Buku Petunjuk Aplikasi Pondok Pesantren (Pontren)

Buku Petunjuk Aplikasi Pondok Pesantren  Buku Petunjuk Aplikasi Pondok Pesantren (Pontren)

Download Buku Petunjuk (User Manual) Aplikasi Pondok Pesantren (Pontren) Terbaru







Sebelum memakai Aplikasi Pondok Pesantren (Pontren) Aplikasi Pontren merupakan aplikasi yang berfungsi untuk memasukkan data-data yang berkaitan dengan Pondok Pesantren.

Sebelum anda sanggup membuka tampilan aplikasi Pontren, perlu diingat bahwa aplikasi ini yaitu aplikasi berbasis web, sehingga untuk membukanya diharapkan software penjelajah internet (browser) menyerupai Mozilla Firefox, Google Chroom, Internet Explore dan lain-lain. Namun perlu diingat, untuk jenis browser yang disarankan yang compatible dengan aplikasi ini yaitu Mozilla Firefox.ini, sebaiknya pengguna mengetahui terlebih dahulu tampilan dan fungsi dari tabel/grid identitas forum yang dipergunakan.

Berikut yaitu tautan Download Buku Petunjuk (User Manual) Aplikasi Pondok Pesantren (Pontren) Terbaru:




Berikut yaitu kutipan dari user manual atau buku petunjuk aplikasi pontren tersebut:

BAB I

BAGIAN INTERFACE LAMAN

Sebelum memakai Aplikasi Pondok Pesantren (Pontren) ini, sebaiknya pengguna mengetahui dulu tampilan interface disertain dengan menu-menu yang tertera di dalam halaman laman tersebut. Alamat laman yang dipakai yaitu http://emispendis.kemenag.go.id, yang ketika alamat ini diketikkan di kafe address browser (IE, Firefox, Google Chroom, dll), maka akan terbuka halaman sebagai berikut:

Pada tampilan halaman awal tersedia aneka macam macam sajian pilihan yakni, Laporan Statistik Pendidikan, Aplikasi, FAQ, Petunjuk Pengisian dan Forum. Selain itu juga pada halaman tersebut juga tampil kemudahan Cari Detail Lembaga untuk mengetahui posisi forum menurut titik koordinat.

Pada bab dibawah ini akan kita bahas satu persatu menu-menu yang ada pada tampilan awal laman ini.

1. Petunjuk Pengisian.

Pada sajian ini tersedia petunjuk pengisian form pendataan yang dipakai untuk mengisi di bab aplikasi. Saat ini petunjuk pengisian itu dibedakan untuk masing- masing jenjang forum yang akan didata, yakni RA/BA, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, Madrasah Diniyah, Pondok Pesantren, TPQ, Guru PAIS, Pengawas, PTAI dan tentunya petunjuk untuk aplikasi pengendalian aktivitas dan evaluasi.
2. FAQ.

Pada sajian ini tersedia file pertanyaan dan solusi yang selama ini dirangkum dari permasalahan semenjak aplikasi EMIS berbasis web diluncurkan. Selain itu pada aplikasi ini juga tersedia petunjuk cara mencari titik koordinat bumi yang nanti akan diisikan pada formulir aplikasi pendataan, serta juga terdapat tools untuk mengonversi titik koordinat bumi dari titik berbasis google map ke titik koodinat berbasis GPS.
3. Aplikasi.

Pada sajian ini tersedia aplikasi-aplikasi yang dikelola oleh Subbag Sistem Informasi antara lain:
1. Aplikasi Pendataan RA dan Madrasah.

2. Aplikasi Pendataan Pontren, Madin dan TPQ.

3. Aplikasi Pendataan Guru PAIS dan Pengawas.

4. Aplikasi Pendataan PTAI, dan

5. Aplikasi Pengendalian Program dan Evaluasi.

Aplikasi EMIS online selama ini merupakan adonan dari aplikasi RA dan Madrasah, Pontren, Madin dan TPQ, Guru PAIS dan Pengawas. Sementara Aplikasi PTAI dan Pengendalian Program dan Evaluasi sudah bangkit sendiri.
4. Laporan Statistik Pendidikan.

Pada sajian ini tersedia laporan-laporan berupa rekapitulasi data statistik yang ditampilkan perpropinsi, perkabupaten/kota, dan perkecamatan. Untuk ketika ini laporan statistik ini gres tersedia untuk jenjang RA/BA, MI, MTs, MA dan Pengawas.

Masing-masing jenjang forum pada laporan statistik pendidikan antara lain berisi: jumlah lembaga, jumlah rombel, kualifikasi pengajar, jumlah santri, penghasilan orangtua, kondisi ruang kelas, jumlah santri DO, jumlah santri pengulang, jumlah santri simpulan belajar, jumlah tenaga pengajar yang bersertifikat. Pada sajian laporan ini juga disertai pilihan tahun pelajaran yang ingin dilihat.
5. Forum.

Forum ini merupakan kemudahan gres yang dibentuk sebagai sarana saling membuatkan info dan pengalaman antar sesama pengguna aplikasi.
6. Menu Pencarian.

Menu ini merupakan sajian gres yang tersedia di laman ini. Menu ini dipakai untuk mencari letak suatu forum menurut titik koordinat bumi yang nantinya ditampilkan ke dalam bentuk peta Google. Untuk ketika ini titik pencarian masih menurut NSM forum yang bersangkutan, menyerupai referensi berikut ini:

Demikian goresan pena perihal

Download Buku Petunjuk (User Manual) Aplikasi Pondok Pesantren (Pontren) Terbaru

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!

0 Response to "Buku Petunjuk Aplikasi Pondok Pesantren (Pontren)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel