Silabus Pa Kristen Smp-Mts-Kurikulum 2013 Revisi 2016

 pdf docx I Silabus PA Katolik SMP Edisi Revisi  Silabus PA Katolik SMP-MTs-Kurikulum 2013 Revisi 2016

Pada hakikatnya pengembangan Kurikulum 2013 ialah upaya yang dilakukan melalui salah satu elemen pendidikan, yaitu kurikulum untuk memperbaiki kualitas hidup dan kondisi sosial bangsa Indonesia secara lebih luas. Jadi, pengembangan kurikulum 2013 tidak hanya berkaitan dengan dilema kualitas pendidikan saja, melainkan kualitas kehidupan bangsa Indonesia secara umum.




Di bidang Pendidikan Agama Katolik (PAK), perubahan ini sejalan dengan arah perubahan PAK yang bersifat dogmatis indoktrinatif menjadi PAK yang membebaskan akseptor didik untuk menyebarkan kreativitas berpikir, kemerdekaan dalam bersikap dan bertindak sesuai dengan isi anutan iman kristiani.Dengan demikian, mengasah kecerdasan akseptor didik, antara lain dalam memperteguh iman kepada Tuhan Allah, mempunyai kedamaian batin, mempunyai kecerdikan pekerti luhur, menghormati serta menghargai semua insan dengan segala persamaan dan perbedaannya termasuk perilaku baiklah untuk tidak setuju.

Silabus ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga gampang dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan semoga penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; gampang diajarkan oleh guru (teachable); gampang dipelajari oleh akseptor didik (learnable); terukur pencapainnya (measurable), dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan akseptor didik.

DAFTAR  ISI

I.PENDAHULUAN
A.Rasional
B.Kompetensi Pendidikan Agama Katolik  dan Budi Pekerti di Pendidikan Dasar dan Menengah
C.Kompetensi Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Pertama
D.Kerangka Pengembangan Kurikulum
E.Pembelajaran dan Penilaian
F.Kontekstualisasi Pembelajaran Sesuai dengan Kondisi Lingkungan dan Peserta Didik
II.KOMPETENSI DASAR, MATERI PEMBELAJARAN, DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
A.Kelas VII
B.Kelas VIII
C.Kelas IX

Berikut adalah link download-nya:



Jika Anda merasa goresan pena ini berguna, silahkan like dan sebarkan. Terima kasih dan salam sukses selalu!

:



    (Redaksi)

    0 Response to "Silabus Pa Kristen Smp-Mts-Kurikulum 2013 Revisi 2016"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel