Kisi-Kisi Bahan Siap Plpg 2017 Guru Paud/Tk/Ra | Download Pdf
Seperti yang kita ketahui bersama, sertifikasi guru tahun 2017 ini akan menjadi berbeda dengan sergur yang diselenggarakan sebelum tahun 2016. Perbedaan yang paling signifikan yakni pada proses penilaian sertifikasi guru. Hal yang menciptakan membuat waspada bagi para penerima sertifikasi guru tahun ini dan 2016 kemarin yakni adanya ambang batas kelulusan nilai ujian tulis nasional atau UTN yang paling rendah yakni 80. Namun demikian, hal ini tidak perlu dikhawatirkan. Kami berusaha membantu Anda dengan menyediakan latihan soal siap UTN. [Baca: Soal Siap UTN 2017 Guru TK/PAUD/RA].
Kisi-kisi materi PLPG yang tersaji pada goresan pena ini memberi citra apa saja yang harus Anda persiapan dalam menghadapi PLPG nantinya. Sebenarnya, kisi-kisi materi ini berasal dari tahun 2016 lalu. Namun demikian, biasanya ia tidak mengalami perubahan yang signifikan. Jadi, sanggup dikatakan Anda seharusnya mempersiapkan apa saja yang dipikir perlu untuk PLPG nantinya. Tidak lupa, untuk menghadapi PLPG, Anda juga harus mempersiapkan dengan modul. Modul siap PLPG untuk guru TK/PAUD/RA juga sudah kami tulis dalam website ini. [Baca: Materi Modul Siap PLPG 2017 Guru TK/PAUD/RA]
Berikut yakni kisi-kisi materi siap PLPG guru TK/PAUD/RA untuk tumpuan Anda:
No | Kompe- tensi Utama | Standar Kompetensi Guru (SKG) | ||
---|---|---|---|---|
Kompetensi Inti Guru (KI) | Kompetensi Guru Mata Pelajaran(KD) | Indikator PencapaianKompetensi (IPK) | ||
a | B | C | D | E |
1 | Pedagogik | Menguasai karakteristik penerima didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. | 1.1. Memahami karakteristik penerima didik usia TK/PAUD yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual,sosial-emosional, moral, dan latarbelakang sosial-budaya | Dengan ilustrasi kasus, penerima sanggup mendeteksi karakteristik penerima didik usia TK/PAUD yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional,moral, danlatar belakang sosial-budaya |
Pedagogik | Menguasai karakteristik penerima didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. | 1.4 Mengidentifikasi kesulitan penerima didik usia TK/PAUD dalam banyak sekali bidang Pengembangan | Melalui ilustrasi kasus, penerima sanggup menafsirkan contohkesulitan penerima ddik usiaTK/PAUD dalam banyak sekali aspek perkembangan. | |
Pedagogik | Menguasai teori mencar ilmu dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. | 2.1 Memahami banyak sekali teori mencar ilmu dan prinsip-prinsip bermain sambil mencar ilmu yang mendidik yang terkait dengan banyak sekali bidang pengembangan di TK/PAUD. | Melalui pertolongan ilustrasi pola kegiatan, penerima sanggup memadukan penerapan teori mencar ilmu dan prinsip belajarmelalui bermain dalam banyak sekali bidang pengembangan di TK/PAUD. | |
Pedagogik | Menguasai teori mencar ilmu dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. | 2.2 Menerapkan banyak sekali pendekatan, strategi, metode, dan teknik bermain sambil mencar ilmu yang bersifat holistik, otentik, dan bemakna, yang terkait dengan banyak sekali bidang pengembangan di TK/PAUD. | Dengan citra pola pembelajaran, penerima sanggup menggambarkan penerapan pendekatan pembelajaran berpusat pada anak melalui metode bermain seraya mencar ilmu yang bersifat holistik dan bermakna dalam banyak sekali bidang pengembangan di TK/RA. | |
Pedagogik | Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu. | 3.1 Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum. | Melalui ilustrasi praktik kurikulum TK/PAUD, penerima sanggup menelaah prinsip-prinsip pengembangan kurikulum anak usia dini. | |
Pedagogik | Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu. | 3.2 Menentukan tujuan acara pengembangan yang mendidik | ||
Pedagogik | Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu. | 3.3 Menentukan acara bermain sambil mencar ilmu yang sesuai untuk mencapai tujuan pengembangan | Dengan memakai ilustrasi kasus, penerima sanggup memadukan acara bermain seraya mencar ilmu yang sesuai usia perkembangan anak untuk mencapai tujuan | |
pengembangan. | ||||
Pedagogik | Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu. | 3.4 Memilih materi acara pengembangan yang mendidik yaitu acara bermain sambil mencar ilmu sesuai dengan tujuan pengembangan. | Memilih materi acara bermain sambil mencar ilmu yang sesuai untuk mencapai tujuan pengembangan. | |
Pedagogik | Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu. | 3.5 Menyusun perencanaan semester, mingguan dan harian dalam banyak sekali acara pengembangan di TK/PAUD. | Dengan memakai ilustrasi proses pembelajaran, penerima sanggup menggambarkan pola perencanaan acara bermain yang mendidik dalam banyak sekali acara pengembangan di TK/PAUD. | |
Pedagogik | Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu. | 3.6 Mengembangkan indikator dan instrumen penilaian. | Melalui pertolongan pola penilaian, penerima sanggup menentukan jenis instrumen dan teknik penilaian dalam acara pengembangan di TK/PAUD. | |
Pedagogik | Menyelenggarakan acara pengembangan yang mendidik | 4.1 Memahami prinsip-prinsip perancangan acara pengembangan yang mendidik dan menyenangkan. | Dengan memakai ilustrasi acara pembelajaran, penerima sanggup menelaah prinsip- prinsip perancangan acara pengembangan yang mendidik dan menyenangkan. | |
Pedagogik | Menyelenggarakan acara pengembangan yang mendidik | 4.2 Mengembangkan komponen- komponen rancangan acara pengembangan yang mendidik dan menyenangkan. | Dengan memakai ilustrasi acara pembelajaran, penerima sanggup tetapkan komponen-komponen perancangan acara pengembangan yang mendidik dan menyenangkan. | |
Pedagogik | Menyelenggarakan acara pengembangan yang mendidik | 4.4 Menerapkan acara bermain yang bersifat holistik, otentik, dan bermakna. | Dengan ilustrasi penyelenggaraan acara bermain, penerima sanggup memberi pola acara bermain yang bersifat holistik, otentik, dan bermakna. | |
Pedagogik | Menyelenggarakan acara pengembangan yang mendidik | 4.5 Menciptakan suasana bermain yang menyenangkan, inklusif, dan demokratis. | Melalui ilustrasi kasus, penerima sanggup memperlihatkan pola suasana bermain yang menyenangkan, inklusif, dan demokratis. | |
Pedagogik | Menyelenggarakan acara pengembangan yang mendidik | 4.6 Memanfaatkan media dan sumber mencar ilmu yang sesuai dengan pendekatan bermain sambil belajar. | Melalui ilustrasi penyelenggaraan acara bermain, penerima sanggup mengkategori | |
pemanfaatan media dan sumber mencar ilmu yangsesuai dengan pendekatan bermain sambil belajar. | ||||
Pedagogik | Menyelenggarakan acara pengembangan yang mendidik | 4.7 Menerapkan tahapan bermain anak dalam acara pengembangan di TK/PAUD. | Melalui ilustrasi penyelenggaraan acara bermain, penerima merencanakan penerapan tahapan bermain dalam pengembangan di TK/PAUD. | |
Pedagogik | Memanfaatkan teknologi gosip dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan acara pengembangan yang mendidik. | 5.1 Memanfaatkan teknologi gosip dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas acara pengembangan yang mendidik. | Melalui ilustrasi penyelenggaraan pengembangan di TK/PAUD, penerima sanggup memperlihatkan pola pemanfaatan teknologi gosip dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas acara pengembangan yang mendidik. | |
Pedagogik | Memfasilitasi pengembangan potensi penerima didik untuk mengaktualisasikan banyak sekali potensi yang dimiliki. | 6.1 Menyediakan banyak sekali acara bermain sambil mencar ilmu untuk mendorong penerima didik menyebarkan potensinya secara optimal termasuk kreativitasnya | Dengan ilustrasi contoh, penerima sanggup merumuskan acara bermain sambil mencar ilmu untuk optimalisasi perkembangan anak dan kreativitasnya. | |
Pedagogik | Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan penerima didik | 7.1 Memahami banyak sekali seni administrasi berkomunikasi yang efektif, empatik dan santun, baik secara verbal maupun tulisan. | Melalui ilustrasi pola kegiatan, penerima sanggup membedakan seni administrasi komunikasi efektifempatik dan santun, baiksecara verbal maupun goresan pena kepada anak didik. | |
Pedagogik | Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan penerima didik | 7.2 Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan penerima didik dengan bahasa yang khasdalam interaksi pembelajaran yang terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis penerima didik, (b) memperlihatkan pertanyaan atau kiprah sebagai seruan kepada penerima didik untuk merespons, (c) respons penerima didik, (d) reaksiguru terhadap respons penerima didik, dan seterusnya. | Melalui ilustrasi pola kegiatan, penerima sanggup menemukan pola komunikasi efektifempatik dan santun, baiksecara verbal maupun goresan pena kepada anak didik. | |
Pedagogik | Menyelenggarakan penilaian dan penilaian proses dan hasil belajar | 8.1 Memahami prinsip-prinsip penilaian dan penilaian proses dan hasil mencar ilmu sesuai dengan karakteristik anak usia dini. | Melalui ilustrasi acara penilaian, penerima sanggup memperlihatkan prinsip penilaian dan penilaian proses dan hasil mencar ilmu sesuai dengan karakteristik anak usia dini. | |
Pedagogik | Menyelenggarakan penilaian dan penilaian proses dan hasil belajar | 8.2 Menentukan aspek-aspek proses dan hasil mencar ilmu yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan | Melalui pola acara penilaian di TK/PAUD penerima sanggup memilih |
Tentu saja tabel di atas belumlah lengkap. Akan sangat tidak efisien kalau dituliskan semua. Oleh alasannya yakni itu, kisi-kisi lengkapnya sanggup Anda download pada link sebagai berikut:
Demikian informasi Kisi-kisi Materi Siap PLPG 2017 Guru PAUD/TK/RA. Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!
0 Response to "Kisi-Kisi Bahan Siap Plpg 2017 Guru Paud/Tk/Ra | Download Pdf"
Posting Komentar