Soal Uas/Pas/Ukk Semester 2 Smp/Mts Pai Dan Kecerdikan Pekerti Kelas 8 K13
Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 SMP/MTs PAI dan Budi Pekerti Kelas 8 Kurikulum 2013
Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 SMP/MTs PAI dan Budi Pekerti Kelas 8 Kurikulum 2013 ini disajikan dengan keinginan bahwa ia sanggup menjadi sarana atau alat bantu berguru bagi para siswa SMP/MTs PAI dan Budi Pekerti Kelas 8 yang hendak menghadapi ulangan/penilaian selesai semester (UAS/PAS) atau ulangan kenaikan kelas (UKK) semester 2/II.
UAS/PAS/UKK Semester 2/II menjadi penting bagi para siswa terutama siswa SMP-MTs Kelas 8 alasannya ia memperlihatkan donasi atau pinjaman yang sangat besar bagi kenaikan kelas. Mengingat signifikansi atau pentingya UAS/PAS/UKK Semester 2/II tersebut, maka tidak ada kata lain bagi para penerima didik kecuali dengan mempersiapkannya sebaik mungkin.
Persiapan yang baik tentu saja dibutuhkan sanggup membawa hasil yang baik pula. Orang bijak menyampaikan bahwa hasil tidak akan mengkhianati ikhtiar. Persiapan tersebut tentu saja dengan belajar. Hal ini memang klise dan sangat gampang diucapkan. Namun demikian, tidak banyak penerima didik yang bisa berguru dengan konsisten. Konsistensi dalam berguru mengindikasikan bahwa siswa bisa mengatasi musuh paling besar dalam proses belajarnya, yaitu rasa malas.
Bagi para penerima didik yang sekolahnya telah mengadopsi kurikulum 2013, maka Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UAS/PAS/UKK Semester 2/II SMP/MTs PAI dan Budi Pekerti Kelas 8 Kurikulum 2013 yang disajikan pada halaman ini sanggup menjadi alat bantu berguru dengan alasan sebagai berikut:
1. Contoh Soal UAS/PAS/UKK Mapel Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti ini berasal dari teladan soal untuk mapel yang sama yang secara nyata telah diujikan. Dengan demikian, maka unsur kesahihan atau validitas empiriknya sanggup dipertanggungjawabkan.
2. Contoh Soal UAS/PAS/UKK Mapel Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti ini berasal dari teladan soal yang diujikan pada tahun 2017. Dengan demikian, maka unsur kebaruan dari teladan soal yang disajikan pada halaman ini sanggup dipertanggungjawabkan.
3. Contoh Soal UAS/PAS/UKK Mapel Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti ini disertai pula dengan teladan tanggapan sehingga memudahkan para pengguna untuk sanggup berguru dengan cara yang lebih efektif.
Berikut yaitu tautan Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UAS/PAS/UKK Semester 2/II SMP/MTs PAI dan Budi Pekerti Kelas 8 Kurikulum 2013:
Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UAS/PAS/UKK Semester 2/II SMP/MTs PAI dan Budi Pekerti Kelas 8 Kurikulum 2013
CONTOH SOAL SIAP UKK/UAS/PAS SMP-MTS KELAS 8 UNTUK MAPEL LAINNYA
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 /II IPA SMP/MTs Kelas 8 K13
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 8 K13
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 PPKn SMP/MTs Kelas 8 K13
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 Matematika SMP/MTs Kelas 8 K13
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 IPS SMP/MTs Kelas 8 K13
- Soal-Jawab Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 SMP-MTs Kelas 8 Bahasa Inggris K13
- Soal UAS/PAS/UKK Semester 2 SMP/MTs PAI dan Budi Pekerti Kelas 8 K13
- Download Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2/II SMP-MTs PJOK/Penjasorkes Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 Kelas 8 SMP-MTs Seni Budaya K13
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 SMP-MTs Kelas 8: Prakarya K13
- Soal Siap UAS/PAS/UKK SMP-MTs Semester 2 Kelas 8 Bahasa Jawa K13
Berikut yaitu kutipan dari Soal UAS/PAS/UKK Semester 2 SMP/MTs PAI dan Budi Pekerti Kelas 8 K13 tersebut:
1. Semua Nabi dan Rasul yaitu pria pilihan yang mendapatkan wahyu dari Allah. Semuanya mempunyai kelebihan dibandingkan dengan insan biasa pada umumnya. Namun intinya semua Nabi dan Rasul yaitu insan sehingga mereka juga mempunyai sifat layaknya insan yang membutuhkan makan, minum, istirahat dan sifat manusiawi lainnya. Sifat Nabi dan Rasul yang membutuhkan hal-hal menyerupai insan biasa disbut
A. Sifat wajib
B. Sifat sunah
C. Sifat jaiz
D. Sifat tidak mungkin
2. Nabi Muhammad yaitu Nabi dan Rasul yang terakhir. Tidak ada Nabi dan Rasul lagi sehabis beliau. Nabi Muhammad diutus oleh Allah sebagai suri tauladan yang baik bagi seluruh insan yang ada di muka bumi. Karena keteladanan dia maka dia menerima gelar
A. Ulul Azmi
B. Uswatun hasanah
C. Khalilullah
D. Khatamil Anbiya
3. Wahyu yang diterima oleh para Rasul wajib disampaikan kepada umatnya. Tidak ada yang dia sembunyikan untuk kepentingan dia sendiri. Sifat para Rasul yang selalu memberikan wahyu Allah kepada umat insan disebut
A. Siddiq
B. Amanah
C. Tabligh
D. Fatonah
4. Semua Nabi dan Rasul mempunyai kemampuan luar biasa dibandingkan dengan insan lainnya. Hal tersebut yaitu anugerah dari Allah untuk menciptakan dia layak menjadi pemimpin bagi umat manusia. Ada juga kemampuan yang bersifat aneh dan menakjubkan yang dimiliki oeh Nabi dan Rasul untuk menguatkan dakwahnya. Kemampuan tersebut disebut dengan
A. Wasiat
B. Karamah
C. Ma’unah
D. Mukjizat
5. –
6. Cara kita beriman kepada Rasul Allah yaitu dengan meyakini kerasulannya dan meneladani sifat-sifat mulia para Nabi dan Rasul. Sifat mulia para Nabi dan Rasul diantaranya yaitu kejujuran atau lebih dikenal dengan sebutan
A. Siddiq
B. Amanah
C. Tabligh
D. Fatonah
7. Nabi Ibrahim yaitu seorang Nabi yang sangat taat beribadah kepada Allah. Beliau selalu berusaha melaksanakan segala hal baik semoga semakin akrab kepada Allah. Beliau menjadi insan pilihan yang menjadi kekasih Allah. Gelar Nabi Ibrahim alasannya menjadi kekasih Allah disebut
A. Khalifatullah
B. Karomallah
C. Kalimatullah
D. Khalilullah
8. Setiap hari Jumat Nabi Muhammad selalu mentaskhih/menyimakkan kebenaran bacaan dan hafalam Al-Qur’an kepada Malaikat Jibril. Beliau mempunyai hafalan yang sangat kuat. Beliau mempunyai kecerdasan luar biasa. Oleh alasannya itu tidak mungkin baginya mempunyai sifat
A. Baladah
B. Kazib
C. Khianat
D. Kitman
9. Rasul yang mempunyai istana yang sangat indah yang merupakan putera dari Nabi Daud As dan dia mempunyai mukjizat bisa berkomunikasi dengan hewan yaitu Nabi
A. Musa As
B. Nuh As
C. Sulaiman As
D. Yunus As
10. Seorang insan berjulukan Qarun yang diberikan nikmat kekayaan berlimpah di dunia namun tidak terpelajar bersyukur sehingga Allah mengazabnya dengan menenggelamkannya bersama seluruh hartanya dalam gempa bumi yang maha dahsyat menjadi pelajaran bagi kita bahwa kekayaan dunia itu hanya bersifat sementara dan seberapapun jumlahnya harus disyukuri . Kejadian yang menimpa Qarun tersebut terjadi pada masa kenabian
A. Idris As
B. Musa As
C. Nuh As
D. Ayyub As
11. –
12. Badrudin membeli masakan ringan manis di kantin sekolah ketika jam istirahat. Kue itu setiap potongnya berharga 2000 rupiah. Badrudin mengambil 1 masakan ringan manis tetapi dia hanya menyerahkan yang 1000 rupiah. Kue yang dimakan Badrudin menjadi tidak halal karena
A. Zatnya
B. Cara mendapatkannya
C. Proses pengolahannya
D. Kandungan gizinya
Berikut yaitu kutipan dari Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mapel PAI dan Budi Pekerti Sekolah Menengah Pertama dan MTs Kelas 8/VIII Semester I dan Semester 2/II Kurikulum 2013
KOMPETENSI INTI | KOMPETENSI DASAR |
---|---|
1. Menghargaidan menghayati anutan agama yang dianutnya. | 1.1 Terbiasa membaca al-Qur’ān dengan memahami-bahwa rendah hati, hemat, dan hidup sederhana yaitu perintah agama.1.2 Terbiasa membaca al-Qur’ān dengan meyakini bahwa Allah memerintahkan untuk mengonsumsi masakan dan minuman yang halal dan bergizi.1.3 Beriman kepada kitab-kitab suci yang diturunkanAllah Swt.1.4 Beriman kepada Rasul-rasul Allah Swt.1.5 Meyakini bahwa minuman keras, judi, dan pertengkaran yaitu tidak boleh oleh Allah Swt.1.6 Meyakini bahwa sikap jujur dan adil yaitu anutan pokok agama.1.7 Menghayati anutan berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang bau tanah dan guru yaitu perintah agama.1.8 Meyakini bahwa bersedekah saleh dan berbaik sangka yaitu anutan pokok agama.1.9 Melaksanakan salat sunah berjamaah dan munfarid sebagai perintah agama.1.10 Melaksanakan sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi sebagai perintah agama.1.11 Menjalankan puasa wajib dan sunah sebagai perintah agama. |
KOMPETENSI INTI | KOMPETENSI DASAR |
1.12 Meyakini ketentuan masakan dan minumanyang halal dan haram menurut Al-Qur’ān dan hadis.1.13 Meyakini bahwa pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayah sebagai bukti nyata agama Islam dilaksanakan dengan benar.1.14 Meyakini bahwa pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Abbasiyah sebagai bukti nyata agama Islam dilaksanakan dengan benar. | |
2. Menghargaidan menghayati perilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungansosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. | 2.1 Menghayati sikap rendah hati, hemat, dan hidup sederhana sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Furqān/25: 63, Q.S. al-Isrā’/17: 26-27 dan hadis terkait.2.2 Terbiasa mengonsumsi masakan dan minuman yang halal dan bergizi dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. an-Nahl/16: 114 dan hadis terkait.2.3 Menghayati sikap toleran sebagai implementasi dari beriman kepada kitab- kitab Allah Swt.2.4 Menghayati sikap amanah sebagai implementasi dari kepercayaan kepada Rasul AllahSwt.2.5 Menghayati sikap menghindari minuman keras, judi, dan pertengkaran dalam kehidupan sehari-hari. |
KOMPETENSI INTI | KOMPETENSI DASAR |
2.6 Menghayati sikap jujur dan adil dalam kehidupan sehari-hari.2.7 Menghayati sikap berbuat baik, hormat,dan patuh kepada orang bau tanah dan guru dalam kehidupan sehari-hari.2.8 Memiliki sikap gemar bersedekah saleh dan berbaik sangka kepada sesama.2.9 Menghayati sikap peduli dan tolong-menolong sebagai implementasi dari pemahaman salat sunah berjamaah dan munfarid.2.10 Menghayati sikap santun sebagai implementasi dari sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah.2.11 Menghayati sikap tenggang rasa sebagai implementasi puasa wajib dan sunah.2.12 Menghayati sikap hidup sehat dengan mengonsumsi masakan dan minuman halal.2.13 Menghayati sikap tekun sebagai implementasi dalam meneladani ilmuwan pada masa Bani Umayyah.2.14 Menghayati sikap gemar membaca sebagai implementasi dalam meneladani ilmuwan pada masa Abbasiyah. | |
KOMPETENSI INTI | KOMPETENSI DASAR |
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan tragedi tampak mata. | 3.1 Memahami makna Q.S. al-Furqan/25: 63 dan Q.S. al Isra’/17 : 27 serta hadis terkait.3.2 Memahami Q.S. an-Nahl/16: 114 dan Hadis terkait perihal mengonsumsi masakan dan minuman yang halal dan bergizi dalam kehidupan sehari- hari.3.3 Memahami makna beriman kepada Kitab-kitabAllah Swt.3.4 Memahami makna beriman kepada Rasul AllahSwt.3.5 Memahami ancaman mengonsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaran3.6 Memahami cara menerapkan sikap jujur dan adil3.7 Memahami cara berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang bau tanah dan guru3.8 Memahami makna sikap gemar bersedekah saleh dan berbaik sangka kepada sesama3.9 Memahami tata cara salat sunah berjemaah danmunfarid.3.10 Memahami tata cara sujud syukur, sujud sahwi,dan sujud tilawah.3.11 Memahami tata cara puasa wajib dan sunah.3.12 Memahami ketentuan masakan dan minuman yang halal dan haram menurut al-Qur’ān dan hadis.3.13 Memahami sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan masa Bani Umayyah.3.14 Memahami sejarah pertumbuhan ilmupengetahuan masa Abbasiyah. |
KOMPETENSI INTI | KOMPETENSI DASAR |
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajaridi sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori. | 4.1.1 Membaca Q.S. al-Furqan/25: 63, Q.S. al- Isra’/17: 26-27 dengan tartil.4.1.2 Menunjukkan hafalan Q.S. al-Furqan/25:63, Q.S. Al-Isra’/17: 26-27 serta Hadis terkait dengan lancar.4.1.3 Menyajikan keterkaitan rendah hati, hemat, dan hidup sederhana dengan pesan Q.S. al- Furqan/25: 63, Q.S. al-Isra’/17: 26-27.4.2.1 Membaca Q.S. an-Nahl/16: 114 terkait dengan tartil.4.2.2 Menunjukkan hafalan Q.S. an-Nahl/16: 114serta Hadis terkait dengan lancar.4.2.3 Menyajikan keterkaitan mengonsumsi masakan dan minuman yang halal dan bergizi dalam kehidupan sehari-haridengan pesan Q.S. an-Nahl/16: 114.4.3 Menyajikan dalil naqli perihal beriman kepada Kitab-kitab Allah Swt.4.4 Menyajikan dalil naqli perihal kepercayaan kepadaRasul Allah Swt.4.5 Menyajikan dampak ancaman mengomsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaran.4.6 Menyajikan cara menerapkan jujur dan adil.4.7 Menyajikan cara berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang bau tanah dan guru.4.8 Menyajikan teladan sikap gemar bersedekah saleh dan berbaik sangka kepada sesama. |
KOMPETENSI INTI | KOMPETENSI DASAR |
4.9 Mempraktikkan salat sunah berjamaah dan munfarid.4.10 Mempraktikkan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah.4.11 Menyajikan pesan yang tersirat pelaksanaan puasa wajib dan puasa sunah.4.12 Menyajikan pesan yang tersirat mengonsumsi masakan yang halal dan bergizi sesuai ketentuan dengan al-Qur’ān dan Hadis.4.13 Menyajikan rangkaian sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayyah.4.14 Menyajikan rangkaian sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Abbasiyah. |
Demikian goresan pena perihal
0 Response to "Soal Uas/Pas/Ukk Semester 2 Smp/Mts Pai Dan Kecerdikan Pekerti Kelas 8 K13"
Posting Komentar