Download Pola Soal Siap Usbn Sma/Ma 2017/2018 Ekonomi - Peminatan Ips
Download Contoh Soal Siap USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017/2018 Mapel Ekonomi Peminatan IPS
Contoh Soal Siap USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017/2018 Mapel Ekonomi Peminatan IPS ini disajikan dengan keinginan bahwa ia sanggup dijadikan alat bantu mencar ilmu bagi para siswa SMA/MA yang akan menghadapi USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017/2018 khususnya untuk mata pelajaran Ekonomi.
Contoh Soal Siap USBN SMA/MA 2017/2018 Ekonomi - Peminatan IPS ini diambil dari soal ujian nasional tahun pelajaran 2015/2016 untuk mata pelajaran yang sama. Karena diambil dari soal yang pernah diujikan, diperlukan pola soal USBN ini sanggup menjadi salah satu tumpuan mencar ilmu yang baik dalam rangka persiapan menghadapi USBN.
Tidak ada kata lain yang lebih sakti dalam upaya mancapai keberhasilan dalam menempuh USBN kecuali dengan mencar ilmu yang tekun. Untuk itu, pola soal yang tersaji dalam halaman ini diperlukan sanggup membantu dalam menghadapi USBN.
Berikut ialah tautan Download Contoh Soal Siap USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017/2018 Mapel Ekonomi Peminatan IPS:
Berikut kami kutipkan kisi-kisi Soal Siap USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017/2018 Mapel Ekonomi Peminatan IPS:
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||||
---|---|---|---|---|---|
Konsep Ekonomi | Konsep Pembangunan | Managemen Perekonomian Nasional danInternasional | AkuntansiPerusahaan Jasa | Akuntansi Perusahaan Dagang | |
Pengetahuan danPemahaman• Mendeskripsikan• Menjelaskan• Menentukan• Mengidentifikasi• Menyebutkan• Menunjukkan• Membandingkan• Membedakan• Memberi contoh | Peserta didik bisa memahami dan menguasai tentang:- kebutuhan insan yang tidak terbatasdengan kelangkaan sumber daya- persoalan pokok ekonomi- tugas pelaku kegiatanekonomi konsumen danprodusen- permintaan, | Peserta didik bisa memahami dan menguasai tentang:- pertumbuhan, pembangunanekonomidan persoalan pemerintah di bidang ekonomi serta pajak- pendapatan nasional- pendapatan per kapita- indeks harga dan inflasi- uang dan perbankan, | Peserta didik bisa memahami dan menguasai tentang:- manajemen- koperasi dan tubuh usaha- perdagaangan internasional- valuta asing- neraca pembayaran dandevisa | Peserta didik bisa memahami dan menguasai tentang:- akuntansi sebagai sistem informasi- persamaan dasar akuntansi- mekannisme debit dan kredit- siklus akuntansiperusahaan jasa- laporan keuangan perusahaan jasa | Peserta didik bisa memahami dan menguasai tentang:- siklus akuntansiperusahaan dagang- harga pokokpenjualan- laporan keuangan perusahaan |
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||||
Level Kognitif | Konsep Ekonomi | KonsepPembangunan | ManagemenPerekonomian Nasional dan Internasional | AkuntansiPerusahaan Jasa | Akuntansi Perusahaan Dagang |
penawarandan terbentuknya harga keseimbangan- pasar output dan pasar input- tugas sistem ekonomi | dan Otoritas JasaKeuangan, LembagaKeuangan Bukan Bank- kebijakan moneter dan kebijakan fiskal- ketenagakerjaan dalampembangunan ekonomi- APBN dan APBD- Pasar uang dan pasar modal | - jurnal penutup | dagang- jurnal penutup- neraca saldo sesudah penutupan- jurnalpembalik | ||
Aplikasi• Menerapkan• Menginterpretasikan• Memprediksi• Menghitung | Peserta didik mampumengaplikasi pemahaman tentang:- pelaku ekonomi dalam acara 4 pelaku konsumen danprodusen(circular flow diagram)- permintaan, penawaran dan hargakeseimbangan | Peserta didik mampumengaplikasi pemahaman tentang:- pendapatan nasional- pendapatan per kapita- indeks harga, dan inflasi- uang, perbankan, danotoritas jasa keuangan- APBN dan APBD | Peserta didik mampumengaplikasikan pemahaman tentang:- perubahan kurs rupiah terhadap banyak sekali terhadap banyak sekali macam valuta asing- neraca pembayarandan devisa- koperasi dan tubuh usaha | Peserta didik mampumengaplikasi pemahaman tentang:- melaksanakan posting ke buku besar- menyusun laporan keuangan perusahaanjasa- jurnal penutup | Peserta didikmampu mengaplikasikanpemahaman tentang:- jurnal penyesuaianperusahaandagang- harga pokok penjualan- jurnal penutup- neraca saldo setelahpenutupan |
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||||
Level Kognitif | Konsep Ekonomi | KonsepPembangunan | ManagemenPerekonomian Nasional dan Internasional | AkuntansiPerusahaan Jasa | Akuntansi Perusahaan Dagang |
- jurnalpembalik | |||||
Penalaran dan logika• Menganalisis• Mensintesis• Mengevaluasi• Memecahkanmasalah• Menyimpulkan• Menjelaskan hubungankonseptual dan gosip faktual | Peserta didik mampumenggunakan logika dan logika dalammemecahkan persoalan tentang:- jenis-jenis elastisitas seruan dan penawaran- perubahan sistem ekonomi dalam suatunegara | Peserta didik mampumenggunakan logika dan logika dalammemecahkan persoalan tentang:- indeks harga- pendapatan nasional- pendapatan per kapita- kekerabatan kebijakan moneter dan inflasi | Peserta didik mampumenggunakan logika dan logika dalammemecahkan persoalan tentang:- kekerabatan kurs valuta absurd dengan neraca pembayaran- koperasi, SHUkoperasidan permasalahannya | Peserta didik mampimenggunakan logika dan logika dalammemecahkan persoalan tentang:- laporan keuangan perusahaan jasa- jurnal penutup | Peserta didikmampu menggunakannalar dan logika dalam memecahkan persoalan tentang:- laporankeuangan perusahaan dagang- jurnal penutup- neraca saldo setelahpenutupan |
Berikut ialah kutipan dari Contoh Soal Siap USBN SMA/MA 2017/2018 Ekonomi - Peminatan IPS
1. Andri siswa Sekolah Menengan Atas memiliki uang sebesar Rp. 500.000, 00. Dia memiliki beberapa kebutuhan antara lain, beli seragam sekolah Rp 30.000, beli buku pelajaran Rp 200.000, beli sepatu futsal Rp 300.000, dan beli tas sekolah Rp 200.000 untuk mengganti tas usang yang masih anggun dan layak pakai.
Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, cara mengatasinya adalah
A. Membeli sepatu futsal dan buku pelajaran
B. Membeli seragam sekolah dan buku pelajaran
C. Membuat skala prioritas kebutuhan
D. Mencari alternatif kebutuhan lain
E. Membeli semua kebutuhan dengan cara apapun
2. Berikut ini persoalan kelangkaan sumber daya yang dihadapi masyarakat
(1) Semakin berkurangnya lahan pertanian jawaban adanya proyek pembangunan perumahan
(2) Adanya penebangan liar di hutan mengakibatkan kerusakan hutan dan meniumbulkan tanah longsor
(3) Kemarau yang berkepanjangan, masyarakat sulit mendapatkan air higienis untuk kebutuhan sehari-hari
Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kelangkaan tersebut adalah
A. Melarang pembangunan perumahan di tempat pedesaaan
B. Mencari tempat tinggal kondusif dan tidak mengakibatkan bencana
C. Melakukan penghijauan di daerah-daerah semoga tidak terjadi bencana
D. Menjaga kelestarian alam dan memanfaatkan sumber daya sesuai dengan kebutuhan
E. Melakukan transmigrasi untuk berbagi potensi alam di tempat tersebut
3. Seorang pengusaha handicraft ingin berbagi produk sehingga banyak seruan di pasaran. Untuk memenuhi seruan tersebut, pengusaha menambah mesin dan tenaga dari warga lingkungan sekitar.
Berdasarkan ilustrasi di atas, persoalan pokok ekonomi dari pengusaha adalah
A. Barang yang akan diproduksi
B. Siapa yang akan memproduksi
C. Bagaimana barang akan diproduksi
D. Untuk siapa barang diproduksi
E. Dimana barang diproduksi
4. Ada dua pendekatan dalam mengukur kepuasan konsumen, yaitu pendekatan kardinal dan ordinal. Pernyataan berikut yang benar adalah
A. Dalam pendekatan kardinal, kepuasan konsumen diukur dengan satuan utilitas, sedangkan pendekatan ordinal kepuasan konsumen diukur dnegan mengurutkan tingkat kepuasan
B. Dalam pendekatan kardinal, kepuasan konsumen diukur dengan angka kardinal, sedangkan pendekatan ordinal kepuasan konsumen diukur dengan satuan
C. Pendekatan kardinal memakai alat analisis marginal utility, sedangkan pendekatan ordinal memakai alat analisis total utility
D. Pendekatan kardinal memakai kurva indiferen, sedangkan pendekatan ordinal memakai marginal utility
E. Pendekatan kardinal menjelaskan kepuasan konsumen secara subjektif, sedangkan pendekatan ordinal menjelaskan kepuasan konsumen secara objektif
5. Bagan alur empat pelaku ekonomi
Berdasarkan sketsa alur di atas, nomor 4 menunjukkan arus
A. Rumah tangga produksi membayar pajak kepada pemerintah
B. BUMN mengekspor hasil produksi ke masyarakat luar negeri
C. Rumah tangga produksi membayar imbalan honor ke rumah tangga konsumsi
D. Masyarakat luar negeri mendapatkan faktor produksi dari rumah tangga konsumsi
E. Perusahaan mendapatkan pembayaran atas barang/jasa dari masyarakat luar negeri
Demikian gosip mengenai
0 Response to "Download Pola Soal Siap Usbn Sma/Ma 2017/2018 Ekonomi - Peminatan Ips"
Posting Komentar