Distribusi Kip Hampir Tuntas

DISTRIBUSI KIP HAMPIR TUNTAS 100 PERSEN

 yang merupakan aktivitas prioritas dan amanat dari Presiden Joko Widodo sebagai perjuangan menin Distribusi KIP Hampir Tuntas

Mengulang kembali perihal Program Indonesia Pintar (PIP) yang merupakan aktivitas prioritas dan amanat dari Presiden Joko Widodo sebagai perjuangan meningkatkan saluran pendidikan bagi belum dewasa Indonesia. Guna melaksanakan aktivitas tersebut, Kemendikbud sudah mencetak dan menyalurkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) serta berusaha segera menuntaskan pendistribusian kartu tersebut. Tercatat sebanyak 17,9 juta kartu untuk belum dewasa dari keluarga tidak bisa peserta Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).


Berdasarkan laporan dan Dapodik), sebanyak 10.793.830 siswa/peserta latih telah mendaftarkan kartunya ke sekolah/lembaga pendidikan.

Mereka ialah siswa peserta KIP/KKS, ataupun yang berasal dari keluarga peserta Kartu Perlindungan Sosial (KPS) dan Program Keluarga Harapan (PKH). “Bagi siswa yang belum mendapatkan KIP namun merasa layak, sanggup memakai Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) sebagai syarat registrasi penerima PIP di Dapodik. Sampai dengan dikala ini tercatat sekitar 8,6 juta siswa,” terperinci Dirjen Dikdasmen. Terkait penyaluran dana manfaat PIP, Kemendibud telah menyalurkan dana kepada 10,2 juta siswa. Sedangkan siswa yang telah mencairkan dana tersebut di bank penyalur tercatat sebanyak 3,9 juta siswa. “BRI dan BNI sudah setuju untuk melaksanakan percepatan pencairan dana manfaat PIP dengan menambah jam layanan, dan loket layanan.

Selain itu bank juga akan mendatangi sekolah yang berada di wilayah terpencil serta memfasilitasi pencairan kolektif bagi tempat yang memenuhi kriteria,” terperinci Hamid. Anak yang sudah mendapatkan KIP dapat segera melaporkan kartunya ke sekolah/lembaga pendidikan untuk didaftarkan di Dapodik. Daftar anak yang sudah ditetapkan dalam Surat Keputusan (SK) peserta dana PIP yang dikirim sekolah/lembaga melalui Dinas Pendidikan sanggup dipakai sebagai dasar pencairan dana manfaat ke bank penyalur terdekat. Tempat pencairan dana bagi siswa SD/paket A, SMP/paket B, SMK/peserta kursus sanggup dilakukan di BRI. Sedangkan tempat pencairan dana di BNI diperuntukkan bagi siswa SMA/paket C.

Kemendikbud terus melaksanakan sosialisasi terkait penggunaan KIP dan pencairan dana manfaat PIP. Penggunaan KIP selain di pendidikan formal, sanggup juga dipakai di pendidikan non formal. Bagi siswa penerima KIP yang belum mendaftarkan kartunya, diperlukan sanggup segera mendaftarkannya ke sekolah/lembaga pendidikan terdekat.

0 Response to "Distribusi Kip Hampir Tuntas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel