Download Contoh Silabus Smk/Mak Mapel Tinjauan Seni: Pola Terbaru 2017
Download Contoh Silabus Mata Pelajaran (Mapel) Tinjauan Seni Berdasarkan Acuan Terbaru
Silabus yakni kerangka contoh penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran untuk setiap mata pelajaran berisi komponen identitas mata pelajaran, identitas satuan pendidikan, kompetensi inti dan kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, bahan pokok, kegiatan pembelajaran, alokasi waktu dan alternatif penilaian. Silabus juga merupakan citra umum kegiatan serta sasaran yang akan dicapai mata pelajaran, di samping sebagai dokumentasi tertulis dalam rangka akuntabilitas kegiatan pembelajaran.
Keberadaan silabus menjadi penting, alasannya yakni akan menjadi contoh dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pengelolaan media, sumber mencar ilmu dan pengembangan sistem penilaian.
Berikut yakni link Download Contoh Silabus Mata Pelajaran (Mapel) Tinjauan Seni Berdasarkan Acuan Terbaru 2017 dari Direktorat Pembinaan SMK:
:
Berikut yakni kutipan dari Silabus Mata Pelajaran (Mapel) Tinjauan Seni Berdasarkan Acuan Terbaru 2017:
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Materi Pokok | JP | Kegiatan Pembelajaran | Alternatif Penilaian |
---|---|---|---|---|---|
3.1 Memahami konsep dasar seni4.1 Mengomunikasikan konsep dasar seni | 3.1.1 Menguraikan deskripsi seni3.1.2 Menguraikan seni sebagai ekspresi3.1.3 Menguraikan seni dalam kehidupan manusia4.1.1 Melakukan kajian seni dalam kehidupan masyarakat sekitar4.1.3 Mempresentasikan fungsi seni tradisional dan modern | Definisi seni Seni sebagai ekspresi Seni dalam kehidupan manusia Teknik kajian dan presentasi | 6 | Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan persoalan ihwal konsep dasar seni Mengumpulkan data ihwal seni dalam kehidupan masyarakat sekitar Mengolah data ihwal seni dalam kehidupan masyarakat sekitar Mengomunikasikan ihwal mengkomunikasikan seni dalam kehidupan masyarakat sekitar | Pengetahuan:• Tes tulis• Tes lisan• Penugasan• PortofolioKeterampilan:• Penilaian unjuk kerja• Proyek/penugasan• Portofolio |
3.2 Memahami cabang- cabang seni4.2 Mendeskripsikan cabang-cabang seni | 3.2.1 Membedakan jenis-jenis seni3.2.2 Menerangkan bentuk dan isi dalam seni3.2.3 Menguraikan seni memesis dan representasional4.2.1 Membuat kajian seni memesis dan representasional4.2.2 Mempresentasikan seni | Cabang-cabang seni Bentuk dan makna dalam seni Seni memesis dan representasional | 6 | Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan persoalan ihwal cabang-cabang seni. Mengumpulkan data ihwal kajian senimemesis danrepresentasional Mengolah data ihwal kajian seni memesis dan representasional | Pengetahuan:• Tes tulis• Tes lisan• Penugasan• PortofolioKeterampilan:• Penilaian unjuk kerja• Proyek/penugasan• Portofolio |
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Materi Pokok | JP | Kegiatan Pembelajaran | AlternatifPenilaian |
memesis dan representasional | Mengomunikasikan ihwal kajian seni memesis dan representasional | ||||
3.3 Memahami konsep estetika4.3 Mengomunikasikan konsep estetika | 3.3.1 Menerangkan deskripsi estetika3.3.2 Menguraikan estetika diIndonesia3.3.3 Menguraikan unsur-unsur keindahan4.3.1 Melakukan kajian estetika dalam karya seni tradisional4.3.2 Melakukan kajian estetika dalam karya seni modern4.3.3 Mempresentasikan hasil kajian estetika | Estetika dalamSeni EstetikaIndonesia Estetika seni tradisional dan modern Teknik presentasi | 6 | Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan persoalan ihwal konsep estetika Mengumpulkan data ihwal kajian estetika dalam karya seni tradisonal dan modern Mengolah data ihwal kajian estetika dalam karya seni tradisonal dan modern Mengomunikasikan ihwal kajian estetika dalam karya seni tradisonal dan modern | Pengetahuan:• Tes tulis• Tes lisan• Penugasan• PortofolioKeterampilan:• Penilaian unjuk kerja• Proyek/penugasan• Portofolio |
3.4 Menganalisis konsep karya seni Nusantara4.4 Menyajikan hasil | 3.4.1 Mengklasifikasi karya seniNusantara3.4.2 Menyimpulkan bentuk dan makna karya seni Nusantara3.4.3 Menguraikan fungsi karya seni Nusantara4.4.1 Melakukan kajian bentuk, | Keberagaman karya seni Nusantara Bentuk dan makna karya seni Nusantara Fungsi karya seni Nusantara | 8 | Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan persoalan ihwal konsep karya seni Nusantara Mengumpulkan data ihwal bentuk, makna, dan fungsi karya seni Nusantara | Pengetahuan:• Tes tulis• Tes lisan• Penugasan• PortofolioKeterampilan:• Penilaian unjuk kerja• Proyek/ |
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Materi Pokok | JP | Kegiatan Pembelajaran | AlternatifPenilaian |
analisis konsep karya seni Nusantara | makna, dan fungsi karya seni Nusantara4.4.2 Mengomunikasikan bentuk, makna, dan fungsi karya seni Nusantara | Mengolah data ihwal bentuk, makna, dan fungsi karya seni Nusantara Mengomunikasikan ihwal bentuk, makna, dan fungsi karya seni Nusantara | penugasan• Portofolio | ||
3.5 Menganalisis sejarah seni Nusantara4.5 Menyajikan hasil analisis seni Nusantara | 3.5.1 Menyimpulkan perkembangan seni Nusantara3.5.2 Menemukan ciri-ciri karakteristik seni Nusantara setiap periode4.5.1 Melakukan kajian sejarah seni Nusantara4.5.2 Mengomunikasikan sejarah seni Nusantara | Sejarah seniNusantara Krakteristik seniNusantara | 8 | Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan persoalan ihwal sejarah seni Nusantara Mengumpulkan data ihwal kajian sejarah seni Nusantara Mengolah data ihwal kajian sejarah seni Nusantara Mengomunikasikan ihwal kajian sejarah seniNusantara | Pengetahuan:• Tes tulis• Tes lisan• Penugasan• PortofolioKeterampilan:• Penilaianunjuk kerja• Proyek/penugasan• Portofolio |
3.6 Menganalisis konsep karya seni Timur4.6 Menyajikan hasil | 3.4.1 Mengklasifikasi konsep karya seni Timur3.4.2 Menyimpulkan karakteristik karya seni Timur4.4.1 Melakukan kritik karya seni | Konsep seniTimur Karakteristik karya seni Timur | 6 | Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan persoalan ihwal konsep karya seni Timur | Pengetahuan:• Tes tulis• Tes lisan• Penugasan• PortofolioKeterampilan:• Penilaian |
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Materi Pokok | JP | Kegiatan Pembelajaran | AlternatifPenilaian |
analisis konsep karya seni Timur | Timur4.4.2 Mengomunikasikan hasil kritik karya seni Timur | Mengumpulkan data ihwal bentuk dan makna seni Timur Mengolah data ihwal bentuk dan makna seni Timur Mengomunikasikan ihwal bentuk dan makna seniTimur | unjuk kerja• Proyek/penugasan• Portofolio | ||
3.7 Menganalisis sejarah seni Timur4.7 Menyajikan hasil analisis sejarah seni Timur | 3.5.1 Menyimpulkan perkembangan seni Timur3.5.2 Menemukan ciri-ciri karakteristik seni Timur setiap negara4.5.1 Melakukan kajian imbas seni Timur terhadap seni Nusantara4.5.2 Mengomunikasikan imbas seni Timur terhadap seni Nusantara | Sejarah perkembangan seni Timur Karakter seniTimur | 6 | Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan persoalan ihwal sejarah seni Timur Mengumpulkan data ihwal imbas seni Timur terhadap seni Nusantara Mengolah data ihwal imbas seni Timur terhadap seni Nusantara Mengomunikasikan ihwal imbas seni Timur terhadap seni Nusantara | Pengetahuan:• Tes tulis• Tes lisan• Penugasan• PortofolioKeterampilan:• Penilaian unjuk kerja• Proyek/penugasan• Portofolio |
3.8 Menganalisis konsep karya seni Barat | 3.4.1 Mengklasifikasi konsep karya seni Barat3.4.2 Menyimpulkan | Konsep seniBarat | 6 | Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah | Pengetahuan:• Tes tulis• Tes lisan• Penugasan |
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Materi Pokok | JP | Kegiatan Pembelajaran | AlternatifPenilaian |
4.8 Menyajikan hasil analisis konsep karya seni Barat | karakteristik karya seniBarat4.4.1 Melakukan kritik karya seniBarat4.4.2 Mengomunikasikan hasil kritik karya seni Barat | Karakteristik karya seni Barat | tentang konsep karya seniBarat Mengumpulkan data ihwal bentuk dan makna seni Barat Mengolah data ihwal bentuk dan makna seni Barat Mengomunikasikan ihwal bentuk dan makna seni Barat | • PortofolioKeterampilan:• Penilaian unjuk kerja• Proyek/penugasan• Portofolio | |
3.9 Menganalisis sejarah seni Barat4.9 Menyajikan hasil analisis sejarah seni Barat | 3.5.1 Menyimpulkan perkembangan seni Barat3.5.2 Menemukan ciri-ciri karakteristik seni Barat4.5.1 Melakukan kajian imbas seni Barat terhadap seni Nusantara4.5.2 Mengomunikasikan imbas seni Barat terhadap seni Nusantara | Sejarah perkembangan seni Barat | 6 | Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan persoalan ihwal sejarah seni Barat Mengumpulkan data ihwal imbas seni Barat terhadap seni Nusantara Mengolah data ihwal imbas seni Barat terhadap seni Nusantara Mengomunikasikan ihwal imbas seni Barat terhadap seni Nusantara | Pengetahuan:• Tes tulis• Tes lisan• Penugasan• PortofolioKeterampilan:• Penilaian unjuk kerja• Proyek/penugasan• Portofolio |
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Materi Pokok | JP | Kegiatan Pembelajaran | AlternatifPenilaian |
3.10 Menganalisis resensi karya seni4.10 Membuat resensi karya seni | 3.10.1 Merumuskan sistimatika resensi karya seni3.10.2 Merumuskan resensi karya seni4.10.1 Menyusun resensi karya seni4.10.2 Menyajikan resensi karya seni | Definisi resensi karya seni Sistimatika resensi karya seni Teknik pembuatan resensi karya seni | 4 | Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan persoalan ihwal resensi karya seni Mengumpulkan data ihwal resensi karya seni Mengolah data ihwal resensi karya seni Mengomunikasikan ihwal resensi karya seni | Pengetahuan:• Tes tulis• Tes lisan• Penugasan• PortofolioKeterampilan:• Penilaian unjuk kerja• Proyek/penugasan• Portofolio |
3.11 Mengevaluasi karya seni4.11 Mengembangkan karya seni | 3.11.1 Menguraikan deskripsi penilaian karya seni3.11.2 Menguraikan teori penilaian karya seni3.11.2 Menerangkan instrumen penilaian karya seni4.11.1 Membuat instrumen penilaian karya seni4.11.2 Melakukan penilaian karya seni4.11.3 Membuat konsep pengambangan karya seni | Evaluasi karya seni Kritik seni Instrumen penilaian karya seni Penciptaan karya seni | 10 | Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan persoalan ihwal penilaian karya seni Mengumpulkan data ihwal pengembangan karya seni Mengolah data ihwal pengembangan karya seni Mengomunikasikan ihwal pengembangan karya seni | Pengetahuan:• Tes tulis• Tes lisan• Penugasan• PortofolioKeterampilan:• Penilaian unjuk kerja• Proyek/penugasan• Portofolio |
Demikian goresan pena ihwal
0 Response to "Download Contoh Silabus Smk/Mak Mapel Tinjauan Seni: Pola Terbaru 2017"
Posting Komentar