Mendikbud Kunjungi Satuan Pendidikan Di Merauke

Mendikbud Apresiasi Peran Serta Masyarakat Papua Majukan Pendidikan

Mendikbud Apresiasi Peran Serta Masyarakat Papua Majukan Pendidikan Mendikbud Kunjungi Satuan Pendidikan di Merauke
Image by: Kemendikbud

Mendikbud Muhadjir Effendy mengunjungi beberapa satuan pendidikan di Kabupaten Merauke, Propinsi Papua, Kamis (6/10/2016). Setelah meninjau proses pendidikan di SD Antonius, Mendikbud meninjau sekolah pencetak guru Kolese Pendidikan Guru (KPG) Papua di Kabupaten Merauke. Dalam kesempatan yang baik itu, Mendikbud memberikan apresiasi terhadap tugas serta masyarakat dalam memajukan pendidikan khususnya kawasan Indonesia potongan timur.
"Saya apresiasi upaya pemerintah dan masyarakat dalam memajukan pendidikan di Papua," hal ini disampaikan Mendikbud secara eksklusif di hadapan guru dan siswa KPG Merauke.
Pada kesempatan tersebut Mendikbud kembali memberikan pesan dari Presiden Joko Widodo mengenai pentingnya pendidikan karakter pada pendidikan dasar, ialah tingkat SD dan SMP. Selain itu, ia juga sampaikan rencana pemerintah dalam meningkatkan profesionalisme guru.

Dijelaskan olehnya, bahwa seorang guru wajib memiliki 3 hal, yaitu
  • Keahlian sebagai pendidik
  • Tanggung jawab sosial
  • Semangat kesejawatan. 
"Tanggung jawab sosial seorang guru merupakan hal penting sebab guru bukan sekadar pekerjaan namun panggilan jiwa," terang Mendikbud kepada para pengajar dan calon guru yang sedang berguru di KPG Merauke. Bupati Merauke Frederikus Gabze menunjukkan perhatiannya pada informasi pendidikan di kawasan tapal batas. Pria yang dekat dipanggil Freddy itu mengungkapkan keseriusannya dalam memperluas kanal pendidikan untuk belum dewasa di pelosok, salah satunya melalui penyediaan guru.
"Saya jamin lulusan KPG Papua akan menjadi guru-guru di kawasan pelosok, kawasan terpencil," paparnya dan eksklusif disambut sorak sorai para calon guru. 
Nampak hadir bersama Mendikbud, Sekretaris Jenderal (Sesjen) Didik Suhardi, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Sumarna Surapranata, Staf Ahli bidang Hubungan Pusat dan Daerah James Modouw, Direktur Pembinaan Sekolah Menengah kejuruan Mustaghfirin Amin, Direktur Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Pendidikan Kesetaraan Erman Syamsudin, Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Asianto Sinambela.

0 Response to "Mendikbud Kunjungi Satuan Pendidikan Di Merauke"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel