Silabus Qur'an Hadist Mts Kelas Tujuh (7/Vii) Kurikulum 2013 Semester 1 Dan 2

 Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya Silabus Qur'an Hadist MTs Kelas Tujuh (7/VII) Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2

Download Silabus Qur'an Hadist MTs Kelas Tujuh (7/VII) Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2 pdf







SILABUS PEMBELAJARAN Qur'an Hadist MTs Kelas Tujuh (7/VII) Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2

Satuan Pendidikan : Madrasah Tsanawiyah
Mata Pelajaran : Qur’an Hadist
Kelas : VII (Tujuh) Semester : Ganjil Kompetensi Inti :
KI-1 : Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya.
KI-2 : Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
KI-4 : Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara berdikari dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan.

Berikut ialah tautan Download Silabus Qur'an Hadist MTs Kelas Tujuh (7/VII) Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2 pdf:



Berikut ialah kutipan dari silabus tersebut:

KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU
(1) (2) (3) (4) (5)
1.1 Meyakini Al-Quran danAl-Hadist sebagai pedomanhidup Kesadaran pentingnya Al- Alquran dan Al-Hadist sebagaipedoman hidup sehari-hari Pembiasaan kesadaran pentingnya Al-Quran dan Al-Hadist sebagaipedoman hidup sehari-hari - Penilaian diri- Penilaian sejawat
2.1 Memiliki sikap mencintaiAl-Quran dan Al-Hadistdalam kehidupan Pembiasaan menyayangi Al-Quran dan Al-Hadist dalamkehidupan Pembimbingann Pembiasaan pentingnyamencintai Al-Quran dan Al-Hadistdalamkehidupan - Observasi- Catatan -Jurnal
3.1 Memahami kedu-dukan Al-Quran dan Al-Hadist sebagaipedoman hidup umat manusia Kedudukan dan fungsi Al-Quran sebagai pedoman hidup umat manusiaKedudukan dan fungsi Al- Mengamati- Mengamati gambar, tayangan vedio atau fenomena dalam kehidupan sehari-hariyang terkait dengan kedudukan dan fungsiAl-Quran dan Al-HadistMenanya Tugas- Mengumpulkan berita/ artikeltentang pengertian dan fungsi Al- Alquran dan Al- 2 TM(4 x 40Jam)
KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU
(1) (2) (3) (4) (5)
4.1 Mempraktikkan ca-ra hidup yang sesuai dengan Al Alquran dan Al-Hadist Hadist sebagai pedomanhidup umat manusia Dengan dimotivasi oleh guru, pesertadidik mengajukan pertanyaan/pernyataan yang terkait dengan kedudukan Al-Quran dan Al-HadistMengexplorasi- Secara berkelompok mencari informasiyang terkait dengan pengertian Al-Quran dan Al-Hadist, fungsi Al-Quran dan Al- Hadist, dan kedudukan Al-Quran dan Al- Hadist sebagai pedoman hidup dari aneka macam sumber; buku literatur, jurnal, ensiklopedi, media elektronik maupun cetak.Mengasosiasi- Mendiskusikandan merumuskan hasil pencarian informasi wacana pengertianAl-Quran dan Al-Hadist, fungsi Al-Quran,dan Al-Hadist, dan kedudukan Al-Quran dan Al-Hadist sebagaipedoman hidup.- Secara berkelompok melaksanakan analisis dan koreksi terhadap hasil rumusantentang pengertian Al-Quran dan Al- Hadist, fungsi Al-Quran, dan Al-Hadist, dan kedudukan Al-Quran dan Al-Hadist sebagai pedoman hidup.- Menyusun kesimpulan pengertian dan fungsi Al-Hadist dengan bimbingan guru.Mengkomunikasikan HadistObservasi- Mengamatipelaksanaan diskusi dengan memakai lembar observasi yang memuat: Kejelasan dankedalaman informasi yg diperoleh Keaktifan dalamdiskusi Kejelasan dankerapian hasil kerjaPortopolio- Membuat paparan/peta konsep wacana pengertianAl-Quran dan Al- Hadist, fungsi Al- Quran, dan Al- Hadist, dan kedudukan Al- Alquran dan Al- Hadist sebagaipedoman hidup
KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU
(1) (2) (3) (4) (5)
- Menyajikan paparan hasil pencarianinformasi wacana pengertian Al-Quran dan Al-Hadist, fungsi, kedudukan Al- Quran, dan Al-Hadist sebagai pedoman hidup umat manusia.- Memberikan balasan papararan dari hasil pencarian informasi wacana pengertian Al-Quran dan Al-Hadist, fungsi, kedudukan Al-Quran, dan Al- Hadist sebagai pedoman hidup umat manusia.. Tes- Tes tulis- Tes lisan
1.2 Meyakini isi kandunganhadist wacana kepercayaan danhadist wacana ibadah yang diterima Allah SWTadalah yang dilakukan dengan ikhlas Kesadaran pentingnya isikandungan hadist tentangiman dan hadist wacana ibadah yang diterima Allah SWT ialah yang dilakukan dengan ikhlas Pembiasaan kesadaran pentingnya isikandungan hadist wacana kepercayaan dan hadisttentang ibadah yang diterima Allah SWTadalah yang dilakukan dengan ikhlas - Penilaian diri- Penilaian sejawat
2.2 Terbiasa beribadah danberdoa sebagaiimplementasi dari pemahaman wacana kandungan Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112) dalam kehidupan sehari- hari Cara beribadah sebagaiimplementasi dari isi tentangisi kandungan hadist mengenai ibadah yang diterima Allah SWT Pembimbingan Pembiasaan beribadahsebagai implementasi dari pemahamantentang isi kandungan hadist mengenai ibadah yang diterima Allah SWT - Observasi- Catatan -Jurnal
3.2. Memahami isi kan-dunganQ.S. al-Fatihah(1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112)tentang Ayat-ayat Al-Quran Tentangtauhid (QS. al Fatihah, Q.S. an-Nas, Q.S. al-Falaq, Q.S. al-Ikhlas. Mengamati- Mengamati gambar foto atau tayangan vedio wacana sikap tauhid sesuai isi kandungan Q.S.al-Fatihah (1), Q.S. Tugas- Membuat peta konsep hasildiskusi 3 TM(6 x 40Jam)
KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU
(1) (2) (3) (4) (5)
tauhid dalam konsep Islam4.2 Menunjukkan teladan sikap orang yang mempunyai tauhid sesuai isi kandungan Q.S.al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112). Annas (114), Q.S. al-Falaq (113) dan Q.S.al-Ikhlas (112)- Menyimak bacaan secara tartil dariQ.S.al-Fatihah (1), Q.S. an-Nas (114), Q.S. al- Falaq (113) dan Q.S. al-Ikhlas (112)Menanya- Dengan dimotivasi oleh guru, akseptor didik mengajukan pertanyaan ataupernyataan wacana hal-hal yang terkait dengan tayangan yang telah dicermatinya.Mengeksplorasi- Secara kelompok menggali informasitentang isi kandungan Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112) dari aneka macam sumber; buku literatur, jurnal, ensiklopedi, media elektronik maupun cetak- Menyimak macam-macam bacaan secara tartil dari Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112) dari aneka macam rekaman bacaan.Mengasosiasi- Diskusi wacana tauhid sesuai isi kandungan Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112)- Merumuskan hasil penggalian informasi Observasi- Mengamatipelaksanaan diskusi dengan memakai lembar observasi yang memuat: Kejelasan dankedalaman informasi yang diperoleh Keaktifan dalamdiskusi Kejelasan dankerapian hasil kerjaPortopolio- Membuat paparan wacana isi kandunganQ.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al- Ikhlas (112)Tes- Tes tulis- Tes Lisan
KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU
(1) (2) (3) (4) (5)
tentang isi kandungan Q.S. al-Fatihah (1),an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas(112)- Menyusun kesimpulan isi kandungan ayat dengan bimbingan guru.Mengkomunikasikan- Memaparkan hasil diskusi isi kandunganQ.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq(113) dan al-Ikhlas (112)- Menanggapi paparan isi kandungan Q.S.Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq(113) dan al-Ikhlas (112)- Secara berpasangan, menghafalkan secara tartil Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112)
1.3 Menghayati kandunganQ.S. al-Fatihah (1), an-Nas(114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112) wacana keesaan Allah SWT Kesadaran pentingnyaMeyakini isi kandunganhadist wacana kepercayaan dan hadist wacana ibadah yang diterima Allah SWT ialah yang dilakukan dengan ikhlas. Pembiasaan kesadaran pentingnya Meyakiniisi kandungan hadist wacana kepercayaan dan hadisttentang ibadah yang diterima Allah SWTadalah yang dilakukan dengan ikhlas. - Penilaian diri- Penilaian sejawat
2.3 Terbiasa beribadah sebagaiimplementasi daripemahaman wacana kandungan hadist mengenai ibadah yang diterima Allah SWT Pembiasaan beribadah sebagai implementasi dari pemahamantentang kandungan hadist mengenaiibadah yang diterima Allah SWT Pembimbingan Pembiasaan pentingnyaberibadah sebagai implementasi dari pemahaman wacana kandungan hadist mengenaiibadah yang diterima Allah SWT - Observasi- Catatan -Jurnal
KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU
(1) (2) (3) (4) (5)
3.3.Memahami keter-kaitan isikandungan hadist wacana kepercayaan riwayat Ali bin Abi Talib dari Ibnu Majahةفرعنمايملإا( ناكرلأابلمعوناسللابلوقوبلقلبا)dan hadis riwayat Muslim dari Umar bin Khattabنلأاقنايملإانعىنبرخأفلاق() ... للهابنمؤتdan hadist riwayat Muslim dari Abu Hurairah اهلضفأفةبعشنوعبسوعضبنايملإا()... اللهلاإلهالالوقdan hadist wacana ibadah yang diterima Allah SWT hadist riwayat Al-Bazzar dari Ad Dahak:رشأنمفكيرشيرخناأىلاعتهلللااق( يكيرشللوهفاكيرشيعمك Hadis wacana Iman- Hadistةفرعنمايملإا ناكرلأابلمعوناسللابلوقوبلقلبا- Hadistنلأاقنايملإانعىنبرخأفلاق() ... للهابنمؤت- Hadistلضفأفةبعشنوعبسوعضبنايملإا()... اللهلاإلهالالوقاه- Hadist أنمفكيرشيرخناأىلاعتهلللااق( يكيرشللوهفاكيرشيعمكرش للمكلامعأاوصلخاسانلااهيأ")....ه- Hadistدروهفنارمأهيلعسيللامعلمعنم( Mengamati- Mengamati gambar atau tayangan atau cerita wacana orang Islam yang memilikiketeguhan kepercayaan dan bersedekah sesuai dengan isi hadist wacana kepercayaan dan amal yang diterima Allah SWT SWT .- Menyimak bacaan hadist-hadist tentangiman dari teman atau guruMenanya- Dengan dimotivasi oleh guru, pesertadidik mengajukan pertanyaan atau pernyataan yang terkait dengan hubungan kepercayaan dan amalan yang diterima Allah SWT.- Secara berpasangan siswa bertanya tentaniman dan amalan yang diterimaMengeksplorasi- Mencari arti perkata dari hadist wacana kepercayaan dan amal yang diterima Allah SWT.- Secara kelompok menggali informasi wacana isi kandungan hadist wacana kepercayaan dan amal yang diterima Allah SWT, dari aneka macam sumber; buku literatur, jurnal, ensiklopedi, media elektronik maupun cetak- Mencari contoh-contoh sikap yang sesuai dengan hadist wacana kepercayaan dan amal yang Tugas- Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang memuat prilaku hidup yang sesuai dengan hadist- hadist pada materi.Observasi- Mengamati pelaksanaan diskusi/kerja kelompok dengan memakai lembar observasi yang memuat: Kejelasan dan kedalaman informasi yg diperoleh Keaktifan dalam diskusi Kejelasan dan kerapian paparanhasil kerja. 3 TM(6 x 40Jam)
KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU
(1) (2) (3) (4) (5)
.هللمكلامعأاوصلخاسانلااهيأ")...dan hadist riwayat Muslim dari Aisyah)دروهفنارمأهيلعسيللامعلمعنم(dalam fenomena kehidupan dan akibatnya4.3. Menunjukkancontoh sikap orang yang beribadah didasari keikhlasan sesuai hadist wacana kepercayaan riwayat Ali bin Abi Thalib dariIbnu Majah:ةفرعنمايملإا()ناكرلأابلمعوناسللابلوقوبلقلباdan hadist riwayat Muslim dari Umar bin Khattab:نلأاقنايملإانعىنبرخأفلاق() ... للهابنمؤتdan hadist riwayat Muslim dari Abu Hurairah: )Terjemah hadist wacana kepercayaan amal yang diterima Allah SWT.Isi kandungan hadisttentang kepercayaan dan amal yang diterima Allah SWT. diterima Allah SWT. Mencari caramenulis yang benar, hadis wacana kepercayaan dan dan amal yang diterima Allah SWT.- Menggali informasi wacana kondisi keimanan dan pelaksanaan cara beribadahyang ada di masyarakatMengasosiasi- Menghafal hadist wacana kepercayaan dan danamal yang diterima Allah SWT.- Menulis dan menterjemah hadis tentangiman dan amal yang diterima Allah SWT .- Melakukan diskusi wacana isi kandunganhadist wacana kepercayaan dan dan amal yang diterima Allah SWT.- Mengidentifikasi perbuatan yang sesuai dengan kepercayaan dan amal yang diterima Allah SWT.- Menyusun kesimpulan isi kandungan hadis wacana kepercayaan dan dan amal yangditerima Allah SWT. dengan bimbinganguru.Mengkomunikasikan- Menyajikan paparan hasil diskusi dan analisis keterkaitan isi kandungan hadisttentang kepercayaan dan dan amal yang diterimaAllah SWT.- Menangggapi paparan hasil diskusi dan analisis keterkaitan isi kandungan hadist wacana kepercayaan dan amal yang diterima Portofolio- Membuat paparan wacana isi kandungan hadist- hadist wacana kepercayaan dan ibadah yang diterima Allah SWT.Tes- Tes tulis- Tes lisan.
KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU
(1) (2) (3) (4) (5)
هلضفأفةبعشنوعبسوعضبنايملإا()... اللهلاإلهالالوقاdan hadist wacana ibadah yang diterima Allah SWT riwayat Al-Bazzar dari Adh-Dhahlaq:رشأنمفكيرشيرخناأىلاعتهلللااق( يكيرشللوهفاكيرشيعم ك.هللمكلامعأاوصلخاسانلااهيأ")...dan hadist riwayat Muslim dari Aisyah روهفنارمأهيلعسيللامعلمعنم()د Allah SWT.- Menyajikan teladan perbuatan yang sesuai dengan kepercayaan dan amal yang diterima Allah SWT.

Demikian goresan pena wacana

Download Silabus Qur'an Hadist MTs Kelas Tujuh (7/VII) Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2 pdf

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!

SUMBER: SISTEM INFORMASI KURIKULUM MADRASAH KEMENAG RI

0 Response to "Silabus Qur'an Hadist Mts Kelas Tujuh (7/Vii) Kurikulum 2013 Semester 1 Dan 2"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel