Indeks Integritas Ujian Nasional Smp/Mts Meningkat

Indeks Integritas UN SMP/MTs Naik, Kejujuran Siswa Meningkat





Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kemarin memberitakan bahwa Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN) tingkat SMP dan sederajat terjadi peningkatan, Jumat (10/6/2016).


Hal itu sanggup terlihat terang dari meningkatnya persentase sekolah yang menerima indeks integritas UN di atas 80. Menteri Anies Baswedan mengatakan, tahun ini sebanyak 44,03 persen sekolah berhasil menerima indeks integritas UN di atas 80. Sedangkan pada 2015 hanya 23,44 persen saja sekolah setingkat SMP/MTs yang memperoleh angka tersebut.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengungkapkan kenaikan rerata nilai IIUN menyampaikan semakin jujurnya penyelenggaraan UN. "Dengan semakin jujurnya UN, maka diperlukan hasil UN sanggup makin sempurna memetakan capaian pendidikan sehingga sanggup dipakai untuk meningkatkan mutu pendidikan dan mengoptimalkan training sekolah secara lebih baik," ujar Menteri Anies, ketika Konferensi Pers Hasil UN SMP, di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Jumat (10/6/2016).
"Kami memperoleh nilai UN yang riil, sehingga evaluasinya bisa akurat, tidak menyerupai tahun-tahun sebelumnya," tambah Anies.
Dengan meningkatnya nilai IIUN, lanjut Anies, tingkat kejujuran siswa naik, maka nilai yang keluar yakni lebih akurat mendekati kemampuan siswa yang sebenarnya. "Yang terpenting integritas wajib lebih dulu menjadi mindset utama dalam pelaksanaan UN," tutur Anies.

 Kemdikbud juga berjanji akan selalu berinovasi guna melaksanakan peningkatan nilai rata-rata tanpa meninggalkan semangat integritas.

0 Response to "Indeks Integritas Ujian Nasional Smp/Mts Meningkat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel