Mendikbud: Tahun Depan Diterapkan 5 Hari Sekolah

/ Mendikbud: Tahun Depan Diterapkan 5 Hari Sekolah
 Muhadjir Effendy selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia telah mantap  Mendikbud: Tahun Depan Diterapkan 5 Hari Sekolah
Image by: Kemendikbud

Mendikbud Terapkan 5 Hari Sekolah Mulai Tahun Ajaran 2017-2018



Kepastian terkait kunjungan kerja di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat pada tanggal 10-11-2016 ini kepada para awak wartawan.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Muhadjir bahwa kebijakan 5 hari sekolah dalam seminggu ini yaitu salah satu bab dari penerapan program Penguatan Pendidikan Karakter [P3K] yang mana merupakan salah satu fokus utama Presiden dalam bidang pendidikan.
"Untuk program P3K itu, mulai tahun pedoman 2017-2018 akan ada perubahan-perubahan pengorganisasian pembelajaran. Antara lain guru wajib berada di sekolah 8 jam, dihentikan kurang. Hari sekolahnya lima hari seminggu. Sabtu dan Minggu akan kami liburkan untuk hari keluarga dan hari wisata keluarga," paparnya.
Nah. untuk para pendidik yang telah mendapat sertifikasi yang di dalamnya terdapat syarat memenuhi jam mengajar tatap muka 24 jam seminggu, nanti tidak lagi diperkenankan mengajar di sekolah lain untuk memenuhi syarat jam mengajarnya tersebut. Mereka cukup mengisi di sekolahnya masing-masing alasannya unsur syarat jam mengajar tersebut sudah sanggup terpenuhi dengan adanya sistem 5 hari sekolah ini.

"Dua puluh empat jam tatap muka jika tidak berkecukupan dilaksanakan di sekolahnya, nanti ada peraturan menteri, sanggup diganti acara lain yang ada di sekolahnya, tidak di sekolah lain," tuturnya.

Ketika disinggung kembali wacana penerapan jadwal 5 hari sekolah dalam seminggu, Muhadjir dengan tegas menyampaikan bahwa hal tersebut sudah niscaya akan mulai dilaksanakan pada tahun pedoman 2017/ 2018 tahun depan. Terkait dengan peraturan penyokong jadwal tersebut pun telah dipersiapkan mulai sekarang.
"Sudah ada Peraturan Menterinya, sudah ada Keputusan Presidennya, nanti tinggal melaksanakan," tuturnya.
Sementara itu, selama berada di Kuningan Kamis, 10 November 2016, Muhadjir mengisi sejumlah agenda. Di antaranya meninjau acara berguru mengajar di SMPN 1 Kramatmulya, menghadiri permintaan dan memperlihatkan paparan materi pada jadwal Rapat Koordinasi Nasional Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia di Hotel Horison Tirta Sanita, serta meninjau dan memperlihatkan pertolongan ke SDN 1 Bunigeulis, di desa Bunigeulis, Kecamatan Hantara yang terkena petaka kebakaran sekitar tiga bulan lalu.

Dalam kunker ke sekolah-sekolah itu, Muhadjir didampingi pula oleh Bupati Kuningan yakni Acep Purnama, kemudian turut didampingi pula oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Kuningan Taufik Rohman dan juga didampingi sejumlah pejabat lainnya dari jajaran PemDa Kabupaten Kuningan.


0 Response to "Mendikbud: Tahun Depan Diterapkan 5 Hari Sekolah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel