Download Soal Siap Uas Semester 1 Bahasa Indonesia Smp/Mts Kelas 7 Pdf

Download Soal Siap Ujian Akhir Semester  Download Soal Siap UAS Semester 1 Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 7 pdf

Download Soal Siap Ujian Akhir Semester (UAS) Semester 1 SMP/MTs Mapel Bahasa Indonesia Kelas 7 (Tujuh) Kurikulum 2006pdf







Soal siap UAS Mapel Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Semester 1 Kelas 7 (Tujuh) ini dibentuk berdasarkan pendekatan soal-soal riil dari soal UAS dari tahun-tahun lalu.

Dengan demikian, soal siap ujian tamat semester (UAS) Semester 1 Mapel Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs kelas tujuh  ini menawarkan pengayaan dalam hal melatih dan mempertajam bekal untuk menempuh ujian tamat semester 1 mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Penggunaan file atau berkas yang akan Anda download ialah murni untuk kepentingan edukatif. Penggunaan pola soal untuk kepentingan komersial tidak diijinkan.

Contoh soal siap UAS 1 Mapel Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/MTs ini memakai pendekatan kurikulum 2006. Dengan demikian, pola soal ini hanya relevan untuk sekolah yang masih menerapkan Kurikulum 2006.

Berikut ialah tautan Download Soal Siap Ujian Akhir Semester (UAS) Semester 1 SMP/MTs Mapel Bahasa Indonesia Kelas 7 (Tujuh) Kurikulum 2006 pdf:



Berikut ialah kutipan dari Soal Siap UAS Semester 1 Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 7 tersebut:

PETUNJUK UMUM

1 . lsikan ldentitas Anda ke dalarn Lembar Jawaban Kornputer ( LJK ) yang tersedia dengan nienggunakan pensil 28, sesuai petunjuk di Lembar Jawaban Komputer (LJK).
2. Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawabnya.
3. Laporkan kepada pengawas Ujian apabila terdapat lembar soal yang 'kuranq jelas, rusak, atau tidak lengkap.
4. -Mintalah kertas buram kepada pengawas Ruang, bila diperlukan.
5. Tidak diizinkan menggunakari kalkulator, HP, Tabel Maternatika atau alat bantu hitunq lainnya.
6. Periksalah pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada Pengawas Ruang.
7. Lembar soal dihentikan dicoret-coret, difoto copy, atau digandakan.

PETUNJUK KHUSUS

Hitamkanlah bulatan pada karakter A, B, C, atau D yang Anda anggap benar pada lembar jawaban!

I. PILIHAN GANDA .

Bacalah wacana berikut untuk menjawab soal nomor 1 s.d. 3!
Wonosobo memang kaya wisata a lam, di daerah (1) pegunungan Dieng, ada (2) pesone gres wisata Bu kit
. 8ikunir, Bukit Teletubies di Gunung Prahu dan Bukit Seroja di atas Telaga Menjer Garunq. Kini muncul lagi sona gres wisata alam berjulukan Lubang Sewu. Tempat ini terletak didesa Erorejo Kecamatan Wadaslintang Wonosobo. Lubang Sewu termasuk wisata alam unik dan menarik. Di tempat ini terdapat pemandangan ribuan bebatuan berlubang yang terbentuk secara alami di tebing watu di tepi waduk. Kesadaran warga Erorejo akan
• (3) potensi wisata Lu bang Sewu, disebutnya sebagai (4) pemicu minat wisatawan untuk datang.

1. Mak_na kata potensi sajian rut Kam us Besar Bahasa Indonesia ialah ....
A. kelebihan , . keindahan
B. kekuatan D. kekurangan

2. Susunan alfabetis istilah bernomor pada bacaan tersebut yang sempurna ialah ....
A. (2) - (1)- (4) - (3) C. (1) - (4)- (2) - (3)
B. (2)- (3)-(1) - (3) D. (1) - (3)- (2)- (4) ,

3. Berikut ini pertanyaan yang sesuai dengan isi bacaan terse but ialah ...
A.• Mengapa Wonosobo populer dengan objek wisata Lu bang Sewu? B. Dimana letak objek wisata Lubang Sewu?
C. Kapan objek wisata Lubang Sewu mulai dikunjungi wisatawan?
D. Siapa yang menemukan objek wisata Lubang Sewu?
2 UAS /Bhs. lndonesia/V�l/!(ur. 2006/W
4. Pemberian tanda jeda yang sempurna pada kalirnat berikut adalah•.... ,
A. Dan/ usaha pergerakan kernerdekaan Indonesia/ telah sampailah kepada dikala yang berbahagia// B. Dan usaha pergerakan kemerdekaan Indonesia/ telah sampailah/ kepada dikala yang berbahagia// C. . Dan/ usaha pergerakan kemerdekaan lndonesia/telah sampailah/ kepada dikala yang berbahagia// D. Dan usaha perqerakan kernerdekaan Indonesia/ telah sampailah kepada dikala yang berbahagia//

Perhatikan kutipan dongeng anak berikutuntuk menjawab soal 5 s.d. 7!
Telepon itu berbunyi sambung-menyambung. Semua itu dari korelasi bisnis papa. Vera merasa sangat tersiksa. Dia harus menjawab telepon-telepon itu padahal mengganggu suasaria belajar. "Kembalikan telepon itu kepada papamu. Jangan lupa, besok ajak kedua orang tuamu tiba k� sekolah!"
• riAau tak rnau Vera menurut. Lemas, dikemasinya barang-barangnya. Sudah terbayang baqairnana marahnya
Papa-Mama. Dalarn hati. Vera rnenyesal. Aduh, kalau saja ia tidak membawa telepon genggam itu. Kalau saja ia tidak terhasut oleh teman-temannya. Kalau saja dla tak ingin pamer .... Aduh, Vera meratapi did sendiri habis-habisan.
5. Terna yang sempurna untuk kutipan dongeng tersebut ialah ...
A. Bunyi telepon yang mengganggu suasana belajar. B. Vera merasa tersiksa dengan bunyi telepon.
C. Veramenyesal membawa telepon genggam papanya.
• D. Hasutan teman-teman untuk membawa telepon genggam.

6. Dalam kutipan tersebut, tokoh "Vera" mempunyai sifat ....
• A. . sombong C. rendah hati
B. suka pamer D.. tinggi hati

7. Latar tempat pada kutipan dongeng anak tersebut ialah di ....
A. rurnah C. ruang BK
B. ruang guru D. ruanq kelas

Perhatikan kutipan dongeng anak berikut, kemudian kerjakan soal nomor 8 s.d. 1 O!
Dalam hati, Sachi justru puas lantaran sudah menciptakan Bunda marah. la sengaja mel,akukan itu lantaran merasa
• lelah sepulang sekolah dan jug.a les ini itu. Sedangkan rnenurutnya, Bunda cuma bisa kerja dan tidak mau tahu betapa capeknya Sachi. "Biar deh, liburan nanti saya cuma di Batam," ujar Sachi lirih. "Sachi. .: Bunda memanggil
'Saohi yang ada di kamar dengan bunyi keras. ''Ayo, ikut Bunda sekaranq." Mata Sachi seketika berbinar. 'Jalan-
jalan ya? Ke mana?"."Nanti juga Sachi akan tahu." jawab Bunda yang terlihat'masih rnenylrnpan rasa kesal. Karena tahu perasaan Bundanya, Sachi jadi tidak berani banyak bertanya selama berada di perjalanan.Tempat yang Bunda tuju ternyata mal yang ada di Batam Centre. Bunda membeli banyak rnakanan. Ta.pi setelahnya, Bunda justru mengajak Sachi pergf dari mal itu. Sachi kecewa. Padahal ia kira, Bunda niscaya akan mengajaknya makan di tempat favoritnya.

8. Kuti pan terse but menyajikan tahapan alur yang berupa •....
A. • kontlik C. perkenalan •
B. titik puncak D. penyelesaian
9. Latar suasana kutipan dongeng anak tersebut ialah ....
A. rnarah C: kecewa
B -. . menyesal D. kesal

1 O. Latar waktu kutipan dongeng anak tersebut ialah ,� ..
A. sore C. petang
B. malam D. • siang
3 . 1UAS /Bhs. Indonesia/VII/Kur. 2006/W
Perhatikan kutlpan dongeng anak berikut, kemudian kerjakan soal nomor 11 s.d. 13!
• "Tidak Ma, Laras tidak mau lagi. Selama ini Laras selalu melaksanakan harapan Mama, ikut banyak kursus.
_ Tapi Mama tak pernah bertanya apa yang diinginkan Laras. Laras hanya ingin bisa menjadi pelukis. Jujur, Ma. Aku tidak ingin jadi penari. Maafkan Laras Ma ... l.aras tidak mau akal-akalan lagi," Laras turun dari panggung dengan lesu.
Bagai disambar petir, wajah Bu Ike merah padam lantaran aib bercarnpur marah. Baqairnana tidak ia
dipermalukan di depan banyak orang oleh anaknyasendiri, anak yang selama ini dibangga-banggakannya. Bu
Ike lupa akan satu hal, mencar ilmu mendengarkan kelnqinan anak bukan meminta menuruti harapan orang tua.
11. Amanat yang sempurna untuk kutipan dongeng anak terse but ialah ...
A. Anak harus selalu mengikuti kehendak orang tua. B. Orang renta dihentikan memaksakan kehendak.
C. Orang renta harus memahami kei_nginan anak.
D. Seharusnya sernua hobi dilakukan dengan baik.

12. Hal yang menarik dari kutipan dongeng anak tersebut ialah ... , . ,
A. Permintaan maaf Laras lantaran ia tidak mau berpura-pura lagi dengan hobinya.
B. • Mama selalu rnernaksa Laras untuk mengikuti keinginannya dengan inengikuti banyak kurius.
C. Pengakuan Laras perihal keinginannya menjadi seorang pelukis bukan seorang penari seperti_kenginan . mamanya.
D. Wajah Bu Ike merah padarn lantaran aib bercampur rnarah lantaran ia dipermalukan di depan banyak
'-Cf' orang oleh anaknya sendiri.
. '
13. Tanqqapan yang sesuai dengan isi dongeng anak tersebut ialah ...
A. Orang renta tidak seharusnya memaksakan kehendak pada anaknya. B. Ariak seharusnya memenuhi harapan orang tua.
C. Orang renta seharusnya mau meminta rnaaf pada anaknya.
D. Seharusnya bu Ike tidak murka dengan harapan anaknya.
Perhatikan kutipan dongeng bertkut untuk menjawab soal nomor 14!
Sampai .ke tengah lembah, ternyatabanyak sapu terbang yang melayang-layang. "Wow, banyak sekali!" Sherin terkagum-kagum melihatnya. la segera menggapai sebatang sapu terbang yang melintas rendah. Narnun, sapu itu eksklusif melesat cepat, susah ditangkap. Penasarari, $herin mencoba menangkap sebatang sapu lain yang terbang rendah. Namun lagi-lagi gaga! menangkapnya. Sapu-sapu itu menyerupai tidak menyukainya. Bagaimana
,. ini?lbu Julia bilang, merekaakan mendatangiku. Mana?! . .
"ltu lantaran hatimu hanya dipenuhi oleh sapu terbang baru!" Tiba-tiba lbu Julia muncul di sisi Sherin. "sarnpai- hingga kau tidak peduli pada hal lain. Apa kau mendengar rumput-rumput berteriak kesakitan lantaran kau injak? Kamu [uqa tidak peduli bunqa yang hampir mati tadi." .

14. Pokok dongeng tersebut menggambarkan perihal ...
A. ujian kepedulian terhadap makhluk lain.
'e.QB. pencarian sapu terbang yang hilang.
C. kegagalan dalam menangkap sapu terbang. D. kesuksesan dalam menggapai tujuan.

15. Bacalah ilustrasi berikut dengan saksama!
Pada hari Ju mat, 23 Oktober 2015, kau dimarahi oleh Pak Joko lantaran kau mengobrol sendiri dengan sobat semejamu, Rafi, ketika Pak Joko sedang rneneranqkan rnaterl pelajaran.

Catatan buku harian yang paling sesuai dengan ilustrasi tersebut ialah ...
A: Jumat, 23 Oktober 2015 •
19.00-19.30. Alangkah senangnya hatiku melihat Rafi yang dimarahi oleh Pak Joko pada dikala pelajaran
tadi pagi.
B. Jumat, 23 Oktober 2015. , . • .
1
19.00� 19 .30. Tadi pagi, saya kena murka Pak Joko. Rafi, sih! Mentang-mentang mahir nqornonq, .aku
juga, deh, yang kena' batunya. ' . • - C. Jumat, 23 Oktober 2015 •
19.00-19.30. Tidak menyerupai biasanya, .hari ini Pak Joko terlihat kurang ceria dan marah-marah pada Rafi.
D. Jumat, 23 Oktober 2015 • .
19.00-19.30. Alangkah senang hatiku hari Jumat ini. Tadi pada dikala pelajarannya Pak Joko, saya bisa mengobrol hingga puas dengan Rafi. •


4 UAS /Bhs. Indonesia/VII/Kur. 2006/W
16. (1) Hari ini saya senanq sekali lantaran saya dibelikah buku dongeng baru. (2) Aku merasa meyesal tidak mencar ilmu denqan sungguh-sungguh.
(3) Sementara teman-temanku bergembira justru saya tambah sedih. (4) Aduh, saya lupa mengerjakan PR.. Siap-siap dimarahi nih!

Kalimat buku harian yanq-bernilal positif ditunjukkan oleh kalimat bernqmor ....
A. (4)
•B. (3)
c. (2)
D. (1)
Bacalah kutipan surat pribadi berikut dengan saksama, kemudian kerjakan soal nomor 17 s.d. 19!


[ 2 ] ...
Salam kangen,
[ 3] ...

[ 1 ] ...

Bagaimana kabarmu di Joqja Regina? Apakah karnu sehat-sehat aja? Sudah usang kita tidak berternu apakah kau masih ingat aku? 0 iya Regina besuk liburan semester saya dan teman-teman mau rnenqadakr
temu kangen, rencana saya mau mengajak kau untuk pergi main bersarna, apakah kau mau ikut deng�1
• kami? Kami berharap kau tidak menolak seruan kami. Karena kami juga sudah kangen banqet sama kamu. Kami ingin bercerita dan bercanda ria menyerupai ketika kita masih bersama dulu.Oke, saya tunggu kabarmu ya.
[ 4] ... .
Dari temanmu, .

Azzahra
..

. 17. Penulisan bab surat pribadi bernomor [ 1 ] yang sempurna ialah ....
A Wonosobo, 20 Oktober 2015
B. WonosobQ, 20 oktober 2015
C, Wonosobo 20 oktober 2015
D. Wonosobo. 20 Oktober 2015. ,
. 18. Penulisan bab surat pribadi bernomor [ 2 J yang sempurna sesuai ilustrasi terse but ialah ....
A. Yth. Temanku Regina di Wonosobo
B .. Ytc. Sobatku Azzahra di Jogjakarta
C. Yts. Sahabatku Regina di Jogjakarta
D. Yts. Temanku Azzahra di Wonosobo
19. Kali mat yang sempurna untuk melengkapi bab surat pribadi bernornor [ 4 ] tersebut ialah ...
A. Kutunggu suratmu, ya. Suratku ini harus kau balas. OK!
B. Hei Regina bagaimana kabarmu? Semoga senantiasa dalam lindungan-Nya. Kabarku baik-baik saja, sehat lahir batin. •
C. Saat ini tentu kau sedang sibuk ya mempersiapkan diri menghadapi ujian yang sebentar lagi akan datang. Tapi saya yakinkarnu tentu sudah siap.
D. Dernikian surat dari aku, ku tunggu kabarmu ya ...


. 5 . UAS /Bhs. Indonesia/VII/Kur. 2006/W
Bacalah kutipan pengumuman bertkut dengan saksama kemudlan kerjakan soal nomor 20 dan 21 !_
,
• Pemerintah Kabupaten Wonosobo
Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda.dan Oiah Raga
• Sekolah Menengah Pertama Tunas Bangsa
Jalan Mahakarya 3, Wonosobq, Jawa Tengah .


. PENGUMUMAl\l .
Nomor : 01/ SMPTB/2015

07 Desember 2015
Dengan ini kami beritahukan kepada semua siswa, dalarn rangka memperingati Hari lbu, Sekolah Menengah Pertama Tunas Bangsa akan mengadakan lomba menulis surat untuk lbu. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada •
hari, tanqqal Selasa, 22 Desernber 2015 . • • , •
pukul • 08.00-selesai
tempat . Aula Sty1P Timas Banqsa .
registrasi Huanq Perpustakaan Sekolah Menengah Pertama TunasBanqsa


20. lsi pengumuman tersebut ialah ....
A. mengadakan lombarnenulis puisi
B. rnenqadakan lomba menulis cerpen

21. Sasaran pengumuman tersebut ialah ....
A. kepala sekolah
B. guru Sekolah Menengah Pertama Tunas Bangsa

22. Perhatikan pantun rurnpanq berikut!
Sunga mawar harurn baunya
Semua batangya penuh duri


Kepala Sekolah


Ors. Dewantara
NIP 196806021994121 003


C. mengadakan lomba deklarnasi puisi
D. mengadakan lomba menulis surat

r
C. semua siswa Tunas Bangsa
D .. karyawan Sekolah Menengah Pertama Tunas B�11gsa
'
Larik yang sempurna untuk melengkapi isl pantun terse but ialah ..... A. Tuntutlah llmu siang dan malam
llmu berkhasiat sepanianq masa
B. Kalau kami boleh bertanya
Paqi-paqi makan kuaci .
C. Jika di dunia ingin bahagia
Berbagai ilmu perlu dimiliki
v D. Di hari renta senanqlah hati
Jika ingin hidup makmur

23. Ayam kedu berbulu hitam-


Laporlah RT terlebih dahulu

Larik yang sempurna untuk melengkapi pantun tersebut ialah .... A. Kokok kate bertalu-talu -
Kalau tamu hendak berrnalam
8. Pergi ke pasar membeli ayarn \ Jika enqkau ingin sesuatu \
C. Bulunya legam sangat berkilau
Kalau ingin bertindak sesuatu
D. Sangatterkenal di seluruh penjuru
• Jika akan rriengadakan aktivitas I I

24. (1) Boleh saja bers.enang-senang
(2) Berrnain layang-layang di padang
(3) Asal jangan lupa belajar
(4) Benanq putus tersangkut pagar

6 UAS /Bhs. Indonesia/VII/Kur. 2006/W
Susunan baris-baris pantun-tersebut yang sempurna ialah ....
A. (1), (3), (2), (4) c. (3), (2), (4), (1)
B. (2), (4), (1), (3) D. (4), (1), (3), (2)
,(
Bacalah kutipah dongeng berlkut denqan saksama, kemudian kerjakan soal nomor 25 s.d. 27!
Dahulu kala, disebuah kotatinqqal seorang Kakek dan Nenek pembuat sepatu. Mereka sanqat baik hati. Si •
kakekyang menciptakan sepatu sedanqkan nenek yang menjualnya. Uang yang didapat dari setiap sepatu yang
1 terjual selalu dibelikan masakan yang banyak untuk dibagikan dan disantap oleh orang-orang jompo yang rniskin dan anak kecil yang sudahtidak mempunyai orang tua, Karena itu walau sudah membanting. tulang, uang mereka selalu habis. Karena uanq mereka sudah habis, dengan kulit materi sepatu yang terslsa, kakek menciptakan sepatu berwarna merah. Kakek berkata kepada nenek, "Kalau sepatu ini terjual, kita bisa membeli masakan untuk Hari Raya nanti. '
Tak usang sehabis itu, lewatlah seorang gadis kecil yang tak bersepatu di depan toko mereka. "Kasihan sekaliqadis itu ! Ditengah cuaca masbodoh menyerupai ini tidak bersepatu". Akhirnya rnereka rnernbefikan sepatu berwarna merah tersebut kepada gadis kecil itu. , - •
"Apa boleh buat, Tuhan niscaya akan menolong kita", kata si kakek. �alam tiba, merekapun tertidur denqar­
nyenyaknya. Saat itu terjadi. kejadian aneh, Dari hutan muncul kurcaci-kurcaci mehgangkut kulit sepat membawanya ke rumah si kakek kernudian membuatnya rnenjadi sepasang sepatu yang sanqat bag us. Ketika sudah selesai mereka kembali ke hutan. •
25. Berdasarkan kutipan dongeng_tersebut sanggup diketahui tabiat kakek dan nenek ialah ....
. A. rendah hati ' c. rarnah
B. bijaksana D. balk hati

26. _ Latar tempat pada kutipan dongeng terse but ialah ....
A. di toko C .. di dalam toko
B. . di depan toko • D. di samping toko
27. Alur yang dipakai dalam dongeng tersebut ialah ....
A.• alur maju C. alur campuran
B. alur mundur D. alur flashback
Bacalah kutipan dongeng berikut, kemudian kerjakan soal nomor 28 s.d. 29!
Esok hari, dugaan Patih Rangga bahwa Tabib Akhsay diculik semakin menguat. la segera berbisik kepada Ranjit. Tak berapa lama, keduanya bergerak pelan mendekat dari belakang Tabib Akhsay. Hup .... dengan sekali loncatan keduanya berhasil menangkap dua orang di belakang Tabib Akhsay. • .
. "Patih Rangga, biarkan mereka," teriak Tabib Akhsay yang rnelihat kegaduhan kecil itu. "Bukankah mereka yang menculik Anda, Tabib Akhsay?"Tanya Patih Rangga heran. "Mulanya memang begitu, rupanya mereka menculikku lantaran butuh pertoloriganku " terang Tabib Akhsay. Akhirnya Patih Rangga melepaskan dua oran« yang dipegangnya. • •
I
28. Jenis konflik yang terjadi pad a kutipan dongeng tersebut ialah ....
A. konflik batin • . C. konflik fisik
B. • konflik budaya D. konflik sosial

29. Latar waktu pada kutipan dongeng tersebut, dibuktikan pada ...
. . A. kalirnat kedua' paragraf kedua. C. kalimat kedua paraqraf pertama.
B. kalimat pertama paragraf kedua. D. kalimat pertama paragraf pertama ..
' ,
Bacalah kutipan dongeng berikut, kemudian kerjakan soal nomor 30! ,
Perlahan-lahan Pak Jago menatap semua warga. la kemudian menunduk sedih dan berkata, "Akibat saya sakit dan tidak memberitahu kalian, banyak warga yang terlambat berdiri dan tidak sanggup melaksanakan pekerjaannya." . •
"Sayalah yang salah, maafkan saya," lanjutnya sambil mendekati Pak Kambing. Mereka berangkulan." Tidak Pak Jago, kami semua yang tidak tahu diri. Tidak tahu berterima kasih. Harusnya kam_i berupaya untuk banqim pagi sendiri tanpa harus menungu kokok Pak Jago. Benar kata Tupai, semua ini akhir kernalasan karni," kata Pak Karnbinq. •

30. Amanat yang terdapat pada kutipan donqenq tersebut ialah ...
A. _Janganl�h untuk merninta maaf jikalau salah. C. Sebaiknya kita menghormati orang lain. B. •Jangan tergantung pada orang lain. \ D. Saling memaafkan apabila berbuat salah.

II. IS/AN

7 UAS /Bhs. Indonesia/VII/Kur. 2006/W

31. Jalur penyelamatan penqunqsl erupsi Gunung Merapi yang tahun kemudian dibangun pemerintah terancam rusak oleh maraknya truk pengangkut materi galian C.
Makna kata penyelamatan yang sempurna ialah ....
-,
32. Bahwa bergotong-royong kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh lantaran itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan
Berilah tanda jeda yang sempurna untuk pembacaan pembukaan teks Undang-Undang Dasar 1945 tersebut! •

33. Meskipun mempunyai risiko terhadap lambung yang sensitif, rnakanan pedas juga mempunyai rnanfaat bagi tubuh. Senyawa capsaicin dalam cabe bisa meredakan pilek, hidung tersumbat, dan sebagaJ analgesik. Capsaicin mengencerkan lendir yang menyumbat rongga hidung. Ketika kitasedanq flu, capsaicin membantu rneninqkatkan pengeluaran keringat dan membantu membuka jalan napas, sehingga bisa msredakan flu.
Buatlah dua pertanyaan yang sesuai dengan isi bacaan tersebut! .

Perhatikan kutipan dongeng anak berlkut untuk menjawab seal nomor 34 dan 351
Nina, saya ikut sedih jikalau kau nggak sekolah lagi. Tapi saya ingin membantu kau sebisaku ya. Ehm ... gini saja, gimana kalo mulai besok kau main ke rumahku ya. Kita mencar ilmu bareng gitu. Aku jadi guru, kamu
I• . .
«:: jadi murid. Jadi, walau karnu nggak sekolah tapi bisa tetep mencar ilmu kan."usul Alma sambil makan lemper
dan menatap Nina dengan mantap. 'Tapi Alma, apa saya nggak ngerepotin kau nih". "Ya nggak lah, saya justru seneng punya sobat di rumah. Aku selalu sendirian seabis sekolah. Kamu mau kan jadi temeriku" .Alma tersenyum man is sekali, Ya itulah aku, yang, hanya bisa membantu anak yang hidupnya nggak seberuntung saya dengan kemampuanku sendiri, Kemampuan anak kecil yang rnasih SD. Tapi saya percaya ortuku mengijinkan keputusanku ini.

34. Berdasarkan kutipan dongeng anak tersebut, tokoh Alma berwatak .. :.

35. Amanat dari kutipan dongeng tersebut ialah ....

Perhatlkan ilustrasi berlkutl
Awai bulan lalu, Salsa mengikuti seleksi lomba cipta cerpen FLS2N tingkat sekolah. Salsa ialah perwakilan dari kelas VII. Setiap kelas mengirimkan wakil terbaiknya untuk memouat cerpen. Setelah seleksi, Salsa terpilih untuk mewakili sekolah ke tingkat kabupaten. Guru pembimbing menyiapkan Salsa dengan sebaik mungkin.

36. Buatlah catatan buku harian yang sempurna sesuai ilustrasi tersebut!
Perhatikan kutipan surat pribadi berikutl

Halo, Mila

( ... )? Mila, saya dan keluarga alhamdulillah dalam keadaan sehat, saya dengar kau kini rnenjadi juara kelas ya? Oh ya, selamat atas prestasimu ya. Aku salut ma kamu. Kamu memang pantas dengan gelar itu lantaran kau memang anak yang cerdas dan rajin. Aku jadi termotivasi dengan gelar yang kau dapat. Kapan ni kau nraktir saya untuk merayakan keberhasilanmu.
( ... ).

37. Berdasarkan ilustrasi surat pribadi, lengkapilah pembuka surat pribadi tersebut!

38. Berdasarkan ilustrasi surat pribadi, lengkapilah epilog surat pribadi tersebut!

Perhatikan pantun berlkutl

Lihat ibu pergi ke ladang Adik menangis lari mengikuti Jangan bakar hutan sembarang Asap mengepul mencemari


39. lsi pantun tersebut ialah ....


Perhatikan cuplikan dongeng anak berikut!

UAS /Bhs. Indonesia/VII/Kur. 2006/W

"Bangunlah, matahari_pagi yang cerah telah tiba menjemputmu. la mengucapkan selamat pagi." Aku tersenyum, kemudian membuka mataku. Tapi semuanya sama saia, Gelap, tan pa seberkas cahaya pun. Ya, inilah duniaku. Akuberharap, dikala paqi datang, saya akan sanggup melihat burung-burung yang beterbangan denqan tetes embun di atas dedaunan. ltu ialah hal yang biasa bagi anak normal, tetapi merupakan .irnpian baqlku.

• 40. Latar waktu dan tempat cuplikan dongeng anak terse but ialah ....


Ill. URA/AN

Bantuan Air Tinggal 52 Tangki

Persediaan proteksi air higienis untuk warga di daerah yang mengalami kekeringan di kabupaten Temanggung, dikala ini tinggal 52 tangki. Padahal, desa yang meminta proteksi air itu kian bertambah. Musim kemarau juga diperkirakan akan leblh panjang dari prediksi sernula, Dikatakan, semula berdasar prakiraan cuaca dari Sadan Meteorology Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pada tamat Oktober ini di Kabupaten TemanggL' sudah turun hujan. Namun ternyata hingga tamat Oktober ini hujan belum juga turun dan masih terj'e:.:.i kekeringan di banyak sekali daerah diTem.anggung. Bahkan musin kemarau diperkirakan lebih panjang lagi dari yang diprediksikan.

Pada suatu hari, menyerupai biasa Kakek mencari kayu di tenqah hutan, Tetapi hingga sore ternyata Kakek tak banyak menemukan kayu kering. Maklum semalam hujan cukup deras mengguyur hutan sehingga semua kayu yang ditemukan dalam keadaan basah. Dengan kecewa, Kakek beranjak ke luar hutan sambil membawa kayu lembap secukupnya. "Hari ini puasalaqi," pikir Kakek. _
Baru beberapa lanqkah Kakek meninggalkan hutan, tiba-tiba terdengar bunyi lolongan anjing. Suaran merintih, tampaknya anjing itu rnernbutuhkan pertolongan. Kakek menghentikan langkahnya. la mencari asal bunyi itu. Hewan itu tidak bisa bergerak. la hanya bisa menqeluarkan.suara. Seolah-olah ia mohon kepada kakek semoga mau menolong. Dengan cepat, Kakek rnenqanqkat batang pohon yang menindih anjing itu, namun ternyata anjing itu tetap tidak bisa bergerak. Tampaknya ia telah kehabisan teriaga. Kakek yang melihat keadaan anjing itu, merasa iba. Dengan sekuat tenaga, ia mengangkat badan binatang itu . Perlahan-lahan ia berjalan ke gubuknya. Beberapa hari kemudian, Iuka anjing itu sembuh. Hewan itu tampak berterirna kasih sekali kepada si Kakek

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut berdasarkan nu_kilan dongeng di atas!

a. Dirnanakah latar tempat donqenq tersebut? .

b. Baqaimanakah karakter kakek dalam kutipan dongeng tersebut?

c. Apa amanat yang terkandung dalam dongeng tersebut?

Demikian goresan pena perihal

Download Soal Siap Ujian Akhir Semester (UAS) Semester 1 SMP/MTs Mapel Bahasa Indonesia Kelas 7 (Tujuh) Kurikulum 2006 pdf

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!

0 Response to "Download Soal Siap Uas Semester 1 Bahasa Indonesia Smp/Mts Kelas 7 Pdf"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel