Buku Siswa Bahasa Indonesia Smp/Mts Kelas 8 K13 Revisi 2017
Download Buku Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 8/VIII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 8/VIII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini ditulis dengan tujuan supaya para siswa mempunyai kompetensi berbahasa Indonesia untuk banyak sekali keperluan sebagai aktivitas sosial. Kegiatan yang dirancang dalam buku diperlukan sanggup membantu siswa membuatkan kompetensi berbahasa yang dibutuhkan dalam kehidupan yang sesungguhnya.
Konsep utama pengembangan Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 8/VIII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini yakni berbasis genre. Genre dimaknai sebagai aktivitas sosial yang mempunyai jenis yang berbeda sesuai dengan tujuan aktivitas sosial dan tujuan komunikatifnya. Setiap jenis genre mempunyai kekhasan cara pengungkapan (struktur retorika teks) dan kekhasan unsur kebahasaan. Inilah cara pandang gres perihal bahasa. Jika Kurikulum 2006 menekankan pendekatan komunikatif, Kurikulum 2013 justru menajamkan efek komunikasi dan dampak fungsi sosialnya. Pada Kurikulum 2006 siswa diajarkan menulis surat dengan format standar yang tidak menekankan isi surat. Pada Kurikulum 2013, surat yang ditulis siswa harus berdampak sosial, menyerupai bisa menawarkan kepribadian dalam surat lamaran kerja dan atau surat untuk meyakinkan orang lain. Bahasa dan isi menjadi dua hal yang saling menunjang. Ini sejalan dengan perkembangan teori pengajaran bahasa di Eropa dan Amerika, yaitu Content Language Integrated Learning (CLIL). CLIL menonjolkan empat unsur penting sebagai penajaman pengertian kompetensi berbahasa, yaitu isi (content), bahasa/komunikasi (communication), kognisi (cognition), dan budaya (culture).
Setiap kepingan dalam buku ini dikembangkan dengan mengacu kepada konsep teoretis yang mendasari Kurikulum 2013, yaitu pembelajaran berbasis genre dan CLIL (content language integrated learning). Silabus Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 8/VIII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini dikembangkan menurut pengembangan silabus berbasis genre dan pedagogi genre. Setiap kepingan Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 8/VIII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini meliputi tiga hal, yaitu klarifikasi perihal teks (tujuan, struktur retorika, kebahasaan) dan lokasi sosial, model teks dan telaah model teks, serta latihan dan tugas, termasuk kiprah pengembangan kompetensi.
Buku teks Bahasa Indonesia terdiri atas Buku Guru dan Buku Siswa. Buku Siswa berisi klasifikasi Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI dan KD) untuk dipelajari siswa. Buku Guru berisi panduan pembelajaran bahasa Indonesia secara umum dan teknik memakai buku siswa.
Berikut yakni tautan Download Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 8/VIII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017:
Download Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 8/VIII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Berikut yakni kutipan dari buku tersebut:
DAfTAR IsI
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB 1 : Berita Seputar Indonesia
A. Menentukan Unsur-Unsur Berita
1. Unsur-Unsur Berita ...................................................................................... 3
B. Meringkas dan Menyimpulkan Berita
1. Ringkasan Berita .......................................................................................... 6
2. Penyimpulan Isi Berita ................................................................................. 8
3. Tanggapan terhadap Isi Berita ................................................................... 10
C. Menemukan Struktur dan Kaidah Berita
1. Struktur Berita ........................................................................................ 12
2. Kaidah-Kaidah Kebahasaan ...................................................................... 15
D. Menyampaikan Informasi dalam Bentuk Berita ................................................ 18
1. Pentingnya Berita ....................................................................................... 19
2. Penyampaian Berita..................................................................................... 19
3. Penyuntingan Berita .................................................................................... 22
Aku Bisa ........................................................................................ 25
BAB 2 : Iklan, Sarana Komunikasi
A. Menentukan Unsur-Unsur Iklan, Slogan, dan Poster
1. Pengertian dan Fungsi Iklan, Slogan, dan Poster ................................... 28
2. Unsur-Unsur Iklan, Slogan, dan Poster ................................................... 31
B. Menyimpulkan Pesan dan Informasi dalam Iklan ......................................... 34
1. Unsur-Unsur Pembentuk Iklan ................................................................ 34
2. Penyimpulan Maksud Suatu Iklan ........................................................... 36
3. Menceritakan Kembali Teks Iklan ............................................................ 39
C. Menelaah Pola, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan Iklan .............................. 42
1. Pola-Pola Penyajian Iklan .......................................................................... 42
2. Struktur Teks Iklan ...................................................................................... 47
3. Kaidah Kebahasaan Teks Iklan ................................................................. 48
D. Menulis Iklan
1. Langkah-Langkah Penulisan...................................................................... 53
2. Penyuntingan Iklan .................................................................................... 55
Aku Bisa ........................................................................................ 57
BAB 3 : Mengenali Unsur-Unsur Teks Eksposisi
A. Mengenali Unsur-Unsur Teks Eksposisi........................................................... 60
1. Gagasan dan Fakta dalam Teks Eksposisi ................................................ 60
2. Pola-Pola Pengembangan Teks Eksposisi ............................................... 64
B. Menyimpulkan Isi Teks Eksposisi
1. Gagasan Umum dan Gagasan Khusus ..................................................... 67
2. Jenis-Jenis Paragraf Berdasarkan Gagasan Utamanya ........................... 72
C. Menelaah Struktur dan Kaidah Teks Eksposisi
1. Struktur Teks Eksposisi .............................................................................. 75
2. Kaidah Teks Eksposisi ................................................................................ 81
D. Menyajikan Teks Eksposisi
1. Langkah-Langkah Penyajian ...................................................................... 84
2. Kegiatan Penyuntingan ............................................................................... 87
Aku Bisa ........................................................................................ 89
BAB 4 : Indahnya Berpuisi
A. Menemukan Unsur-Unsur Pembentuk Puisi
1. Pengertian Puisi ........................................................................................ 92
2. Unsur-Unsur Puisi....................................................................................... 94
B. Menyimpulkan Isi Puisi
1. Isi Puisi ...................................................................................... 102
2. Jenis-Jenis Puisi ...................................................................................... 105
C. Memilah Unsur-Unsur Pembangun Puisi...................................................... 111
D. Mari Berpuisi
1. Menulis Puisi ...................................................................................... 115
2. Pembacaan Puisi ...................................................................................... 118
3. Bermusikalisasi Puisi................................................................................. 123
Aku Bisa ...................................................................................... 125
BAB 5 : Urutan Cerita Menarik dalam Eksplanasi
A. Menentukan Ciri-Ciri Teks Eksplanasi
1. Pengertian Teks Eksplanasi ...................................................................... 128
2. Ciri-Ciri Teks Eksplanasi .......................................................................... 130
B. Meringkas Teks Ekspanasi
1. Menenentukan Gagasan Umum Teks Eksplanasi ................................. 133
2. Langkah-Langkah Meringkas Teks Eksplanasi...................................... 134
C. Menelaah Isi, Struktur, dan Kaidah Teks Eksplanasi
1. Isi Teks Ekspalansi ..................................................................................... 136
2. Struktur Teks Eksplanasi .......................................................................... 138
3. Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi....................................................... 144
D. Menulis Teks Eksplanasi
1. Pola-Pola Pengembangan Teks Eksplanasi............................................. 148
2. Langkah-Langkah Menulis Teks Eksplanasi .......................................... 150
Aku Bisa ...................................................................................... 152
BAB 6 : Ulasan perihal Karya Kita
A. Menunjukkan Ciri-Ciri Ulasan
1. Pengertian Ulasan...................................................................................... 154
B. Menjelaskan Kembali Teks Ulasan
1. Maksud Suatu Teks Ulasan....................................................................... 159
2. Kekurangan dan Kelebihan Teks Ulasan ................................................ 163
C. Menelaah Struktur dan Kaidah Ulasan
1. Stuktur Ulasan ...................................................................................... 166
2. Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan ............................................................. 168
D. Menyusun Teks Ulasan
1. Langkah-Langkah Penyusunan ............................................................... 171
2. Penuangan Catatan ke dalam Teks Ulasan yang Lengkap ................... 172
Aku Bisa ...................................................................................... 174
BAB 7 : Berbahasalah secara Persuasif
A. Menemukan Ajakan dalam Teks Persuasif
1. Pengertian Teks Persuasif ......................................................................... 176
2. Ajakan dalam Teks Persuasif .................................................................... 179
B. Menyimpulkan Isi Teks Persuasif
1. Simpulan Isi Teks Persuasif ...................................................................... 182
2. Langkah-langkah Penyimpulan Teks Persuatif...................................... 184
C. Menelaah Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Persuasi
1. Struktur Teks Persuasi............................................................................... 186
2. Kaidah Kebahasaan Teks Persuasi ........................................................... 189
D. Menulis Teks Persuasif
1. Penyiapan Bujukan, Ajakan...................................................................... 192
2. Memperhatikan Struktur dan Kaidah Teks Persuasi ............................ 194
Aku Bisa ...................................................................................... 197
BAB 8 : Drama-Drama Kehidupan
A. Mendalami Unsur-Unsur Drama
1. Karakteristik Drama.................................................................................. 200
2. Unsur-Unsur Drama ................................................................................. 205
B. Menafsirkan Kembali Isi Drama
1. Ada Drama dalam “Tayangan” Sehari-hari ............................................ 207
2. Tanggapan untuk Pementasan Drama .................................................... 209
C. Menelaah Struktur dan Kaidah Drama
1. Struktur Drama ...................................................................................... 213
2. Kaidah Kebahasaan Drama ...................................................................... 218
D. Menulis Drama
1. Teks Drama dari Karya yang Sudah Ada................................................ 222
2. Naskah Drama dengan Orisinalitas Ide.................................................. 229
3. Pementasan Karya Sendiri ....................................................................... 230
Aku Bisa ...................................................................................... 231
BAB 9 : Kembangkan Kegemaran Membaca
A. Menggali Informasi dalam Buku Fiksi dan Nonfiksi
1. Keragaman Informasi dalam Buku Fiksi dan Nonfiksi ........................ 234
2. Informasi Buku Melalui Indeks ............................................................... 236
3. Catatan perihal Isi Buku .......................................................................... 239
B. Menyajikan Peta Konsep dalam Isi Buku Fiksi/Nonfiksi
1. Peta Konsep Isi Buku................................................................................. 240
2. Teknik Membaca untuk Menemukan Isi Buku ..................................... 243
C. Menelaah Unsur-Unsur Penting dalam Buku Fiksi dan Nonfiksi
1. Ungkapan Sebagai Unsur Kebahasaan dalam Buku Fiksi .................... 245
2. Unsur-Unsur Menarik Lainnya dalam Buku Fiksi................................ 247
D. Menyajikan Hasil Bacaan dalam Forum Diskusi
1. Daya Tarik Bacaan ..................................................................................... 255
2. Berdiskusi perihal Isi Buku...................................................................... 257
Aku Bisa ...................................................................................... 264
Glosarium ...................................................................................... 265
Indeks ...................................................................................... 268
Daftar Pustaka ...................................................................................... 270
Profil ...................................................................................... 274
Demikian goresan pena perihal
0 Response to "Buku Siswa Bahasa Indonesia Smp/Mts Kelas 8 K13 Revisi 2017"
Posting Komentar