Soal Siap Ukk/Pas/Uas 2 Kelas 10/X Sma/Ma Mapel Sejarah-Peminatan K13

 ini disajikan dengan impian bahwa ia bisa menjadi sarana berguru bagi para penerima didik Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10/X SMA/MA Mapel Sejarah-Peminatan K13

Download Contoh Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2/II Kelas 10/X SMA/MA Mapel Sejarah-Peminatan-IPS Kurikulum 2013/K13






Contoh Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10/X SMA/MA Mapel Sejarah-Peminatan K13 ini disajikan dengan impian bahwa ia bisa menjadi sarana berguru bagi para penerima didik kelas 10 SMA-MA yang akan menempuh ulangan/penilaian selesai semester 2/II (UAS/PAS). Ulangan atau ujian semacam ini juga dikenal dengan nama ulangan kenaikan kelas atau UKK. Mapel yang disajikan pada halaman ini yaitu Sejarah-Peminatan (IPS) Kurikulum 2013.

Ulangan/penilaian selesai semester 2 ini menjadi salah satu penentu yang sangat besar terkait naik atau tidaknya penerima didik yang bersangkutan ke kelas berikutnya. Mengingat bahwa ia merupakan instrumen yang sangat penting dalam memilih kenaikan kelas, maka mempersiapkannya dengan baik yaitu hal yang tentu saja wajib dilakukan. Persiapan yang diperlukan tentu saja yaitu berguru dengan semaksimal mungkin.

Belajar dengan memakai contoh soal sanggup membantu para penerima didik dalam memetakan bahan belajar. Selain itu, ia bisa membantu penerima didik dalam mengasah pemahaman belajar. Soal yang baik tentu saja yaitu soal yang memenuhi kriteria keabsahan sebagai contoh soal, artinya bahwa ia merupakan soal yang secara faktual memang pernah diujikan kepada penerima didik pada periode waktu sebelumnya.

Tautan Download
Jumlah soal UAS/UKK/PAS semester 2 mapel Sejarah-Peminatan IPS Kurtilas ini berjumlah total 50 dengan rincian; 45 soal merupakan pilihan ganda dan 5 soal yaitu essai/isian. Sebelum mengunduh, hal yang harus diperhatikan yaitu bahwa soal tidak sanggup disunting atau diedit. Dengan demikian, cara penggunaan dokumen atau berkas yang paling baik yaitu dengan cara dicetak atau diprint.

Berikut yaitu tautan Download Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2 Kelas 10 SMA/MA Mapel Sejarah-Peminatan (IPS) Kurikulum 2013:


Download Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2 Kelas 10/X SMA/MA Mapel Sejarah-Peminatan-IPS Kurikulum 2013
Berikut yaitu kutipan sebagian dari pola soal tersebut:

PETUNJUK UMUM:
1. Perhatikan dan ikuti petunjuk pengisian lembar jawab yang disediakan.
2. Periksa dan bacalah soal-soal sebelum anda menjawabnya.
3. Jumlah soal sebanyak 50 butir, Pilihan Ganda 45 butir nomor 1 s/d 45, isian 5 butir nomor 46 s/d 50.
4. Peserta ulangan tidak diperkenankan untuk memakai alat-alat elektronik mirip HP, Kalkulator dll.
5. Laporkan pada pengawas kalau terdapat goresan pena yang kurang jelas, rusak, atau jumlah soal kurang.
6. Dahulukan soal-soal yang dianggap mudah.
7. Periksalah pekerjaan anda sebelum diserahkan kepada pengawas.

I. Pilihlah tanggapan yang paling benar dengan memberi tanda silang (X) pada abjad a, b, c, d atau e pada lembar tanggapan yang tersedia!

1. Temuan fosil oleh Eugene Dubois yang dianggap sebagai Missing Link dari rantai evolusi insan yaitu ....
A.Meganthropus
B.Homo Soloensis
C.Pithecantropus Erectus
D. Homo Wajakensis
E. Pithecantropus Mojokertensis

2. Studi terbaru mengenai Homo Erectus, menunjukkan bahwa Homo Erectus mempunyai kemampuan intelegensia yang tinggi. Hal tersebut didapat dari kebiasaan mereka ...
A. berburu binatang
B. bergantung pada alam
C. memakai api
D. bermigrasi antar kawasan satu ke kawasan lain
E. menguliti hasil buruan

3. Menurut penganut fatwa evolusionis gerak perkembangan insan berawal dari primat pitcheoantopus - homo erectus - homo sapiens. Arti homo sapiens sendiri yaitu ...
A. mahluk yang berjalan tegak
B. mahlukbervolume otak besar
C. mahluk yang berbudaya
D. puncak dari rantai makanan
E. mahluk cerdas

5. Perhatikan keterangan-keterangan di bawah ini!
1) ditemukan oleh Von Rlechschoten di desa Wajak, Tulungagung
2) penelitian terhadap fosil dilakukan oleh Eugene Dubois
3) merupakan jenis insan purba yang paling muda
4) volume otaknya mirip insan modern

Berdasarkan keterangan tersebut, insan purba yang dimaksud yaitu ....
A. Meganthropus
B. Homo floresiensis
C. Horne wajakensis
D. Pithecanthropus erectus
E. Pithecanthropus robustus

8. Perhatikan jenis insan purba berikut !
1) Homo Heidelbergensis
2) Homo pekinensis
3) Homo Neanderthalensis
4) Paranthropus crassidens
5) Homo cro magnon

Fosil manusiapurba di Eropa ditunjukan pada nomor ...
A. 1 ), 2), dan 3)
B. 2),4),dan 5)
c. 1 ), 3), dan 5)
D. 2), 4 ), dan 5)
E. 2), 3),dan 4)

10. Sinantropus pekinensis yaitu temuan paloeantropoloo Cina yang ditemukan pada situs goa ...
A. Pei Wenzhong
B. Woo Ju-Kang
C. Peking
D. Beijing
E. Chou-Kou-Tien

12. Pada masa berburu dan meramu untuk mendapat makanan, insan purba memakai aneka macam senjata, diantaranya yaitu ....
A. kapak lonjong dan mata panah
B. candrasa dan mata panah
C. kapak sumatra dan moko
D. kapak genggam dan alat serpih
E. nekara dan kapak genggam

13. Alasan yang paling rasional dari praktek nomaden yang dilakukan insan purba adalah
A. terhindar dari wabah penyakit
B. mengungsi lantaran petaka banjir
C. mencari kawasan gres yang banyak tersedia makanan
D. menghindari hewan buas
E. peperangan dengan suku lain

15. Tugu batu/menhir didirikan oleh masyarakat sebaqai tanda penghormatan terhadap roh nenek moyang. Kebudayaan ini berasal dari zaman .....
A. Paleolithikum
B. Megalithikum
C. Mesolithikum
D. Perunqqu
E. Neolithikurn.

19. Masyarakat Indonesia pada masa perundagian telah mengenal hukum pembagian kerja, alasannya yaitu ....
A. telah hidup menetap
B. kehidupan masyarakat food gathering
C. teknologi perundagian mempunyai keahlian khusus
D. budaya perundagian diproduksi masyarakat yang telah maju
E. hidup dalam kelompok

21. Penyerpihan pada satu atau dua sisi permukaan watu kali yang berukuran sekitar satu kepalan dan seluruh tepiannya sering menjadi kepingan yang tajam yaitu ciri khas kebudayaan ....
A. Neolitikum
B. Paleolitikum
C. Sa-Huynh
D. Megalitikum
E. Bacson Hoabinh

33. Perhatikan keterangan-keterangan berikut!
1) pembangunan kota-kota gres dengan tata ruang yang kurang baik
2) sistem pemerintahan tidak tertib lantaran tidak adanya aturan-aturan
3) masyarakatnya terbagi dalam jenis pekerjaan, keahlian, dan strata sosial yang jauh lebih kompleks
4) berkembangnya bermacam-macam ilmu pengetahuan dan teknologi gres yang lebih maju
Ciri-ciri yang umumnya terdapat di suatu peradaban ditunjukkan pada nomor ....
A. 1)dan2)
B. 1)dan3)
C. 1) dan 4)
D. 2)dan3)
E. 3)dan4)

34. Saluran air di kota Mohenjodaro dan Harappa sudah tertata dengan baik lantaran ...
A. masyarakat Mohenjodaro dan Harappa mempunyai pengetahuan tinggi
B. rumah-rumah di Mohenjodaro dan Harappa dibanqun bertingkat-tingkat
C. setiap. bangunan rumah dan jalan sudah dilengkapi dengan sistem sanitasi
D. kota dibangun dengan perencanaan yang baik dan diawasi secara ketat
E. masyarakat Rota hidup tertib dan menjaga kebersihan

35. Perhatikan keterangan-keterangan berikut!
1) mencapai puncak kejayaan pada masa Raja Samudra Gupta
2) ibukota kerajaan di kota Ayodya
3) pada masa pemerintahan Chandragupta II kesusastraan mengalami perkembanqan yang pesat
Berdasarkan ketiga keterang'an tersebut kerajaan yang dimaksud yaitu ... '
A. kerajaan Akkadia
B. kerajaan Sumeria
C. 'kerajaan Maurya
D. kerajaan Gupta
E. kerajaan Harsha

42. Perhatikan ciri-ciri berikut!
1) kepala pernerintahan dipegang oleh tiga orang
2) selain sebagai penguasa angkatan perang raja juga menjadi pernimpin keagamaan
3) terdapat dua tubuh peradilan
4) Raja dibantu oleh dewan penasehat yang disebut dengan Dewan Geruseria
5) diterapkan sistem octracisme
Ciri-ciri polis Sparta ditunjukkan pada nomor
A. 1)dan3)
B. 2)dan4)
C. 3) dan 5)
D. 1)dan5)
E. 4)dan5)

43. Perhatikan keterangan-keterangan berikut!
1) beberapa kaisar Romawi tidak memimpin negara dengan baik
2) adanya perang antar negara
3) pertahanan Romawi melemah
4) masing-masing negara terlalu memikirkan kepentingannya sendiri
5) pecahnya kekaisaran Romawi menjadi dua
Hal-hal yang rnenyebabkan kemunduran kekaisaran Romawi ditunjukkan pada nomor ..
A. 1), 2) dan 3)
B. 1),3)dan4)
C. 2),3)dan4)
D. 2), 4) dan 5)
E. 3),4)dan5)

II. Uraian

46. Apakah alasan yang menyampaikan bahwa asal mula insan modern berasal dari Afrika?

47. Bagaimana ciri-ciri kehidupan pada masa bercocok tanam dan beternak?

48. Benda-benda peninggalan zaman Megalitikum banyak yang dibentuk oleh insan purba untuk aktifitas kepercayaan. Jelaskan pengertian dari bentuk-bentuk kepercayaan berikut;
a. Animisme
b. Dinamisme
c. Totemisme
d. Politeisme
49. Kemukakan klarifikasi dari teknik pembuatan barang dari logam berikut ini :
a. Bivalve
b. A cire perdue

50. Berikan klarifikasi wacana hal-hal yang terkait dengan Peradaban Kuno Dunia berikut ini :
a. Mahabarata -
b. Spinx
c. Mohenjo daro dan harappa
d. Koloseum

Dipersilahkan untuk mendonwload file tersebut pada tautan yang telah disediakan biar mendapat isi file yang lengkap dan utuh.

Demikian goresan pena tentang

Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2 Kelas 10/X SMA/MA Mapel Sejarah-Peminatan-IPS K13

Semoga sebaran informasi ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

0 Response to "Soal Siap Ukk/Pas/Uas 2 Kelas 10/X Sma/Ma Mapel Sejarah-Peminatan K13"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel