Soal-Jawab Uts/Pts Semester 2 Ipa Kelas 7 Smp/Mts K13
Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II IPA Kelas 7/VII SMP/MTs Kurikulum 2013
Ulangan atau penilaian tengah semester 2/II (UTS/PTS 2/II) Mapel Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SMP/MTs Kelas 7/VII merupakan penilaian pada pertengahan semester 2/II untuk mapel IPA. Keberadaan UTS/PTS Semester 2/II ini menjadi penting lantaran ia memberi penentuan pada kenaikan penerima didik ke jenjang kelas berikutnya, yaitu kelas VIII.
Belajar mempersiapkannya tentu saja menjadi solusi yang tidak tertawarkan bagi setiap siswa supaya sanggup menghadapi UTS/PTS 2/II ini dengan sebaik mungkin dan memperoleh nilai yang sebaik mungkin.
Maksud dari goresan pena ini ialah sebagai wahana berguru bagi siswa kelas 7/VII Sekolah Menengah Pertama atau MTs yang hendak menempuh UTS/PTS Semester 2/II pada mata pelajaran IPA. Wahana berguru yang kami sediakan ialah berupa penyediaan Soal UTS/PTS Semester 2 IPA Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013.
Materi berguru IPA pada kelas 7/VII Semester 2/II ini terdiri atas enam penggalan sebagai berikut:
Bab 1 Sistem Organisasi KehidupanMakhluk Hidup ......................... 1
A. Sel sebagai Unit Struktural dan Fungsional Kehidupan.......................... 4
B. Jaringan-Jaringan pada Hewan dan Tumbuhan ....................................12
C. Organ-Organ pada Hewan dan Tumbuhan...............................................14
D. Sistem Organ dan Organisme ........................................................................18
Bab 2 Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan ..................28
A. Pengertian Lingkungan ....................................................................................29
B. Hal-hal yang Ditemukan dalam Suatu Lingkungan ...............................31
C. Interaksi dalam Ekosistem Membentuk Suatu Pola ...............................33
D. Pola Interaksi Manusia Memengaruhi Ekosistem ...................................41
Bab 3 Pencemaran Lingkungan...........................................................47
A. Definisi Pencemaran ..........................................................................................49
B. Pencemaran Air....................................................................................................51
C. Pencemaran Udara .............................................................................................59
D. Pencemaran Tanah .............................................................................................62
Bab 4 Pemanasan Global........................................................................68
A. Efek Rumah Kaca .................................................................................................72
B. Pengertian Pemanasan Global.......................................................................74
C. Penyebab Pemanasan Global.........................................................................75
D. Dampak Pemanasan Global ............................................................................76
E. Usaha-usaha Menanggulangi Pemanasan Global ..................................78
Bab 5 Lapisan Bumi..................................................................................83
A. Atmosfer.................................................................................................................86
B. Litosfer.....................................................................................................................98
C. Hidrosfer.............................................................................................................. 131
Bab 6 Tata Surya ..................................................................................... 146
A. Sistem Tata Surya ............................................................................................. 150
B. Kondisi Bumi...................................................................................................... 155
C. Kondisi Bulan..................................................................................................... 159
D. Gerhana ............................................................................................................... 162
Untuk materi UTS/PTS Semester 2/II ini ialah dari Bab 1 hingga dengan Bab 3. Buku atau referensi yang digunakan ialah Buku Siswa Kelas 7/VII Mapel IPA SMP/MTs Semester II Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.
Berikut ialah tautan Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II IPA Kelas 7/VII SMP/MTs Kurikulum 2013
- Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban Ujian Tengah Semester Dua (2/II)/UTS 2/II Mapel IPS SMP/MTs Kelas Tujuh (VII/7) Kurikulum 2013
- Contoh Soal-Jawab UTS II Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 7
- Soal-Jawab Siap UTS II Seni Budaya SMP/MTs Kelas 7
- Soal-Jawab Siap UTS II PPKn SMP/MTs Kelas VII/7
- Soal-Jawab Siap UTS II PAI dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas 7
- Contoh Soal-Jawab UTS II PJOK SMP/MTs Kelas 7/VII
- Soal-Jawab Siap UTS/PTS II SMP/MTs Kelas 7 Bahasa Inggris K13
- Soal-Jawab Siap UTS/PTS 2 Prakarya SMP/MTs Kelas 7
- Soal-Jawab UTS/PTS 2 Matematika SMP/MTs Kelas 7 Kurikulum 2013
Berikut ialah kutipan dari Soal-Jawab UTS/PTS Semester 2 IPA Kelas 7 SMP/MTs K13 tersebut:
16. Sesuatu sanggup dikatakan mencemari lingkungan apabila
A. Mengganggu kehidupan masyarakat
B. Mengganggu kelancaran lingkungan
C. Menganggu keseimbangan ekosistem
D. Membuat rusak kualitas udara
17. Suatu zat bukan dikatakan sebagai polutan apabila
A. Kadarnya melebihi ambang batas
B. Berada pada waktu yang tidak sempurna
C. Berada pada daerah yang tidak semestinya
D. Mengakibatkan kesehatan terganggu
18. Berikut yang bukan merupakan asal dari materi pencemaran air
A. Limbah industri
B. Limbah rumah tangga
C. Sampah padat
D. Limbah pertanian
19. Pembuangan materi terkotori secara eksklusif ke dalam perairan sanggup mengakibatkan terjadinya pencemaran pada perairan tersebut. Misalnya,pembuangan limbah organik sanggup mengakibatkan peningkatan mikroorganismeatau kesuburan flora air, sehingga menghambat masuknya cahaya mataharike dalam air. Hal ini mengakibatkan berkurangnya kandungan oksigen terlarutdalam air, sehingga mengganggu keseimbangan ekosistem di dalamnya.
Uraian tersebut di atas menggambarkan jawaban pencemaran air yang berupa
A. Penurunan kualitas lingkungan
B. Gangguan kesehatan
C. Pemekatan hayati
D. Percepatan proses perusakan benda
20. Coba kau pikirkan apabila suatu perairan terkotori oleh materi beracun. Bahan beracun itu sanggup meresap ke dalam badan alga, atau mikroorganisme lainnya. Selanjutnya, hewan-hewan kecil (zooplankton) akan memakan alga tersebut, kemudian zooplankton akan dimakan oleh ikan ikan kecil dan ikan besar akan memakan ikan yang kecil. Apabila ikan-ikan besar tersebut ditangkap oleh insan dan dimakan, maka materi beracun tersebut akan masuk ke dalam badan manusia. Zooplankton yang makan alga tidak hanya satu, tetapi banyak sel alga. Dengan demikian, zooplankton tersebut sudah mengandung materi beracun yang banyak. Demikian juga halnya dengan ikan kecil yang memakan zooplankton, dan ikan besar akan memakan ikan kecil tidak hanya satu. Makin banyak memakan ikan-ikan kecil, maka makin banyak materi pencemar yang masuk ke badan ikan besar. Bagaimana dengan badan insan jikalau sering makan ikan yang beracun tersebut?
Uraian tersebut di atas menggambarkan jawaban pencemaran air yang berupa
A. Penurunan kualitas lingkungan
B. Gangguan kesehatan
C. Pemekatan hayati
D. Percepatan proses perusakan benda
21. Berikut ini yang bukan merupakan tujuan pengolahan limbah
A. Memperhatikan kelestarian estetika lingkungan
B. Agar berbau tidak menyengat
C. Menetralkan air dari bahan-bahan tersuspensi dan terapung
D. Minimalisasi kuman patogen
22. Peningkatan kadar karbondioksida yang disebabkan oleh acara pembakaran oleh manusia. Hal tersebut merupakan contoh
A. Pencemaran udara primer
B. Pencemaran udara sekunder
C. Pencemaran udara tersier
D. Pencemaran udara generik
23. Limbah pertanian salah satunya disumbangkan dari penggunaan pestisida. Penggunaan pestisida yang hiperbola dan terus menerus tentu saja sanggup berakibat jelek bagi tanah. Akibat jelek yang diterima tanah dari penggunaan pestisida adalah:
A. Tanah menjadi penuh racun
B. Penggunaan pestisida sanggup membunuh hama yang bermanfaat bagi petani
C. Pestisida sanggup membunuh mikroorganisme yang diharapkan untuk menjaga kesuburan tanah
D. Penggunaan pestisida sanggup mencemari lingkungan di luar persawahan
24. Penuruan hasil pertanian yang disebabkan oleh pencemaran tanah ialah menurunnya hasil pertanian. Hal ini disebabkan oleh
A. Perubahan metabolisme flora
B. Tanaman menjadi cepat layu
C. Tanaman menjadi santapan hama
D. Tanaman menjadi kurang layak konsumsi
25. Kegiatan untuk membersihkan permukaan tanah yang terkotori disebut dengan
A. Bioremediasi
B. Antioksidanisasi
C. Remediasi
D. Gotong royong
Soal Uraian
1. Jika salah satu organ penyusun sistem mengalami kerusakan, apa yang terjadi dengan sistem organ tersebut? Dapatkah sistem organ tersebut berfungsi dengan baik?
Jawab:
Sistem organ merupakan kumpulan organ yang saling bekerja sama untuk melakukan fungsinya, sehingga apabila salah satu organ penyusun sistem tersebut rusak atau tidak berfungsi, maka sistem organ tersebut akan mengalami kegagalan perannya.
2. Mengapa adanya mikroskop merupakan sesuatu yang sangat berkhasiat untuk mempelajari sel? Jelaskan.
Jawab:
Mikroskop bisa membantu insan melihat sesuatu yang berukuran kecil dan mata insan tidak bisa melihatnya. Sel sesuatu yang tidak kasat mata/tidak sanggup dilihat dengan mata tanpa pemberian alat. Alat tersebut ialah mikroskop, yang bisa membantu insan melihat sel dan penggalan dalam sel/organela sel.
3. Apa yang dimaksud dengan hal berikut? Jelaskan.
a. Interaksi
b. Ekosistem
Jawab:
a. Interaksi ialah korelasi timbal balik antara makhluk hidup dengan makhluk hidup atau makhluk hidup dengan lingkungannya.
b. Ekosistem ialah suatu sistem yang di dalamnya terdapat interaksi antara setiap komponen baik biotik maupun abiotik.
4. Jelaskan wacana pencemaran sekunder yang terjadi lantaran acara alam!
Jawab:
Aktivitas alami yang terjadi pada alam sanggup mengakibatkan pencemaran udara di atmosfer. Kotoran–kotoran yang dihasilkan oleh binatang ternak mengandung senyawa metana yang sanggup meningkatkan suhu bumi, sehinga terjadi pemanasan global.
Proses yang serupa terjadi pada siklus nitrogen di atmosfer. Selain itu, musibah ibarat meletusnya gunung berarpi menghasilkan bubuk vulkanik yang mencemari udara sekitar yang berbahaya bagi kesehatan serta tanaman. Kebakaran hutan yang
terjadi akan menghasilkan karbon dioksida dalam jumlah banyak yang sanggup mencemari udara serta berbahaya bagi kesehatan binatang dan manusia.
5. Jelaskan pengaruh pencemaran udara terhadap kesehatan!
Jawab:
Terbukti bahwa kualitas udara yang menurun jawaban pencemaran mengakibatkan aneka macam penyakit. Seperti ISPA (infeksi kanal pernapasan) ialah salah satunya, kanal pernapasan merupakan portal masuknya udara ke dalam tubuh. Udara yang kotor membawa senyawa-senyawa yang tidak baik bagi kesehatan. Tentu saja, pengendapan-pengendapan logam yang terlarut dalam udara sanggup mengendap di paru-paru dan sanggup mengakibatkan iritasi. Akibat yang lebih serius dari polusi udara ialah emfisema, yaitu tanda-tanda kesulitan pengangkutan oksigen. Kadar karbon monoksida yang terlalu banyak di udara (lebih banyak dari oksigen) sanggup menghambat pengikatan oksigen di dalam tubuh. Oleh lantaran itu, badan akan kekurangan oksigen, sehingga, muncul tanda-tanda berupa sesak napas, dan pusing bahkan dapat, berlanjut pada ajal apabila tidak ditangani dengan segera.
Demikian goresan pena wacana
0 Response to "Soal-Jawab Uts/Pts Semester 2 Ipa Kelas 7 Smp/Mts K13"
Posting Komentar