Download Soal Siap Uas Semester 1 Smp/Mts Bahasa Indonesia Kelas 8

Download Soal Siap Ujian Akhir Semester  Download Soal Siap UAS Semester 1 SMP/MTs Bahasa Indonesia Kelas 8

Download Soal Siap Ujian Akhir Semester 1 (UAS) Kelas 8 (Delapan/VIII) SMP/MTs Mapel Bahasa Indonesia pdf







Contoh soal siap ujian final semester (UAS) I mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 8 SMP/MTs kali ini disajikan dengan harapan sanggup menjadi media berguru bagi para penerima didik kelas 8 SMP/MTs dalam menghadapi ujian final semester I (UAS) yang akan diadakan sekitar awal bulan Desember setiap tahunnya.

Soal Siap Ujian Akhir Semester 1 (UAS) Kelas 8 (Delapan/VIII) SMP/MTs Mapel Bahasa Indonesia ini bersifat terbuka. Artinya, ia diperbolehkan untuk didownload dan dipakai selama hanya untuk kepentingan edukatif saja.

Dengan demikian, penggunaan Soal Siap Ujian Akhir Semester 1 (UAS) Kelas 8 (Delapan/VIII) SMP/MTs Mapel Bahasa Indonesia untuk kepentingan selain kepentingan edukatif, apalagi untuk kepentingan komersial sangatlah dilarang.

Soal Siap Ujian Akhir Semester 1 (UAS) Kelas 8 (Delapan/VIII) SMP/MTs Mapel Bahasa Indonesia ini mengacu pada kurikulum 2006 atau kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Bagi yang telah menerapkan Kurikulum 2013, rujukan soal ini diperlukan sanggup menjadi materi berguru dan pengayaan. Karena persinggunan materi antara kedua kurikulum tersebut tentu saja masih sangat erat.

Berikut yakni tautan Download Soal Siap Ujian Akhir Semester 1 (UAS) Kelas 8 (Delapan/VIII) SMP/MTs Mapel Bahasa Indonesia pdf:



Berikut yakni kutipan dari Soal Siap Ujian Akhir Semester 1 (UAS) Kelas 8 (Delapan/VIII) SMP/MTs Mapel Bahasa Indonesia:

PETUNJUK KHUSUS

Hitamkanlah bulatan pada aksara A, B, C, atau D yang Anda anggap benar pada lembar j.awaban! Bacalah teks di bawah ini untuk menjawab soal nomor 1 - 2!
Suatu ketika, terdapatlah tiga ikan yang hidup di sebuah kolam. Pada saatmatahari hampir tengge/am,
• beberapa pemancing melewet! kolam tersebut dan melihat ikan-ikan itu. "Ko/amini penuh dengan ikan", mereka berbicara satu sama lain dengan bersemangat. "Kita be/um pernah memancing di sini sebelumnya. !(ita harus tiba lagi besok pagi dengan jaring kita dan manangkap ikan-ikan lnl!" Kemudian pemancing-pemancing tersebutpergi.

1. Teks terse but merupakan struktur teks fabel pad a bab ....
A. koda
B. orientasi
C. komplikasi
D. nilai moral

2. Latar waktu pad a teks terse but yakni ....
. A. sore
B. pagi
C. malam
D. siang

Bacalah cuplikan teics di bawah lnl untuk mengerjakan soal nomor 3 - 4 I
Ketika ikan yang paling bau tanah mendengar lnl, dia gelisah. Dia. memanggil ikan-ikan yang lain dan berkata,
''Apakahkamu dengar apa yang dikatakan nelayan liu?" Kita harus meninggalkan kolam ini. Nelayan itu akan . kembali besok dan membunuh kita semua!' lkan kedua setuju. "Kamubener", dia berkata. "jangansampainelayan menangkapkita."

3. Mengapa ikan yang paling bau tanah merasa gelisah?
A. Karena ia merasa bosan berada di kolam itu. B. Karena jiwanya merasa terancam.
C. Karena ingin suasana gres di kolam yang lain.
D. Karena mendengar percakapan nelayan. •

4. Apa yang akan dilakukan ikan yang paling bau tanah itu?
A. Meninggalkan daerah itu
B. Bersiaga untuk melawan nelayan itu
C. Bersembunyi
D. Memanggil teman-teman

5. Yang merupakan teks fabel yakni ....
A. Pertemuanantara kedua tokoh ini tak terlepas dari tokoh lain yakni Noni dan Eko. Noni tokoh pendukung dongeng yang mer.upakansahabat dekat Kugy. Sementara itu, Eko yakni sepupu Keenan. Pertemuan pertama Kugy dan Keenan yakni .momen dimana Eko dan Noni menjemput Keenan yang gres tiba di Indonesia. •
B. Dani merupakan sahabat Nita yang sudah berteman semenjak mereka berada dibangku sekolah dasar.
Dani dan Nita yakni sahabat yang sudah mencicipi banyak sekali macam pengalaman yang mereka jalani bersama, baik dikala sedih maupun senang.
C. Di sebuah hutan kecil di pinggi.randesa ada seekor kelinci yang sombong, dia suka mengejek hewan-
binatang lain yang lebih lemah. hewan-hewan lain menyerupai kura-kura, siput, semut dan hewan-hewankecil lain yang tidak tidak ada yang suka pada kelinci sombong itu, suatu hari, si kelinci berjalan dengan angkuhnya mencari lawan yang lemah untuk diejeknya.
D. Nita bergegas menuju ruangan daerah dimana telepon tersebut berada untuk menanyakan kepar'
. sahabtanya tersebut mengapa dia tidak tiba padahal selama ini dia selalu tiba diacara ulal1g-"' tahunnya tanpa pernah mangkir sekalipun.

Cermatilah kedua teks di bawah ini untuk nomor 6 - 7!
Teks 1
Akhlrnya, sang singa tak lagi menjadi singa pemurung atau penyendiri lagi, sang singa semakin dekat dengan mereka dan menciptakan mereka rela berkorban satu sama lain.
Teks2
Nita mengerti bahwa Dani yakni sahabatnya yang sangat baik serta perhatian. Dia tidak akan melewatkan program pentingnya selagi dia masih sanggup berjalan. Meski program ulang tahunya yang ke 18 tahun ini tidak dihadiri sahabat tercintanya tersebut, namun sesudah Dani memberikannya kabar bahwa dia sedang terjebak kemacetan Nita pun akibatnya sangat lega, dan dia tetap percaya bahwa Dani merupakan sahabat sejatinya yang sangat baik dan senantiasa care terhadap dirinya. '

6. Perbedaan struktur teks tersebut yakni ....
A. Struktur pada teks 1 merupakan komplikasi, pada teks 2 merupakan penyelesaian. B. Struktur pada teks •1 merupakan koda, pada teks 2 merupakan amanat.
C. Struktur pada teks 1 merupakan resolusi, pada teks 2 merupakan komplikasi. D. • Struktur pada teks 1 merupakan koda, pada teks 2 merupakan resolusi.

7. Perbedaan utama dari teks fabel dengan cerpen pada teks tersebut yakni ....
A. Pada teks fabel terdapat koda sedangkan pada teks cerpen terdapat amanat secara jelas.
B. Pada: teks fabel memakai tokoh binatang sedangkan pada teks cerpe memakai tokoh manusia.
C. Pada teks fabel memberikan dilema sedangkan pada teks cerpen memberikan penyelesaian.
D. Pada teks fabel terdapat orientasi sedangkan pada teks cerpen perkenalan,

8. Cermati paragraf di bawah inil
• Anjing terkecil bernarna Scooter. Tinggi tubuh anjing ini hanya tiga inci atau sekitar 7,2 cm. Warna bulunya putih. Scooter sanggup duduk di atas sebuah cangkir. Binatang mini ini berasa dari Auckland, Selandia Baru. Karena tubuh si mini yang kecil, Cheril McKnight, pemiliknya, hanya memakai .cangkir telur untuk memberi makan. Tempat tidur anjing itu pun hanya sebesar kotak sepatu. Dia mengalahkan rekor anjing paling kecil sebelumnya, yaitu Boo Boo dengan tinggi tubuh 4 inci yang berasal dari Amerika Serikat. Anjing Scooter juga mengalahkan rekor anjing paling kecil di dunia tahun 2005 dari ras Chihuahua, yaitu Brandy, yang memiliki tinggi tubuh 15,2 cm dan beratbadan 1 kg;

Cermati teks di bawah ini untuk nomor 10 • 12 !
Seekor rubah Dan Seekor kucing
Saya hanyatahu satu trik untuk menjauh dari anjing," kata si kucing. "Kamu harus mengajar saya beberapa trik dari kamu!".
"Yah, mungkin suatu hari nanti, ketika saya punya waktu, saya bisa mengajarkan beberapa trik yang lebih sederhana," jawab rubah enteng. , •
Saat itu mereka mendengar gonggongan dari anjing-anjing di kejauhan. Gbnggong tersebut semakin keras dankeras anjing-anjing tersebut tiba ke arah mereka!
Seketika itu pun kucing tersebut berlari ke pohon terdekat dan naik ke cabang di luar jangkauan anjing apapun.
"lni yakni trik yang kuceritakan, satu-satunya yang saya tahu," kata si kucing. 'Mana dari seratus trik kau yang akan kau gunakan?'
Rubahterssbutpun duduk membisu dibawah pohon, bertanya-tanyatrik mana yang ia harus gunakan. Sebelum
dia bisa menqarnbil keputusan, anjir)g-anjing tersebut pun tiba. Mereka rnenqhajar rubah tersebut dan mencabik- cabiknya.

9. Penulisanjudul yang sempurna yakni ....
A. Seekor Rubah Dan Seekor Kucing
B. Seekor Rubah dan seeker Kucing

C. Seekor Rubah dan Seekor Kucing
D. Seekor rubah dan seekor kucing

1" Penulisan kalimat yang sempurna di bawah ini yakni ...-.
A. Rubah tersebut pun duduk membisu dari bawah pohon, bertanya-tanya trik mana yang ia harus gunakan. B. Rubah tersebut pun duduk membisu dibawah pohon, bertanya-tanya trik mana yang ia harus gunakan.
C. Rubahtersebut pun duduk membisu pada bawah pohon, bertanya-tanyatrik mana yang ia harus gunakan.
D. RubahJersebut pun duduk membisu dibawah pohon, bertanya-tanya trik mana yang ia harus gunakan.

11. ldentifikasi kekurangan teks fabel di atas yakni ....
A. Koda C. Resolusi
B. Komplikasi D. Orientasi

Cermatilah bacaan di bawah inl untuk nomor 12 • 131
/bu Mertayani sangat bahagia dengan. prestasi yang dicapai anaknya. Apa yang dia yakini dan lakukan se/ama ini
. ternyata tidak sia-sia. Dia pun berharap, eneknye itu bisa mewujudkan apa yang menjadi cita-citanya.

12. Teks tersebut terrnasuk struktur pada bab ....
A. Orientasi
B. Peistiwadan masalah

C. Reorientasi
D. Koda

13. Makna kata prestasi dalam pada teks tersebut yakni ....
A. Hasil yang telah dicapai dari apa yang di kerjakan
B. Nilai baik yang telah diraih
C. Hadiah yang didapat
D. Juara yang diharapkan

14. Perhatikan kedua teks di bawah ini!
Teks 1
Pada bu/an Mei 2004, International Badminton Federation (sekarang Badminton World Federation) memperlihatkan penghargaan Hall Of Fame kepada Susi Susanti. Selain Susi, pemain Indonesia lainnya yang memperoleh penghargaan Hall Of Fame antara lain Rudy Hartono Kurniawan, Dick Sudirman, Christian Hadinata, dan "Liem Swie King. Susi juga mendapat penghargaan Tanda Kehormeten Bintang Jasa Utama dari Pemerintah Republik Indonesia atas prestasinya mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.
Teks2
Untunglah ketika itu ada seekor kupu-kupu yang terbang melintas. Kemudian, kupu-kupu meniulurket:
sebuah ranting ke arah semut. "Semut, peganglah erat-erat ranting itu. Nanti saya akan mengangkat ranting
itu. "Latu, sang semut memegang erat ranting itu. Si kupu-kupu mengangkat ranting itu dan menurunkannya L di daerah yang aman. "Kemudian, s ng semut berterima kasih kepada kupu-kupu alasannya kupu-kupu telah J menye/amatkan nyawanya. la memuji kupu-kupu sebagai binatang yang jago dan terpuji. • Mendengar pujian
itu, kupu-kupu berkata kepada semut. "Aku yakni kepompong yang pernah kau ejek, "kata si kupu-kupu.
Perbedaan karakteristik kedua teks di atas yakni .. : .. A.. Teks 1 • bersifat konkret sedangkan teks 2 nyata
B. Teks 1 bersifat rekaan sedangkan teks 2 rekaan C. Teks 1 bersifat rekaan sedangkan teks 2 konkret D. Teks 1 bersifat konkret sedangkan teks 2 rekaan


Cermati teks di bawah ini untuk nomor 15 - 16! •

4 UAS 1/Bahasa lndonesia/VIII/Kur.2013/W
Kondisi ekonomi yang sangat sulit memaksa Ni Wayan Mertayani harus pintar balig cukup akal di Usianya yang masih .14 tahun. Pede pagi hettdie pergi ke sekolah di SMPN.2 Abang, Bali, kemudian dia membantu ibunya berjualan. Setelah itu, Mertayani mencari barang rongsokan di pinggir pantai. Hal itu dilakukannya semenjak ayahnya meninggal.Ketika mencari barang rongsokan, Mertayani meminjam kamera foto milik Mrs. Dolly Amarhoseija, seorang wisatawan yang dikenalnya. Kemudian, dia menciptakan 15 foto dengan kamera itu. Hasil foto terakhirnya yakni sebuah potret pohon ubi karet dengan dahan tanpa daun yang tumbuh di depan rumahnya. Seekor ayam bertengger di salah satu dahan, handuk berwarna merah jambu, dan baju hariannya yang dijemur di bawahnya. Dia tidak menyangka foto sederhana itu memikai 12 fotografer kelas dunia dan menjadi pemenang dalam World Press Photo yang diadakan oleh Yayasan Anne Frank di Belahda pada tahun 2009. Mertayani menjelaskan bahwa ayam yang ada dalam fotonya itu merupakan simbol diri dan kehidupannya.
15. Berdasarkan isinya, teks biografi tersebut termasuk pembagian terstruktur mengenai teks biografi jenis ....
A. teks biografi perjalanan karier B. teks biografi perjalanan hidup C. teks biografi tokoh
D. teks biografi pahlawan

16. Kalimat yang terdapat kata kerja transitif dari teks tersebut yakni ....
A. Pada pagi hari dia pergi ke sekolah di SMPN 2 Abang Bali.
B. Setelah itu, Mertayani mencari barang rongsokan di pinggir pantai. C. Hal itu dilakukannya semenjak ayahnya meninggal.
D. Seekor ayam bertengger di salah satu dahan, handuk berwarna merah jambu, dan baju hariannya
yang dijemur di bawahnya.

Cermati teks berikut ini untuk mengerjakan nomor 17 - 19!
1. Nama yang diberikan oleh orangtuanya ketika dilahirkan yakni Muhammad Athar. Anak perempuannya berjulukan Meutia Hatta menjabat sebagai Mentri Negara Pemberdayaan Perempuan dalam Kabinet Indonesia Berdatu pimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. la dimakamkan di Tenet: Kusir, Jakarta.
Bung Hatta yakni nama salah seorang dari beribu pendekar yangpernah memperjuangkan kemerdekaan dan kemajuan Indonesia. Sosok Bung Hatta _telah menjadibegitu dekat dengan hati rakyat Indonesia alasannya usaha dan sifatnya yang begitu merakyat. Besarnya tugas beliaudalam usaha ne,geri ini sehingga disebut sebagai salah seor"-ng "The Pounding Father's of Indonesia.
2. Berbagai goresan pena dan.kisah pefjuangan Muhammad Hatta telah ditulis dan dibukukan, mulai dari masa kecil,
remaja, pintar balig cukup akal dan usaha ia untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Namun dalam ha/ yang rasanya perlu sedikit digali dan dipahami, yaitu rriefihat Bung Hatta sebagai tokoh organisasi dan partai politik
. Hal ini dikaitkan dengan usaha melihat perkembangan kegiatan dan ketokohan ia di dunia politik Indo- nesia ketika ini. Maka pantas rasanya kita ikut melihat usaha dan perjalanan kegiatan politik Bung Hatta.
3. Lahir di Fort de Kock, Sumatera Ba rat, 12 Agustus 1902 - meninggal di Jakarta, 14 Maret 1980 pada umur 77 tahun, yakni pejuang, negarawan, dan juga Wapres Indonesia yang pertama. la mundur dari jabata wakil presiden pada tahun 1956, alasannya berse/isih dengan Presiden Soekamo. Hatta dikenal Sebagai Bapa Koperasi Indonesia. Bandar Udara lnternasional Jakarta memakai namanya sebagai penghormatan terhadap jasanya sebagai salah seorang proklamator kemerdekaan Indonesia.
4. Setelah perang dunia I berakhir generasi muda Indonesia yang berprestasi ma kin banyak yang mendapat kesempatan mengenyam pendidikan luar negeri menyerupai di Belanda dan Kairo (Mesir). Hal ini diperkuat dengan dibelakukanya politik balas kebijaksanaan oleh Belanda. Bung Hatta yakni salah seorang cowok yang beruntung, ia mendapat kesempatan be/ajar di Belanda. Jika kita memperhatikan semangat berorganisasi Bung Hatta, bahwasanya telah tumbuh sewaktu be/iau berada di Indonesia. Beliau pernah menjadi ketua Jong Sumatera (1918-1921) dan semngat ini makin membere denganasahan dari kultur pendidikan Befanda/
• Eropa yang bernafas demokrasi dan keterbukaan.

17. Urutan yang benar untuk teks biografi yakni ....
A. 1-2-3-4
B. 1 - 2 - 4 - 3
c. 2 - 3 - 4 - 1
D. 3 - 1 - 2 - 4





5 UAS 1/Bahasa _lndonesia/VIII/Kur.2013/W
18. Kalimat yang terdapat kata kerja pasif pada teks tersebut yakni ....
A la dimakamkan di Tanah Kusir,Jakarta.
B. Bung Hatta yakni nama salah seorang dari beribu pendekar yang pernah memperjuangkan kemerdekaan dan kemajuan Indonesia.
C. • Sosok Bung Hatta telah menjadi begitu dekat dengan hati rakyat Indonesia alasannya usaha dan
sifatnya yang begitu merakyat. •
D. Meutia Hatta menjabat sebagai Mentri Negara.

•19. Kata hal ini dalam teks nomor 2 yang dicetak tebal merujuk kelompok kata ....
A Tulisandan kisah usaha B. Kisah usaha Bung Hatta C. Tokoh organisasi dan partai
D. Kemampuanmenulis

Bacalah kutipan teks biografi berikut untuk menjawab nomor 20 - 22!
Adam Malik sudah aktif berorganisasi semenjak remaja. Pada usia 17 tahun, ia menjadi ketua Postindo di Pematang Siantar (1934-1935). Karier jurnalistiknya dimulai ketika menjadi penulis di majalah Partindo dan surat kabar Pelita Anda/as. la memutusksn untuk merantau ke Jakarta alasannya ingin berbakti kepada bangsa dan negara. •

Hal yang sanggup diteladani tokoh dalam biografi tersebut yakni .... A Aktif dalam organisasi semenjak remaja •
B. Menjadi ketua Postindo di Pematarig Siantar (1934-1935) C. Meninggalkan orang tuanya untuk merantau
D. Menjadi seorang jurnalitas

21. Protest tokoh dalam teks biografi tersebut yakni ....
A Wakil presiden • C. Wartawan
B. Direkturperusahaan D. Pegawai negeri sipil

22. Hal yang paling menonjol dalam teks biografi tersebut yakni ....
A Riwayat masa remaja C. Suka duka
B. Karier D. Riwayat pendidikan
,
Cermati kutipan teks mekanisme berikut untuk menjawab soal nomor 23 - 26!
(1) Biarkan beberapa men it kemudian bas uh dengan air
(2) Bintik-bintik putit: di wajah kau akan hilang
(3) Mencampurkan kedua materi tadi
(4) Siapkan bedak hambar dan kapulogo
(5) Sesudah itu usapkan ke se/uruh wajah kamu
' Tambahkan sedikit air.

•23. Judul yang sempurna teks mekanisme tersebut yakni ....
A Cara menghilangkan bintik putih di pipi . B. Cara menciptakan bedak hambar kapulogo
C. Cara mencampur materi bedak hambar kapulogo
D. Cara membasuh muka dengan air •

24. Kalimat imperatif atau kalimat perintah pada kutipan teks tersebut adalah....
A .(1) - (2) - (3) C. (2) - (3) - (4)
B. (1)- (2) - (4) D. (3) - (4) - (5) ,

25. Urutan teks mekanisme tersebut yang sempurna adalah....
A (4) - (1) - (5) - (6) - (3) - (2)
_B. (4) - (3) - (6) - (5) - (.1,) - (2)
c. (4)-- (6) - (3) - (1) - (5) - (2)
D. (4) - (3) - (1) - (5) - (6) - (2)
• 26. Dilihat dari strukturnya, teks mekanisme tersebut termasuk bab .... • A• Tujuan
B. Bahan
C. Langkah-langkah
D. Penutup_
6 UAS 1 /Bahasa lndonesia/VIII/Kur.2013/W
Cermati petunjukpemakaian obat berikutini unt k menjawab pertanyaan nomor27 - 28! .
(1) Aturanpemekeien •
(2) Dewasa 3.x sehari 1 tablet
(3) Anak-anak; 3 x sehari 1h tablet
(4) Ataumenurut petunjuk dokter

27. Pernyataan berikut yang sesuai dengan isi teks mekanisme tersebut yakni ....
A. Obat diminum sesuai dengan kebutuhan . B. Anak-anak cukup rninurn 2 kali sehari
. C. .Setiap minum harus menanyakan kepada dokter
D. Dosis anak hanya % tablet setiap kali minurn

28. Kalimat nomor (2) dan (3) yang terdapat dalam petunjuk menggtmakan kata ....
A. Kata kerja
B. Kata ksteranqan
C. Kata bilangan
D. Kata imperatif/perintah •
I
Baca petunjuk untuk menghilangkanrasa sakitkarena tertusukduriuntukno 29 - 30!
(1) Ambillah sebatangsere,hkemudian memerken sedikit
(2) ( .... )
(3) La.Ju bakarlah di atas api hingga cukup penes
(4) ( :... )
(5) U/angibeberapa keli !Jinggarasa sakithilang dan duri tersP.but akan keluar dengan senditinye.

29. Bagian no (2) dan (4) pada petunjuk tersebut sanggup dilengkapi derigan kalimat ....
A. (2) sereh yang sudah cukup panas, ditempelkan pada kaki yang sakit. (4) Celupkan batang sereh ke dalam minyak kelapa. •
, B. (2) Celupkan batang sereh ke dalam minyak kelapa.
(4) ternpelkan sereh yang sudah cukup panas tadi, pada bab kaki yang tertusuk duri. C. (2) Tempelkan batanq sereh yang sudah dipanaskan tadi.
(4) Ulangi beberapa kali hingga rasa sakit hilang
D. (2) Ulangi beberapa kali hingga rasa sakit di kaki hilang dengan sendirinya
(4) Batanq sereh dicelupkan ke dalam rninyak kelapa sebelum dibakar.
30. Slrnpulan yang sempurna terhadap hal ya' ng tersirat dalam teks mekanisme tersebut yakni ....
A. Batang sereh sanggup dijadikan obat alternatif penghilang rasa sakit jawaban tertusuk duri. B. •. Rasasakit jawaban tertusuk duri hanya bisa hilang kalau diobati dengan batang sereh
C. Semua rasa sakit sanggup diobati denqan batang sereh. D. Batang sereh rnarnpu mengobati ser:r,ua penyaki, termasuk jawaban tertusuk duri.


II. ISIAN SINGKAT

7 UAS 1 /Bahasa lndonesia/VIII/Kur.2013/W

Baca cuplikan teks mekanisme berikut ini untuk menjawab pertanyaan nomor 31 - 33!
Membuat Lampu Gantungan dari Kardus Bekas
1) Ba rang bekas yang mengotori rumah sanggup menjadi hiasan rumah tan_gga bahkan bisa untuk menambah • hasil. -2) Barang yang biasanya di buang begitu saja sanggup kita manfaatkan menjad /ampu gantung yang indah dan bermanfaat. 3) Hiasan gantungan lampu memang banyak dijua/ di /uar tapi alangkah puasnya bi/a kita bisa menciptakan sendiri pastinya ada nilai kepuasan sendiri.
31. Berdasarkan struktur teks prosedur, cuplikan tersebut termasuk bab ....

32. Pada kalirnat 2) terdapat kata yang salah penulisannya, yaitu ....

33. Pada kalimat 1) terdapat konjungsi menguatkan yaitu kata ....

Cermati cuplikan teks berlkut ini untuk menjawab soal nomor 34 - 36!

Kura-kura kemudian meminta santunan kepada monyet.
"Maukah kau membantuku memetik buah pisang ini?" tanya kura-kura. "Aku bersedia, tetapi buah pisang itu nanti dibagi dua. "jawab monyet. "Baik! "jawab kura-kura.
nyet /a/u memanjat pohon pisang. Bau harum buah pisang menarik hati selera monyet. la lupa akan janjinya. •
Kura-kura menunggu di bawah ponon pisang. • "Nyet, Nyet, mana pisang bagianku?" teriak kura-kura.
"Sebiji pun tidak ada, "jawab monyetrakus.
"Nyet, ini pohon pisangku!" renqek kura-kura hampir menangis. "Sa/ah sendiri mengapa tidak bisa memanjat pohon?" e}ek monyet.


34. Karakter monyet pada teks di atas yakni ....
,
35. Latar ternpat pada teks yakni ....

36. Alasan monyet menqejek kura-kura yakni ... :

37. Judul yang sempurna untuk cuplikan teks tersebut yakni ....

Baca teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 38 - 40!
Tinneke telah berusia 83 dan berambut putih. Meskipun demikian, semenqet dan tekednye tidak pernah kendur untuk mengharumkan nama bangsa di kancah intemesionsi. Prestasinya yang spekiekuler di dunia atletik
pa tut dicontoh dan dihargai. Meskipun telah berusia Ianjut, perempuan berbeaen •tegap terse but tetap aktif mengikuti
• banyak sekali lomba atletik hingga tingkat internasional.
' Tekad Tineke untuk menjadi at/et diawali ketika Pekan Olah raga Nasional (PON) I yang diadakan di Solo
48. Pada ketika itu, perempuan yang pernah tinggal di Belanda itu tiba ke stadion dan melihat eksklusif pertandingan • atletik. Kemudian, dia mulai berlatih dan terus berlatih. Akhirnya, alasannya tekad kuatnya perempuan berambut pendek itu terpilih mewakili DK/ Jakarta pada PON II di Jakarta. Pada ketika itu dia berhasil menyabut medali emas untuk lari
• estafet 4 X 100 meter. Pada PON ke-4 dan ke-5 dia tidak bisa ikut alasannya sudah menikah dan pindah ke Belanda.
Tinneke Matulessy tidak akan bementi ber/ari meskipun sudah tua. Dia harus /ari dan terus ber/ari supaya tetap sehat dan terkenal. Semangat dan perjuangannya patut dicontoh dan diteladani olenqeneres! muda.
38. Tinneke Matulessy yakni atlet ....

39. Sifat Tinneke yang sanggup diteladani yakni ....

40. Reorientasi pada cuplikan teks di atas terdapat pada paragraf ....


Ill. Soal Uraian

41. Tuliskanstruktur teks mekanisme bab langkah-langkah untuk menanak nasi dengan rice cooker!

Bacalah teks di bawah ini dengan cermat untuk menjawab soal nomor 2 hingga 51

la inelihat sebuah kepompong c(latas pohon. Sang semut mengejek bentuk kepompong yang buruk dan tidak bisa pergi ke mana-mana. .
"He', kepompong alangkah buruk nasibmu. Kamu hanya bisa menggantung di ranting itu. Ayo jalan-jalan, lihat
dunia yang luas ini. Bagaimana nesibmu bila ranting itu peten?'
Sang semut selalu membanggakan dirinya yang bisa pergi ke daerah ie suke. Bahkan, sang semut k mengangkat beban yang lebih besar daripada tubuhnya. Sang semut merasa bahwa dirinya yakni binata yang paling hebat. Si kepomponq hanya membisu saja mendengar ajukan tersebut.
Pada suatu pagi sang semut kembali berjalan ke taman itu. Karena hujan, genangan lumpur terdapat mana-mana. Lumpur yang licin menciptakan semut tergelincir dan jatuh ke dalam lumpur. Sang semut hampirtenggela dalam genangan lumpur itu. Semut berteriak sekencang mungkin untuk meminta bantuan. •
7olong, bantu aku! Aku mau tenggelam, tolong ..... , tolong ..... l"
Untunglah ketika itu ada seekor kupu-kupu yang terbang melintas. Kemudian, kupu-kupu menjulurkan sebu ranting ke arah semut ..
"Semut, peganglah erat-erat ranting 'itu. Nanti saya akan mengangkat ranting itu. "Latu, sang semut memega
erat ranting itu. Si kupu-kupu inengangkat ranting itu dan menurunkannya di daerah yang aman.
"Kemudian, sang semut berterima kasih kepada kupu-kupu alasannya kupu-kupu telah menyelamatkan nyawan la memuji kupu-kupu sebagai binatang yang jago dan terpuji.
Mendengar kebanggaan itu, kupu-kupu berkata kepada semut.
"Aku yakni kepompong yang pernah kau ejek," kata si kupu-kupu. Ternyata, kepompong yang du/u diejek sudah menyelamatkan dirinya.


42. Tuliskan koda dari teks fabel di atas!

43. Tuliskan latar tempat, waktu dan suasana!

44. Temukan dan tuliskan 2 kalimat yang menqqunakan kata kerja transitif dan 2 kalimat yang menggunak kata kerja intransitif!

45. Tuliskan karakter tokoh seinut dan karaktertokoh kupu-kupu!

Demikian goresan pena ihwal

Download Soal Siap Ujian Akhir Semester 1 (UAS) Kelas 8 (Delapan/VIII) SMP/MTs Mapel Bahasa Indonesia pdf

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!

0 Response to "Download Soal Siap Uas Semester 1 Smp/Mts Bahasa Indonesia Kelas 8"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel