Download Buku Guru Sd/Mi Kelas 2 (Dua) Kurikulum 2013 Revisi 2017

 ini  disusun dengan mengacu pada kompetensi dasar sesuai amanat Kurikulum  Download Buku Guru SD/MI Kelas 2 (Dua) Kurikulum 2013 Revisi 2017

Download Buku Guru SD/MI Kelas 2 (Dua) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 pdf







Buku Guru SD/MI Kelas 2 (Dua) Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini disusun dengan mengacu pada kompetensi dasar sesuai amanat Kurikulum 2013. Di dalamnya dirumuskan secara terpadu kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa. Kemudian, dirumuskan juga proses pembelajaran dan evaluasi untuk memastikan ketercapaian kompetensi yang diinginkan. Proses pembelajaran dirancang berbasis kegiatan dengan melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Buku Guru SD/MI Kelas 2 (Dua) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini mengarahkan kegiatan pembelajaran yang harus dilakukan siswa bersama guru dan teman-teman sekelasnya untuk mencapai kompetensi tertentu.

Sesuai dengan pendekatan yang dipakai dalam Kurikulum 2013, siswa hendaknya diajak untuk mencari sumber mencar ilmu lain yang tersedia di sekitarnya. Peran dan kreativitas guru sangat penting dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa terhadap bahan pembelajaran melalui kegiatan- kegiatan pembelajaran dalam Buku Guru SD/MI Kelas 2 (Dua) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini. Guru sanggup memperkaya pemahaman dan pengalaman siswa dengan banyak sekali bentuk kegiatan lain bersumber dari buku-buku dan media pembelajaran yang ada di sekolah.

Penulisan Buku Guru SD/MI Kelas 2 (Dua) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini tercipta melalui proses yang cukup panjang. Berbagai pihak telah banyak memperlihatkan tunjangan berupa saran, masukan, koreksi, dorongan, dan arahan. Buku Guru SD/MI Kelas 2 (Dua) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini masih sangat terbuka dan perlu terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. Untuk itu, penulis mengharapkan para pembaca sanggup memperlihatkan kritik, saran, dan masukan yang membangun untuk menyempurnakan buku ini.

Berikut yaitu tautan Download Buku Guru SD/MI Kelas 2 (Dua) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 pdf. Buku Guru Kelas 2 (Dua) ini terdiri atas empat tema, yaitu Tema 1, Tema 2, Tema 3, dan Tema 4.






:

Berikut kami petikkan sebagian isi dari buku guru kelas 2 (dua) SD/MI tersebut:

Tentang Buku Guru Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas II

Buku Guru disusun untuk memudahkan para guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik terpadu. Buku Guru SD/MI Kelas 2 (Dua) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini meliputi hal-hal sebagai berikut.

1. Jaringan tema yang memberi citra kepada guru perihal suatu tema yang melingkupi beberapa Kompetensi Dasar (KD) dan indikator dari banyak sekali mata pelajaran.
2. Tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada setiap kegiatan pembelajaran.
3. Kegiatan pembelajaran tematik terpadu untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyatu dan mengalir.
4. Pengalaman mencar ilmu yang bermakna untuk membangun sikap dan sikap positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menuntaskan masalah, inkuiri, kreativitas, dan pribadi reflektif.
5. Berbagai teknik evaluasi siswa.
6. Informasi yang menjadi pola kegiatan remedial dan pengayaan.
7. Kegiatan interaksi guru dan orang tua, yang memperlihatkan kesempatan kepada orang renta untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan mencar ilmu siswa di rumah.
8. Petunjuk penggunaan buku siswa.

Kegiatan pembelajaran di Buku Guru SD/MI Kelas 2 (Dua) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini dirancang untuk menyebarkan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) siswa melalui kegiatan yang bervariasi. Aktivitas tersebut meliputi hal-hal sebagai berikut.

9. Membuka pelajaran dengan cara yang menarik perhatian siswa, menyerupai mengamati gambar, membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, melaksanakan permainan, demonstrasi, pemecahan masalah, dan sebagainya.
10. Menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga siswa sanggup mengorganisir informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan).
11. Menggali pengetahuan siswa yang diperoleh sebelumnya biar siswa sanggup mengaitkan pengetahuan terdahulu dengan yang akan dipelajari.
12. Memberi kiprah yang sedikit demi sedikit guna membantu siswa memahami konsep.
13. Memberi kiprah yang sanggup menyebarkan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
14. Memberi kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari.
15. Memberi umpan balik yang akan menguatkan pemahaman siswa.

Bagaimana Menggunakan Buku Guru?

Buku Panduan Guru mempunyai dua fungsi, yaitu sebagai petunjuk penggunaan
Buku Siswa dan sebagai pola kegiatan pembelajaran di kelas.

Mengingat pentingnya buku ini, disarankan untuk memperhatikan hal-hal sebagai berikut.

1. Bacalah halaman demi halaman dengan teliti.
2. Pahamilah setiap Kompetensi Dasar dan Indikator yang dikaitkan dengan tema.
3. Upayakan untuk meliputi Kompetensi Inti (KI) I dan (KI) II dalam semua kegiatan pembelajaran. Guru dibutuhkan melaksanakan penguatan untuk mendukung pembentukan sikap, pengetahuan, dan sikap positif.
4. Dukunglah ketercapaian Kompetensi Inti (KI) I dan (KI) II dengan kegiatan pembiasaan, keteladanan, dan budaya sekolah.
5. Cocokkanlah setiap langkah kegiatan yang berafiliasi dengan Buku
Siswa sesuai dengan halaman yang dimaksud.
6. Mulailah setiap kegiatan pembelajaran dengan memperlihatkan pengantar sesuai tema pembelajaran. Lebih baik lagi jikalau dilengkapi dengan kegiatan pembukaan yang menyenangkan dan membangkitkan rasa ingin tahu siswa. Misalnya bercerita, mengajukan pertanyaan yang menantang, menyanyikan lagu, memperlihatkan gambar, dan sebagainya. Demikian juga pada dikala menutup pembelajaran. Pemberian pengantar pada setiap perpindahan subtema dan tema, menjadi faktor yang sangat penting untuk memaksimalkan manfaat dan keberhasilan pendekatan tematik terpadu yang diuraikan dalam Buku Guru SD/MI Kelas 2 (Dua) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini.
7. Kembangkan ide-ide kreatif dalam menentukan metode pembelajaran.
Termasuk di dalamnya menemukan kegiatan alternatif apabila kondisi yang terjadi kurang sesuai dengan perencanaan (misalnya siswa tidak bisa mengamati tanaman di luar kelas pada dikala hujan).
8. Pilihlah bermacam-macam metode pembelajaran yang akan dikembangkan (misalnya bermain peran, mengamati, bertanya, bercerita, bernyanyi, menggambar, dan sebagainya). Penggunaan bermacam-macam metode tersebut, selain melibatkan siswa secara langsung, dibutuhkan juga sanggup melibatkan warga sekolah dan lingkungan sekolah.
9. Kembangkanlah keterampilan berikut ini:
a. pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM),
b. keterampilan bertanya yang berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat tinggi,
c. keterampilan membuka dan menutup pembelajaran, serta d. keterampilan mengelola kelas dan pajangan kelas.
10. Gunakanlah media atau sumber mencar ilmu alternatif yang tersedia di lingkungan sekolah.

Daftar Isi Buku Guru SD/MI Kelas 2 (Dua) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Kata Pengantar............................................................................. iii Tentang Buku Guru ..................................................................... iv Bagaimana Menggunakan Buku Guru? ..................................... v Panduan Penilaian ....................................................................... vii Kompetensi Inti Kelas II ............................................................... xi Daftar Isi ....................................................................................... xii

Subtema 1:
Bermain di Lingkungan Rumah ................................................. 1

Subtema 2:
Bermain di Rumah Teman .......................................................... 46

Subtema 3:
Bermain di Lingkungan Sekolah ................................................ 93

Subtema 4:
Bermain di Tempat Wisata .......................................................... 160

Daftar Pustaka ............................................................................. 216

Profil Penulis ................................................................................ 217

Profil Penelaah ............................................................................ 218

Profil Editor .................................................................................. 227

Profil Illustrator ............................................................................ 228

Demikian goresan pena perihal

Download Buku Guru SD/MI Kelas 2 (Dua) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 pdf

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!

0 Response to "Download Buku Guru Sd/Mi Kelas 2 (Dua) Kurikulum 2013 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel