Pendaftaran Calon Sma/ Smk Peserta Nihongo Partners

 Download Pedoman dan Formulir Pendaftaran Pendaftaran Calon SMA/ Sekolah Menengah kejuruan Penerima NIHONGO Partners

Pendaftaran Calon SMA/ Sekolah Menengah kejuruan Penerima NIHONGO Partners: Download Pedoman dan Formulir Pendaftaran-pdf





Program NIHONGO Partners merupakan bab dari proyek besar pemerintah Jepang, “WA Project – Negara ASIA yang saling mengenal“, untuk memajukan pertukaran budaya antar negara ASIA dengan memusatkan pada negara-negara ASEAN. Misi kegiatan NIHONGO Partners yakni mengirim warga Jepang sebagai tenaga Native Speaker Bahasa Jepang ke banyak sekali forum pendidikan di negara-negara ASEAN untuk menjadi kawan (Partners) Guru Bahasa Jepang dan Siswa selama kurang dari satu tahun. Di Indonesia sendiri, pengiriman para Partners diutamakan ke Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah kejuruan yang mengajarkan Bahasa Jepang.

Sekolah peserta kegiatan NIHONGO Partners ditetapkan atas persetujuan bersama The Japan Foundation, Jakarta (JF) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemdikbud). Sebelum disetujui dan ditetapkan, sekolah akan melalui proses seleksi terlebih dahulu. Mulai proses seleksi untuk gelombang 9 & 10 akan diberlakukan proses aplikasi dari pihak sekolah.

Pengiriman Partners di tahun 2016 mencapai banyak sekali wilayah di luar Jabodetabek, yaitu wilayah di mana terdapat Konsulat Jenderal Jepang (Jawa Timur, Sumatera Utara, Bali, dan Sulawesi Selatan), wilayah di mana JF menempatkan tenaga mahir Bahasa Jepang ketika ini (Jawa Barat dan Jawa Tengah) dan wilayah lain menyerupai Sumatera Barat, Sulawesi Utara, Lampung dan Nusa Tenggara Barat. Di tahun keempat ini, sejumlah 149 orang dikirimkan dalam gelombang 7 dan gelombang 8, di mana masing-masing gelombang terbagi kedatangannya menjadi 2 kelompok. Sebanyak 73 orang tiba di bulan Juli dan Agustus 2017 sebagai gelombang 7, dan 76 orang lagi tiba di bulan September dan Oktober 2017 sebagai gelombang 8.
Untuk mendukung kegiatan NIHONGO Partners biar berjalan dengan efektif selama tujuh tahun mendatang, JF berafiliasi dengan Kemdikbud melakukan kegiatan komprehensif berikut:

  • Peningkatan Kapasitas Guru Bahasa Jepang Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah kejuruan melalui pembinaan di banyak sekali tempat di Indonesia.
  • Pengiriman guru bahasa Jepang Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah kejuruan (berdasarkan seleksi) untuk mengikuti pembinaan di Jepang (“Training Program for Counterpart Teachers of the NIHONGO Partners”).
Berikut yakni tautan penting terkait dengan Pendaftaran Calon SMA/ Sekolah Menengah kejuruan Penerima NIHONGO Partners: Download Pedoman dan Formulir Pendaftaran: 




Demikian goresan pena tentang:

Pendaftaran Calon SMA/ Sekolah Menengah kejuruan Penerima NIHONGO Partners: Download Pedoman dan Formulir Pendaftaran-pdf

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!

SUMBER: KEMDIKBUD RI

0 Response to "Pendaftaran Calon Sma/ Smk Peserta Nihongo Partners"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel