Soal-Jawab Siap Pts I Kelas 1 Sd/ Mi Tema 2 K-13 Revisi 2017

Download Contoh Soal dan Kunci Jawab Perguruan Tinggi Swasta Soal-Jawab Siap Perguruan Tinggi Swasta I Kelas 1 SD/ MI Tema 2 K-13 Revisi 2017

Download Contoh Soal dan Kunci Jawab PTS/UTS 1 (Ganjil) Kelas 1 SD/MI Tema 2: Kegemaranku Kurikulum 2013/K13 Revisi 2017 I Pdf



Tulisan yang berjudul Soal-Jawab Siap Perguruan Tinggi Swasta I Kelas 1 SD/ MI Tema 2 K-13 Revisi 2017 ini bertujuan untuk membantu dan menyediakan materi berguru bagi adik-adik siswa kelas 1 SD/MI dalam mempersiapan diri menatap PTS/UTS semester 1/ganjil yang sebentar lagi tiba.

PTS/UTS merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi penerima didik sesudah melaksanakan kegiatan pembelajaran selama setengah semester atau 8 – 9 ahad kegiatan pembelajaran. Cakupan ulangan meliputi seluruh KD (Kompetensi Dasar) yang telah diajarkan pada periode waktu tersebut.

Pelaksanaan PTS/UTS ini mempunyai beberapa tujuan, yakni:
  • Mengukur pencapaian kompetensi para siswa sesudah proses pembelajaran selama setengah semester.
  • Memantau kemajuan berguru para siswa sesudah setengah semester.
  • Menentukan nilai hasil berguru para siswa sesudah proses pembelajaran beberapa KD.
  • Melakukan perbaikan pembelajaran pada setengah semester berikutnya.
Belajar yaitu syarat utama kesuksesan para penerima didik, tanpa berguru akan sangat tidak mungkin mendapat hasil berguru berupa nilai yang baik. Dengan dihadirkannya contoh soal Perguruan Tinggi Swasta 1 kelas 1 SD/MI tema 2 K13 revisi 2017 terbaru ini diharapkan bisa memberi imbas positif berupa daya ungkit yang bermuara pada hasil berguru yang baik.

Contoh soal Perguruan Tinggi Swasta semester 1 ini disusun dengan pendekatan kurikulum terbaru yakni kurikulum 2013 revisi 2017 dan berformat file pdf. Anda bisa mencetak berkas yang kami sediakan dan kemudian bisa dipergunakan sebagai sarana berguru bagi adik-adik kelas 1 SD/MI ataupun bisa dipergunakan oleh para guru untuk melengkapi proses penyusunan soal untuk PTS/UTS 1 pada tahun anutan 2018/2019.

Berikut kami sajikan link untuk mengunduh contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap Perguruan Tinggi Swasta Semester 1/Ganjil Kelas 1 SD/ MI Tema 2 K-13 Revisi 2017 di bawah ini:


Download Soal dan Kunci Jawab Siap Perguruan Tinggi Swasta Semester I Kelas 1 SD/MI Tema 2: Kegemaranku Kurikulum 2013 Revisi 2017


Berikut yaitu kutipan dari Soal-Jawab Siap Perguruan Tinggi Swasta I Kelas 1 SD/ MI Tema 2: Kegemaranku Kurikulum 2013 Revisi 2017 tersebut:

3. Anak-anak bermain sepakbola di …
4. GITAR
Jumlah abjad di atas ada …
5. 3 seruling + 2 seruling = …
6. Amir meletakkan sepatunya di …sepatu selesai bermain sepakbola.
9. N-S-M-A-E
Susunlah abjad acak di atas menjadi nama cabang olahraga!
10. Sebutkan bagaimana cara memainkan seruling?
11. Olahraga bulu tangkis memakai alat yang berjulukan ….
12. Susunlah abjad acak berikut ini menjadi nama alat olahraga!
K-E-R-T-A
13. Alat musik piano dimainkan dengan cara ….
18. Bagaimana cara memainkan gitar?
20. Bambang mempunyai 7 bola dan 3 pemukul.
Berapakah jumlah peralatan kasti milik Bambang?

Kunci Jawab

1. 16
2. Sehat
3. Lapangan
4. Lima (5)
12. RAKET
13. Ditekan/sentuh pada papan tuts
15. Enam (6)
16. Gemar berolahraga, gemar bermain music, gemar menari, gemar membaca dan lain-lain
17. Supaya badan menjadi sehat dan kuat
20. Sepuluh (10)

Dipersilahkan untuk mendonwload file tersebut pada tautan yang telah disediakan semoga mendapat isi file yang lengkap dan utuh.

Demikian goresan pena tentang

Soal-Jawab Siap Perguruan Tinggi Swasta I Kelas 1 SD/ MI Tema 2 K-13 Revisi 2017

Semoga sebaran informasi ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Tentang Buku Guru Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas I Tema 2: Kegemaranku:

1. Teknik dan Instrumen Penilaian Pengetahuan
a. Tes tertulis
Tes tulis dilaksanakan berdasarkan indikator setiap KD.
Bentuk soal tes tertulis seperti:
• Memilih tanggapan (benar/salah, menjodohkan, dan bentuk lainnya).
• Mensuplai tanggapan (mengisi/melengkapi, menjawab dengan
singkat, menguraikan).
Contoh evaluasi tertulis:
Amati benda-benda di sekitarmu kemudian buatlah cerita
penjumlahan!
Cara penilaian:
Skor evaluasi : 0-100
Penilaian : Skor yang diperoleh
Skor maksimal

x 100

Contoh:
Misalnya setiap tanggapan benar akan mendapat nilai 2. Jadi, skor
maksimalnya yaitu 3 x 2 = 6.
Jika siswa hanya menjawab dengan benar dua soal, maka nilainya
sebagai berikut.
2 x 2
6
x 100 = 66,67

b. Tes Lisan
Tes Lisan sanggup berupa pertanyaan-pertanyaan, perintah, dan kuis yang
diberikan dan dijawab secara lisan. Tes mulut bertujuan menumbuhkan
sikap berani berpendapat, percaya diri, dan kemampuan berkomunikasi
secara efektif. Tes mulut dilaksanakan pada ketika proses belajar
berlangsung (assessment for learning).
Contoh tes lisan:
• Permainan dan olahraga apa yang kau sukai?
c. Penugasan
Penugasan yaitu sumbangan kiprah kepada siswa untuk mengukur
dan/atau memfasilitasi siswa meningkatkan pengetahuan. Penugasan
sanggup dilakukan sebelum atau selama proses pembelajaran (assessment
for learning) maupun sesudah proses pembelajaran (assessment of
learning).
Penugasan sanggup direkam melalui observasi dengan daftar periksa.
Observasi dilakukan dengan mengamati kegiatan yang dilakukan siswa.
Contoh daftar periksa.

Tema 2: Kegemaranku xiii

No. Nama
Siswa

Tertib Percaya Diri Santun
BT MT MB SM BT MT

2. Teknik dan Instrumen Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan dimaksudkan untuk mengetahui kemampuan
menerapkan pengetahuan dalam memahami dan menuntaskan masalah.
Skor penilaian: 0 – 100. Di kelas I, evaluasi keterampilan berfokus pada
teknik evaluasi kinerja dan portofolio.
a. Penilaian kinerja
Mengukur capaian pembelajaran berupa keterampilan proses dan/
atau hasil (produk). Di dalam evaluasi kinerja, penerima didik diminta
melaksanakan kiprah dengan mengaplikasikan atau mendemonstrasikan
pengetahuan yang telah dimilikinya. Penilaian kinerja yang berfokus
pada hasil disebut evaluasi produk. Penilaian kinerja yang berfokus pada
proses disebut evaluasi praktik. Penilaian praktik contohnya bernyanyi,
menari, melaksanakan gerakan tertentu dalam olahraga, bermain peran,
dan sebagainya. Penilaian produk contohnya gambar, poster, kerajinan,
puisi, dan sebagainya.
Penilaian kinerja dan praktik sanggup dilakukan melalui observasi
memakai rubrik dengan skala evaluasi tertentu.
• Rubrik kegiatan menceritakan gambar olahraga.
b. Penilaian portofolio merupakan rekaman evaluasi autentik yang
memperkuat kemajuan dan kualitas pekerjaan penerima didik. Penilaian
portofolio berupa kumpulan dokumen yang berisi evaluasi prestasi
belajar, penghargaan, karya penerima didik dalam bidang dan kurun waktu
tertentu. Portofolio sanggup berbentuk buku berukuran besar; album berisi
foto, audio, video; stopmap/bantex yang berisi kumpulan tugas; dan buku
kerja penerima didik.
Pemanfaatan dan Tindak Lanjut Penilaian
Hasil analisis evaluasi pengetahuan dan keterampilan menjadi dasar
penentuan tindak lanjut acara yang dibutuhkan penerima didik. Bagi peserta
didik yang nilainya belum mencapai KKM akan mendapat remedial. Peserta
didik yang telah mencapai nilai KKM atau lebih akan mendapat pengayaan.

Kompetensi Inti Kelas I

1. Menerima dan menjalankan anutan agama yang dianutnya.
2. Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terperinci dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman
dan berakhlak mulia.

Daftar Isi

Kata pengantar ................................................................................................. iii
Tentang Buku Guru ........................................................................................... v
Bagaimana Menggunakan Buku Guru? ......................................................... vi
Panduan Penilaian ........................................................................................... viii
Kompetensi Inti Kelas I .................................................................................... xv
Daftar isi ............................................................................................................ xvi
Subtema 1
Gemar Berolahraga .......................................................................................... 1
Subtema 2
Gemar Bernyanyi dan Menari ......................................................................... 39
Subtema 3
Gemar Menggambar ........................................................................................ 78
Subtema 4
Gemar Membaca .............................................................................................. 117

Daftar Pustaka .................................................................................................. 154
Profil Penulis ..................................................................................................... 156
Profil Penelaah ................................................................................................. 158
Profil Editor ....................................................................................................... 166
Profil Ilustrator .................................................................................................. 168

Bagaimana Menggunakan Buku Guru

Buku Guru mempunyai dua fungsi, yaitu sebagai petunjuk penggunaan Buku Siswa
dan sebagai contoh kegiatan pembelajaran di kelas. Mengingat pentingnya
buku ini, disarankan memperhatikan petunjuk sebagai berikut.
1. Bacalah halaman demi halaman dengan teliti.
2. Pahamilah setiap kompetensi dasar dan indikator yang dikaitkan dengan
tema.
3. Upayakan untuk meliputi kompetensi pada sikap spiritual dan sikap
sosial dalam semua kegiatan pembelajaran. Guru diharapkan melakukan
penguatan untuk mendukung pembentukan sikap, pengetahuan, dan
sikap positif.
4. Dukunglah ketercapaian kompetensi pada sikap spiritual dan sosial dengan
kegiatan pembiasaan, keteladanan, dan budaya sekolah.
5. Cocokkanlah setiap langkah kegiatan yang berafiliasi dengan Buku Siswa
sesuai dengan halaman yang dimaksud.
6. Mulailah setiap kegiatan pembelajaran dengan memperlihatkan pengantar
sesuai tema pembelajaran. Lebih baik lagi jikalau dilengkapi dengan kegiatan
pembukaan yang menyenangkan dan membangkitkan rasa ingin tahu
siswa. Misalnya, bercerita, mengajukan pertanyaan yang menantang,
menyanyikan lagu, memperlihatkan gambar dan sebagainya. Demikian juga
pada ketika menutup pembelajaran. Pemberian pengantar pada setiap
perpindahan subtema dan tema menjadi faktor yang sangat penting untuk
memaksimalkan manfaat dan keberhasilan pendekatan tematik terpadu
yang diuraikan dalam buku ini.
7. Kembangkan ide-ide kreatif dalam menentukan metode pembelajaran. Termasuk
di dalamnya menemukan kegiatan alternatif apabila kondisi yang terjadi
kurang sesuai dengan perencanaan (misalnya siswa tidak bisa mengamati
tanaman di luar kelas pada ketika hujan).
8. Pilihlah bermacam-macam metode pembelajaran yang akan dikembangkan (misalnya
bermain peran, mengamati, bertanya, bercerita, bernyanyi, menggambar,
dan sebagainya). Penggunaan bermacam-macam metode tersebut, selain melibatkan
siswa secara langsung, diharapkan juga sanggup melibatkan warga sekolah
dan lingkungan sekolah.
9. Kembangkanlah keterampilan berikut.
a. Pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM).
b. Keterampilan bertanya yang berorientasi pada kemampuan berpikir
tingkat tinggi.
c. Keterampilan membuka dan menutup pembelajaran.
d. Keterampilan mengelola kelas dan pajangan kelas.

Tema 2: Kegemaranku vii
10. Gunakanlah media atau sumber berguru alternatif yang tersedia di lingkungan
sekolah.
11. Pada setiap semester terdapat 4 tema. Tiap tema terdiri atas 4 subtema.
Setiap subtema diurai ke dalam 6 pembelajaran. Satu pembelajaran
dialokasikan untuk 1 hari.
12. Perkiraan alokasi waktu sanggup merujuk pada struktur kurikulum. Meskipun
demikian, alokasi waktu berdasarkan mata pelajaran hanyalah sebagai petunjuk
umum. Guru diharapkan menentukan sendiri alokasi waktu berdasarkan
situasi dan kondisi di sekolah dan pendekatan tematik terpadu.
13. Hasil unjuk kerja siswa yang berupa karya dan bukti evaluasi sanggup berfungsi
sebagai portofolio siswa.
14. Buatlah catatan refleksi sesudah satu subtema selesai, sebagai materi untuk
melaksanakan perbaikan pada proses pembelajaran selanjutnya. Misalnya
faktor-faktor yang menjadikan pembelajaran berlangsung dengan baik,
kendala-kendala yang dihadapi, dan ide-ide kreatif untuk pengembangan
lebih lanjut.
15. Libatkan semua siswa tanpa kecuali dan yakini bahwa setiap siswa cerdas
dengan keunikan masing-masing. Dengan demikian, pemahaman tentang
kecerdasan majemuk, gaya berguru siswa, serta bermacam-macam faktor penyebab
efektivitas dan kesulitan berguru siswa, sangat dibutuhkan.
16. Demi pencapaian tujuan pembelajaran, dibutuhkan janji guru untuk
mendidik sepenuh hati (antusias, kreatif, penuh cinta, dan kesabaran).
Kegiatan Bersama Orang Tua
Secara khusus, di setiap selesai pembelajaran pada Buku Siswa, terdapat kolom
untuk orang renta dengan subjudul ‘Kegiatan Bersama Orang Tua’. Kolom ini
berisi informasi perihal acara berguru yang sanggup dilakukan siswa bersama
orang renta di rumah. Orang renta diharapkan berdiskusi dan terlibat dalam
acara berguru siswa. Guru perlu membangun komunikasi dengan orang tua
sehubungan dengan kegiatan pembelajaran yang akan melibatkan orang tua
dan siswa di rumah.
Beberapa Singkatan Nama Mata Pelajaran dan Kepanjangannya
1. SBdP : Seni Budaya dan Prakarya
2. PPKn : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
3. PJOK : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

0 Response to "Soal-Jawab Siap Pts I Kelas 1 Sd/ Mi Tema 2 K-13 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel