Petunjuk Teknis (Juknis) Penyelenggaraan Pos Paud

 Pendidikan anak usia dini dari tahun ke tahun mengalami perkembangan yang sangat pesat se PETUNJUK TEKNIS (JUKNIS) PENYELENGGARAAN POS PAUD

DOWNLOAD PETUNJUK TEKNIS (JUKNIS) PENYELENGGARAAN POS PAUD PDF







Pendidikan anak usia dini dari tahun ke tahun mengalami perkembangan yang sangat pesat setidaknya bila dilihat dari perkembangan jumlah forum PAUD yang diprakarsai oleh masyarakat. Pos PAUD merupakan salah satu contoh PAUD yang dikelola oleh masyarakat. Dari hasil pendataan online ditahun 2015 ini jumlah forum PAUD homogen (SPS) yang didalamnya termasuk pos PAUD yang sudah terdata adalah….lembaga.

Pos PAUD merupakan bentuk layanan PAUD yang menyelenggaraannya sanggup terintegrasi dengan layanan Bina Keluarga Balita (BKB) dan/atau posyandu bagi anak semenjak lahir hingga dengan usia 4 tahun. Pos PAUD merupakan salah satu model PAUD yang dikembangkan melalui pendekatan holistik-integratif yang setidaknya menekankan aspek pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, kesehjahteraan dan pelindungan.

Sebagai upaya peningkatan mutu layanan dan pengelolaan Pos PAUD, pemerintah menerbitkan “Petunjuk Teknis (Juknis) Penyelenggaraan Pos PAUD”. Petunjuk ini dibutuhkan sanggup menjadi pola bagi masyarakat, apa, mengapa, dan bagaimana menyelenggarakan Taman Penitipan Anak.
Petunjuk Teknis (Juknis) ini berisikan; pertama Pendahuluan yang meliputi latar belakang, landasan, pengertian, tujuan dan ruang lingkup; kedua pendirian Pos PAUD yang meliputi pendiri, syarat pendirian, tata cara pendirian, masa berlaku izin, acuan pendirian; ketiga penyelenggaraan taman kanak-kanak meliputi prinsip penyelenggaraan Pos PAUD, komponen penyelenggaraan, deteksi dini tumbuh kembang anak, dan keempat penilaian program, pelaporan dan pembinaan.

Penghargaan dan terima kasih saya sampaikan kepada semua pihak yang telah memperlihatkan sumbangsih dalam penyusunan Petunjuk Teknis (Juknis) penyelenggaraan Pos PAUD ini.

Berikut yaitu tautan downlod Juknis Penyelenggaraan pos PAUD pdf:




Berikut yaitu kutipan dari juknis tersebut:

BAB I PENDAHULUAN ............................................................................. 1
A. Latar Belakang ........................................................................................ 1
B. Dasar Hukum ........................................................................................... 2
C. Pengertian ............................................................................................... 3
D. Tujuan Petunjuk Teknis (Juknis) .......................................................................... 3
E. Sasaran.................................................................................................... 4
F. Lingkup Petunjuk Teknis (Juknis) ........................................................................ 4

BAB II PENDIRIAN POS PAUD ............................................................... 5
A. Pendiri ...................................................................................................... 5
B. Syarat Pendirian...................................................................................... 5
C. Tata Cara Pendirian................................................................................ 6
D. Masa Berlaku Izin ................................................................................... 7
E. Rujukan Pendirian................................................................................... 7

BAB III PENYELENGGARAAN POS PAUD ........................................... 8
A. Prinsip Penyelenggaraan Pos PAUD .................................................. 9
B. Komponen Penyelenggaraan............................................................... 11
1. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) PAUD ................ 11
2. Pembelajaran ................................................................................... 19
3. Penilaian Perkembangan Anak ...................................................... 36
4. Guru dan Tenaga Kependidikan .................................................... 40
5. Sarana dan Prasarana .................................................................... 46
6. Pengelolaan ..................................................................................... 51

C. Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak ................................................. 55
1. Pengertian dan Tujuan .................................................................... 55
2. Deteksi Pertumbuhan...................................................................... 55
3. Deteksi Perkembangan Anak ......................................................... 55
4. Langkah-langkah Deteksi Dini Tumbuh Kembang ....................... 57
5. Tindaklanjut Hasil Deteksi .............................................................. 58

BAB IV EVALUASI PROGRAM, PELAPORAN DAN PEMBINAAN.... 59
A. Evaluasi Program .................................................................................. 59
1. Pengertian ........................................................................................ 59
2. Tujuan Evaluasi ............................................................................... 59
3. Aspek yang Dievaluasi .................................................................... 59
4. Waktu Evaluasi ................................................................................ 59
B. Pelaporan ............................................................................................... 60
1. Pengertian ........................................................................................ 60
2. Tujuan ............................................................................................... 60
3. Teknik ............................................................................................... 60
C. Pembinaan ............................................................................................. 61
1. Pengertian Pembinaan.................................................................... 61
2. Tujuan Pembinaan .......................................................................... 61
3. Prinsip Pembinaan .......................................................................... 62
4. Jenis Pembinaan ............................................................................. 62
5. Teknik Pembinaan.............................................................................. 63

BAB V PENUTUP ..................................................................................... 65
LAMPIRAN................................................................................................. 66

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Sejak tahun 1990-an dunia pendidikan mulai terbuka akan pentingnya pendidikan anak usia dini sebagai pendidikan yang paling awal yang diselenggarakan semenjak anak dilahirkan hingga memasuki pendidikan dasar. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang baik diyakini sanggup melejitkan perkembangan anak di masa emas perkembangannya.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 perihal Sistem Pendidikan Nasional mengamanatkan bahwa, “Pendidikan anak usia dini yaitu suatu upaya training yang ditujukan kepada anak semenjak lahir hingga dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui sumbangan rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani biar anak mempunyai kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut”.
Lebih lanjut dinyatakan dalam Undang-undang RI nomor 20 tahun 2003 perihal sistem pendidikan nasional pasal 28, bahwa: (1) Pendidikan anak usia dini diselenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar; (2) Pendidikan anak usia dini sanggup diselenggarakan melalui jalur formal, nonformal dan/atau informal; (3) Pendidikan anak usia dini pada jalur formal berbentuk Taman Kanak-kanak, Raudatul Athfal (RA), atau bentuk lain yang sederajat; (4) Pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan nonformal berbentuk kelompok bermain (KB), taman penitipan anak (TPA), atau bentuk lain yang sederajat; dan (5) Pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan informal berbentuk pendidikan keluarga atau pendidikan yang diselenggarakan oleh lingkungan.
Selain dalam bentuk TK/RA, KB, dan TPA, di masyarakat berkembang bentuk-bentuk layanan PAUD lainnya yang dikelompokkan dalam bentuk satuan PAUD sejenis, menyerupai Pos PAUD/Taman Posyandu, PAUD Berbasis Pendidikan Al- Quran, PAUD Bina Iman Anak, PAUD Pembinaan Anak Kristen, dll.

Guna memperlihatkan pola kepada masyarakat, Pemerintah memandang perlu menyediakan Petunjuk Teknis (Juknis) penyelenggaraan satuan PAUD. Salah satunya yaitu ”Petunjuk Teknis (Juknis) Penyelenggaraan POS PAUD”.

Demikian goresan pena perihal

DOWNLOAD PETUNJUK TEKNIS (JUKNIS) PENYELENGGARAAN POS PAUD PDF

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!

0 Response to "Petunjuk Teknis (Juknis) Penyelenggaraan Pos Paud"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel