ...................................... 1
Bagian 2 Petunjuk Khusus Proses Pembelajaran...................................... 51


Bab 1 Pembelajaran Perumusan dan Penetapan Pancasila
sebagai Dasar Negara ..................................................................... 51

A. Kompetensi Inti (KI)................................................................. 52
B. Kompetensi Dasar (KD) ........................................................... 52
C. Indikator .................................................................................. 52
D. Materi Pembelajaran................................................................. 53
E. Proses Pembelajaran ................................................................. 54
Pembelajaran Pertemuan Kesatu (120 menit) ............................. 54
Pembelajaran Pertemuan Kedua (120 menit) ............................. 60
Pembelajaran Pertemuan Ketiga (120 menit).............................. 65
Pembelajaran Pertemuan Keempat (120 menit).......................... 70
Pembelajaran Pertemuan Kelima (120 menit) ............................ 75

Bab 2 Pembelajaran Norma dan Keadilan ................................................ 85

A. Kompetensi Inti (KI)................................................................. 86
B. Kompetensi Dasar (KD) ........................................................... 86
C. Indikator .................................................................................. 86
D. Materi Pembelajaran................................................................. 87
E. Proses Pembelajaran ................................................................. 87
Pembelajaran Pertemuan Kesatu (120 menit) ............................. 87
Pembelajaran Pertemuan Kedua (120 menit) ............................. 92
Pembelajaran Pertemuan Ketiga (120 menit).............................. 98
Pembelajaran Pertemuan Keempat (120 menit).......................... 102
Pembelajaran Pertemuan Kelima (120 menit) ............................ 107

Bab 3 Pembelajaran Perumusan dan Pengesahan UUD
Negara Republik Indonesia Tahun 1945 ......................................... 113

A. Kompetensi Inti (KI)................................................................. 114
B. Kompetensi Dasar (KD) ........................................................... 114
C. Indikator .................................................................................. 114
D. Materi Pembelajaran................................................................. 115
E. Proses Pembelajaran ................................................................. 116
Pembelajaran Pertemuan Kesatu (120 menit) ............................. 116
Pembelajaran Pertemuan Kedua (120 menit) ............................. 121
Pembelajaran Pertemuan Ketiga (120 menit).............................. 127
Pembelajaran Pertemuan Keempat (120 menit).......................... 132
Pembelajaran Pertemuan Kelima (120 menit) ............................ 135
Pembelajaran Pertemuan Keenam (120 menit)........................... 140

Bab 4 Pembelajaran Keberagaman Suku, Agama, Ras,
dan Antargolongan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika ............. 149

A. Kompetensi Inti (KI)................................................................. 150
B. Kompetensi Dasar (KD) ........................................................... 150
C. Indikator .................................................................................. 150
D. Materi Pembelajaran................................................................. 151
E. Proses Pembelajaran ................................................................. 152
Pembelajaran Pertemuan Kesatu (120 menit) ............................. 152
Pembelajaran Pertemuan Kedua (120 menit) ............................. 157
Pembelajaran Pertemuan Ketiga (120 menit).............................. 162
Pembelajaran Pertemuan Keempat (120 menit).......................... 166
Pembelajaran Pertemuan Kelima (120 menit) ............................ 170

Bab 5 Kerjasama dalam Berbagai Bidang Kehidupan ............................... 179

A. Kompetensi Inti (KI)................................................................. 180
B. Kompetensi Dasar (KD) ........................................................... 180
C. Indikator .................................................................................. 180
D. Materi Pembelajaran................................................................. 181
E. Proses Pembelajaran ................................................................. 182
Pembelajaran Pertemuan Kesatu (120 menit) ............................. 182
Pembelajaran Pertemuan Kedua (120 menit) ............................. 187
Pembelajaran Pertemuan Ketiga (120 menit).............................. 192
Pembelajaran Pertemuan Keempat (120 menit).......................... 197
Pembelajaran Pertemuan Kelima (120 menit) ............................ 202

Bab 6 Pembelajaran Daerah dalam Kerangka
Negara Kesatuan Republik Indonesia ............................................. 207

A. Kompetensi Inti (KI)................................................................. 208
B. Kompetensi Dasar (KD) ........................................................... 208
C. Indikator .................................................................................. 208
D. Materi Pembelajaran................................................................. 209
E. Proses Pembelajaran ................................................................. 210
Pembelajaran Pertemuan Kesatu (120 menit) ............................. 210
Pembelajaran Pertemuan Kedua (120 menit) ............................. 214
Pembelajaran Pertemuan Ketiga (120 menit).............................. 220
Pembelajaran Pertemuan Keempat (120 menit).......................... 225
Pembelajaran Pertemuan Kelima (120 menit) ............................ 230
Pembelajaran Pertemuan Keenam (120 menit)........................... 233

Daftar Pustaka ............................................................................................. 241
Glosarium ................................................................................................... 244
Indeks.......................................................................................................... 248
Profil Penulis ............................................................................................... 251
Profil Penelaah ............................................................................................ 253
Profil Editor ................................................................................................ 255

Petunjuk Umum
Buku Guru Kelas VII

A Maksud dan Tujuan Buku Guru

Maksud dan tujuan disusunnya buku guru yaitu sebagai berikut.
1. Memfasilitasi para Guru PPKn dalam membangun persepsi dan sikap positif terhadap mata pelajaran PPKn sesuai dengan ide, regulasi, karakteristik psikologis-pedagogis, dan fungsinya dalam konteks sistem pendidikan nasional.
2. Memahami secara utuh dan menyeluruh karakteristik PPKn Kurikulum 2013 sebagai landasan membangun pola sikap dan pola sikap profesional sebagai guru PPKn.
3. Memfasilitasi tumbuhnya kompetensi guru PPKn untuk mewujudkan pem- belajaran yang berkualitas dan bisa membuatkan budaya kewarga- negaraan di lingkungan satuan pendidikan dan lingkungan sosial-budaya akseptor didik.
4. Mengembangkan diri sebagai guru PPKn yang profesional dan dinamis dalam menyikapi dan memecahkan masalah-masalah simpel terkait visi dan misi mata
pelajaran PPKn di lingkungan satuan pendidikan.


B Petunjuk Penggunaan Buku Guru

Buku Guru Mata Pelajaran PPKn disusun untuk menjadi teladan bagi Guru PPKn dalam rangka kegiatan-kegiatan sebagai berikut.
1. Merancang pembelajaran dari KI dan KD ke dalam materi ajar, pendekatan, strategi, metode, dan model pembelajaran secara lebih inovatif, kreatif, efektif, efisien serta sesuai dengan kebutuhan, kapasitas, karakteristik dan sosial budaya daerah, sekolah/satuan pendidikan dan akseptor didik.
2. Memanfaatkan dan membuatkan sumber berguru biar lebih kreatif, inovatif, efektif, efisien, dan kontekstual sesuai dengan kebutuhan serta karakteristik akseptor didik dan kondisi sosial budaya daerah.
3. Merancang dan melakukan evaluasi kompetensi akseptor didik (aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan) secara utuh sesuai dengan prinsip sahih, objektif, adil, terpadu, terbuka, menyeluruh dan berkesinambungan, sistematis, beracuan kriteria, dan akuntabel.

C KI dan KD Mata Pelajaran PPKn


1. Kompetensi Inti

Mata pelajaran PPKn untuk SMP/MTs kelas VII mempunyai empat kompetensi inti dan
24 kompetensi dasar. Hal ini berbeda dengan kurikulum sebelumnya, yaitu adanya konsep kompetensi inti.

Setiap kompetensi inti mempunyai kedudukannya masing-masing, yaitu :
a. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual;
b. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial;
c. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan; dan d. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.

KI 1, KI 2, dan KI 4 harus dikembangkan dan ditumbuhkan melalui proses pembelajaran setiap materi pokok yang tercantum dalam KI 3. Adapun KI 1 dan KI
2 tidak diajarkan eksklusif (direct teaching), tetapi indirect teaching pada setiap kegiatan pembelajaran.

Kompetensi Inti PPKn Kelas VII :

Kompetensi Inti 1 :
Menghargai dan menghayati pedoman agama yang dianutnya

Kompetensi Inti 2 :
Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

Kompetensi Inti 3 :
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan bencana tampak mata.

Kompetensi Inti 4 :
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang.

Demikian goresan pena perihal

Download Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) PPKn Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 pdf

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!

0 Response to "Download Buku Guru Smp/Mts Kelas Vii (7) Ppkn Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Pdf"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel