Buku Siswa Pjok Smp/Mts Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Download Buku Siswa Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan  Buku Siswa PJOK SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Download Buku Siswa Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Penjasorkes/PJOK) SMP/MTs Kelas 8/VIII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017







Kurikulum 2013 dirancang untuk memperkuat kompetensi akseptor didik dari sisi pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Keutuhan tersebut menjadi dasar dalam perumusan kompetensi dasar tiap mata pelajaran, sehingga kompetensi dasar tiap mata pelajaran meliputi kompetensi dasar kelompok sikap, kompetensi dasar kelompok pengetahuan, dan kompetensi dasar kelompok keterampilan. Semua mata pelajaran dirancang mengikuti rumusan tersebut.

Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan(PJOK) untuk Kelas VIII SMP/MTs yang disajikan dalam Buku Siswa Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Penjasorkes/PJOK) SMP/MTs Kelas 8/VIII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini juga tunduk pada ketentuan tersebut. PJOK bukan mata pelajaran olahraga sebagaimana dipahami selama ini dan juga bukan materi pembelajaran yang dirancang hanya untuk mengasah kompetensi keterampilan olahraga akseptor didik. PJOK yaitu mata pelajaran yang membekali akseptor didik dengan kemampuan untuk mempunyai kebugaran dan keterampilan jasmani yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Memiliki tujuan semoga akseptor didik sanggup memperoleh perubahan sikap gerak, sikap berolahraga dan sikap sehat. Pada balasannya acara jasmani dibarengi dengan sikap yang sesuai sehingga hasil yang diperoleh yaitu optimal.

Pembelajarannya dirancang berbasis acara terkait dengan sejumlah jenis gerak jasmani/olahraga dan usaha-usaha menjaga kesehatan yang sesuai untuk akseptor didik Kelas VIII SMP/MTs. Aktivitas-aktivitas tersebut dirancang untuk menciptakan akseptor didik terbiasa melaksanakan gerak jasmani dan berolahraga dengan bahagia hati alasannya yaitu merasa perlu melakukannya dan sadar akan pentingnya menjaga kesehatan jasmani baik melalui gerak jasmani dan olahraga maupun dengan memperhatikan faktor-faktor kesehatan yang memengaruhinya.

Buku Siswa Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Penjasorkes/PJOK) SMP/MTs Kelas 8/VIII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini menjabarkan perjuangan minimal yang harus dilakukan akseptor didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang dipakai dalam Kurikulum 2013, akseptor didik diajak menjadi berani untuk mencari sumber mencar ilmu lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap akseptor didik dengan ketersediaan kegiatan pada Buku Siswa Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Penjasorkes/PJOK) SMP/MTs Kelas 8/VIII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini sangat penting. Guru sanggup memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.

Berikut yaitu tautan Download Buku Siswa Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Penjasorkes/PJOK) SMP/MTs Kelas 8/VIII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017:



Berikut yaitu kutipan dari buku tersebut:



Daftar Isi

B B I. PERMAINAN BOLA BESAR .................................................. 1
1. Permainan Bola Besar melalui Aktivitas Permainan Sepak bola ............. 1
A. Gerak Spesifik Mengumpan dan Menendang Bola ......................................... 2
B. Gerak Spesifik Menggiring Bola...................................................................... 4
C. Gerak Spesifik Menahan Bola........... ........... .................................................. 5
D. Gerak Spesifik Menyundul Bola .............................................................. 6
E. F. Variasi Gerak Spesifik Pembelajaran ............................................................... Variasi Gerak Spesifik Mengumpan, Menendang, Menahan, dan Menggiring
Bola .................................................................................................................. 7


21
G. Aktivitas Bermain Sepak Bola Sederhana........................................................ 25
2. Permainan Bola Besar melalui Aktivitas Permainan Bola Voli ................. 27
A. Gerak Spesifik Mengumpan (Passing) Permainan Bola Voli ......................... 28
B. Gerak Spesifik Servis Atas Permainan Bola Voli ............................................ 30
C. D. Variasi Gerak Spesifik Pembelajaran Permainan Bola Voli ............................. Aktivitas Variasi Gerak Spesifik Passing Atas, Pasing Bawah, serta Servis
Atas Bola Voli .................................................................................................. 30


43
E. Aktivitas Bermain Bola Voli Sederhana .......................................................... 45
3. Permainan Bola Besar melalui Aktivitas Permainan Bola basket ............ 47
A. Gerak Spesifik Permainan Bola Basket ............................................................. 48
B. Variasi Gerak Spesifik Pembelajaran Permainan Bola Basket .......................... 50
C. Variasi Gerak Spesifik Permainan Bola Basket ................................................ 56
D. Bermain Bola Basket Sederhana ....................................................................... 59
Penilaian Hasil Belajar ............................................. 63
A. Permainan Bola Besar melalui Aktivitas Permainan Sepak bola ...................... 63
B. C. Permainan Bola Besar melalui Aktivitas Permainan Bola Voli ...................... Permainan Bola Besar melalui Aktivitas Permainan Bola Basket ...................... 68

BAB II. PERMAINAN BOLA KECIL ................................................................

1. Permainan Bola Kecil melalui Aktivitas Permainan Softball ..................... A. Gerak Spesifik Permainan Softball..................................................................... B. Variasi Gerak Spesifik Pembelajaran Softball.........................................
C. Aktivitas Variasi Bermain Softball................................................................

D. Aktivitas Bermain Softball Sederhana................................................................

2. Permainan Bola Kecil melalui Aktivitas Permainan Bulu Tangkis ........... A. Gerak Spesifik Pukulan Permainan Bulu Tangkis ............................................. B. Gerak Spesifik Pengembalian Pukulan Servis .................................................. C. Variasi Gerak Spesifik Pembelajaran Buklu Tangkis............... ........................... D. Variasi Gerak Spesifik Permainan Bulu Tangkis .............................

E. Aktivitas Bermain Bulu Tangkis Sederhana ..................................................... 103

3. Permainan Bola Kecil melalui Aktivitas Permainan Tenis Meja................ 106

A. Gerak Spesifik Pukulan dalam Permainan Tenis meja ................................... 107

B. Variasi Gerak Spesifik Pembelajaran Tenis meja ....................................

C. Variasi Gerak Spesifik Permainan Tenis meja ................................

D. Aktivitas Bermain Tenismeja Sederhana ........................................................

Penilaian Hasil Belajar Permainan Softball .................................................

Penilaian Hasil Belajar Permainan Bulu tangkis .......................................... 112

Penilaian Hasil Belajar Permainan Tenis meja .............................................. 126

BAB III. ATLETIK.................. ............................................................................. 131

1. Pembelajaran Atletik dengan Jalan Cepat ...................................... 133

A. Gerak Spesifik Kaki Jalan Cepat......................................................................

B. Gerak Spesifik PendaratanTelapak Kaki ........................................................... 134

C. Gerak Spesifik Gerakan Pinggul ......................................................134

D. Gerak Spesifik Gerakan Lengan ................................................................ 134

E. Variasi Gerak Spesifik Jalan Cepat ................................................................ 134

F. Aktivitas Gerak Spesifik Jalan Cepat ................................................... 136

2. Pembelajaran Atletik dengan Lari Jarak Pendek.................................. A. Gerak Spesifik Lari Jarak Pendek .............................................................. B. Gerak Spesifik Start Jongkok

Olahraga sepak bola dimulai semenjak kala ke-2 dan -3 sebelum Masehi di Cina. Di masa Dinasti Han tersebut, masyarakat menggiring bola kulit dengan menendangnya ke jaring kecil. Permainan serupa juga dimainkan di Jepang dengan sebutan Kemari. Di Italia, permainan menendang dan membawa bola juga digemari terutama mulai kala ke-16.

Sepak bola modern mulai berkembang di Inggris dan menjadi sangat digemari. Di beberapa kompetisi, permainan ini menjadikan banyak kekerasan selama pertandingan sehingga balasannya Raja Edward III melarang olahraga ini dimainkan pada tahun 1365. Raja James I dari Skotlandia juga mendukung larangan untuk memainkan sepak bola. Pada tahun 1815, sebuah perkembangan besar mengakibatkan sepak bola menjadi populer di lingkungan universitas dan sekolah. Kelahiran sepak bola modern terjadi di Freemasons Tavern pada tahun 1863 saat 11 sekolah dan klub berkumpul dan merumuskan hukum baku untuk permainan tersebut. Bersamaan dengan itu, terjadi pemisahan yang terang antara olahraga rugby dan sepak bola (soccer). Pada tahun 1869, membawa bola dengan tangan mulai dihentikan dalam sepak bola. Selama tahun 1800-an, olahraga tersebut dibawa oleh pelaut, pedagang, dan tentara Inggris ke banyak sekali belahan dunia. Pada tahun 1904, asosiasi tertinggi sepak bola dunia (FIFA) dibuat dan pada awal tahun 1900-an, banyak sekali kompetisi dimainkan di banyak sekali negara.
Kini, sepak bola sudah modern. Untuk bermain bola dengan baik, pemain dibekali dengan teknik dasar yang baik. Pemain yang mempunyai teknik dasar yang baik cenderung sanggup bermain sepak bola dengan baik pula. Beberapa teknik dasar yang perlu dimiliki pemain sepak bola yaitu menendang (kicking), menghentikan atau mengontrol (stoping), menggiring (dribbling), menyundul (heading), merampas (tacling), lemparan ke dalam (trow–in), dan menjaga gawang (goal keeping). Di bawah ini akan dijelaskan beberapa teknik menendang, menghentikan, dan mengiring bola dalam permainan sepak bola.

A. Gerak Spesifik Mengumpan dan Menendang Bola

1. Gerak Spesifik Mengumpan dan Menendang Menggunakan Kaki belahan Dalam

Tahapan Pembelajaran:

(1) Posisi awal: bangun menghadap arah gerakan, letakkan kaki tumpu di samping bola dengan sikap lutut agak tertekuk dan pundak menghadap gerakan; sikap kedua lengan di samping tubuh agak terentang, pergelangan kaki yang akan dipakai mengumpan diputar ke luar dan dikunci, pandangan terpusat pada bola.
(2) Gerakan: tarik kaki yang akan dipakai mengumpan ke belakang kemudian ayun ke depan ke arah bola, perkenaan kaki pada bola sempurna pada tengah-tengah bola.
(3) Akhir gerakan: pindahkan berat tubuh ke depan mengikuti arah, kaki yang dipakai mengumpan diletakkan di depan, pandangan ke depan. (lihat Gambar: 1.1)

Demikian goresan pena wacana

Download Buku Siswa Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Penjasorkes/PJOK) SMP/MTs Kelas 8/VIII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!

0 Response to "Buku Siswa Pjok Smp/Mts Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel