Download Buku Fatwa Sarana Dan Prasarana Paud

Download Buku Pedoman Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini  Download Buku Pedoman Sarana dan Prasarana PAUD

Download Buku Pedoman Sarana dan Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD): Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria (NSPK) pdf  







A. Latar Belakang

Usia dini (0-6 tahun) merupakan masa yang sangat penting dan besar lengan berkuasa terhadap seluruh tahapan perkembangan seorang manusia. Masa ini sering disebut dengan usia emas atau golden age sebab di periode ini potensi kecerdasan anak berkembang lebih pesat dibanding periode selanjutnya. Oleh sebab itu, bawah umur usia dini sangat membutuhkan layanan pendidikan biar proses tumbuh kembang banyak sekali potensi yang dimilikinya sanggup berkembang secara optimal.

Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 1 butir 14 menyebutkan bahawa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yakni suatu upaya pelatihan yang ditujukan kepada anak semenjak lahir hingga dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pertolongan rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani biar anak mempunyai kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Dalam rangka penyelenggaraan forum PAUD pada banyak sekali jenis dan jalur pendidikan sebagaimana diatur dalam pasal 28 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, maka diharapkan sarana dan prasarana pendidikan yang mendukung. Selanjutnya, klarifikasi wacana prasarana yang dibutuhkan suatu forum pendidikan ditegaskan pada Peraturan Pemerintah Nomor 19

Tahun 2005 wacana Standar Nasional Pendidikan pasal 42 ayat 2 yang menyatakan bahwa setiap satuan pendidikan wajib mempunyai prasarana yang mencakup lahan, ruang kelas, ruang pimpinan satuan pendidikan, ruang pendidik, ruang tata usaha, ruang perpustakaan, ruang laboratorium, ruang bengkel kerja, ruang unit produksi, ruang kantin, instalasi daya dan jasa, daerah berolahraga, daerah beribadah, daerah bermain, daerah berkreasi, dan ruang/tempat lain yang diharapkan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan. Lebih lanjut dalam Permendiknas 58 Tahun 2009 wacana Standar PAUD telah disebutkan mengenai prinsip dan persyaratan prasarana yang wajib dimiliki sebuah forum PAUD.

Meskipun demikian, fakta di lapangan membuktikan masih banyak masyarakat yang belum memahami prasarana yang diharapkan oleh sebuah forum PAUD yang sesuai dengan kebutuhan anak serta belum mengetahui wacana cara pengelolaannya. Berdasarkan pertimbangan hal tersebut, maka disusunlah Pedoman Prasarana PAUD untuk lebih melengkapi informasi yang tertuang pada banyak sekali referensi di atas. Melalui pedoman ini, diharapkan sanggup memperlihatkan citra wacana identifikasi kebutuhan prasarana PAUD sesuai kategori usia anak dan perkembangannya serta standar pengelolaan prasarana PAUD yang mencakup penataan, perawatan, dan rambu-rambu pengelolaan prasarana PAUD.

Berikut yakni tautan Download Buku Pedoman Sarana dan Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD): Normas, Standar, Prosedur, dan Kriteria (NSPK) pdf :



Berikut yakni kutipan sebagian dari buku tersebut:

PRASARANA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

d. Ruang Pemeriksaan Kesehatan (UKS)

Berfungsi sebagai daerah penanganan dini bagi anak atau tenaga pendidik/kependidikan yang mengalami permasalahan kesehatan.

e. Kamar mandi anak dan dewasa

Berfungsi untuk membersihkan diri (mencuci tangan/kaki, BAK, BAB). Pintu kamar mandi sebaiknya tidak gampang terkunci.

A. Pengertian

Prasarana pendidikan anak usia dini yakni segala macam alat, perlengkapan, atau benda-benda yang mendukung penyelenggaraan kegiatan pendidikan, pengasuhan, dan proteksi anak usia dini secara optimal.


B. Prinsip Prasarana PAUD

Penyediaan prasarana PAUD perlu diubahsuaikan dengan jumlah anak, kondisi sosial, budaya, dan jenis layanan PAUD dengan prinsip :
1. Aman

2. Nyaman

3. Memenuhi kriteria kesehatan bagi anak

4. Sesuai dengan tahap perkembangan anak

5. Memanfaatkan potensi dan sumber daya yang ada di lingkungan sekitar

C. Fungsi Prasarana PAUD

1. Melengkapi lingkungan main dengan prasarana yang sempurna untuk anak :

2. Mendukung kelancaran proses mencar ilmu anak di forum PAUD

3. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan PAUD dengan penempatan prasarana yang tepat

4. Mengembangkan abjad positif pada anak

D. Manfaat Prasarana PAUD

1. Menumbuhkan rasa kondusif dan nyaman

2. Memotivasi anak dalam kegiatan pembelajaran

3. Terselenggarakannya layanan PAUD dengan baik

4. Proses pembelajaran PAUD menjadi lebih optimal
E. Kebutuhan Anak sebagai Dasar Rancangan Prasarana

Pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini yang optimal sanggup dicapai bila prasarana dirancang dengan memperhatikan kebutuhan anak :
1. Keleluasaan anak dalam melaksanakan aktifitas.

Anak usia dini sangat aktif, sehingga diharapkan lingkungan yang memperlihatkan kesempatan kepada anak untuk bergerak dengan leluasa. Oleh sebab itu, sangat penting bagi pendidik untuk menyediakan dan menata prasarana yang memperlihatkan stimulasi atau rangsangan motorik pada anak.
2. Kenyamanan anak dalam memakai prasarana.

Anak akan merasa leluasa bereksplorasi dalam lingkungan kalau anak merasa nyaman. Oleh sebab itu, pendidik perlu merencanakan penataan prasarana yang menumbuhkan minat anak dalam belajar.
3. Tingkat kemampuan anak dalam memakai prasarana.

Setiap anak yakni unik dan mempunyai tahapan perkembangan kemampuan yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, pendidik perlu memahami dan memperhatikan tingkat kesulitan anak dalam memanfaatkan prasarana biar anak memakai prasarana secara mandiri.
4. Tingkat kepekaan anak dalam memakai prasarana.

Anak usia dini perlu dilatih kepekaan dirinya dengan lingkungan. Oleh sebab itu, pendidik perlu memperlihatkan banyak sekali pengalaman yang meningkatkan kepekaan diri terhadap reaksi badan ketika memakai prasarana, contohnya ketika anak berjalan di atas lantai yang agak licin dan kehilangan keseimbangan sehingga perlu berpegangan pada dinding untuk mengembalikan keseimbangan tubuhnya.

F. Prasarana Layanan PAUD

1. Prasarana Utama

Prasarana utama layanan PAUD merupakan prasarana pokok yang harus dimiliki oleh setiap jenis layanan PAUD, yaitu :
a. Memiliki area kegiatan/bermain baik di dalam maupun di luar ruangan yang sanggup menyebarkan banyak sekali konsep pengetahuan.

b. Ruang pendidik

Berfungsi sebagai daerah berkumpulnya para pendidik untuk bertukar pikiran dalam rangka menyusun dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran, serta meningkatkan mutu internal pendidik bersama
teman sejawat.

c. Ruang Adiminstrasi/Ruang Pimpinan/Kepala Sekolah/Pengelola Berfungsi sebagai daerah untuk melaksanakan kegiatan pengelolaan manajemen kelembagaan serta sebagai ruang pertemuan yang dilakukan dengan banyak sekali unsur contohnya tamu dari dinas terkait, komite sekolah, pendidik dan lainnya

Demikian goresan pena wacana

Download Buku Pedoman Sarana dan Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD): Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria (NSPK) pdf

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!

0 Response to "Download Buku Fatwa Sarana Dan Prasarana Paud"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel