Soal-Jawab Uts/Pts 2 Ppkn Sma/Ma-Smk/Mak Kelas 11/Xi K13
Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013
Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013 ini dihadirkan dengan harapan bahwa ia bisa menjadi alat bantu dalam berguru bagi siswa atau penerima didik kelas 11 SMA/MA-SMK/MAK dalam mempersiapkan ujian/penilaian tengah semester 2/II dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraa (PPKn).
Soal-Jawab UTS/PTS 2 PPKn SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13 ini tentu saja memakai pedoman kurikulum terbaru, yaitu Kurikulum 2013 revisi 2017 dengan buku teladan Buku Siswa Mapel PPKn Kelas 11/XI SMA/MA-SMK/MAK.
Materi UTS/PTS Semester 2/II Mapel Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ini terdiri atas paling tidak satu belahan dari tiga belahan yang harus diselesaikan pada semester 2/II. Berikut yaitu bahan mapel PPKn Semester 2/II Kelas 11/XI SMA/MA-SMK/MAK:
Bab 4: Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia............................ 118
A. Peran Indonesia dalam Menciptakan Perdamaian Dunia melalui
Hubungan Internasional ....................................................................... 119
B. Peran Indonesia dalam Menciptakan Perdamaian Dunia melalui
Organisasi Internasional....................................................................... 131
Refleksi........................................................................................................ 139
Rangkuman.................................................................................................. 139
Penilaian Diri............................................................................................... 140
Proyek Kewarganegaraan............................................................................ 142
Uji Kompetensi Bab 4................................................................................. 143
Bab 5: Mewaspadai Ancaman Terhadap Negara Kesatuan Republik
Indonesia ...................................................................................................... 144
A. Menelaah Ancaman terhadap Integrasi Nasional.................................. 145
B. Strategi Mengatasi Berbagai Ancaman terhadap Ipoleksosbudhankam dalam Membangun Integrasi Nasional ................................................ 158
Refleksi....................................................................................................... 166
Rangkuman................................................................................................. 167
Penilaian Diri.............................................................................................. 168
Proyek Kewarganegaraan........................................................................... 171
Uji Kompetensi Bab 5................................................................................ 172
Bab 6: Memperkukuh Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Negara
Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ..................................................... 174
A. Makna Persatuan dan Kesatuan Bangsa ............................................ 175
B. Kehidupan Bernegara dalam Konsep Negara Kesatuan Republik
Indonesia (NKRI)............................................................................... 183
C. Faktor Pendorong dan Penghambat Persatuan dan Kesatuan Bangsa
Indonesia ........................................................................................... 191
D. Perilaku yang Menunjukkan Sikap Menjaga Keutuhan Negara
Kesatuan Republik Indonesia ............................................................ 197
Refleksi....................................................................................................... 199
Rangkuman................................................................................................. 200
Penilaian Diri.............................................................................................. 201
Proyek Kewarganegaraan........................................................................... 204
Uji Kompetensi Bab 5................................................................................ 204
Berikut yaitu tautan Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013:
- Soal-Jawab UTS/PTS 2 Bahasa Indonesia SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13
- Soal-Jawab UTS/PTS 2 PAI dan Budi Pekerti SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13
- Soal-Jawab UTS/PTS 2 Bahasa Inggris SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13
- Soal-Jawab UTS/PTS 2 Sejarah Indonesia SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13
- Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II Seni Budaya SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013
- Soal-Jawab UTS/PTS 2 PKWU SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13
Berikut yaitu sebagian kutipan dari Soal-Jawab UTS/PTS 2 PPKn SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13 tersebut:
SOAL PILIHAN GANDA
1. Seperangkat cara/kebijakan yang dilakukan oleh suatu negara untuk mengadakan hubungan dengan negara lain dengan tujuan untuk tercapainya tujuan negara serta kepentingan nasional negara yang bersangkutan.
Hal tersebut di atas merupakan pengertian dari
A. Politik luar negeri
B. Hubungan luar negeri
C. Politik luar negeri
D. Hubungan internasional
2. Adanya kekhawatiran terancamnya kelangsungan hidup kesananya, baik melalui perebutan kekuasaan maupun intervensi dari negara lain merupakan faktor yang mendorong negara untuk melaksanakan hubungan internasional. Faktor yang demikian ini disebut dengan faktor
A. Eksternal
B. Internal
C. Aktual
D. Risiko
3. Salah satu perwujudan kasatmata politik bebas aktif bangsa Indonesia adalah
A. Menjadi pemrakarsa KAA pada tahun 1955
B. Membuka peluang perjuangan
C. Membangun infrasturkur demi mengejar ketertinggalan pembangunan
D. Memperbaiki aturan dalam persaingan perjuangan
4. Amanat Undang-Undang Dasar 1945 wacana tugas Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia terdapat dalam
A. Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 Alinea ke-1
B. Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 Alinea ke-2
C. Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 Alinea ke-3
D. Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 Alinea ke-4
5. Pada ketika Indonesia memperoleh kemerdekaan, maka banyak negara yang kemudian ikut mengakui kemerdekaan Indonesia. Pengakuan semacam ini merupakan salah satu bentuk kedaulatan bangsa yang diakui secara
A. De facto
B. De jure
C. Das sein
D. Das solen
6. Pembangunan hubungan internasional bangsa Indonesia ditujukan untuk peningkatan persahabatan dan kolaborasi bilateral, regional, dan multilateral melalui banyak sekali macam lembaga sesuai dengan kepentingan dan kemampuan nasional. Berikut merupakan contoh kolaborasi bilateral yang dilakukan oleh bangsa Indonesia
A. Kerja sama dalam ASEAN
B. Kerja sama antara Indonesia dengan Malaysia
C. Kerja sama Indonesia dalam naungan PBB
D. Kerja sama ekonomi dalam APEC
7. Indonesia juga melaksanakan hubungan internasional yang bersifat regional. Contoh dari hubungan internasional bangsa Indonesia yang bersifat regional adalah
A. Kerja sama dalam OPEC
B. Kerja sama dalam ASEAN
C. Kerja sama antara Indonesia dengan Malaysia
D. Kerja sama Indonesia dalam naungan PBB
8. Untuk mencapai tujuan dari pelaksanaan hubungan internasional, maka sudah seharusnya bangsa Indonesia
A. Meningkatkan kuantitas pergaulan antarbangsa
B. Melakukan kerjasama dengan negara adidaya
C. Meningkatkan kualitas kolaborasi internasional
D. Meningkatkan kolaborasi dengan tujuan terutama ekonomi
9. Politik luar negeri bebas aktif intinya timbul dari pemikiran pendiri bangsa yang pada ketika itu dilandasi oleh situasi berupa
A. Terbelahnya kekuatan besar oleh dua blok; barat dan timur dan Indonesia tidak ingin menjadi objek dalam pertarungan politk antara dua blok tersebut
B. Berlomba-lombanya bangsa di Asia dan Afrika yang memerdekakan diri
C. Terjadinya perang dunia kedua
D. Kekalahan bangsa Jepang oleh sekutu
10. Secara umum, sebuah organisasi sanggup dikatakan sebagai organisasi internasional jikalau
A. Berkedudukan sebagai objek aturan internasional
B. Berkedudukan sebagai subjek aturan internasional dan memiliki kapasitas untuk menciptakan perjanjian internasional
C. Beroperasi di banyak negara
D. Mampu menghipnotis keputusan internasional
PERTANYAAN URAIAN
1. Sebutkan tujuan politik Indonesia berdasarkan Mohammad Hatta
Jawab:
1. Mempertahankan kemerdekaan bangsa dan menjaga keselamatan negara.
2. Memperoleh barang-barang yang diharapkan dari luar untuk memperbesar kemakmuran rakyat.
3. Meningkatkan perdamaian internasional.
4. Meningkatkan persaudaraan segala bangsa sebagai pelaksanaan impian yang tersimpul dalam Pancasila, dasar dan filsafah negara kita
2. Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor yang mendasari perlunya kolaborasi internasional
Jawab:
Faktor internal yaitu adanya kekhawatiran terancamnya kelangsungan hidup kesananya, baik melalui perebutan kekuasaan maupun intervensi dari negara lain
Faktor eksternal yaitu ketentuan aturan alam yang tidak sanggup dipungkiri bahwa suatu negara tidak sanggup berdiri sendiri tanpa derma dan kolaborasi dengan negara lain. Ketergantungan tersebut terutama dalam upaya memecahkan masalah-masalah ekonomi, politik, hukum, sosial budaya, pertahanan, dan keamanan.
3. Sebutkan dan jelaskan wacana hal-hal yang harus menjadi arah dari hubungan internasional bangsa Indonesia!
Jawab:
a. Pembentukan satu negara Republik Indonesia yang berbentuk negara kesatuan dan negara kebangsaan yang demokratis.
b. Pembentukan satu masyarakat yang adil dan makmur secara material ataupun spiritual dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
c. Pembentukan satu persahabatan yang baik antara Republik Indonesia dan semua negara di dunia, dasar kolaborasi yaitu membentuk satu dunia gres yang higienis dari imperialisme dan kolonialisme menuju perdamaian dunia yang tepat .
d. Mempertahankan kemerdekaan bangsa dan menjaga keselamatan negara. e. Memperoleh barang-barang yang diharapkan dari luar untuk memperbesar kemakmuran rakyat, apabila barang-barang itu tidak atau belum dihasilkan
sendiri.
f. Meningkatkan perdamaian internasional, alasannya yaitu hanya dalam keadaan tenang Indonesia sanggup membangun dan memperoleh syarat-syarat yang diharapkan untuk memperbesar kemakmuran rakyat.
g. Meningkatkan persaudaraan segala bangsa sebagai pelaksanaan cita-cita
yang tersimpul di dalam Pancasila, dasar dan filsafah negara kita.
Berdasarkan uraian di atas sanggup disimpulkan bahwa untuk mencapai tujuan yang diharapkan dari pelaksanaan hubungan internasional, bangsa Indonesia harus senantiasa meningkatkan kualitas kolaborasi internasional yang dibangun dengan negara lain. Untuk mencapai hal tersebut, bangsa Indonesia harus bisa meningkatkan kualitas dan kinerja aparatur luar negeri biar bisa melaksanakan diplomasi yang pro-aktif dalam segala bidang untuk membangun gambaran positif Indonesia di dunia internasional. Selain itu, juga harus bisa memperlihatkan proteksi dan pembelaan terhadap warga negara dan kepentingan Indonesia, serta memanfaatkan setiap peluang bagi kepentingan nasional.
4. Jelaskan secara singkat tugas Indonesia dalam PBB!
Jawab:
Peran Indonesia dalam PBB terhitung banyak. Misalnya yaitu dengan menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. Ikut serta dalam lembaga di bawah naungan PBB menyerupai FAO, WHO, ILO, ECOSOC, dll. Indonesia juga mengirimkan tim perdamaian ke negara-negara yang dirundung konflik.
5. Jelaskan secara singkat tugas Indonesia dalam Gerakan Non-Blok!
Jawab:
Indonesia yaitu salah satu negara pendiri GNB. Indonesia juga pernah mengetuai GNB ini selama tiga tahun yang menghasilkan Jakarta Message. Di samping itu, lewat GNB, Indonesia juga turut berkontribusi dalam penyelesaian konflik menyerupai di Kamboja, Filipina Selatan, dan Laut China Selatan.
Demikian goresan pena wacana
0 Response to "Soal-Jawab Uts/Pts 2 Ppkn Sma/Ma-Smk/Mak Kelas 11/Xi K13"
Posting Komentar